War Dogs (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
War Dogs
War Dogs 2016 poster.jpg
Poster film War Dogs
SutradaraTodd Phillips
ProduserBradley Cooper
Mark Gordon
Todd Phillips
SkenarioStephen Chin
Todd Phillips
Jason Smilovic
BerdasarkanArms and the Dudes
oleh Guy Lawson
PemeranJonah Hill
Miles Teller
Ana de Armas
Bradley Cooper
MusikCliff Martinez
SinematografiLawrence Sher
PenyuntingJeff Groth
Perusahaan
produksi
Joint Effort[1]
RatPac-Dune Entertainment
The Mark Gordon Company[1]
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 3 Agustus 2016 (2016-8-3) (kota New York)
  • 19 Agustus 2016 (2016-8-19) (Amerika Serikat)
Durasi
114 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$50 juta[3]
Pendapatan kotor$86.234.523[4]

War Dogs adalah film komedi kriminal Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai oleh Todd Phillips dan diproduseri oleh Bradley Cooper, Mark Gordon dan Todd Phillips. Naskah film ini ditulis oleh Stephen Chin, Todd Phillips dan Jason Smilovic berdasarkan buku Arms and the Dudes karya Guy Lawson. Film ini dibintangi oleh Jonah Hill, Miles Teller, Ana de Armas dan Bradley Cooper.

Film War Dogs ditayangkan secara perdana di kota New York pada tanggal 3 Agustus 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Agustus 2016.[5] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, David Packouz (Miles Teller) tinggal di Miami, Florida bersama kekasihnya, Iz (Ana de Armas) dan bekerja sebagai terapis pijat. Keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, David menghabiskan tabungannya untuk seprei katun Mesir berkualitas tinggi, berencana untuk menjualnya ke rumah pensiunan di Miami, namun usaha ini gagal membuahkan hasil. Di sebuah pemakaman untuk seorang teman, David bertemu dengan sahabat baiknya semasa SMA Efraim Diveroli (Jonah Hill), yang pindah ke Los Angeles beberapa tahun sebelum bekerja dengan pamannya yang menjual senjata api. Efraim telah meninggalkan pamannya dan membangun usahanya sendiri, AEY, yang melakukan pemesanan senjata yang ditempatkan oleh pemerintah Amerika Serikat karena perang yang sedang berlangsung di Irak. Kehidupan David berubah saat kekasihnya memberitahukan kepadanya bahwa ia hamil. Efraim menawarinya pekerjaan di AEY dan meskipun David dan Iz sama-sama menentang perang, David akhirnya menyetujuinya, mengatakan kepada kekasihnya bahwa ia mulai menjual lembaran kapasnya ke pemerintah Amerika Serikat melalui kontak Efraim.

Efraim menjelaskan kepada David bahwa semua pemesanan yang ditempatkan untuk peralatan militer diumumkan di situs web umum, di mana setiap orang dapat mengajukan penawaran untuk memenuhi pemesanan, dan tugas mereka adalah menemukan pemesanan kecil yang tidak dapat ditangani oleh pemborong yang lebih besar dan memberikan penawaran kepada mereka karena pemesanan yang lebih kecil ini masih bernilai jutaan dolar. Seorang pemilik usaha kecil lokal, Ralph Slutzky (Kevin Pollak), membantu bisnis tersebut dengan mendanainya, di samping keyakinannya yang salah bahwa AEY hanya menjual senjata untuk membantu melindungi Israel. Alhasil, David dan Efraim menempatkan kontrak untuk memberi beberapa ribu pistol Beretta kepada polisi Irak di Baghdad, sebuah kesepakatan yang akan menempatkan mereka di peta. Sayangnya, sebuah embargo Italia memblokir pengiriman ke Irak, sehingga Efraim mencoba untuk mengarahkan pengiriman melalui Yordania, namun pengirimannya juga tetap diblokir. Dengan Iz yang menemukan bisnis sejati David dengan mendengar percakapan antara dia dan Efraim, membuat Iz kesal, David dan Efraim harus terbang ke Yordania untuk membebaskan muatan mereka atau berisiko masuk daftar hitam oleh pemerintah Amerika Serikat karena gagal dalam pengiriman.

