Clea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Clea
Informasi publikasi
PenerbitMarvel Comics
Penampilan pertamaStrange Tales #126 (November 1964)
Dibuat oleh
Informasi dalam cerita
Full nameClea Strange[1]
SpesiesFaltine
Tempat asalDark Dimension
Karakter pendukung dari
Kemampuan
  • Kekuatan dan ketahanan manusia super
  • Ilmu seni sihir
  • Teleportasi
  • Telekinesis
  • Pengendalian pikiran
  • Menciptakan ilusi
  • Flames of Regency (kekuatan tertinggi)

Doctor Clea Strange ( /ˈklə/ ) adalah karakter fiksi yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Ia adalah seorang penyihir wanita, murid, sekaligus istri dari Doctor Strange, dan sebagai penerus utama sebagai Penyihir Agung. Dibuat oleh Stan Lee dan Steve Ditko, debut pertama Clea tampil dalam cerita Doctor Strange adalah Strange Tales #126 (November 1964)

Clea adalah mahluk yang tampak seperti manusia biasa dan memiliki garis keturunan yang berkaitan dengan entitas dari dimensi lain dari sisi ibu nya, yaitu ras Faltine. Merupakan Putri dari Umar dan keponakan dari tiran jahat dari Dark Dimension, yaitu Dormammu, Clea yang mulia terkadang menjadi penguasa dari Dark Dimension, sebuah alam mistik yang menjadi tempat Dormamu diasingkan dan yang kemudian berhasil ia taklukan.

Karakter ini diperankan oleh Anne-Marie Martin (nama yang dimunculkan dalam credit sebagai Eddie Benton) dalam film Dr. Strange di televisi pada tahun 1978. Kemudian diperankan oleh Charlize Theron yang muncul dalam mid-credit scene dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness pada tahun 2022.

Sejarah publikasi[sunting | sunting sumber]

Karakater ini diperkenalkan pada suatu alur cerita dimana Doctor Strange melawan Dormamu untuk pertama kalinya. Clea muncul dalam komik begitu saja dan masih belum memiliki nama dalam beberapa terbitan, hanya merujuk kepada nama seperti “tawanan wanita” atau “si wanita misterius berambut silver”. Untuk kemudian diketahui bahwa ayahnya adalah satu pengikut yang paling dipercaya Dormamu. Nama Clea pada akhirnya diumumkan 2 tahun kemudian.

Pada mulanya tidak ada hal yang mengindikasikan bahwa Clea memiliki keterkaitan dengan Umar, atau bahkan belum mengenal satu sama lain. Memang, kakak Dormamu ini pernah menyerupai Dormamu dan mengejar Clea, sebagai taktik untuk melukai Strange. Yang kemudian terungkap bahwa Umar sebenarnya adalah ibu dari Clea, dan ayahnya adalah Orini, salah satu murid dari Dormamu sang penguasa Dark Dimension.

Pada tahun 2004, Clea muncul dalam serial Witches bersama Jennifer Kale, Satana, Topaz.

Brian Michael Bendis mendeskripsikan Clea sebagai; “…Nyonya dari Dark Dimension dan mantan kekasih/istri Doctor Strange. Clea kemudian dilatih oleh Strange dirumahnya. Dan mejadi murid yang paling berharga bagi Strange. Clea dilatih sebagaimana dulu Strange dilatih oleh Ancient One [guru Strange dalam hal seni sihir]. Tapi sebagai Nyonya dari Dark Dimension, kehadiran Clea jarang berada di realitas/universe yang sama dengan Strange. Dan siapa juga yang mau menjalin hubungan serius dengan wanita bercelana aneh seperti itu?”

Pada kejadian Death of Doctor Strange [Kematian Doctor Strange] pada tahun 2021, Clea resmi menjadi Sorcerer Supreme [Penyihir Agung] dalam serial komiknya sendiri, yaitu Strange, yang ditulis oleh Jed MacKay.

Biografi tokoh fiksi[sunting | sunting sumber]

Clea sudah lama mengamati Doctor Strange dari Dark Dimension, dan sangat terkesan akan keberaniannya. Dia memperingati Strange untuk tidak melawan Dormamu, dan Dormamu menghukum Clea karena telah berkhianat. Strange memaksa Dormamu untuk melepaskan Clea, karna hanya Clea satu satunya partner Strange di Dark Dimension, dan berakhir dengan Strange menjadi tawanan Dormamu.

Umar menjadikan Clea sebagai sandera bahkan hampir membunuhnya. Ancient One akhirnya menyelamatkan Clea dengan cara mengirimnya ke pocket dimension (dimensi saku) untuk menjauhkannya dari Umar. Clea berhasil ditemukan dan dibebaskan oleh Strange, untuk kemudian hidup di bumi dan tinggal bersama.

