A.I. Artificial Intelligence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
A.I. Artificial Intelligence
AI Poster.jpg
Poster film A.I. Artificial Intelligence
Sutradara Steven Spielberg
Produser Kathleen Kennedy
Steven Spielberg
Bonnie Curtis
Skenario Steven Spielberg
Cerita Ian Watson
Berdasarkan Super-Toys Last All Summer Long 
oleh Brian Aldiss
Pemeran Haley Joel Osment
Jude Law
Frances O'Connor
Brendan Gleeson
William Hurt
Musik John Williams
Sinematografi Janusz Kamiński
Penyunting Michael Kahn
Perusahaan
produksi
Amblin Entertainment
Stanley Kubrick Productions
Distributor Warner Bros. Pictures
(Amerika Serikat)
DreamWorks Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 26 Juni 2001 (2001-6-26) (New York)
  • 29 Juni 2001 (2001-6-29) (Amerika Serikat)
Durasi
146 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $100 juta[2]
Pendapatan kotor $235,926,552[2]

A.I. Artificial Intelligence, dikenal sebagai A.I., adalah film drama fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat tahun 2001 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Kathleen Kennedy, Steven Spielberg dan Bonnie Curtis. Naskah film ini ditulis oleh Steven Spielberg, sementara ceritanya ditulis oleh Ian Watson berdasarkan cerita pendek Super-Toys Last All Summer Long karya Brian Aldiss. Film ini dibintangi oleh Haley Joel Osment, Jude Law, Frances O'Connor, Brendan Gleeson dan William Hurt.

Film A.I. Artificial Intelligence ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 26 Juni 2001 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 29 Juni 2001. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada akhir abad ke-22, naiknya permukaan laut dari pemanasan global telah menyapu kota-kota pesisir seperti Amsterdam, Venesia dan New York hingga populasi dunia berkurang secara drastis. Jenis robot baru yang disebut Mecha, humanoid canggih yang mampu berpikir dan berperasaan, telah diciptakan.

David (Haley Joel Osment), seorang Mecha yang menyerupai seorang anak manusia dan diprogram untuk menunjukkan cinta kepada pemiliknya, dibawa ke Henry Swinton (Sam Robards) dan istrinya, Monica (Frances O'Connor), sebagai pengganti putra mereka, Martin (Jake Thomas), yang mengalami mati suri hingga ia pulih dari penyakit langka. Monica menghangatkan diri kepada David dan mengaktifkan protokol jejaknya, menyebabkan David memiliki cinta seperti anak manusia untuk Monica. David berteman dengan Teddy (Jack Angel), boneka beruang robot, yang peduli kepada David.

Martin pulih dari penyakitnya dan dibawa pulang ke rumah, namun ketika ia pulih, Martin sangat iri kepada David. Martin membuat David pergi ke Monica pada malam hari dan memotong rambut Monica. Hal ini membuat orang tua Martin kecewa, terutama Henry, yang takut bahwa gunting adalah senjata David.

Di pesta kolam renang, salah satu teman Martin menusuk David dengan pisau, mengaktifkan program perlindungan dirinya. David memeluk Martin dari belakang dan mereka jatuh ke dalam kolam renang. Martin yang tenggelam diselamatkan, namun Henry membujuk Monica untuk mengembalikan David kepada pembuatnya untuk dihancurkan. Sebaliknya, Monica meninggalkan David dan Teddy di hutan agar mereka bersembunyi sebagai Mecha yang tidak terdaftar.

David ditangkap oleh "Flesh Fair", kelompok anti-Mecha, di mana Mecha usang dan tidak berlisensi dihancurkan. David nyaris terbunuh, namun ia menipu orang-orang untuk berpikir bahwa ia manusia dan melarikan diri dengan Gigolo Joe (Jude Law), seorang pelacur laki-laki Mecha yang melarikan diri setelah dijebak karena pembunuhan. Keduanya pergi untuk menemukan peri biru (Meryl Streep), yang diingat David dari The Adventures of Pinocchio. David percaya bahwa peri biru dapat mengubahnya menjadi manusia dan memungkinkan Monica untuk mencintainya dan membawanya pulang.

