The Falcon and the Winter Soldier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Falcon and the Winter Soldier
The Falcon and The Winter Soldier (Seri TV) Logo.png
GenrePahlawan super
PembuatMalcolm Spellman
Didasarkan dariFalcon
oleh Stan Lee
Gene Colen
Bucky Barnes
oleh Joe Simon
Jack Kirby
SutradaraKari Skogland
Pemeran
Negara asal Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. episode6
Produksi
Lokasi produksiAtlanta, Georgia
Republik Ceko
Rumah produksiMarvel Studios
DistributorDisney Platform Distribution
Anggaran$150 juta
Rilis
Jaringan asliDisney+
Tanggal tayang asli19 Maret 2021 (2021-03-19)
Kronologi
Didahului olehAvengers: Endgame
Acara terkaitDaftar serial televisi Marvel Cinematic Universe
Pranala luar
Situs web

The Falcon and the Winter Soldier adalah miniseri televisi web untuk Disney+ yang dikembangkan oleh Malcolm Spellman, berdasarkan karakter Marvel Comics Sam Wilson/Falcon dan Bucky Barnes/Winter Soldier. Mengambil tempat di Marvel Cinematic Universe dan berbagi kontinuitas bersama dengan film-film didalamnya, serial ini berlatar waktu setelah film 2019 Avengers: Endgame. Serial ini diproduksi Marvel Studios, dengan Spellman sebagai penulis kepala[1] dan Kari Skogland menyutradarai.

Anthony Mackie dan Sebastian Stan mengulangi peran mereka masing-masing dari serial film, bersama dengan Daniel Brühl dan Emily VanCamp, sedangkan Wyatt Russell akan berperan sebagai John Walker/U.S. Agent. Miniseri ini diumumkan resmi pada April 2019 bersama dengan keterlibatan Mackie serta Stan. Syuting dimulai pada Oktober 2019 di Atlanta, Georgia tapi ditunda pada Maret 2020 akibat Pandemi koronavirus 2019-2020.

The Falcon and the Winter Soldier dirilis pada 19 Maret 2021, dan akan terdiri dari 6 episode. Serial ini akan menjadi serial kedua di Fase Empat dari Marvel Cinematic Universe.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah diserahkan mantel Captain America di akhir Avengers: Endgame (2019), Sam Wilson bergabung dengan Bucky Barnes dalam petualangan di seluruh dunia yang menguji kemampuan mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Selain itu, Adepero Oduye, Desmond Chiam, Miki Ishikawa, Noah Mills dan Carl Lumbly juga ikut membintangi serial ini dalam peran tertutup.[2]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sejak bulan Desember 2018, Marvel Studios mulai mengembangkan beberapa miniseri televisi web untuk perusahaan induknya, Disney, yang akan berpusat pada karakter pendukung dari film-film Marvel Cinematic Universe yang belum memiliki film sendiri. Para aktor yang membintangi juga diharapkan untuk kembali dan mengulangi peran mereka didalam miniseri. Serial ini akan diproduksi Marvel Studios dan bukan Marvel Television, yang juga memproduksi beberapa serial tv dalam MCU.

Anthony Mackie dan Sebastian Stan sebelumnya telah menyatakan minat dalam membintangi film spin-off MCU bersama-sama, dengan Stan membandingkannya dengan Film sepasang polisi seperti Midnight Run (1988) dan 48 Hrs. (1982). Marvel dan Disney secara resmi mengumumkan serial ini pada April 2019 dengan judul The Falcon and the Winter Soldier. Bulan berikutnya, serial ini dikonfirmasi untuk terdiri dari 6 episode, dengan Kari Skogland sebagai sutradara. Anggaran untuk tiap episode dilaporkan adalah $25 juta.

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Serial ini dimulai setelah film Avengers: Endgame, yang menampilkan Steve Rogers/Captain America mewariskan perisainya kepada Sam Wilson/Falcon. Derek Kolstad bergabung dengan tim penulis miniseri pada Juli 2019. Kolstad menambahkan bahwa serial ini akan mengeksplor reaksi pria hitam menjadi Captain America. Stan berkata bahwa corak serial ini mirip dengan Captain America: The Winter Soldier.

Pemilihan Pemain[sunting | sunting sumber]

Mackie dan Stan dikonfirmasi akan mengulangi peran mereka pada April 2019, sedangkan Daniel Brühl serta Emily VanCamp baru memasuki negosiasi untuk ikut membintangi di bulan selanjutnya. Brühl dikonfirmasi untuk ikut membintangi pada Juli dan VanCamp dikonfirmasi pada bulan berikutnya saat Wyatt Russell diumumkan untuk berperan sebagai John Walker/U.S. Agent.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Proses syuting mulai pada 31 Oktober 2019 di Studio Pinewood yang berlokasi di Atlanta, Georgia, dengan Skogland menyutradarai. Serial ini difilm dibawah judul sementara Tag Team.[3] Mackie dan Stan mengumumkan awal resmi dari proses syuting pada 4 November. Syuting lokasi mengambil tempat di area metropolitan Atlanta dari November 2019 sampai Februari 2020.

