War Horse (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
War Horse
War-horse-poster.jpg
Poster film War Horse
Sutradara Steven Spielberg
Produser Steven Spielberg
Kathleen Kennedy
Skenario Lee Hall
Richard Curtis
Berdasarkan War Horse 
oleh Michael Morpurgo
Pemeran Emily Watson
David Thewlis
Peter Mullan
Niels Arestrup
Jeremy Irvine
Benedict Cumberbatch
Tom Hiddleston
Musik John Williams
Sinematografi Janusz Kamiński
Penyunting Michael Kahn
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Touchstone Pictures
Reliance Entertainment
Amblin Entertainment
The Kennedy/Marshall Company
Distributor Walt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 4 Desember 2011 (2011-12-4) (New York)
  • 25 Desember 2011 (2011-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi
146 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $66 juta[2]
Pendapatan kotor $177,584,879[2]

War Horse adalah film drama perang Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Steven Spielberg dan Kathleen Kennedy. Naskah film ini ditulis oleh Lee Hall dan Richard Curtis berdasarkan novel War Horse karya Michael Morpurgo. Film ini dibintangi oleh Emily Watson, David Thewlis, Peter Mullan, Niels Arestrup, Jeremy Irvine, Benedict Cumberbatch dan Tom Hiddleston.

Film War Horse ditayangkan secara perdana di kota New York pada tanggal 4 Desember 2011[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2011.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1914, seorang remaja bernama Albert Narracott (Jeremy Irvine) dari Devon, Inggris, melihat kelahiran bayi kuda jenis bay dari Thoroughbred dan kemudian melihat dengan kagum pertumbuhan kuda muda tersebut. Ibunya, Rose (Emily Watson), merasa cemas atas kuda tersebut, sementara ayahnya, Ted (Peter Mullan), membeli kuda jenis colt di sebuah pelelangan, menggulingkan tuan tanah mereka Lyons (David Thewlis) meskipun mereka membutuhkan kuda yang sesuai dengan pekerjaan pertanian. Sahabat baik Albert, Andrew Easton (Matt Milne), melihat-lihat saat Albert mengajar banyak hal, seperti menemuinya saat ia meniru suara burung hantu dengan meniup tangannya yang ditangkupkan. Ia menamai kuda itu Joey.

Ted membawa luka perang yang menyebabkannya trauma secara fisik dan mental. Ketika ia tidak dapat berbicara tentang waktunya bergabung dalam pasukan berkuda, Rose menunjukkan Albert medali ayahnya dari Perang Boer Kedua yang ia dapatkan atas keberaniannya di bawah api. Ia memberikan Albert pataka ayahnya, memberitahu Albert bahwa ayahnya merasa malu atas apa yang ia lakukan selama perang dan bahwa ia telah membuang bendera dan medali itu, meskipun Rose berhasil menyelamatkan dan menyembunyikannya. Albert tidak mengerti mengapa Ted merasa malu ketika bertempur dalam perang.

Melawan segala rintangan dan harapan Lyons, Albert berhasil melatih Joey dan menyuruhnya membajak lapangan berbatu yang ditanam Ted dengan lobak. Namun, hujan deras pada tahun 1914 menghancurkan tanaman lobak sehingga Ted terpaksa menjual kuda itu ke tentara untuk membayar uang sewanya. Albert meminta ayahnya mengembalikan uang itu. Kapten James Nicholls (Tom Hiddleston) melihat keterikatan Albert itu dan berjanji untuk merawat kuda itu. Albert mencoba untuk mendaftar ke Angkatan Darat Britania Raya namun ia masih terlalu muda dan sebelum kapten pergi bersama Joey, Albert mengikatkan medali ayahnya ke kekang Joey.

Joey dilatih untuk operasi militer dan terikat pada Topthorn, seekor kuda hitam yang dilatih untuk peran militernya. Kedua kuda tersebut dikerahkan ke Flandria dengan unit darat militer kecil di bawah komando Kapten James dan Mayor Jamie Stewart (Benedict Cumberbatch), namun mereka memimpin muatan pasukan berkuda melalui sebuah perkemahan Jerman dan unit tersebut mendapatkan tembakan senapan mesin. Kapten James terbunuh bersama hampir semua rekan pasukan berkudanya, sementara pasukan Jerman menangkap kuda-kuda itu.

