Mati suri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mati suri adalah pengalaman pribadi (spiritual journey) seseorang yang telah meninggal secara klinis, sebelum akhirnya hidup kembali. Dalam dunia neuroscience dan kedokteran modern abad 20 disebut sebagai NDE (near-death experience). Pernapasan, detak jantung, dan fungsi otak (fungsi vital) mungkin masih terjadi, tetapi mereka hanya dapat dideteksi oleh sarana kedokteran canggih. Dengan alasan kemanusiaan, dokter biasa melakukan CPR upaya untuk membuat jantung & paru orang yang telah dianggap meninggal dunia kembali berdetak sehingga orang tersebut hidup kembali. Keadaan tubuh seseorang yang mengalami mati suri secara klinis pada umumnya sudah meninggal atau dalam keadaan koma. Pengalaman NDE ini masih misteri besar karena sulit dijelaskan secara logika ilmiah karena rohnya (jiwanya, soul atau spirit) keluar dari tubuh (out of body experience atau OBE). Yang bersangkutan dapat melihat tubuhnya sendiri yang meninggal, tergeletak di rumah sakit atau terjebak di dalam mobil karena kecelakàan hebat, misalnya. Secara ajaib, terjadi pemisahan antara consciousness dan physical body. Roh atau spiritnya masuk atau pindah ke dunia afterlife (super natural, world beyond, higher place atau other world) yang beberapa orang menyebutnya merasakan di dalam sorga dan mengalami sensasi & kejadian menakjubkan seperti: a. Melihat Supreme Being atau Divine Being yang bercahaya pure white melebihi 1000 matahari b. Bertemu malaikat yang baik c. Bertemu saudara atau keluarga yang sudah meninggal d. Melihat keindahan luar biasa yang tidak ada di bumi & merasakan cinta yang menakjubkan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. e. Mendengarkan music yang sangat indah f. Masuk lorong gelap lalu melihat cahaya g. Melihat peristiwa hidupnya di masa lalu (life review) h. Merasakan realitas sorga (reward) dan neraka (punishment) sesuai karma i. Melihat ada batasan atau boundary j. Lalu kembali ke tubuhnya semula.

Dr Eben Alexander seorang neurosurgeon dari Virginia dalam bukunya: Proof of heaven, tahun 2012, ia menyebutkan "consciousness is independent of the brain." Ia mengalami NDE (mati suri) ketika coma karena otaknya berhenti berfungsi karena diduga meningitis tahun 2008. Otak berhenti namun kesadaran terus bergerak ke dunia lain (reality of eternal soul & spirit).


Untuk mempelajari lebih detail tentang NDE, silahkan visit: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Near-death_experience

Dan untuk mengikuti perkembangan research di bidang NDE, silahkan visit sebuah web yang diprakarsai oleh Dr Jeffrey Long, seorang oncologist dari Lousiana USA di: https://www.nderf.org

Banyak cerita misteri NDE yang mengisahkan pengalaman kisah nyata dari orang yang pernah mengalami mati suri, seperti: merasa berada di lorong gelap dan terdapat cahaya terang di ujungnya. Ada pula yang merasa dirinya keluar dari tubuhnya sendiri. Namun hingga kini ilmu kedokteran belum dapat mengungkapkan rahasia di balik mati suri maupun kebenaran dari pengalaman tersebut. Kisah menarik dan heboh lainnya adalah Colton Burpo bocah 4th dari Nebraska USA yang mengalami NDE saat menjalani operasi appendiks, yang kisah spiritualnya dituliskan oleh ayahnya Tod Burpo dalam buku New York Times Best Seller: Heaven is for Real tahun 2010 dan dijadikan film layar lebar tahun 2014. Buku tsb sangat laris dan laku terjual 10 juta copies hingga 2014. Menurut Gall up Poll 5% dari total populasi mengalami NDE. Kisah kisah nyata tersebut yang tersebar di masyarakat dunia, membawa manusia ke pemahaman baru tentang misteri alam roh yang selama ini "tertutup rapat" yang tak tergali dengan jelas lewat agama agama besar dunia. Peristiwa NDE atau mati suri ini telah membuat dunia kedokteran dan agama tercengang karena mereka mengalami langsung dunia afterlife (hidup setelah mati). Satu kesimpulan besar dari mereka yang mengalami langsung NDE adalah: "Soul & consciousness continues to live after the death of the body."

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]