The Gray Man (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Gray Man
Poster resmi
Sutradara
  • Anthony Russo
  • Joe Russo
Produser
  • Joe Russo
  • Anthony Russo
  • Joe Roth
  • Jeff Kirschenbaum
  • Mike Larocca
  • Chris Castaldi
Skenario
  • Joe Russo
  • Christopher Markus
  • Stephen McFeely
Berdasarkan
The Gray Man
oleh Mark Greaney
Pemeran
Penata musikHenry Jackman
SinematograferStephen F. Windon
Penyunting
  • Jeff Groth
  • Pietro Scalia
Perusahaan
produksi
  • AGBO
  • Roth/Kirschenbaum Films
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 22 Juli 2022 (2022-07-22)
Durasi129 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$200 juta[1]
Pendapatan
kotor
$451,651

The Gray Man adalah film thriller aksi Amerika Serikat tahun 2022, disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo, dari sebuah skenario yang ditulis bersama dengan Christopher Markus dan Stephen McFeely, berdasarkan novel tahun 2009 dengan judul yang sama oleh Mark Greaney. Film ini dibintangi oleh Ryan Gosling, Chris Evans, Ana de Armas, Jessica Henwick, Regé-Jean Page, Wagner Moura, Julia Butters, Dhanush, Alfre Woodard dan Billy Bob Thornton. Film ini diproduksi oleh perusahaan Russo bersaudara, AGBO, dan ini adalah film pertama dalam waralaba yang berdasarkan pada novel Grey Man karya Greaney. Film ini menceritakan tentang agen CIA, yang melarikan diri dari tentara bayaran sadis, Lloyd Hanson setelah menemukan rahasia korup tentang atasannya.

Sebuah adaptasi dari novel Greaney awalnya diumumkan pada tahun 2011, dengan James Gray ditetapkan sebagai sutradara dan Brad Pitt berperan sebagai peran utama, kemudian Charlize Theron dalam peran utama yang di ganti menjadi perempuan, hingga tidak ada dari versi tersebut yang membuahkan hasil. Produksi film tertahan di pengembangan, hingga Juli 2020, ketika diumumkan bahwa Russo bersaudara akan menyutradarai, dengan Gosling dan Evans menjadi pemeran utama. Pembuatan film dimulai di Los Angeles pada Maret 2021, sebelum berakhir di Praha pada Juli 2021. Dengan anggaran produksi sebesar $200 juta, film ini merupakan salah satu film paling mahal yang dibuat oleh Netflix.

The Grey Man memulai rilis bioskop terbatas pada 15 Juli 2022, diikuti oleh rilis digitalnya di Netflix pada 22 Juli 2022. Film ini menerima tinjauan beragam dari para kritikus dengan pujian untuk pemeran ensemble, tetapi kritik terhadap "skrip klise dan kecepatan cerita yang sangat berbahaya."[2] Film ini akan diikuti oleh sekuel dengan Gosling mengulangi perannya.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, pejabat senior CIA, Donald Fitzroy mengunjungi seorang tahanan. Delapan tahun sebelumnya, tahanan itu adalah anak di bawah umur yang dihukum karena membunuh ayahnya yang kejam untuk melindungi saudaranya. Fitzroy menawarkan pria itu kebebasannya dengan imbalan bekerja sebagai pembunuh dalam program "Sierra" CIA.

Pada tahun 2021, dalam sebuah misi di Bangkok, si pembunuh, "Sierra Six," bekerja dengan sesama agen CIA, Dani Miranda untuk membunuh target yang diduga menjual rahasia keamanan nasional. Sierra Six tidak dapat melakukannya secara diam-diam tanpa melukai warga sipil dan menyerang target secara langsung, melukainya secara fatal. Sebelum meninggal, target mengungkapkan bahwa ia bekerja di program Sierra sebagai "Sierra Four", dan memberikan Six drive terenkripsi yang merinci tentang kejahatan pejabat CIA, Denny Carmichael, yang merupakan agen utama dalam misi pembunuhan. Carmichael sulit dipahami tentang tujuan sebenarnya dari misi tersebut dan tidak mengakui isi drive ketika di tanya langsung oleh Six, dan Six menolak evakuasi dari Bangkok dengan anak buah Carmichael. Six menghubungi Fitzroy yang sekarang sudah pensiun untuk meminta ekstraksi.

Carmichael mempekerjakan tentara bayaran Lloyd Hansen, mantan agen CIA yang dikeluarkan dari agensi karena kecenderungan sosiopatnya. Hansen melacak Six untuk mengambil drive tersebut. Hansen melakukannya dengan menculik keponakan Fitzroy, Claire, memaksa Fitzroy untuk mengizinkan pembunuhan Six oleh tim ekstraksi. Namun, Six membunuh mereka dan melarikan diri.