Di Yordania, Efraim berhasil menggunakan uang suap untuk membebaskan pengiriman Beretta, namun masih belum diizinkan untuk menerbangkan kargo ke Baghdad tanpa izin yang akan memakan waktu beberapa minggu untuk memperolehnya. Senjata tersebut dimasukkan ke dalam sebuah truk dan keduanya dilengkapi dengan seorang sopir yang bersedia untuk mengemudikan senjata ke Irak, karena tidak ada izin yang diperlukan untuk menggerakkan senjata melintasi perbatasan. Ketiganya melewati malam, pada satu titik menyuap patroli perbatasan dengan dua karton rokok, dan pada titik lain diserang oleh gerilyawan saat mencoba mendapatkan gas, namun akhirnya sampai di pangkalan militer. Kapten Phillip Santos (Patrick St. Esprit), pria yang menerima kiriman tersebut, terkesan dengan perjalanan panjang David dan Efraim untuk mendapatkan senjata kepadanya, dan keduanya dibayar.

Setelah ini, AEY terus mengamankan kesepakatan lebih besar dan menghasilkan lebih banyak uang, bahkan pindah ke kantor yang lebih besar dan mempekerjakan lebih banyak karyawan dan putri David, Ella, telah lahir. Efraim, bagaimanapun, terus tumbuh sangat tidak stabil dan tidak dapat dipercaya, karena perusahaan tersebut tiba-tiba diberi kesempatan untuk mendapatkan kesepakatan terbesar mereka. Dikenal sebagai "The Afghan Deal", pemerintah Amerika Serikat ingin mempersenjatai militer Afghanistan dalam jangka panjang dan mengirim pemesanan besar senilai $300 juta, yang mencakup 100 juta paket amunisi AK-47 dan akan mendapatkan keuntungan bersih $100 juta. Pelaksanaan pemesanan ini terbukti tidak mungkin dilakukan oleh perusahaan yang relatif kecil, terutama karena ada kekurangan amunisi AK-47 secara global, namun keduanya akhirnya beruntung melakukan pertemuan dengan agen senjata legendaris Amerika Serikat Henry Girard (Bradley Cooper). Henry memiliki akses ke penyimpanan senjata masif yang diciptakan di Albania namun tidak pernah digunakan, dan sekarang harus dibuang sesuai dengan perjanjian NATO, yang mencakup lebih dari 100 juta butir amunisi AK-47. Henry tidak bisa secara langsung berhubungan dengan pemerintah Amerika Serikat lagi, karena berada di daftar pantauan, dan ingin membuat kesepakatan melalui AEY. Efraim setuju, meskipun David mengungkapkan ketidaknyamanan yang terjadi pada pria yang berada dalam daftar pantauan teroris.

Keduanya pergi ke Albania untuk mengkonfirmasi bahwa amunisi tersebut berhasil, kemudian menempatkan tawaran kemenangan pada kontrak - meskipun Efraim kesal untuk mengetahui bahwa tawaran mereka adalah yang terendah sebesar $53 juta, mengurangi batas keuntungan mereka. Sementara itu, Iz semakin frustrasi dengan kebohongan David yang berbohong tentang pekerjaannya, meninggalkannya dan tinggal dengan ibu Iz. Sementara di Albania, untuk mempersiapkan pengiriman, David menemukan bahwa hampir semua putaran dibuat oleh orang-orang Tiongkok dan bersifat ilegal karena embargo Amerika Serikat terhadap senjata Tiongkok. Efraim menemukan ide untuk mengemas ulang kemasannya dalam kemasan generik, dengan berpura-pura khawatir dengan berat pengirimannya (meski secara tidak sengaja menghemat biaya pengiriman $3 juta). Sementara putarannya dikemas ulang dan dikirim, Efraim mengetahui bahwa Henry memberi mereka kenaikan 400% (10 sen ke 2.5 sen) pada putarannya dan ingin membatalkan kesepakatan. David protes bahwa mereka semua menghasilkan banyak uang, namun Efraim menghancurkan satu-satunya salinan kontrak kemitraannya dengan David dan melanjutkan rencananya untuk membatalkan kesepakatan dengan Henry.

Henry membalas dengan meminta agar David diculik dari kamar hotelnya, dipukuli dan ditahan di bawah todongan senjata sebelum meninggalkannya hidup-hidup, meski David bertanya-tanya apakah pengemudi Albania yang sekarang hilang, Bashkim (JB Blanc), telah terbunuh. David mengetahui bahwa Efraim belum membayar biaya kecil sejumlah $100 ribu kepada Enver (Gabriel Spahiu), orang Albania yang menangani pengemasan ulang.

