Mobil SUV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ford Escape

Mercedes-Benz Kelas-GLS Mercedes-Benz Kelas-GLS

Kendaraan Utilitas Sport (Bahasa Inggris: sport utility vehicle), disingkat SUV atau dijuluki Bemo adalah klasifikasi mobil penumpang namun dibangun di atas kerangka truk ringan.[1] Di Indonesia, mobil yang berjenis ini sering disebut "Jip". sebenarnya jip itu adalah merk mobil amerika SUV pertama didunia yaitu "Jeep".

Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4) agar bisa digunakan untuk melibas medan berat (off-road). Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia yang tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda (4x4). Merk mobil SUV yang dilengkapi dengan sistem penggerak 4 roda (4x4) di antaranya Toyota Land Cruiser, Jeep Wrangler, beberapa varian Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport, dll.

Ciri khas mobil SUV biasanya dipasang ban serep di belakangnya dan memiliki jarak yang tinggi dari tanah.

Klasifikasi SUV[sunting | sunting sumber]

Crossover[sunting | sunting sumber]

Segmen "crossover SUV" (juga dikenal sebagai "CUVs" atau hanya "crossovers") telah menjadi semakin populer sejak sekitar tahun 2010. Crossover sering kali didasarkan pada platform yang digunakan bersama dengan mobil penumpang, akibatnya mereka biasanya memiliki kenyamanan dan bahan bakar yang lebih baik. ekonomi, tetapi kemampuan off-road kurang (banyak crossover dijual tanpa penggerak semua roda) daripada SUV berbasis truk pickup.

SUV Mini[sunting | sunting sumber]

Daihatsu Terios atau Toyota Rush adalah SUV berkelas ringan/kecil

SUV bertipe "Mini" adalah SUV yang berkelas kecil dan memiliki ukuran ramping. Contoh dari SUV tipe ini ialah Daihatsu Terios, Suzuki Jimny, Daihatsu Taruna, dll. Torsi mesin dan kapasitas silinder (cc) tipe ini pada umumnya kecil (1.0-1.8) dan biasanya berbahan bakar bensin, bukan solar.

SUV Compact[sunting | sunting sumber]

Honda CR-V adalah salah satu SUV berkelas Compact (terpadu)

SUV bertipe Compact (terpadu) adalah kelas SUV yang lebih cenderung ke ukuran yang padat, biasanya dibangun dengan kapasitas muatan, dan ruang penumpang yang terbatas. Pada umumnya memiliki kapasitas silinder (cc) sedang (1.8-2.6). Klasifikasinya jatuh di antara SUV mini/kecil dan SUV ukuran sedang. Contoh dari SUV tipe ini ialah Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva, Ford Escape, Honda CR-V, Toyota Rav4, dll. SUV tipe ini lebih cenderung ke penggunaan di medan jalan raya dan perkotaan, tidak terlalu cocok di medan berat (off-road).

SUV ukuran sedang[sunting | sunting sumber]

Mitsubishi Pajero adalah contoh SUV ukuran sedang

SUV bertipe Mid-sized adalah kelas SUV yang ukuranya jatuh di antara SUV berukuran Compact dan SUV berukuran Full-sized (besar). Contoh dari SUV tipe ini ialah Jeep Cherokee, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Ford Explorer, Nissan Terrano, Volkswagen Touareg, dll. Torsi mesin dan kapasitas silinder (CC) tipe ini bervarian dari sedang (2.4-2.6) hingga besar (3.0)

SUV ukuran besar[sunting | sunting sumber]

Toyota Land Cruiser adalah SUV berukuran Full-sized (Besar)

SUV bertipe Full-sized (berukuran penuh) adalah kelas SUV yang ukuranya di atas kelas Mid-sized (sedang) dan jauh lebih besar daripada kelas SUV Compact. SUV ukuran ini lebih cenderung memiliki ukuran interior dan eksterior yang besar, luas, dan lebar serta ukuran muatan yang banyak. Tipe ini juga memiliki kapasitas silinder (cc) yang besar (3.0 ke atas) dan cenderung bermesin V8. Contoh dari SUV tipe ini ialah Chevrolet Suburban, Hummer, Nissan Armada, Nissan Patrol, Land Rover Discovery, Mercedes-Benz Kelas-GLS dll

(Klasifikasi di atas dapat bervariasi antar perbedaan produksi di tiap negara)

Merk-merk Mobil SUV[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "sport-utility vehicle". Merriam-Webster Online Dictionary. 2010. Diakses tanggal 2010-11-17. 
  • Gladwell, M. (2004, January 12). Big and bad. The New Yorker, LXXIX, 28-30. [1]
  • Motor Trend. (Complete information on the Motor Trend reference is unavailable. However, the article was Motor Trend's announcement of the Lexus RX 300 as the 1999 SUV of the Year.)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]