Robin (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Robin
Batman and Robin Eternal 1 Variant.png
Dick Grayson sebagai Robin. Seni oleh Mikel Janín.
PenerbitDC Comics
Penampilan pertamaDetective Comics #38
(April 1940)
Dibuat olehBill Finger
Bob Kane
Jerry Robinson
Karakter
Robin
Sampul Robin vol. 2, #1 (November 1993)
menampilkan versi Tim Drake dari karakter.
Seni oleh Tom Grummett dan Scott Hanna.
Informasi publikasi seri
PenerbitDC Comics
Jadwal
Format
Genre
Tanggal publikasi
Nomor terbitan
Karakter utama
Tim kreatif
Penulis
Pemensil
Peninta


Robin adalah nama beberapa pahlawan super fiktif yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Karakter ini awalnya dibuat oleh Bob Kane, Bill Finger, dan Jerry Robinson, untuk melayani sebagai mitra junior Batman. Inkarnasi pertama karakter, Dick Grayson, memulai debutnya di Detective Comics #38 (April 1940). Diciptakan sebagai cara untuk menarik pembaca muda, Robin mengumpulkan penerimaan kritis yang sangat positif, menggandakan penjualan judul Batman.[1] Petualangan awal Robin termasuk Star Spangled Comics #65–130 (1947–1952), yang merupakan fitur solo pertama karakter itu. Robin membuat penampilan reguler di Batman terkait buku komik dan publikasi DC Comics lainnya dari tahun 1940 hingga awal 1980-an sampai karakter menyisihkan identitas Robin dan menjadi pahlawan super independen Nightwing. Tim Batman dan Robin secara umum telah disebut sebagai Caped Crusaders atau Dynamic Duo.

Inkarnasi kedua karakter Jason Todd pertama kali muncul di Batman #357 (1983). Robin ini membuat penampilan reguler di Batman terkait buku komik hingga 1988, ketika karakter itu dibunuh oleh Joker dalam alur cerita "A Death in the Family" (1989). Jason kemudian akan menemukan dirinya hidup setelah insiden perubahan yang nyata, akhirnya menjadi Red Hood. Pembaruan perdana Robin seri terbatas yang diterbitkan pada tahun 1991 yang menampilkan karakter inkarnasi ketiga Tim Drake berlatih untuk mendapatkan peransebagai Robin bersama Batman. Setelah dua sekuel yang sukses, seri Robin berkelanjutan bulanan dimulai pada tahun 1993 dan berakhir pada awal tahun 2009, yang juga membantu transisi dari sidekick menjadi pahlawan super dalam dirinya sendiri. Pada alur cerita tahun 2004, DC Comics membuat karakter Stephanie Brown menjadi Robin keempat untuk durasi singkat sebelum peran dikembalikan ke Tim Drake. Damian Wayne meneruskan keberhasil Drake sebagai Robin dalam cerita tahun 2009 "Battle for the Cowl".

Setelah reboot kontinuitas 2011 "the New 52", Tim Drake direvisi karena telah mengasumsikan judul Red Robin, dan Jason Todd, beroperasi sebagai Red Hood, perlahan memperbaiki hubungannya dengan Batman. Dick Grayson melanjutkan perannya sebagai Nightwing dan Stephanie Brown diperkenalkan lagi di bawah moniker Spoiler sebelumnya di halaman Batman Eternal (2014). Kembalinya kontinuitas DC Rebirth 2016 dimulai dengan Damian Wayne sebagai Robin, Tim Drake sebagai Red Robin, Jason Todd sebagai Red Hood, dan Dick Grayson sebagai Nightwing. Robin juga telah ditampilkan di seluruh cerita yang diatur dalam dunia paralel, karena konsep "Multiverse" DC Comics yang sudah lama ada. Misalnya, di Earth-Two asli, Dick Grayson tidak pernah mengadopsi nama Nightwing, dan terus beroperasi sebagai Robin hingga dewasa. Dalam kontinuitas "Earth-2" New 52, ​​Robin adalah Helena Wayne, putri Batman dan Catwoman, yang terdampar di Bumi dengan kesinambungan utama dan mengambil nama Huntress.[2]

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

Robin (Dick Grayson) diperankan oleh Douglas Croft dan Johnny Duncan, masing-masing, pada 1943 dan 1949 lima belas episode serial Batman. Burt Ward memainkannya di serial televisi Batman 1966-1968 dan film 1966 yang terkait. Dalam film live-action Batman Forever dan Batman & Robin, ia dimainkan oleh Chris O'Donnell. Michael Cera menyuarakan karakter dalam The Lego Batman Movie.

Versi Dick Grayson dari Robin juga muncul dalam Batman: The Animated Series, yang disuarakan oleh Loren Lester. Grayson digantikan oleh Tim Drake, yang dimainkan oleh Mathew Valencia, dalam seri berikutnya The New Batman Adventures.

Serial animasi Teen Titans menampilkan Robin (disuarakan oleh Scott Menville) sebagai pemimpin tim pahlawan muda; itu diisyaratkan dalam beberapa episode bahwa Robin ini adalah Dick Grayson. Di musim dua episode "Fractured", versi Bat-Mite diperkenalkan yang mengklaim sebagai "DNA buddy" Robin (kembar genetik). Bat-Mite memberikan namanya sebagai Nosyarg Kcid ("Dick Grayson" dieja terbalik). Dalam episode lain, Raven membaca pikiran Robin dan melihat seorang pria dan seorang wanita jatuh dari trapeze (peristiwa yang diketahui hanya terjadi pada Grayson dan tidak pada Robin lainnya). Dalam episode lain, Starfire melakukan perjalanan ke masa depan dan menemukan bahwa Robin telah mengambil identitas Nightwing. Menville mengulangi perannya sebagai Robin dalam Teen Titans Go!.

Robin juga terlihat dalam iklan Zeller's tahun 1987, yang menampilkan slogan terkenal, "Well said, Robin!".

Robin disuarakan oleh Jesse McCartney di Young Justice.

Robin diperankan oleh Nick Lang di Holy Musical B@man!. Penggambarannya didasarkan terutama pada Dick Grayson dari Burt Ward.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Extensive biography on Dick Grayson

Extensive biography on Jason Todd