Daihatsu Terios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daihatsu Terios/Toyota Rush
2018 Daihatsu Terios R 1.5 F800RG (20211006).jpg
Daihatsu Terios R (2018)
Informasi
ProdusenDaihatsu
Astra Daihatsu Motor
Juga disebutDaihatsu Be-go (Jepang),
Toyota Rush
Masa produksi13 Desember 2006–sekarang
Bodi & rangka
KelasMini SUV
Bentuk kerangkaSUV 5-pintu
Mobil terkaitDaihatsu Taruna
Daihatsu Xenia/Toyota Avanza

Daihatsu Terios adalah mobil SUV mini produksi Daihatsu yang diluncurkan pada 13 Desember 2006. Mobil ini merupakan penerus dari Daihatsu Taruna untuk pasar Indonesia. Dengan mengusung konsep city SUV dan dipadukan dengan konfigurasi MPV 7-seater yang lega dan nyaman, pembuatan mobil ini dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota dengan menggunakan nama Toyota Rush. Daihatsu atas persetujuan Toyota menggunakan basis Toyota RAV4 generasi kedua untuk model ini.

Daihatsu Terios generasi kedua diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah Jepang, dengan nama Daihatsu Be‣go berjenis short wheelbase.

Menurut filosofi, Toyota Rush melanjutkan Daihatsu Taruna seri C dan Toyota Kijang short wheelbase tipe Rangga yang telah discontinued karena Toyota Rush sendiri memiliki mesin yang sama seperti Toyota Avanza 1.5 sedangkan Avanza sendiri adalah kelanjutan dari Toyota Kijang short wheelbase.

Pada bulan Desember 2006, PT Astra Daihatsu Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merek Daihatsu di Indonesia meluncurkan versi long wheelbase (versi panjang) dari Daihatsu Terios pertama kali di pasar global dengan kapasitas tujuh penumpang dewasa dan cocok untuk pemakaian di jalan kota. Mobil ini diperbaiki dengan dapur pacu berkode 3SZ-VE 1.495 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 hp/5.500 rpm dan torsinya 145 Nm/4.000 rpm. Varian pada Terios adalah TS atau Terios Standard (sekarang tipe X) dan TX atau Terios Extra (sekarang tipe R), sedangkan untuk Rush G atau Grand dan S atau Special (kini 1.5 GR Sport). Paket aksesoris yang tersedia di Terios antara lain Deluxe, Adventure (tipe TX dan R), Extra (tipe TS dan X), dan Elegant (hanya tersedia pada tipe TX versi awal sampai dengan tahun 2008), sementara Rush hanya tersedia paket aksesoris TRD Sportivo khusus untuk tipe S sejak akhir tahun 2013.

Untuk versi Indonesia, kedua mobil ini berpenggerak belakang dan tidak menggunakan sistem penggerak 4WD. Pada awal kemunculannya, Terios tidak diperbaiki sensor parkir, ABS, EBD, Airbag (kantung udara), sementara Rush sudah mendapatkan ABS, single Airbag pada sisi pengemudi, dan diperbaiki sensor parkir. Perbedaan pada Terios dengan Rush terletak pada desain pelek, yang mana Terios menggunakan pelek 6-palang untuk tipe TX dan pelek besi ditutup dop untuk tipe TS, sementara Rush menggunakan pelek 5-palang untuk semua varian. Selain itu, Terios memiliki foot step di samping kiri dan kanan menyerupai Taruna sedangkan Rush tampil lebih stylish, gagah, dan gesit dengan hadirnya over fender pada sfatbor dan penambahan bodykit, serta spion elektrik dengan cover chrome.

Namun untuk semua varian Daihatsu Terios Toyota Rush setelah facelift (peningkatan model) dipasangkan fitur-fitur tersebut kecuali sistem penggerak 4WD.

Untuk pasar ekspor (dengan nama Toyota Rush untuk pasar Malaysia dan tetap Daihatsu Terios untuk pasar Singapura), memiliki fitur-fitur yang sama dengan Toyota Rush versi Indonesia setelah facelift.

Peluncuran perdana Daihatsu Terios dan Toyota Rush berlangsung pada 13 Desember 2006 di Jakarta, dengan tajuk "Harmony for a Better Future". Di tahun 2008, tepatnya bulan Oktober, Daihatsu Terios mengalami penyegaran (improvement) berupa penambahan side body moulding sewarna bodi dan talang air asli Daihatsu sebagai standar di semua varian, penambahan ABS, sensor parkir dan single airbag untuk tipe TX. Agustus 2009, Toyota Rush juga mengalami penyegaran dengan penambahan side body moulding sewarna bodi untuk semua varian, double airbag untuk semua varian, dan penambahan ornamen warna chrome pada gril depan.