Seorang tentara Jerman muda bernama Gunther (David Kross) ditugaskan untuk merawat Joey dan Topthorn, yang digunakan sebagai penarik gerobak. Ketika adiknya yang berusia 14 tahun, Michael (Leonard Carow), ditempatkan di baris depan, Gunther membawa kuda-kuda itu dan mereka berempat pergi, bersembunyi di dalam sebuah peternakan di dekatnya. Tentara Jerman segera melacak orang-orang itu dan mereka ditembak karena membelot. Namun, tentara Jerman pergi tanpa memperhatikan Joey dan Topthorn di gudang.

Seorang gadis Perancis yatim piatu bernama Emilie (Céline Buckens), yang tinggal di peternakan bersama kakeknya (Niels Arestrup), menemukan kedua kuda itu dan merawatnya. Tentara Jerman tiba dan menyita persediaan dari gudang mereka, bahkan selai yang dibuat oleh kakek Emilie, namun Emilie menyembunyikan kuda-kuda itu di kamarnya. Emilie menderita penyakit yang membuat tulangnya rapuh dan tidak diperbolehkan mengendarai kuda karena ia bisa meninggal langsung saat jatuh dari kuda. Meskipun demikian, kakek Emilie, untuk ulang tahunnya, mengizinkannya menunggangi Joey. Emilie mengendarai kuda itu ke atas bukit dan berlari ke arah tentara Jerman, yang kemudian mengambil kuda-kuda itu, menghancurkan hati Emilie. Sang kakek menyimpan medali kuda-kuda itu.

Pada tahun 1918, Albert akhirnya mendaftar dan bertempur bersama Andrew dalam Pertempuran Kedua Somme di bawah komando putra Lyons, David (Robert Emms). Setelah muatan Britania Raya masuk ke tanah hamparan, Albert dan Andrew secara tidak sengaja berhasil masuk ke dalam parit Jerman yang sepi, tempat sebuah senjata kimia meledak, mengisi parit itu dengan gas beracun.

Joey dan Topthorn digunakan oleh tentara Jerman untuk mengangkut pasukan meriam ke sebuah bukit berlumpur yang besar, di bawah komando Friedrich Friedrichlemann (Nicolas Bro), yang mencoba untuk menjaga agar kuda tetap hidup. Topthorn akhirnya menyerah pada kelelahan dan mati. Friedrich diseret oleh tentara Jerman lainnya, meninggalkan Joey untuk berhadapan dengan tank Mark IV. Kuda itu lolos dan masuk ke tanah hamparan di mana ia terjerat oleh penghalang kawat berduri. Dari parit masing-masing, tentara Britania Raya dan Jerman menempatkan Joey di kabut malam dan seorang tentara Britania Raya bernama Colin (Toby Kebbell), melambaikan bendera putih dan mencoba untuk membebaskan kudanya. Peter (Hinnerk Schönemann), seorang tentara Jerman, datang bersama dengan pemotong kawat, dan bersama-sama mereka membebaskan Joey dari kawat. Keduanya berbicara ramah pada perang yang kacau. Mereka membalik koin, disediakan oleh Peter, untuk memutuskan siapa yang harus mengambil kuda itu. Colin, yang memilih kepala, menang (Peter berkomentar saat melihat koin jatuh di lumpur dengan gambar kepala di sisi koin muncul, "Aye, itu Kaiser saya, dan ia terlihat tidak senang dengan saya!"), lalu ia membimbing Joey kembali ke parit Britania Raya dan sekarang berteman dengan Peter.

Andrew tewas oleh serangan gas, namun Albert dapat bertahan dan buta sementara. Ketika ia memulihkan diri, ia mendengar tentang "kuda ajaib" yang selamat dari tanah hamparan. Dokter militer (Liam Cunningham) meminta Sersan Fry (Eddie Marsan) untuk menembak Joey, namun saat Sersan Fry hendak menembak, Joey mendengar burung hantu itu yang ia pelajari sebagai seekor keledai. Albert beserta para pasukan hendak bertemu dengan Joey, sekali lagi terdengar seruannya dan Joey bergegas menemui temannya yang sudah lama tidak bertemu. Albert menjelaskan bahwa ia mengangkat Joey dan dengan perban yang masih menutupi matanya, memberikan gambaran yang pasti tentang tanda kuda itu, yang mengkonfirmasikan klaimnya. Dengan Joey yang masih berlumpur, dokter pada awalnya membantah pernyataan Albert, namun ia tercengang saat tentara membersihkan Joey dan melihat keempat kaus kaki putih dan bintang berlian di dahi Joey.