David kembali ke Miami, di mana ia mengatakan kepada Efraim bahwa ia ingin berhenti dari AEY dan meminta pembayaran segera sebesar $4 juta (menawarkan untuk melunasi hutang sebesar $1.6 juta) untuk pekerjaannya per hari, namun Efraim menolak dan tertawa tentang kontrak kemitraan yang hilang. David kembali bekerja sebagai terapis pijat dan meyakinkan Iz untuk kembali bersamanya dengan mengatakan yang sebenarnya tentang pekerjaan AEY-nya. Beberapa minggu kemudian, Efraim dan Ralph Slutzky (Kevin Pollak) bertemu dengan David. Efraim menawarkan paket pesangon hanya seharga $200 ribu. David mengancam untuk memerasnya dengan bukti yang didapatkan tentang dokumentasi yang dipalsukan, keduanya dibuat agar terlihat seperti perusahaan terhormat sehingga mereka dapat mengamankan kesepakatan dengan Afghanistan. Tak lama setelah itu, David dan Efraim ditangkap oleh FBI. Enver, yang tidak dibayar dalam kontrak pengemasan ulang dan mengetahui embargo Tiongkok, telah melaporkan AEY ke Pentagon. FBI telah menangkap Ralph, yang kemudian mengenakan kawat saat bertemu dengan David dan Efraim, mendapatkan informasi dan bukti yang cukup bagi FBI untuk menangkap mereka. Efraim dijatuhi hukuman empat tahun penjara karena berbagai kejahatan yang berkaitan dengan persekongkolan dan kecurangan dalam kesepakatan Afghanistan dan David mendapat hukuman tujuh bulan penjara dengan imbalan kerja sama dengan investigasi tersebut.

Beberapa bulan kemudian, David bertemu dengan Henry, yang meminta maaf atas penculikan dan penyerangan di Albania, yang mengklaim bahwa ia memiliki informasi buruk. Henry juga berterima kasih kepada David karena tidak menyebutkan namanya dalam pengakuannya kepada FBI. David mulai mengajukan pertanyaan tentang kejadian kesepakatan tersebut, termasuk nasib Bashkim. Sebagai tanggapan, Henry mengeluarkan sebuah koper penuh uang, sebagian dari potongannya sendiri dari kesepakatan di Afghanistan, dan menawarkannya kepada David dengan imbalan menutup rapat pokok pembicaraan tersebut. Film berakhir sebelum David memutuskan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jonah Hill sebagai Efraim Diveroli
  • Miles Teller sebagai David Packouz
  • Ana de Armas sebagai Iz
  • Bradley Cooper sebagai Henry Girard
  • Kevin Pollak sebagai Ralph Slutzky
  • Patrick St. Esprit sebagai Kapten Phillip Santos
  • Shaun Toub sebagai Marlboro
  • JB Blanc sebagai Bashkim
  • Gabriel Spahiu sebagai Enver
  • Barry Livingston sebagai birokrat Angkatan Darat
  • Eddie Jemison sebagai manajer Hilldale Home
  • David Packouz sebagai penyanyi di Hilldale Home

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film War Dogs mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 60%, berdasarkan 216 ulasan, dengan rating rata-rata 6,1/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 57 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film War Dogs mendapatkan $43.034.523 di Amerika Utara dan $43.200.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $86.234.523, melebihi anggaran produksi film $50 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $14.685.305, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Suicide Squad dan Sausage Party.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gleiberman, Owen (August 16, 2016). "Film Review: 'War Dogs'". Variety. Diakses tanggal October 25, 2016. 
  2. ^ "WAR DOGS (15)". British Board of Film Classification. July 19, 2016. Diakses tanggal July 19, 2016. 
  3. ^ FilmL.A. (May 2017). "2016 Feature Film Study" (PDF). FilmL.A. Feature Film Study. Diakses tanggal July 4, 2017. 
  4. ^ a b c "War Dogs (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 26, 2016. 
  5. ^ Anthony D'Alessandro. "Warner Bros. Moves Todd Phillips' 'Arms & The Dudes' To Summer". Deadline. Diakses tanggal 2015-11-14. 
  6. ^ "War Dogs (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 24, 2017. 
  7. ^ "War Dogs reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 24, 2017. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]