Pada pertengahan Januari 2020, proses syuting diharapkan untuk mengambil tempat di Arecibo, Puerto Riko selama 2 minggu. Bagaimanapun, karena terjadi gempa, proses produksi ditunda.[4] Deadline Hollywood mengungkapkan bahwa masih belum jelas apakah lokasi tersebut masih tetap akan digunakan atau tidak. Pada 3 Maret, diungkapkan bahwa lokasi produksi akan pindah ke Praha, Ceko selama 3 minggu, dengan proses syuting dalam kota mulai pada 6 Maret. Bagaimanapun juga, proses syuting dihentikan pada 10 Maret akibat pandemi koronavirus dan tim produksi telah kembali ke Atlanta.[5] Deadline Hollywood mencatat bahwa sepertinya tidak mungkin bahwa produksi akan kembali ke Praha pada saat itu. Kemudian di bulan Maret, Stan mengungkapkan bahwa proses syuting belum selesai, tapi tetap berencana untuk menyelesaikannya kalau sudah aman. Ia memperkirakan bahwa masih ada sekitar 2 atau 3 minggu syuting yang harus diselesaikan. Pada awal Mei, pemerintah Ceko mengizinkan proses produksi untuk kembali berlanjut secepatnya, asalkan tim produksi mengikuti pedoman higienis yang baru dikeluarkan.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Konsep untuk serial ini yang menampilkan desain untuk kostum karakter termasuk dalam Expanding the Universe, memulai debutnya di Disney+ pada 12 November 2019. In December, Feige debuted the first images from the series at Comic Con Experience. Pada bulan Desember, Kevin Feige merilis debut gambar pertama dari serial ini di Comic Con Experience. Matt Goldberg dari Collider menggambarkan ini sebagai lebih mendasar daripada sesama seri Disney+ WandaVision, yang juga dipromosikan di acara tersebut, dengan "thriller mata-mata standar" yang terlihat mirip dengan film-film Captain America. Sebuah iklan untuk serial ini, Wandavision dan Loki dirilis di Super Bowl LIV.[6] Julia Alexander dari The Verge mengatakan bahwa rekaman itu "tidak banyak" tetapi menawarkan "tayangan sekilas untuk menggoda penggemar". Haleigh Foutch dari Collider merasakan semua iklan Super Bowl, iklan Marvel "mencuri seluruh pertunjukan" dan memiliki "banyak hal yang harus diperhatikan".

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Falcon and the Winter Soldier dijadwalkan untuk membuat debutnya pada Agustus 2020 di Disney+, dan akan terdiri 6 episode yang akan dirilis mingguan, bukan secara serentak. Serial ini akan menjadi serial kedua yang dirilis dalam Fase Empat dari MCU.[7] tapi diundur pada tanggal 19 Maret 2021.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Akan Tayang di Disney+, 5 Fakta Soal The Falcon and the Winter Soldier". IDN TIMES. 18 Februari 2020. Diakses tanggal 14 Mei 2020. 
  2. ^ "The Falcon and the Winter Soldier (2020-) Full Cast & Crew". IMDb. Diakses tanggal 14 Mei 2020. 
  3. ^ Widiastuti, Dinda Ayu (30 Mei 2019). "Falcon dan Winter Soldier bakal punya serial baru di Disne+". tek.id. Diakses tanggal 17 Mei 2020. 
  4. ^ "Gempa, Syuting The Falcon and The Winter Soldier Ditunda". CNN Indonesia. 15 Januari 2020. Diakses tanggal 17 Mei 2020. 
  5. ^ Herlambang, Helmy (11 Maret 2020). "Dampak Corona, Produksi Serial Falcon and the Winter Soldier Ditunda". KINCIR. Diakses tanggal 19 Mei 2020. 
  6. ^ Debora, Yantina (3 Februari 2020). "Trailer WandaVision, Falcon and the Winter Soldier dan Loki Dirilis". tirto.id. Diakses tanggal 19 Mei 2020. 
  7. ^ Prawira, Restu (27 Januari 2020). "Jadwal Rilis Serial Falcon & Winter Soldier Dimajukan". greenscene. Diakses tanggal 19 Mei 2020. 
  8. ^ The Falcon and the Winter Soldier, Start streaming in 19 March 2021 (https://twitter.com/MarvelStudios/status/1337196264887209984). "Twitter". Twitter. Diakses tanggal 11 Desember 2020.