Clea juga pernah ditawan oleh Silver Dagger. Doctor Strange membantunya dengan cara memasukan roh-nya ke dalam tubuh Clea untuk membantunya melawan Silver Dagger. Umar kemudian menyerang Clea di bumi, dan Clea melawannya.

Clea berhasil menyelamatkan dirinya dari Dormamu yang hendak menjadikan Clea sebagai pengorbanan dan memiliki firasat bahwa Morgana Blessing lebih mencintai Strange daripada dia. Clea dan Strange kemudian membantu memimpin sebuah pemberontakan di Dark Dimension. Clea akhirnya tahu bahwa Umar adalah Ibunya, dan berhasil mengalahkannya melalui pertarungan sihir. Clea mengungkapkan kepada seluruh penghuni Dark Dimension, bahwa ibunya tidak mempedulikan rakyatnya dan bersedia membahayakan mereka semua hanya demi mendapatkan Clea. Penghuni Dark Dimension menjadi yakin bahwa Clea yang harus menjadi pemimpin dan “Flames of Regency” muncul dari atas kepala Clea. Kekuatan Flames of Regency membuat Clea cukup kuat untuk mengalahkan dan mengusir Umar dan ayahnya Orini dari Dark Dimension, pada akhirnya Clea menduduki tahta di Dark Dimension.

Clea mengikat janji setia dan menikah dengan Strange menurut tradisi di Dark Dimension. Beberapa bulan kemudian, Dormamu kembali ke Dark Dimension untuk mengambil alih tahta dan kekuasaannya. Clea kemudian ditangkap demi memancing Strange, tetapi mereka berdua berhasil lari dari Dormamu dan malah bertemu Umar, Umar mencoba membunuh Strange tetapi mantra yang dilemparkannya juga melukai Clea. Clea bercerita kepada Umar bahwa dia telah menikah dengan Strange. Umar mengakui bahwa sebenarnya ia tidak ingin melukai putrinya, dan membantu Clea dan Strange melawan Dormamu. Umar dan kekasih barunya Baron Mordo mengklaim kekuasaan barunya di Dark Dimension namun dengan janji bahwa mereka tidak akan memanfaatkan kekuatan mereka, Clea setuju meskipun dengan berat hati, dan kembali ke Bumi bersama Strange.

Beberapa waktu kemudian, Faltinean Flyx mendatangi Clea dan bercerita bahwa Umar dan Mordo telah menghianati janjinya. Clea dan Flyx mengumpulkan pasukan untuk melawan Umar dan Mordo, tapi terungkap bahwa Flyx sebenarnya adalah Dormamu yang menyamar. Dormamu menyerap kekuatan Umar dan Baron Mordo, hingga tersisa Clea sebagai pemimpin perlawanan terhadap Dormamu.

Doctor Strange memberi tahu Illuminati bahwa Clea telah meninggalkannya untuk memimpin pemberontakan di Dark Dimension.

Clea kembali dan mengungkapkan bahwa selama ini dia bersembunyi di aula Dewa Odin berkat bantuan Valkyrie, Valkyrie yang mendatanginya untuk meminta bantuan menghidupkan kembali Annabelle Riggs, setelah mengucapkan sebuah mantra untuk menghidupkan kembali jiwa nya, malah membuat Annabelle Riggs dan Valkyrie harus berbagi tubuh, Clea meninggalkan mereka dan ada kemungkinan untuk bergabung dengan tim Defenders.

Dalam cerita "Kematian Doctor Strange" Clea jatuh dari sebuah portal di langit dan ditangkap oleh varian Classic Doctor Strange. Wong kemudian memberitahu tentang apa yang terjadi pada Doctor Strange kepada Clea. Clea juga memberitahu Wong dan kepada semua orang bahwa panglima perang antar-dimensi seperti Agamon, Dagoth, Tiboro, dan Umar melarikan diri dari Three Mothers, ketika Three Mothers datang, Clea menyaksikan langsung pertarungan hebat antara Avengers dengan mereka, sebelum akhirnya Three Mothers mundur dan bersumpah akan kembali lagi nanti. Strange, Clea dan Wong bekerja sama untuk melawan Three Mothers meskipun berakhir dengan kematian permanen Doctor Strange dan mewariskan gelar Sorcerer Supreme (Penyihir Agung) kepada Clea. Doctor Doom tiba di Sanctum dan mempertanyakan bagaimana Clea menjadi Sorcerer Supreme dengan cara yang tidak biasa, meskipun Clea menolak untuk menceritakan seluruh kejadiannya. Melawan saran Wong, Clea mencoba membangkitkan kembali Doctor Strange.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Clea adalah Penyihir Agung dari Dark Dimension, memiliki kekuatan yang besar, termasuk mampu melibatkan manipulasi kekuatan sihir dengan berbagai macam efek. Ia pernah menunjukan beberapa kemampuan sihir berupa transmutasi, membentuk dan menananmkan kesadaran, menghidupkan benda mati secara sihir, menyulap benda dan energi, teleportasi, telekinesis, levitasi, dan mempengaruhi pikiran, menciptakan ilusi dan menanamkannya kedalam pikiran seseorang, juga mampu menyerap energi dari dimensi lain, memanggil entitas atau objek berkekuatan besar yang ada dalam dimensi tangensial dan membawanya ke bumi dengan hanya merapal mantra.

