Catch Me If You Can

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Catch Me If You Can
Catch Me If You Can 2002 movie.jpg
Poster film Catch Me If You Can
Sutradara Steven Spielberg
Produser Steven Spielberg
Walter Parkes
Skenario Jeff Nathanson
Berdasarkan Catch Me if You Can 
oleh Frank Abagnale dan Stan Redding
Pemeran Leonardo DiCaprio
Tom Hanks
Musik John Williams
Sinematografi Janusz Kamiński
Penyunting Michael Kahn
Perusahaan
produksi
Amblin Entertainment
Parkes/MacDonald Productions
Distributor DreamWorks Pictures
Tanggal rilis
  • 16 Desember 2002 (2002-12-16) (Los Angeles)
  • 25 Desember 2002 (2002-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi
141 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $52 juta[2]
Pendapatan kotor $352,114,312[2]

Catch Me If You Can adalah film biografi drama kriminal Amerika Serikat tahun 2002 yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan diproduseri oleh Steven Spielberg dan Walter Parkes. Naskah film ini ditulis oleh Jeff Nathanson berdasarkan buku Catch Me if You Can karya Frank Abagnale dan Stan Redding. Film ini dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Tom Hanks.

Film Catch Me If You Can ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 16 Desember 2002 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2002. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1963, Frank Abagnale, Jr. (Leonardo DiCaprio) tinggal di New Rochelle, New York dengan ayahnya, Frank Abagnale Sr. (Christopher Walken), dan ibunya yang berdarah Perancis, Paula (Nathalie Baye). Ketika Bank Chase Manhattan menolak pinjaman Frank Sr. karena masalah yang tidak diketahui dengan IRS, keluarga Abagnale dipaksa keluar dari rumah mereka yang besar ke sebuah apartemen kecil. Paula berselingkuh dengan Jack (James Brolin), teman suaminya. Sementara itu, Frank berprofesi sebagai guru pengganti di kelas bahasa Perancis. Orang tua Frank mengajukan gugatan cerai dan Frank melarikan diri. Ketika ia sudah tidak memiliki uang, Frank mulai mengandalkan penipuan dengan bermodalkan kepercayaan diri. Segera setelah itu, kemampuan Frank meningkat dan ia bahkan meniru seorang pilot maskapai penerbangan. Ia memaksa Pan Am memberikan cek gaji dan berhasil mencuri lebih dari $2.8 juta.

Sementara itu, Carl Hanratty (Tom Hanks), seorang agen spesialis penipuan bank dari FBI, mulai melacak Frank. Carl dan Frank bertemu di sebuah hotel di mana Frank meyakinkan Carl bahwa namanya adalah Barry Allen dari Secret Service dan bahwa ia juga sedang menyelidiki penipuan. Kemudian Frank pergi dan setelah itu, Carl sangat kesal karena ia terlambat menyadari bahwa dirinya juga telah ditipu. Kemudian pada hari Natal, Carl masih bekerja ketika Frank menghubunginya dan mencoba meminta maaf untuk menipu Carl. Carl menolak permintaan maafnya dan memberitahu Frank bahwa ia akan segera ditangkap, namun Carl tertawa ketika ia menyadari bahwa Frank menghubunginya karena ia tidak memiliki orang lain untuk diajak bicara. Frank menutup telepon dan Carl tetap menyelidikinya, namun tiba-tiba, Carl menyadari (berterima kasih kepada pelayan) bahwa nama "Barry Allen" berasal dari buku komik Flash dan bahwa Frank sebenarnya masih remaja.

