Nightcrawler (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nightcrawler
Nightcrawlerfilm.jpg
Poster film Nightcrawler
SutradaraDan Gilroy
ProduserTony Gilroy
Jake Gyllenhaal
Jennifer Fox
David Lancaster
Michel Litvak
SkenarioDan Gilroy
PemeranJake Gyllenhaal
Rene Russo
Riz Ahmed
Bill Paxton
MusikJames Newton Howard
SinematografiRobert Elswit
PenyuntingJohn Gilroy
Perusahaan
produksi
Bold Films
DistributorOpen Road Films
Tanggal rilis
Durasi
117 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$8,5 juta[2]
Pendapatan kotor$38.697.217[2]

Nightcrawler adalah film drama kriminal thriller Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Dan Gilroy dan diproduseri oleh Tony Gilroy, Jake Gyllenhaal, Jennifer Fox, David Lancaster dan Michel Litvak. Naskah film ini ditulis oleh Dan Gilroy. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Rene Russo, Riz Ahmed dan Bill Paxton.

Film Nightcrawler ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 5 September 2014[3] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 31 Oktober 2014.[4] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang pencuri bernama Louis "Lou" Bloom (Jake Gyllenhaal) ditangkap oleh seorang penjaga keamanan karena mencuri dari sebuah lokasi konstruksi Los Angeles. Ia menyerang penjaga tersebut, mencuri jam tangannya dan pergi dengan hasil curiannya. Setelah menjual hasil curian tersebut ke mandor konstruksi di pelataran material, Lou meminta pekerjaan, tetapi mandor tersebut memberitahu bahwa ia tidak mempekerjakan seorang pencuri. Saat berkendara pulang, Lou melihat insiden tabrakan mobil dan berhenti. Seorang fotografer freelance tiba dan mencatat bahwa dua petugas polisi menarik seorang wanita dari mobil yang rusak tersebut. Salah satu fotografer tersebut, Joe Loder (Bill Paxton), memberitahu Lou bahwa mereka menjual hasil rekaman mereka ke stasiun berita lokal. Terinspirasi, Lou mencuri sepeda dan menggadaikannya demi kamera perekam dan pemindai radio polisi. Setelah dua kali gagal merekam insiden, Lou mencatat akibat pembajakan mobil yang fatal dan menjual rekaman tersebut ke KWLA 6. Direktur berita pagi Nina Romina (Rene Russo) memberitahu Lou bahwa stasiun tersebut sangat tertarik pada rekaman insiden kekerasan di wilayah kompleks. Lou menyewa asisten, Rick (Riz Ahmed), seorang pemuda yang sangat membutuhkan uang. Agar cuplikan insidennya lebih terasa, Lou mulai merusak tempat kejadian perkara dan dalam satu kasus, mereka memindahkan mayat. Seiring bertambahnya pekerjaan Lou, ia membeli peralatan yang lebih baik dan mobil yang lebih cepat.

Lou memaksa Nina berkencan dan mengancam untuk menghentikan bisnisnya dengan Nina kecuali jika Nina berhubungan seks dengannya. Mengetahui bahwa pekerjaan Nina tergantung pada rekaman Lou, Nina terpaksa menyetujuinya. Keesokan harinya, Lou menolak tawaran bisnis dari Joe, yang mengalahkannya dalam sebuah insiden kecelakaan pesawat yang penting malam itu. Nina memaki Lou untuk mendapatkan rekaman yang lebih baik dan tetap mempertahankan tawaran mereka. Untuk membalas Joe, Lou merusak mobil van Joe dan ketika terjadi tabrakan, Joe terluka parah dan Lou mencatat akibatnya. Kemudian, Lou dan Rick tiba sebelum polisi tiba di lokasi perampokan rumah di perumahan mewah. Lou merekam sekelompok pria bersenjata yang meninggalkan mobil SUV mereka dan ada korban di rumah tersebut. Staf berita resah atas etika rekaman tersebut namun Nina sangat ingin membuat cerita yang berlebihan. Sebagai gantinya, Lou menuntut kredit publik dan lebih banyak uang. Detektif kepolisian Frontieri (Michael Hyatt) menanyakan Lou tentang hubungannya dengan perampokan rumah tersebut. Ia memberikan rekaman yang disuntingnya tentang perampokan rumah tersebut dan memotong bagian-bagiannya dengan sekelompok pria bersenjata tersebut. Malam itu, Lou dan Rick melacak sekelompok pria bersenjata tersebut. Lou berencana untuk mengikuti mereka ke tempat umum yang lebih ramai, lalu memanggil polisi dan mencatat konfrontasi berikutnya. Merasa khawatir, Rick menuntut separuh uang yang Lou buat buat, mengancam untuk memberitahu polisi tentang kejahatan Lou, dan akhirnya Lou setuju.

