Maestro (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maestro
Poster resmi
SutradaraBradley Cooper
Produser
Ditulis oleh
Pemeran
Penata musikLeonard Bernstein
SinematograferMatthew Libatique
PenyuntingMichelle Tesoro
Perusahaan
produksi
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 2 September 2023 (2023-09-02) (Venice)
  • 22 November 2023 (2023-11-22) (Amerika Serikat)
Durasi129 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$458,000[2][3]

Maestro adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2023 yang berpusat pada hubungan antara komposer Amerika Serikat, Leonard Bernstein dan istrinya Felicia Montealegre. Film ini disutradarai oleh Bradley Cooper, dari skenario yang ia tulis bersama Josh Singer. Film ini diproduksi oleh Martin Scorsese, Cooper, Steven Spielberg, Kristie Macosko Krieger, Fred Berner dan Amy Durning. Film ini dibintangi oleh Carey Mulligan sebagai Montealegre bersama Cooper sebagai Bernstein; Matt Bomer, Maya Hawke dan Sarah Silverman tampil dalam peran pendukung.

Maestro tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia ke-80 pada 2 September 2023, dan dinominasikan untuk Golden Lion. Film ini mendapat rilis teatrikal terbatas pada 22 November 2023, sebelum dirilis di Netflix pada 20 Desember 2023. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus dan dinobatkan sebagai salah satu dari 10 film terbaik tahun 2023 oleh National Board of Review dan Lembaga Film Amerika.[4][5] Film ini juga telah dinominasikan untuk empat Penghargaan Golden Globe.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini diawali dengan prasasti dari tulisan Leonard Bernstein yang menyatakan, "Sebuah karya seni tidak menjawab pertanyaan, melainkan memprovokasi pertanyaan; dan makna esensialnya terletak pada ketegangan antara jawaban-jawaban yang kontradiktif." Adegan pembuka menunjukkan Leonard berusia hampir 70 tahun, memainkan rangkaian opera A Quiet Place dengan piano[6] sementara difilmkan dan diwawancarai di rumahnya. Setelah selesai bermain, ia menceritakan rincian singkat mengenai dampak signifikan setelah Felicia, istrinya selama bertahun-tahun, meninggal dan mengatakan ia melihat hantunya.

Mengenang kembali ke tahun 1943, dan beralih ke warna film hitam-putih, Bernstein – yang saat itu berusia 25 tahun dan tinggal di New York City sebagai asisten konduktor di New York Philharmonic – tiba-tiba melakukan debut konduktornya dengan Philharmonic ketika Bruno Walter jatuh sakit. Bernstein tampil luar biasa sebagai pemain pengganti, dan menikmati sambutan meriah dari penonton. Saat itu, Bernstein sedang menjalin hubungan romantis dengan pemain klarinet David Oppenheim. Namun, homoseksualitasnya dialihkan segera setelah dia bertemu Felicia Montealegre, seorang calon aktris, di sebuah pesta. Dia dengan cepat jatuh cinta padanya dan mereka mulai berkencan dan tidur bersama. Leonard memutuskan hubungannya dengan David. Leonard dan Felicia akhirnya menikah dan memiliki tiga anak: Jamie, Alexander dan Nina. Sepanjang pernikahan mereka, mereka terlihat saling mendukung dalam karier mereka.

Pada pertengahan 1950-an, Leonard dan Felicia menjalani kehidupan yang sangat makmur di mata publik, dengan Leonard telah membuat beberapa opera dan musikal Broadway yang sukses, termasuk Candide dan West Side Story. Mereka mulai mengadakan pesta mewah. Felicia melawan kekhawatiran yang muncul tentang kecenderungan homoseksual Leonard, dan bersikeras bahwa dia memegang kendali atas Leonard sebagai istrinya. Namun, seiring berjalannya waktu, kemesraan Leonard dengan laki-laki – serta penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang – berdampak besar pada pernikahan mereka. Masalah ini bertambah parah ketika Jamie mendengar bisikan tentang perselingkuhan ayahnya, dan Leonard – dalam upayanya menyangkal apa yang dia dengar sebagai rumor belaka, yang dipicu oleh "kecemburuan".

Akhirnya, pada saat Thanksgiving, setelah Leonard pulang ke apartemen mereka di The Dakota, dia dan Felicia bertengkar hebat di mana Felicia bersikeras bahwa Leonard memiliki kebencian di dalam hatinya, dan akan "mati sebagai ratu tua yang kesepian" jika Leonard melanjutkan kehidupan yang ia jalani saat ini. Meskipun demikian, pasangan tersebut tetap menikah, melalui komposisi Mass karya Leonard pada tahun 1971. Pada tahun 1973, Bernstein memimpin Simfoni Kebangkitan Gustav Mahler dalam pertunjukan legendaris di Katedral Ely, Inggris. Di tengah sambutan yang heboh, Felicia berdamai dengan Leonard, bersikeras bahwa "tidak ada kebencian di hatinya".

Felicia didiagnosis menderita kanker payudara yang pada saat didiagnosis telah menyebar ke paru-paru, beberapa tahun kemudian; meskipun menjalani operasi dan kemoterapi yang agresif, kondisinya memburuk, dan dia meninggal dalam pelukan Leonard pada tahun 1978. Karena sedih, Leonard dan anak-anaknya meninggalkan rumah mewah mereka tak lama kemudian. Bernstein ditampilkan sekali lagi pada tahun 1987, mengajar seni dan masih berpesta, serta berselingkuh dengan siswa laki-lakinya yang jauh lebih muda darinya. Akhirnya, kembali ke wawancara, Bernstein mengakui bahwa dia sangat merindukan Felicia, sebelum pikirannya kembali ke gambaran diri Felicia, di masa mudanya, berjalan ke halaman rumah mereka.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, 80% dari 281 ulasan kritikus adalah positif, dengan nilai rata-rata 7,5/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Dipimpin oleh sepasang penampilan yang kuat, Maestro berfungsi sebagai gambaran yang menggugah tentang kehidupan dan warisan bakat luar biasa."[7] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 77 dari 100, berdasarkan 60 kritik, yang menunjukkan ulasan yang "umumnya disukai".[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maestro (15)". British Board of Film Classification. November 14, 2023. Diakses tanggal November 14, 2023. 
  2. ^ Brueggemann, Tom (November 26, 2023). "In the Hunger Games of Box Office, Napoleon and Wish Fall Short of #1 on a Holiday Weekend". IndieWire. Diakses tanggal November 26, 2023. 
  3. ^ "Maestro". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 13, 2023. 
  4. ^ Lewis, Hilary (2023-12-06). "National Board of Review Names 'Killers of the Flower Moon' Best Film of 2023". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-12-06. 
  5. ^ "AFI Awards Film Top 10: 'Barbie', 'Oppenheimer', 'Maestro', 'Killers of the Flower Moon' Among Org's Best of 2023". December 7, 2023. 
  6. ^ Schell, Michael (December 18, 2023). "Bernstein as performance: Bradley Cooper's Maestro". Sequenza21. Diakses tanggal December 18, 2023. 
  7. ^ "Maestro (2023)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 28 Desember 2023. 
  8. ^ "Maestro Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 28 Desember 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]