Perang Dunia I berakhir dan perintah dibuat agar kuda itu dilelang. Albert diberi uang yang dikumpulkan dari rekan-rekan seperjuangannya untuk tawaran kuda itu, namun penawaran dari tukang daging melebihi jumlah uang Albert. Kemudian ada tawaran £100 dari seorang pria yang lebih tua, kakek Emilie, yang memberitahu tukang jagal bahwa jika ia menawar, ia akan menjual mantelnya dan mengajukan tawaran £110 - dan jika ia menawarinya lagi, ia akan menjual ladangnya dan mengajukan tawaran untuk £1000. Tidak ada tawaran lain yang ditempatkan dan sang kakek mengambil alih kepemilikan Joey, berencana untuk kembali bersamanya ke ladangnya. Ia memberitahu Albert bahwa Emilie telah meninggal dan setelah mendengar tentang kuda ajaib itu, ia melakukan perjalanan selama tiga hari untuk mendapatkan Joey kembali, demi cucunya tercinta.

Albert memohon kuda itu dengan kakek Emilie, yang pada awalnya tetap tidak bergerak. Sang kakek itu terkejut, bagaimanapun, ketika kuda tersebut memilih untuk kembali ke Albert, dan ia menyerahkan medali kepada Albert. Pengakuan cepat Albert atas medali tersebut meyakinkan sang kakek bahwa Joey memang adalah kudanya. Ia mengembalikan Joey ke Albert, memberitahu bahwa itu yang diinginkan Emilie. Albert kembali dengan Joey ke peternakan keluarganya di mana ia mengembalikan uangnya kepada ayahnya. Sang ayah yang sudah tua mengulurkan tangannya pada anak itu, sekarang seorang pria dan sepertinya, mantan tentara.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jeremy Irvine sebagai Albert Narracott
  • Emily Watson sebagai Rose Narracott
  • Peter Mullan sebagai Ted Narracott
  • Niels Arestrup sebagai kakek
  • David Thewlis sebagai Lyons
  • Tom Hiddleston sebagai Kapten James Nicholls
  • Benedict Cumberbatch sebagai Mayor Jamie Stewart
  • Céline Buckens sebagai Emilie
  • Toby Kebbell sebagai Colin, prajurit Britania Raya dari South Shields
  • Hinnerk Schönemann sebagai Peter, prajurit Jerman dari Düsseldorf
  • Patrick Kennedy sebagai Letnan Charlie Waverly
  • Leonard Carow sebagai Perwira Michael Schröder
  • David Kross sebagai Perwira Gunther Schröder
  • Matt Milne sebagai Andrew Easton
  • Robert Emms sebagai David Lyons
  • Eddie Marsan sebagai Sersan Fry
  • Nicolas Bro sebagai Perwira Friedrich Henglemann
  • Rainer Bock sebagai Brandt
  • Geoff Bell sebagai Sersan Sam Perkins
  • Liam Cunningham sebagai dokter militer Britania Raya
  • Gerard McSorley sebagai pelelang pasar
  • Tony Pitts sebagai Sersan Martin
  • Pip Torrens sebagai Mayor Tompkins
  • Philippe Nahon sebagai pelelang Britania Raya
  • Julian Wadham sebagai kapten Britania Raya di Trench
  • David Dencik sebagai petugas perkemahan Jerman
  • Edward Bennett sebagai petugas perekrutan pasukan berkuda
  • Johnny Harris sebagai petugas perekrutan pasukan angkatan darat
  • Tam Dean Burn sebagai petugas medis Britania Raya di Trench
  • Maximilian Brückner sebagai pasukan meriam Jerman
  • Maggie Ollerenshaw sebagai tetangga keluarga Narracott

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film War Horse mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 76%, berdasarkan 224 ulasan, dengan rating rata-rata 7/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 72 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film War Horse mendapatkan $79,884,879 di Amerika Utara dan $97,700,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $177,584,879, melebihi anggaran produksi film $66 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $7,515,402, menempati posisi ketujuh di box office di belakang film Mission: Impossible – Ghost Protocol, Sherlock Holmes: A Game of Shadows, The Girl with the Dragon Tattoo, Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked, The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn dan We Bought a Zoo.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "War Horse (12)". British Board of Film Classification. January 3, 2012. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  2. ^ a b c d warhorse.htm "War Horse (2011)" Periksa nilai |url= (bantuan). Box Office Mojo. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  3. ^ Scott, A. O. (December 22, 2011). "Innocence Is Trampled, but a Bond Endures". The New York Times. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  4. ^ Breznican, Anthony (September 28, 2010). "Release dates moved up for 'Tintin,' 'War Horse,' and 'Mission: Impossible' 4". Entertainment Weekly. Los Angeles. Diakses tanggal September 29, 2011. 
  5. ^ "War Horse (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  6. ^ "War Horse reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 20, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]