Korg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Korg Inc.
Sektor Elektronik, Alat musik
Didirikan 1962; 56 tahun lalu (1962) (sebagai Keio Electronic Laboratories)
Pendiri Tsutomu Katoh dan Tadashi Osanai
Markas Inagi, Tokyo, Jepang
Produk Kibor, organ
Anak Vox
Situs web www.korg.com

Korg Inc. (株式会社コルグ, Kabushiki-gaisha Korugu), didirikan sebagai Keio Electronic Laboratories, merupakan perusahaan multinasional Jepang yang memproduksi alat musik elektronik, prosesor audio dan pedal gitar, peralatan rekaman, dan penala elektronik. Di bawah merek Vox, mereka juga memproduksi pengeras suara untuk gitar dan gitar listrik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Donca Matic DA-20 (1963)

Korg didirikan pada tahun 1962 di Jepang oleh Tsutomu Katoh[1] dan Tadashi Osanai sebagai Keio Gijutsu Kenkyujo Ltd.. Kemudian menjadi Keio Electronic Laboratories (京王技術研究所) karena kantornya terletak di dekat jalur kereta Keio di Tokyo dan Keio dapat dibentuk dengan menggabungkan huruf pertama Katoh dan Osanai. Sebelum mendirikan perusahaan, Katoh mengoperasikan sebuah klub malam. Osanai, seorang lulusan Tokyo University dan akordionis terkenal, bermain secara rutin di klub milik Katoh disertai dengan mesin irama Wurlitzer Sidemen. Tidak puas dengan mesin irama tersebut, Osanai meyakinkan Katoh untuk membiayai usahanya untuk membangun yang lebih baik.[2][3]

Produk pertama Korg, yang dirilis pada tahun 1963, adalah sebuah perangkat irama elektro-mekanis yang disebut Disc Rotary Electric Auto Rhythm Machine, Donca matic DA-20. Nama "Donca" merujuk kepada suara yang dibuat mesin irama tersebut. Didukung oleh kesuksesan DA-20, Keio merilis sebuah versi solid-state mesin irama tersebut, Donca matic DE-20, pada tahun 1966.

Pada tahun 1967, Katoh didekati oleh Fumio Mieda, seorang insinyur yang ingin merakit kibor. Terkesan dengan antusiasme Mieda, Katoh memintanya untuk membangun prototipe dan 18 bulan kemudian Mieda kembali dengan organ yang dapat diprogram. Keio menjual organ itu di bawah nama KORG, dibuat dengan menggunakan huruf pertama dari nama masing-masing pendiri plus "RG" dari penekanan mereka yang direncanakan pada produk yang ditargetkan untuk pasar organ (menekankan huruf R dan G dalam kata "organ"). Produk organ Keio sukses sepanjang akhir 1960-an dan awal 1970-an tetapi, prihatin tentang kompetisi dari produsen organ besar, Katoh memutuskan untuk menggunakan teknologi organ untuk merakit sebuah keyboard untuk pasar synthesizer yang pada saat itu tergolong niche. Synthesizer pertama Keio, miniKORG, demikian dirilis pada tahun 1973.

Selama tahun 1970-an, lini synthesizer Korg dibagi menjadi instrumen untuk hobbyist, dan instrumen patchable yang besar dan mahal seperti seri PS. Di awal '80-an, Korg merambah ke kategori digital piano.

M1 (1988)
Triton (1999~2004)
OASYS (2005)
Kronos X (2012)

Korg dikenal dengan sejumlah inovasi dan produk utamanya. Fungsi "key transpose" adalah ide Katoh setelah seorang penyanyi di klub membutuhkan iringan yang dimainkan dalam kunci yang lebih rendah, dimana sang pengiring tidak cukup untuk melakukannya. Korg adalah perusahaan pertama untuk fitur efek pada synthesizer, dan yang pertama untuk menggunakan desain suara "sampel + sintesis". Kibor workstation M1, yang dirilis pada tahun 1988, terjual lebih dari 250.000 unit, menjadikannya synthesizer terlaris yang pernah ada pada waktu itu.

MAXI KORG 800DV (1974)
900PS (1975)
PE-1000 (1976)
MS-20 (1978)
VC-10 (1978)
Korg Λ, Polysix, and Trident

Pada tahun 1989, Korg merekrut tim desain dari Sequential Circuits hanya karena mereka terbebas dari tugas-tugas mereka oleh Yamaha (pemilik Sequential Circuits pada saat itu). Yamaha Corporation selalu menjadi mitra utama dari Korg, memasok mereka dengan sirkuit dan bagian mekanik. Pada tahun 1987, tak lama sebelum rilis M1 Musik Workstation, Yamaha mengakuisisi saham mayoritas di Korg. Pengambilalihan perusahaan itu damai, dengan Katoh menyusun syarat-syarat, dan kedua perusahaan itu terus mengembangkan lini produk mereka dan bersaing di pasar sendiri-sendiri. Setelah 5 tahun yang sangat sukses, Katoh punya cukup uang untuk membeli kembali sebagian besar dari saham Yamaha pada tahun 1993.

Korg telah melakukan diversifikasi ke efek digital, penala, peralatan rekaman, perkusi tangan elektronik, dan instrumen perangkat lunak.

Pada tahun 1992, Korg mengakuisi Vox, produsen amplifier gitar pada saat itu.[4] Korg juga merupakan distributor eksklusif dari produk Marshall di Amerika Serikat selama beberapa dekade, dengan pengaturan distribusi ini berakhir pada tahun 2010.[5]

Tsutomo Katoh meninggal karena kanker pada tanggal 15 Maret 2011.[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Kategori:synthesizer Korg
  • Tuner elektronik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.musicarius.com/blog/le-guide-dachat/les-claviers/lhistoire-de-korg
  2. ^ Julian Colbeck, Keyfax Omnibus Edition, MixBooks, 1996, p. 52. ISBN 978-0-918371-08-9
  3. ^ File:MiniKORG700S (1974).jpg
  4. ^ Dave Hunter, "50 Years of Vox" , Vintage Guitar, June 2010
  5. ^ Gordon Reid, "40 Years of Korg Gear" , Sound On Sound, Oct 2002
  6. ^ "Korg Mourns the Passing of Chairman Tsutomu Katoh", Keyboard Magazine, March 15, 2011

Pranala luar[sunting | sunting sumber]