Sementara itu, Frank melanjutkan penipuannya, kali ini dengan identitas seorang dokter dan pengacara. Saat memerankan Dr. Frank Conners, ia jatuh cinta dengan Brenda (Amy Adams). Frank meminta izin ayahnya untuk menikahi Brenda, lalu ia mengakui kebenaran tentang dirinya dan meminta bantuan untuk mengikuti ujian Louisiana State Bar. Carl melacak Frank ke pesta pertunangannya, namun Frank mampu menyelinap keluar jendela kamar tidur beberapa menit sebelum Carl menerobos masuk. Sebelum pergi, Frank sempat berjanji kepada Brenda untuk bertemu di Miami dua hari kemudian sehingga mereka bisa kawin lari. Frank melihat Brenda menunggunya dua hari kemudian, namun ia juga melihat beberapa agen berpakaian preman sedang bersiap untuk menyergapnya. Menyadari bahwa pertemuan itu telah diatur oleh FBI, Frank melarikan diri ke Eropa.

Tujuh bulan kemudian, Carl menunjukkan kepada atasannya bahwa Frank telah mencetak sendiri cek seluruh Eropa Barat dan meminta izin pergi ke Eropa untuk mencarinya. Ketika atasannya menolak, Carl membawa cek Frank kepada para profesional yang mengaku bahwa cek itu dicetak di Perancis. Dari interogasi dengan ibu Frank, Carl mengetahui bahwa Frank sebenarnya lahir di Montrichard, Perancis. Kemudian Carl pergi ke sana dan akhirnya menemukan Frank, lalu ia memberitahu Frank bahwa polisi Perancis akan membunuhnya jika ia tidak pergi dengan Carl secara diam-diam. Awalnya, Frank menganggap Carl berbohong, namun Carl berjanji kepada Frank bahwa ia tidak akan berbohong kepadanya, lalu Carl membawanya keluar ketika polisi Perancis membawanya ke penjara.

Adegan kemudian melompat ke sebuah pesawat yang membawa Frank dan Carl pulang dari penjara, kemudian Carl memberitahu Frank bahwa ayahnya telah meninggal. Berduka, Frank melarikan diri dari pesawat dan kembali ke rumah lamanya di mana ia menemukan ibunya dengan kekasih gelapnya serta seorang gadis yang diketahui adalah adik tirinya. Frank kemudian menyerahkan dirinya, divonis 12 tahun penjara dan dikunjungi oleh Carl seiring berjalannya waktu. Ketika Frank menunjukkan bahwa salah satu cek yang dibawa Carl sebagai bukti itu palsu, Carl meyakinkan FBI untuk menawarkan kesepakatan kepada Frank di mana Frank dapat menjalani sisa hukumannya bekerja di departemen penipuan bank FBI, lalu Frank menerima kesepakatan tersebut. Saat bekerja di FBI, Frank merindukan masa-masa pengejaran dengan Carl dan bahkan mencoba berperan sebagai pilot maskapai lagi, namun ia terpojok oleh Carl, yang menegaskan bahwa Frank akan kembali ke pekerjaan FBI karena tidak ada yang mengejarnya. Pada hari Senin berikutnya, Carl cemas karena Frank belum masuk kerja, namun Frank akhirnya tiba dan mereka membahas kasus mereka selanjutnya.

Film ini berakhir dengan Frank yang telah menikah selama 26 tahun, memiliki tiga putra, tinggal di Midwest dan masih berteman baik dengan Carl. Mereka telah menangkap beberapa pemalsu uang yang paling sulit ditangkap di dunia dan menghasilkan jutaan dolar setiap tahun karena karyanya menciptakan cek yang tak bisa dipalsukan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Leonardo DiCaprio dan Frank Abagnale di lokasi syuting.

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Catch Me If You Can mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 96%, berdasarkan 197 ulasan, dengan rating rata-rata 7.9/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Catch Me If You Can mendapatkan $164,615,351 di Amerika Utara dan $187,498,961 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $352,114,312, melebihi anggaran produksi film $52 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $30,053,627, menempati posisi kedua di box office di belakang film The Lord of the Rings: The Two Towers.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catch Me If You Can (12A)". British Board of Film Classification. December 13, 2002. Diakses tanggal March 6, 2014. 
  2. ^ a b c d "Catch Me If You Can (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Catch Me If You Can (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Catch Me If You Can reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]