Selain itu ia sepertinya mampu mereplikasi beberapa mantra yang telah diajarkan oleh mantan gurunya, Doctor Strange. Karna ia adalah keturunan dari ras Faltine, dipercaya ia dapat menghasilkan sejenis sihir khusus untuk dirinya sendiri, seperti Umar dan Dormamu, dan Clea menyerap energi mereka untuk memicu kekuatan sihirnya.  Dia juga memiliki kekuatan dan kepadatan tubuh yang lebih besar daripada manusia bumi normal. Umurnya tidak pasti, rentang usia kehidupannya juga tidak diketahui karna telah hidup berabad-abad tetapi memiliki bentuk tubuh dan sikap seorang wanita berusia dua-puluh-tahunan. Clea berhasil mengalahkan Enchantress dalam pertempuran tunggal, dan dipersenjatai dengan Flames of Regency, yang dalam kekuatan penuh bahkan mampu menyaingi kekuatan sihir ibunya.

Clea memiliki pengetahuan luas tentang pengetahuan magis melalui pembelajaran tingkat lanjut tentang seni sihir di bawah arahan Dokter Strange, yang juga melatihnya dalam pertarungan tangan kosong.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

1602[sunting | sunting sumber]

Dalam miniserial sebuah realitas alternatif 1602 (berlatar-belakang zaman kolonial) Clea dari Earth-311 menikah dengan warga negara Inggris Doctor Strange yang bekerja sebagai dokter di pengadilan. Ketika Strange meninggal, Clea membuka portal dan kembali ke dunia asalnya.

Earth X[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Earth X disebuah realitas alternatif, Clea mengungkapkan bahwa ia telah mengkhianati Doctor Strange dan hendak membunuhnya atas perintah kekasihnya yaitu Loki, dan menjadikan Clea sebagai penyihir agung di realitas tersebut. Bruce Banner mengetahui pengkhianatan ini, dan dengan segera dibawa oleh Thor dan dipenjara di Asgard.

Akhirnya, Doctor Strange (merasa menyesal karena telah mengabaikannya selama ini) pergi ke Asgard dengan Xen (Kumpulan mahluk super dari Asia) untuk membebaskan Clea. Doctor Strange berhasil dan berupaya menumbuhkan kembali rasa cinta diantara mereka, tapi Clea menolak dan berkata Strange tidak pernah bisa memahami Clea.

Ultimate Marvel[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita "Ultimate Marvel", Clea ditampilkan sebagai mantan istri dari Stephen Strange, yang membesarkan anak laki-lakinya yaitu Stephen Strange Junior dan menjauhkan anaknya dari dunia sihir, karna trauma oleh sihir yang membunuh suaminya. Di cerita ini Clea tidak memiliki latar belakang kemampuan sihir ataupun terkait dengan mahluk sihir manapun.

Di media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Clea menjadi cameo latar dalam serial animasi X-Men episode "Nightcrawler".

Film[sunting | sunting sumber]

  • Clea Lake muncul dalam film televisi 1978 Dr. Strange, diperankan oleh aktris Eddie Benton .[butuh rujukan]Yang dalam versi ini dia tidak memiliki kekuatan magis. Morgan le Fay memanfaatkan Clea dalam rencanya untuk menginvasi Bumi, namun berhasil digagalkan oleh Doctor Strange.
  • Clea muncul dalam mid-credit di film Marvel Cinematic Universe yaitu Doctor Strange in the Multiverse of Madness, diperankan oleh Charlize Theron. Menurut kejadian di dalam film, Clea mendatangi Doctor Strange memberinya peringatan atas perbuatannya yang telah memicu Incursion atau kehancuran suatu universe yang mana harus ia perbaiki dan mengajaknya untuk bergabung ke Dark Dimension.
  1. ^ Doctor Strange vol. 3 #3