Midnight Run

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Midnight Run
SutradaraMartin Brest
ProduserMartin Brest
Ditulis olehGeorge Gallo
Pemeran
Penata musikDanny Elfman
SinematograferDonald E. Thorin
PenyuntingChris Lebenzon
Michael Tronick
Billy Weber
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
20 Juli 1988 (1988-07-20)
Durasi126 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$ 35 juta[1]
Pendapatan
kotor
$ 81,6 juta

Midnight Run adalah sebuah film komedi aksi polisi Amerika Serikat tahun 1988 yang disutradarai oleh Martin Brest dan dibintangi oleh Robert De Niro dan Charles Grodin. Yaphet Kotto, John Ashton, Dennis Farina, Joe Pantoliano, dan Philip Baker Hall memainkan peran pendukung.

Karena sukses meraih hasil komersial dan pujian yang baik dari kritikus, film ini dilanjutkan oleh The Midnight Run Action Pack pada tahun 1994, tiga sekuel yang dibuat untuk televisi yang tidak satu pun menampilkan aktor utama, meskipun beberapa karakter berasal dari film ini.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pemburu bayaran, Jack Walsh, dipekerjakan oleh Eddie Moscone, seorang penjamin untuk membawa akuntan Jonathan "The Duke" Mardukas kembali ke Los Angeles. Akuntan tersebut telah menggelapkan uang $ 15 juta dari bos mafia Chicago Jimmy Serrano, sebelumnya ia juga "menghilangkan" uang jaminan sebesar $ 450.000 yang dibayarkan Moscone untuknya. Walsh harus membawa Mardukas kembali dalam waktu lima hari. Moscone mengatakan pekerjaan itu mudah, tetapi Walsh menuntut bayaran $ 100.000 bila berhasil menangkap Mardukas. Walsh kemudian didekati oleh Agen FBI Alonzo Mosely, yang menginginkan Mardukas menjadi saksi terhadap Serrano dan memerintahkan Walsh untuk menjauh dari Mardukas. Walsh tidak memedulikan hal ini dan malah mencuri kartu identitas Mosely, yang ia gunakan untuk berpura-pura menjadi Mosely sang agen FBI di sepanjang perjalanannya. Antek-antek Serrano, Tony dan Joey menawarkan Walsh $ 1 juta untuk membawa Mardukas kepada mereka, tetapi ia menolaknya.

Walsh menangkap Mardukas di New York City dan menelepon Moscone dari bandara, ia tidak tahu bahwa telepon Moscone disadap oleh FBI dan bahwa asistennya Jerry secara diam-diam memberi tahu hal ini kepada orang-orangnya Serrano. Namun, Mardukas melakukan serangan panik di pesawat, memaksa kedua pria itu untuk bepergian dengan kereta api. Ketika Walsh dan Mardukas gagal muncul di Los Angeles secara tepat waktu, Moscone menyuruh pemburu bayaran lainnya, yakni Marvin Dorfler untuk menemukan mereka. Dorfler melacak mereka hingga kereta dan mencoba untuk mengambil The Duke dari Walsh, tetapi Walsh menggagalkan aksi Marvin dan meninggalkan kereta. Namun, Walsh menemukan fakta bahwa ketika ia mencoba untuk membeli tiket bus dengan kartu kreditnya, ternyata kartu kreditnya diblokir oleh Dorfler sebagai upaya untuk menjegalnya dalam perjalanan membawa Mardukas ke LA.

Tanpa uang, ia terpaksa mengandalkan cara lain untuk melakukan perjalanan ke Los Angeles, termasuk mencuri mobil, meminjam mobil mantan istrinya di Chicago, dan menumpang. Sementara itu, berita tentang pertempuran di kereta mencapai telinga Mosely dan ia memimpin satuan tugas untuk menemukan Walsh dan Mardukas.

Walsh akhirnya mengungkapkan bahwa, 10 tahun sebelumnya, ia adalah seorang petugas polisi yang menyamar di Chicago yang berusaha mendekati seorang pengedar narkoba yang memiliki hampir seluruh pasukan polisi dalam daftar gaji. Akhirnya, tepat ketika Jack akan menangkap bandar narkoba itu, ia mendapati bahwa terdapat heroin di rumahnya yang ditaruh oleh polisi yang korup. Untuk menghindarkan dirinya masuk penjara atau bekerja untuk bandar narkoba tersebut, Walsh akhirnya mengundurkan diri dari kepolisian, meninggalkan Chicago dan menjadi pemburu bayaran, sementara istrinya menceraikannya dan menikah dengan seorang letnan yang korup. Sejak itu, bagaimanapun, Walsh telah berpegang teguh pada harapan sia-sia bahwa suatu hari nanti ia akan bertemu kembali dengan mantan istrinya. Belakangan, Mardukas mengetahui bahwa pengedar narkoba itu adalah Serrano.

Di Arizona, Dorfler mengambil Mardukas dari Walsh. Saat berdebat dengan Moscone melalui telepon, Walsh menyadari bahwa Dorfler bermaksud untuk menmbawa Mardukas ke Serrano dan meminta bayaran sebesar $ 2 juta. Namun, Dorfler secara tidak sengaja mengungkapkan kepada orang-orangnya Serrano di mana ia menyembunyikan keberadaan Mardukas, ia akhirnya dipukul sampai pingsan oleh orang-orangnya Serrano, yang kemudian mengejar Mardukas sendiri.

Walsh memanggil orang-orangnya Serrano dan menggertak bahwa ia memiliki disket komputer yang dibuat oleh Mardukas, berisi informasi yang cukup untuk menyingkirkan Serrano, tetapi berjanji untuk menyerahkan disket-disket itu jika Serrano mengembalikan Mardukas kepadanya tanpa terluka. Jack bertemu dengan Serrano sambil mengenakan alat penyadap dan diawasi oleh FBI. Dorfler melihat Mardukas dan mengganggu proses pertukaran tersebut, tanpa disadari membuat alat sadapnya mati. Setelah Serrano mengambil disket, FBI mendekat, menangkap Serrano dan kaki tangannya.

Mosely menyerahkan Mardukas ke Walsh dan masih cukup waktu untuk mengembalikannya ke Los Angeles hingga batas waktu yang ditentukan. Namun, Walsh menyadari bahwa ia tidak dapat mengirim Mardukas ke penjara dengan tangannya sendiri, dan membiarkannya pergi. Sebelum berpisah, Walsh memberi Mardukas arloji yang diberikan istrinya sebelum pernikahan mereka, melambangkan bahwa ia akhirnya melepaskannya. Sebagai imbalannya, Mardukas memberi Walsh uang sebesar $ 300.000 yang ia sembunyikan dalam ikat pinggang. Walsh memberhentikan taksi dan bertanya kepada pengemudi apakah ia memiliki uang kembalian $ 1.000, tetapi taksi itu pergi, jadi ia pulang dengan berjalan kaki.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hollywood Opens Its Summer Onslaught By ALJEAN HARMETZ Special to The New York Times. New York Times (1923-Current file) [New York, N.Y] 26 May 1988: C27.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]