Kang the Conqueror

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kang the Conqueror (Nathaniel Richards) adalah salah satu karakter supervillain dalam buku komik Amerika terbitan Marvel Comics. Karakter ini lebih sering kali digambarkan sebagai musuh dari Avengers dan Fantastic Four. Kang adalah entitas penjelajah waktu, beberapa varian alternatif Kang telah banyak muncul hampir di seluruh judul Marvel Comics selama bertahun-tahun, termasuk beberapa kisahnya dari masa depan, ataupun aksi heroiknya di masa lalu, seperti menjadi Firaun Rama-Tut, Immortus, dan Iron Lad. Pada tahun 2009, Kang menduduki peringkat sebagai supervillain dalam komik terbesar ke-65 sepanjang masa versi IGN.[1]

Kang telah banyak muncul dalam beberapa media seperti animasi televisi dan video-gim. Dia akan membuat debut film nya dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023) yang berlatar belakang jagat Marvel Cinematic Universe, yang mana akan diperankan oleh aktor Jonathan Majors. Sebuah varian alternatif Kang yang dikenal sebagai "He Who Remain" muncul dalam musim pertama dalam serial Loki (2021) yang berjudul "For All Time. Always".

Sejarah publikasi[sunting | sunting sumber]

Kang pertama muncul dalam The Avengers #8 (September 1964) dan dibuat oleh Stan Lee sebagai penulis dan Jack Kirby[2] sebagai artis. Rama-Tut (varian Kang) muncul pertama kali dalam komik Fantastic Four #19 (Oktober 1963) yaitu satu tahun sebelumnya. Awalnya karakter ini dikenal sebagai keturunan Doctor Doom, atau versi Doctor Doom sendiri dari masa depan, yaitu supervillain dari abad ke-25, tidak lama setelah itu ia dikenalkan sebagai identitas baru yaitu, Immortus.

Biografi tokoh fiksi[sunting | sunting sumber]

Era Sebelum Kang[sunting | sunting sumber]

Nathaniel Richard adalah seorang sarjana abad ke-31  dan merupakan keturunan dari Reed Richards, ia sangat menyukai sejarah dan terpesona dengan penemuan teknologi perjalanan waktu yang diciptakan oleh Victor Von Doom, yang dipercaya juga masih menjadi keturunannya dari pihak lain. Dia kemudian melakukan perjalanan waktu kembali ke Mesir kuno dengan kapal waktu berbentuk Sphinx dan menjadi Firaun Rama-Tut, dengan rencana untuk mengklaim En Sabah Nur - mutan yang ditakdirkan menjadi Apocalypse - sebagai ahli warisnya. Kekuasaan Rama-Tut berhenti setelah dikalahkan oleh Fantastic Four yang berusaha membersihkan timeline. Nathaniel yang sakit hati kemudian melakukan perjalanan waktu ke abad-20 dimana ia bertemu dengan Dokter Doom, yang ia yakini sebagai leluhurnya. Ia kemudian mendesain baju hasil dari Dokter Doom, dan menyebut dirinya Centurion Scarlet, yang kemudian saling mengadu tim Avengers dengan varian diri mereka sendiri dari realitas lain dengan tujuan melenyapkan mereka semua, namun Avengers akhirnya berhasil memaksa Kang keluar dari timeline.

Saat Nathaniel mencoba untuk kembali ke abad 31, ia malah terlempar ke masa seribu tahun setelahnya dan menemukan Bumi yang dilanda perang yang menggunakan senjata canggih yang tidak lagi ia pahami, dengan teknologi canggihnya ia merasa sangat mudah untuk menguasai Bumi dan menjadi penguasa sampai tingkat Galaksi dan mengklaim dirinya sendiri sebagai Kang the Conqueror. Tapi dunia di masa depan ini Bumi dalam keadaan sedang sekarat dan tua, jadi ia memutuskan untuk mengambil alih Bumi versi waktu yang lebih muda dan lebih subur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kang the Conqueror is number 65, IGN.
  2. ^ DeFalco, Tom; Sanderson, Peter; Brevoort, Tom; Teitelbaum, Michael; Wallace, Daniel; Darling, Andrew; Forbeck, Matt; Cowsill, Alan; Bray, Adam (2019). The Marvel Encyclopedia. DK Publishing. hlm. 203. ISBN 978-1-4654-7890-0.