Joe dan David berjalan ke kota resor, Rouge City, di mana Dr. Know (Robin Williams), mesin jawaban holografik, menuntun mereka ke puncak Rockefeller Center di reruntuhan Manhattan. Di sana, David bertemu dengan Mecha yang mirip dengan dirinya dan menghancurkan Mecha tersebut. David kemudian bertemu dengan pembuatnya, Profesor Allen Hobby (William Hurt), yang memberitahu David bahwa ia dibuat berdasarkan foto putra profesor yang telah meninggal bernama David dan bahwa lebih banyak salinan Mecha seperti David, termasuk versi perempuan yang dinamakan Darlene yang sedang diproduksi.

Merasa kecewa, David jatuh dari balkon, namun ia diselamatkan oleh Joe menggunakan amphibicopter mereka. David memberitahu Joe bahwa ia melihat peri biru di bawah air dan ingin turun untuk menemuinya. Joe ditangkap oleh pihak berwenang menggunakan elektromagnet. David dan Teddy menggunakan amphibicopter untuk bertemu dengan peri biru, yang ternyata adalah patung di Coney Island, yang sekarang tenggelam. Mereka terperangkap ketika sebuah kincir ria jatuh menimpa kendaraan mereka. David bertanya berulang kali untuk berubah menjadi manusia hingga laut membeku dan dinonaktifkan begitu sumber energinya terkuras habis.

Dua ribu tahun kemudian, manusia telah punah dan Manhattan terkubur di bawah es glasial. Mecha telah berevolusi menjadi robot yang canggih, cerdas dan terbuat dari silikon. Mecha menemukan David dan Teddy, dan menemukan mereka adalah Mecha asli yang mengetahui manusia yang hidup, membuat mereka istimewa.

David dihidupkan kembali dan berjalan ke patung peri biru yang membeku dan runtuh ketika ia menyentuhnya. Mecha menggunakan ingatan David untuk membangun rumah keluarga Swinton dan menjelaskan kepada David bahwa mereka tidak bisa merubahnya menjadi manusia. Namun, David menegaskan bahwa mereka membuat kembali Monica dari DNA rambut yang telah dipotong oleh David sebelumnya. Mecha memperingatkan David bahwa klon hanya dapat hidup selama sehari dan prosesnya tidak dapat diulang. David menghabiskan hari berikutnya dengan Monica dan Teddy. Sebelum ia tertidur, Monica memberitahu David bahwa ia selalu mencintainya. Teddy naik ke tempat tidur dan melihat keduanya berbaring bersama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film A.I. Artificial Intelligence mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 73%, berdasarkan 191 ulasan, dengan rating rata-rata 6.6/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 62 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "C+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film A.I. Artificial Intelligence mendapatkan $78,616,689 di Amerika Utara dan $157,309,863 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $235,926,552, melebihi anggaran produksi film $100 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $29,352,630, menempati posisi teratas di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A.I. Artificial Intelligence (12)". British Board of Film Classification. July 16, 2001. Diakses tanggal April 7, 2014. 
  2. ^ a b c d "A.I. Artificial Intelligence (2001)". Box Office Mojo. Diakses tanggal April 7, 2014. 
  3. ^ "A.I. Artificial Intelligence (2001)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "A.I. Artificial Intelligence reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Harlan, Jan; Struthers, Jane M. (2009). A.I. Artificial Intelligence: From Stanley Kubrick to Steven Spielberg: The Vision Behind the Film. London: Thames & Hudson. ISBN 9780500514894. 
  • Rice, Julian (2017). Kubrick's Story: Spielberg's Film: A.I. Artificial Intelligence. Rowman & Littlefield. ISBN 9781442278189. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]