Frustrasi, Carmichael mengirim bawahannya, Suzanne Brewer untuk mengawasi Hansen dan membuatnya tetap di jalur. Hansen menyandera Claire di sebuah rumah besar di Kroasia, tempat ia melakukan misinya. Hansen juga memberikan hadiah untuk menarik tentara bayaran dan pembunuh untuk memburu Six. Six menuju ke Wina untuk menemukan nomor seri alat pacu jantung Claire dari Laszlo Sosa, tapi Sosa mengkhianatinya untuk hadiah. Six melarikan diri, tepat saat Hansen tiba dengan timnya, dan diselamatkan oleh Miranda. Reputasi Miranda hancur setelah misi Bangkok dan dia awalnya berencana untuk menolong Six agar menyelamatkan karir Miranda di CIA. Six meyakinkan Miranda untuk mengantarnya ke apartemen Cahill di Praha, di mana dia mendekripsi drive, yang mengungkapkan sejauh mana kejahatan Carmichael, yang menggunakan CIA untuk pembunuhan bayangan.

Hansen mengirim beberapa tim pembunuh ke rumah Cahill, dan Cahill yang sakit parah meledakkan rumahnya untuk memberi Six dan Miranda kesempatan melarikan diri. Six ditangkap dan diborgol di alun-alun. Saling tembak di jalan Praha berlangsung dan Six melarikan diri. Pengejaran panjang dan baku tembak terjadi, dan Six diselamatkan oleh Miranda, menggunakan mobil antipeluru Cahill. Keduanya menyusup ke rumah sakit untuk melacak Claire melalui siaran sinyal nirkabel dari alat pacu jantungnya. Tentara bayaran, "Lone Wolf" mencuri drive dari mereka, mengalahkan mereka, dan membawa drive ke Hansen.

Six dan Miranda mengikuti lokasi alat pacu jantung ke markas Hansen. Miranda melakukan pengalihan sementara Six menyusup ke mansion dan menyelamatkan Fitzroy dan Claire. Fitzroy terluka parah saat mereka melarikan diri dan mengorbankan dirinya dalam upaya yang gagal untuk membunuh Hansen. Miranda melumpuhkan anak buah Hansen, tapi Lone Wolf lolos. Lone Wolf mengalahkan Miranda dalam perkelahian, tetapi memberinya drive tersebut, setelah muak dengan Hansen karena membunuh anak-anak dan kurangnya moral.

Hansen berhasil menyandera Claire dan menyeretnya ke labirin tanaman. Setelah buntu, Hansen melepaskan Claire dan bertarung dengan Six. Sebelum Six bisa membunuhnya, Hansen ditembak dan dibunuh oleh Brewer, yang memberitahu Six bahwa dia berencana untuk menyalahkan tindakan Carmichael pada Hansen. Selanjutnya, Brewer menjanjikan keselamatan Claire tetapi hanya jika Six terus bekerja untuk CIA. Six dan Miranda dipaksa untuk bekerja sama dan menutupi masalah sebenarnya, di mana akhirnya tidak ada tindakan yang diambil terhadap Carmichael. Setelah pembekalan di markas CIA, Miranda mengancam akan membunuh Carmichael jika ada bahaya yang menimpa Claire. Six lolos dari tahanan dan membebaskan Claire, yang ditahan di lokasi rahasia.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Proyek ini pertama kali didirikan di New Regency, dengan James Gray ditetapkan untuk mengarahkan skenario yang ditulis oleh Adam Cozad pada Januari 2011.[4] Brad Pitt awalnya berperan sebagai peran utama, tetapi pada Oktober 2015 dia dan Gray tidak lagi terlibat dengan film ini. Charlize Theron memasuki pembicaraan untuk membintangi versi film yang ditukar gender di Sony Pictures, dengan Anthony & Joe Russo menulis skenarionya.[5][6]

Tidak ada perkembangan lebih lanjut yang diumumkan hingga Juli 2020, ketika Russo bersaudara diumumkan untuk menyutradarai film ini, dari skenario oleh Joe Russo, Christopher Markus dan Stephen McFeely, dengan materi tambahan yang ditulis oleh Anna Gregory, Charles Leavitt, Rhett Reese, Joe Schrapnel dan Paul Wernick untuk Netflix, dengan niat untuk membuat waralaba. Ryan Gosling dan Chris Evans berperan untuk membintangi film ini.[1][7]