Ketika sekelompok pria bersenjata itu berhenti di sebuah restoran, Lou menelepon polisi. Mereka tiba dan insiden tembak-menembak pun terjadi. Satu tersangka tewas, sementara yang lainnya berhasil melarikan diri ke mobil SUV mereka. Para polisi mengejar mereka, sementara Lou dan Rick mengikuti mereka sambil merekam. Setelah mobil SUV tersebut mengalami kecelakaan, Lou mendesak Rick untuk merekam sekelompok pria bersenjata tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka sudah meninggal. Penembak yang terluka menembak Rick melalui kaca dan mencoba melarikan diri, tetapi penembak tersebut ditembak oleh polisi. Ketika Rick terbaring sekarat, Lou merekam Rick dan memberitahunya bahwa ia tidak dapat bekerja dengan seseorang yang memiliki pengaruh terhadapnya. Nina terpukau oleh cuplikan pengejaran dan mengungkapkan pengabdiannya terhadap Lou. Tim berita menemukan bahwa perampokan rumah tersebut sebenarnya adalah sebuah kesepakatan narkoba yang tidak beres. Nina menolak melaporkan informasi ini untuk memaksimalkan dampak ceritanya. Polisi mencoba menyita rekaman bukti tersebut, tetapi Nina mempertahankan hak cipta rekaman tersebut. Diinterogasi oleh Frontieri, Lou membuat sebuah cerita tentang sekelompok orang di mobil SUV yang mengikutinya. Frontieri menduga Lou berbohong, tetapi ia tidak bisa membuktikannya. Lou menyewa tim magang dan membeli mobil van baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Jake Gyllenhaal sebagai Louis "Lou" Bloom
  • Rene Russo sebagai Nina Romina
  • Riz Ahmed sebagai Rick
  • Bill Paxton sebagai Joe Loder
  • Ann Cusack sebagai Linda
  • Kevin Rahm sebagai Frank Kruse
  • Kathleen York sebagai Jackie
  • Eric Lange sebagai kameramen
  • Jonny Coyne sebagai pemilik toko Pawn
  • Michael Hyatt sebagai Detektif Fronteiri
  • Michael Papajohn sebagai penjaga keamanan

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Nightcrawler mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 243 ulasan, dengan rating rata-rata 8,2/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 45 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Nightcrawler mendapatkan $32.381.217 di Amerika Utara dan $6.316.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $38.697.217, melebihi anggaran produksi film $8,5 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $10.441.000, menempati posisi kedua di box office di belakang film Ouija.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nightcrawler (15)". British Board of Film Classification. October 21, 2014. Diakses tanggal March 10, 2018. 
  2. ^ a b c d "Nightcrawler (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 3, 2015. 
  3. ^ Shea, Courtney (September 6, 2014). "Bill Murray on the dance floor is Friday night's TIFF FOMO moment to beat". The Globe and Mail. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2016. Diakses tanggal November 1, 2016. 
  4. ^ "Jake Gyllenhaal's 'Nightcrawler' Moves to Halloween, Avoids Brad Pitt's 'Fury'". TheWrap. August 19, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2016. Diakses tanggal November 1, 2016. 
  5. ^ "Nightcrawler (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  6. ^ "Nightcrawler reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 7, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]