Thor (Marvel Comics)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Thor
Thor-272.jpg
Thor #272 (Juni 1978).
Seni oleh John Buscema.
Informasi publikasi
PenerbitMarvel Comics
Penampilan pertamaJourney into Mystery #83 (Agustus 1962)
Dibuat olehStan Lee (penulis)
Larry Lieber (penulis)
Jack Kirby (ilustrasi)
Informasi dalam cerita
Full nameThor Odinson
SpesiesAsgardian
Tempat asalAsgard
Afiliasi timAvengers
Warriors Three
Thor Corps
God Squad
Avengers Unity Squad
Nama alias terkenalSiegmund, Siegfried, Dr. Donald Blake, Jake Olson, Sigurd Jarlson, Eric Masterson, Odinson
Kemampuan
  • Kekuatan super, kecepatan, daya tahan, dan umur panjang
  • Kemampuan melalui Mjolnir:
    • Transportasi dimensi
    • Manipulasi listrik
    • Terbang
    • Manipulasi cuaca

Thor adalah sebuah pahlawan super fiksi yang muncul dalam buku-buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Karakter tersebut, yang berdasarkan pada dewa mitologi Norse dengan nama yang sama, adalah dewa petir dan memegang sebuah palu, yang memberikannya kemampuan terbang dan mengendalikan cuaca.

Melakukan debut dalam Silver Age of Comic Books, karakter tersebut mula-mula muncul dalam Journey into Mystery #83 (Agustus 1962) dan dibuat oleh penyunting-plotter Stan Lee, pembuat naskah Larry Lieber, dan penciller-plotter Jack Kirby. Ia telah membintangi beberapa serial terkini dan serial terbatas, dan merupakan anggota pendiri tim pahlawan super Avengers, yang muncuk dalam setiap volume dari serial tersebut. Karakter tersebut juga muncul dalam pernak-pernik Marvel terkait yang meliputi serial televisi animasi, baju, mainan, kartu, permainan video dan film.

Chris Hemsworth memerankan Thor dalam film Marvel Cinematic Universe Thor, The Avengers, Thor: The Dark World dan Avengers: Age of Ultron dan akan mempersembahkan kembali perannya dalam Thor: Ragnarok dan dua bagian dari Avengers: Infinity War (2018) dan sequel tanpa judul (2019). Thor menempati urutan ke-14 pada daftar "100 Besar Pahlawan Buku Komik Sepanjang Masa" menurut IGN pada 2011,[1] dan peringkat pertama dalam daftar "50 Besar Avenger" pada 2012.[2]

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Thor adalah pejuang tangan-ke-tangan yang luar biasa, dan terampil dalam pertempuran bersenjata, yang mahir dalam penggunaan palu perang, pedang, kapak dan gada. Thor memiliki dua item yang membantu dia dalam pertempuran: Belt terpesona Kekuatan, dan senjata yang dibuatnya sendiri, palu Mjolnir yang mistis. Item pertama kekuatan ganda dan daya tahan Thor[3] sedangkan yang kedua digunakan untuk mengontrol kemampuan cuaca nya; penerbangan; proyeksi energi dan penyerapan; perjalanan dimensi; manipulasi materi dan yang paling kuat dari serangan nya, God Blast (yang menyentuh kekuatan hidup Thor),[4][5][6][7] ledakan Thermo,[8] dan Anti-Force (yang melawan kekuatan lain).[9] Menggunakan Mjolnir dengan melemparkan ke arah yang diinginkan dan kemudian berpegang pada pegangan berbahan kulit, Thor dapat terbang pada kecepatan supersonik di atmosfer Bumi dan perjalanan lebih cepat dari cahaya dalam ruang. Ketika Thor memiliki untuk mengangkut sahabat atau benda untuk tujuan sendiri, ia memiliki kereta yang ditarik oleh dua ekor kambing mistis besar yang disebut Toothgnasher dan Toothgrinder yang bisa terbang hampir di mana saja yang ia inginkan hampir semudah dengan Mjolnir.[10] Dia bisa melemparkan sebuah benda dari atmosfer bumi menggunakan kekuatannya,[11] dan melemparkan palu ke Asgard dan akan kembali.[12]

Ketika Mjolnir rusak, Doctor Strange terikat bersama jiwa Thor ke Mjolnir, yang berarti bahwa jika palu itu harus rusak lagi, Thor mungkin mati.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IGN's Top 100 Comic Book Heroes of All Time". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2014. Diakses tanggal May 13, 2014. 
  2. ^ "The Top 50 Avengers". IGN. April 30, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 3, 2015. Diakses tanggal July 28, 2015. 
  3. ^ Lee, Stan; Lieber, Larry (w), Sinnott, Joe (p), Sinnott, Joe (i). "Sandu, Master of the Supernatural!" Journey into Mystery 91 (April 1963)
  4. ^ Lee, Stan (w), Kirby, Jack (p), Colletta, Vince (i). "And Now... Galactus!" Thor 160 (January 1969)
  5. ^ Lee, Stan (w), Kirby, Jack (p), Colletta, Vince (i). "Shall a God Prevail?" Thor 161 (February 1969)
  6. ^ DeFalco, Tom (w), Frenz, Ron (p), Breeding, Brett (i). "Alone Against the Celestials" Thor 388 (February 1988)
  7. ^ Jurgens, Dan (w), Romita Jr., John (p), Giordano, Dick (i). "The Final Morning" Thor v2, 25 (July 2000)
  8. ^ Lee, Stan (w), Kirby, Jack (p), Colletta, Vince (i). "Behold... The Living Planet!" Thor 133 (October 1966)
  9. ^ Jurgens, Dan (w), Romita Jr., John (p), Janson, Klaus (i). "The Dark Wars part III of III" Thor v2, 12 (June 1999)
  10. ^ Simonson, Walt (w), Simonson, Walt (p), Simonson, Walt (i). "Thor Croaks" Thor 364 (February 1986)
  11. ^ Lee, Stan; Lieber, Larry (w), Hartley, Al (p), Hartley, Al (i). "Trapped By the Carbon-Copy Man!" Journey into Mystery 90 (March 1963)
  12. ^ Lee, Stan; Lieber, Larry (w), Kirby, Jack (p), Ayers, Dick (i). "Trapped by Loki, the God of Mischief!" Journey into Mystery 85 (October 1962)
  13. ^ Straczynski, J. Michael (w), Djurdjević, Marko (p), Miki, Danny; Morales, Mark (i). "Uncertain Destinies" Thor 602 (August 2009)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]