Syuting dimulai pada 18 Januari 2021, di Long Beach, California,[8][9] tetapi diundur ke 1 Maret.[8][10] Page menyelesaikan perannya dalam bulan pertama syuting.[11] Syuting kemudian di Eropa pada musim semi,[12] di lokasi termasuk Praha, Republik Ceko, Château de Chantilly di Prancis dan Kroasia.[13][14][15] Syuting di Praha berlangsung dari 27 Juni 2021.[16][17] Syuting selesai pada 31 Juli 2021.[18]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 46% dari 241 ulasan kritikus adalah positif, dengan peringkat rata-rata 5.6/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi, "The Grey Man memiliki garis besar bertabur bintang dari film thriller aksi yang menghibur, tetapi diisi dengan sisa-sisa suam-suam kuku dari film yang jauh lebih baik."[19] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberi film ini skor 49 dari 100, berdasarkan 55 kritik, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fleming, Mike Jr. (2020-07-17). "Netflix Commits Largest Budget So Far For 'The Gray Man;' Ryan Gosling, Chris Evans Star, AGBO'S Joe & Anthony Russo Direct Mano A Mano Espionage Thriller". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 17, 2020. Diakses tanggal 2020-07-17. 
  2. ^ "'The Gray Man' Review Roundup: A 'Throwback' Action Movie That's 'Listless' and Full of 'Tropes and Cliches'". Variety. July 14, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2022. Diakses tanggal July 15, 2022. 
  3. ^ "The Gray Man sequel and spinoff are in development at Netflix". JoBlo.com. July 26, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2022. Diakses tanggal July 26, 2022. 
  4. ^ Fleming, Mike Jr (January 14, 2011). "James Gray To Direct 'The Gray Man'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2021. Diakses tanggal July 17, 2020. 
  5. ^ Fleming, Mike Jr (August 15, 2011). "Brad Pitt To Star In Regency's 'The Gray Man'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2021. Diakses tanggal July 17, 2020. 
  6. ^ Fleming, Mike Jr (October 12, 2015). "Charlize Theron Prompts Protagonist Gender Change For Sony's 'The Gray Man'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2021. Diakses tanggal July 17, 2020. 
  7. ^ "The Gray Man". Writers Guild of America West. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 31, 2022. Diakses tanggal 18 April 2022. 
  8. ^ a b "The Gray Man". Production List. Film & Television Industry Alliance. January 25, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 23, 2021. Diakses tanggal December 10, 2020. 
  9. ^ Kroll, Justin (December 18, 2020). "Universal Lands AGBO's Adaptation Of 'The Electric State' With Millie Bobby Brown Starring, The Russo Brothers Directing And Christopher Markus & Stephen McFeely Writing". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2021. Diakses tanggal December 18, 2020. 
  10. ^ Fleming, Mike Jr. (December 18, 2020). "Netflix Pushes 'The Gray Man' Start Over California's Rise In Positive Covid Tests; Streamer's Biggest Tentpole Is In Pre-Production". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 13, 2021. Diakses tanggal 19 December 2020. 
  11. ^ "Inside Rege-Jean Page's 'Bridgerton' Departure". The Hollywood Reporter. April 6, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2021. Diakses tanggal April 7, 2021. 
  12. ^ "'The Gray Man' Will Kick Off a Franchise, Confirm Russo Brothers; Filming Date Revealed". Collider. December 5, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 25, 2021. Diakses tanggal December 6, 2020. 
  13. ^ "Ryan Gosling, Chris Evans thriller 'The Gray Man' to shoot in Prague this spring". The Prague Reporter. March 12, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2021. Diakses tanggal March 13, 2021. 
  14. ^ "Not Only Dhanush, This Indian Actress to be Part of Russo Brothers' 'The Gray Man'". MSN. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 22, 2021. Diakses tanggal May 22, 2021. 
  15. ^ Keslassy, Elsa (June 2, 2021). "France Lures Back Big American Shoots as Pandemic Slows Down Locally (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2021. Diakses tanggal 2 June 2021. 
  16. ^ Pirodsky, Jason. "'The Gray Man', with Chris Evans and Ryan Gosling, begins Prague shoot this month". The Prague Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 4, 2021. Diakses tanggal 4 June 2021. 
  17. ^ "The Gray Man location guide: Where was Netflix movie filmed?". Radio Times. July 22, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2022. Diakses tanggal 23 July 2021. 
  18. ^ Jirak, Jamie (July 31, 2021). "The Russo Brothers Wrap Filming on The Gray Man With Chris Evans and Ryan Gosling". comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 2, 2021. Diakses tanggal August 2, 2021. 
  19. ^ "The Gray Man". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2022-08-18. 
  20. ^ The Gary Man Reviews, Metacritic, diakses tanggal 2022-08-18 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]