Perbedaan dengan Toyota Rush[sunting | sunting sumber]

Toyota Rush 1.5 S (facelift pertama)
Toyota Rush 7 TRD Sportivo Ultimo (facelift kedua)

Perbedaan antara Toyota Rush dan Terios cukup banyak. Meski memiliki wheelbase yang sama, Terios diposisikan untuk 7 penumpang sementara Rush diposisikan untuk 5 penumpang, sehingga jok belakang pada Rush bersifat opsional. Selain itu ABS, EBD dan Airbag telah ada pada semua varian Toyota Rush setelah facelift.

Di Indonesia, Toyota Rush generasi pertama tersedia dalam beberapa pilihan tipe:

  • Tipe G (diluncurkan pada akhir tahun 2006, facelift pada tahun 2010 dan facelift terakhir pada bulan Maret 2015)
  • Tipe S (diluncurkan pada akhir tahun 2006 dan facelift pada tahun 2010)
  • Tipe S TRD Sportivo 7 (diluncurkan saat facelift pada tahun 2013, facelift terakhir pada bulan Maret 2015 dan direvisi pada bulan Februari 2016)
  • Tipe S TRD Sportivo Ultimo (diluncurkan pada bulan Februari 2016)

Daihatsu Taruna[sunting | sunting sumber]

Di luar negeri, Daihatsu Taruna dianggap sebagai generasi pertama dari Daihatsu Terios, sehingga Terios yang sekarang beredar dianggap sebagai generasi kedua. Hadirnya Daihatsu Terios di Indonesia menggantikan Taruna F-Series, sedangkan Toyota Rush menggantikan Taruna C-Series. Daihatsu Terios dan Toyota Rush berbagi sasis dengan Daihatsu Taruna, serta keduanya memiliki dimensi yang sama dengan Taruna.

Toyota Kijang Rangga[sunting | sunting sumber]

Selain Daihatsu Taruna, Toyota Rush juga merupakan kelanjutan dari Kijang short wheelbase varian Rangga.

Generasi kedua (2017-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Daihatsu Terios X 2021
Toyota Rush G 2018
Toyota Rush S TRD Sportivo 2018

Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi kedua diperkenalkan pada tanggal 23 November 2017 di Jakarta.[1][2][3][4] Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, desain mobil kini lebih ramping. Sekarang pintu belakang membuka ke atas daripada ke kanan dan tidak lagi memiliki ban cadangan yang dipasang di pintu belakang. Kedua mobil tersebut dijual dalam versi sasis panjang saja. Kedua mobil tersebut menggunakan mesin 1.5L 2NR-VE dengan Dual VVT-i yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan didukung fitur keselamatan tercanggih seperti VSC+TRC, 6 Airbags, Multi View Camera. Pada varian tertinggi Daihatsu Terios dan Toyota Rush sudah diperbaiki dengan lampu depan Bi-Beam LED Headlamp. Toyota Rush generasi kedua[5] tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu 1.5 G dan 1.5 S (atau 1.5 S TRD Sportivo), sedangkan untuk Daihatsu Terios generasi kedua tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu X dan R dengan paket aksesoris 1.5 X, 1.5 X Deluxe, 1.5 R dan 1.5 R Deluxe. mobil tersebut mulai dijual pada tanggal 3 Januari 2018 dengan harga mulai dari Rp 195,2 juta (Terios) dan Rp 239,9 juta (Rush). Harga kedua mobil tersebut hampir sama namun agak sedikit lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Pada tanggal 9 Agustus 2021, varian Rush S TRD Sportivo berganti nama menjadi Rush GR Sport. Baru baru ini Daihatsu meluncurkan paket terbatas R MT Custom dan R AT Custom dari Terios, dengan harga sekitar 250 hingga 260 juta rupiah, namun Daihatsu menaikan harga semua varian Terios dari X MT hingga R AT Custom, jadi harga Daihatsu Terios sekarang berkisar dari 219 hingga 285 juta rupiah.

Untuk Daihatsu Terios, pada 7 September 2021, kini tersedia fitur eco idle untuk seluruh tipe Terios.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "All New Terios Meluncur, Begini Perubahannya". Kompas.com. 2017-11-23. Diakses tanggal 2017-11-23. 
  2. ^ "Ini Dia Generasi Terbaru Toyota Rush". Kompas.com. 2017-11-23. Diakses tanggal 2017-11-23. 
  3. ^ "Toyota Rush 2018 buat kemunculan sulung global di Indonesia – 1.5L Dual VVT-i, tujuh-tempat duduk". Paul Tan's Automotive News. 2017-11-23. Diakses tanggal 2017-11-23. 
  4. ^ "New 2018 Daihatsu Terios makes debut in Indonesia". Paul Tan's Automotive News. 2017-11-23. Diakses tanggal 2017-11-23. 
  5. ^ "TAM Luncurkan All-New Rush Generasi Kedua di Indonesia". Toyota Astrido. 2017-11-24. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 2017-11-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]