It (film 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
It
IT Bill Skarsgard Poster 2017.jpg
Poster film It
Sutradara Andy Muschietti
Produser Roy Lee
Dan Lin
Seth Grahame-Smith
David Katzenberg
Barbara Muschietti
Skenario Chase Palmer
Cary Fukunaga
Gary Dauberman
Berdasarkan It 
oleh Stephen King
Pemeran Jaeden Lieberher
Bill Skarsgård
Musik Benjamin Wallfisch
Sinematografi Chung Chung-hoon
Penyunting Jason Ballantine
Perusahaan
produksi
New Line Cinema
RatPac-Dune Entertainment
Vertigo Entertainment
Lin Pictures
KatzSmith Productions
Distributor Warner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 5 September 2017 (2017-9-5) (TCL Chinese Theatre)
  • 8 September 2017 (2017-9-8) (Amerika Serikat)
Durasi
135 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $35 juta[2]
Pendapatan kotor $700,381,748[3]

It (dikenal dengan It: Chapter One) adalah film Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Andy Muschietti dan diproduseri oleh Roy Lee, Dan Lin, Seth Grahame-Smith, David Katzenberg dan Barbara Muschietti. Naskah film ini ditulis oleh Chase Palmer, Cary Fukunaga dan Gary Dauberman berdasarkan novel It karya Stephen King.[4][5] Film ini dibintangi oleh Jaeden Lieberher dan Bill Skarsgård.[6][4]

Film It ditayangkan secara perdana di TCL Chinese Theatre pada tanggal 5 September 2017 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 8 September 2017.[7][8] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Sekuel film ini, yang diberi judul It – Chapter Two, akan dirilis pada tanggal 6 September 2019.[9]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 1988, seorang remaja bernama Bill Denbrough (Jaeden Lieberher) memberikan sebuah perahu layar kertas kepada adiknya yang berusia tujuh tahun, Georgie (Jackson Robert Scott). Georgie bermain perahu tersebut ketika hujan deras di luar rumahnya, di sepanjang jalan di kota kecil Derry. Namun Georgie kecewa ketika perahu tersebut jatuh ke selokan. Saat ia mencoba untuk mengambilnya, Georgie melihat badut di selokan, yang memperkenalkan dirinya sebagai "Pennywise si Badut" (Bill Skarsgård). Pennywise, yang memegang perahu tersebut, membujuk Georgie untuk mendekat, lalu menggigit lengannya hingga putus dan menyeretnya ke selokan.

Musim panas berikutnya, Bill dan tiga temannya, Richie Tozier (Finn Wolfhard), Eddie Kaspbrak (Jack Dylan Grazer) dan Stan Uris (Wyatt Oleff), menabrak Henry Bowers (Nicholas Hamilton) dan gengnya. Bill, yang masih dihantui oleh hilangnya Georgie dan diabaikan oleh orang tuanya yang masih berduka, menemukan bahwa tubuh adiknya mungkin terdampar di tanah tandus yang disebut Barrens. Ia dan tiga temannya berusaha menyelidikinya, percaya bahwa adiknya mungkin masih hidup.

Ben Hanscom (Jeremy Ray Taylor) mengetahui bahwa kota Derry telah diteror oleh tragedi yang tidak dapat dijelaskan dan setiap anak menghilang selama berabad-abad. Ben menjadi sasaran geng Henry karena gemuk, kemudian ia melarikan diri ke Barrens dan bertemu dengan kelompok Bill. Mereka menemukan sepatu sneaker dari seorang gadis yang hilang, sementara salah satu anggota kelompok Henry, Patrick Hockstetter (Owen Teague), dibunuh oleh Pennywise saat mengejar dan mencari Ben di selokan.

Beverly Marsh (Sophia Lillis), seorang gadis yang dikucilkan karena isu seksual, juga bergabung dengan kelompok Bill. Baik Bill dan Ben memiliki perasaan terhadap Beverly. Kemudian, kelompok tersebut berteman dengan siswa homeschooling bernama Mike Hanlon (Chosen Jacobs) setelah mereka membelanya dari geng Henry. Sementara setiap anggota kelompok telah mengalami fenomena mengerikan dalam berbagai sosok, termasuk badut yang mengancam, anak laki-laki tanpa kepala, kucuran darah, pria penderita kusta yang membusuk, sebuah lukisan menyeramkan yang mulai hidup, orang tua Mike terbakar hidup-hidup dan hantu Georgie.

Ketika mereka menamai kelompok mereka "The Losers Club", mereka menyadari bahwa mereka semua diteror oleh sosok yang sama. Mereka menyebut bahwa Pennywise (atau disebut "It") dapat mengubah penampilannya dari apa yang mereka takuti dan bangun setiap 27 tahun sekali untuk memakan anak-anak di kota Derry sebelum kembali berhibernasi, lalu ia bergerak menggunakan saluran pembuangan, yang semuanya mengarah ke sumur yang saat ini berada di bawah rumah tua dan menyeramkan di 29 Neibolt Street. Setelah diserang oleh Pennywise, kelompok tersebut berusaha masuk ke rumah tersebut dan melawannya, namun mereka terpisah dan diteror. Lengan Eddie patah dan Pennywise memberitahu Bill tentang Georgie. Saat mereka berkumpul kembali, Beverly menusuk kepala Pennywise, memaksa Pennywise mundur. Namun, setelah serangan Pennywise tersebut, kelompok Bill mulai pecah, hanya Bill dan Beverly yang mampu melawannya.

Beberapa minggu kemudian, setelah Beverly melawan dan melumpuhkan ayahnya yang kasar, ia diculik oleh Pennywise. Mengetahui hal ini, The Losers Club berkumpul dan kembali ke rumah Neibolt untuk menyelamatkannya. Henry, yang telah membunuh ayahnya setelah dipaksa menjadi gila oleh Pennywise, menyerang kelompok tersebut. Mike melawan dan mendorong Henry ke sumur hingga meninggal. The Losers Club turun ke selokan dan menemukan Pennywise di sarang bawah tanah, yang berisi tumpukan alat peraga sirkus yang membusuk dan barang-barang milik anak-anak, di mana tubuh anak-anak yang hilang mengapung di udara. Beverly, yang saat ini kaku dan mentalnya terganggu karena disihir oleh Pennywise, kembali sadar saat Ben menciumnya. Bill bertemu Georgie, namun ia menyadari bahwa Georgie adalah Pennywise yang menyamar. Pennywise menyerang kelompok tersebut dan membawa Bill sebagai sandera, menawarkan pengampunan untuk mereka jika mereka membiarkan Pennywise menahan Bill. Mereka menolak tawaran Pennywise, menegaskan kembali persahabatan mereka dan melawan semua ketakutan mereka. Setelah pertarungan brutal, mereka mengalahkan Pennywise dan memaksanya mundur. Bill menyatakan bahwa Pennywise akan kelaparan selama hibernasinya. Kemenangan mereka sangat pahit, karena Bill akhirnya mengetahui bahwa adiknya telah meninggal dan dihibur oleh teman-temannya.

Seiring berakhirnya musim panas, Beverly memberitahu kelompok tersebut penglihatan yang dimilikinya ketika ia disihir oleh Pennywise, di mana ia melihat The Losers Club melawan makhluk itu ketika mereka dewasa. The Losers Club bersumpah dengan sumpah darah bahwa mereka akan kembali ke kota Derry sebagai orang dewasa jika Pennywise kembali dan menghancurkan makhluk itu untuk selamanya. Stan, Eddie, Richie, Mike dan Ben berpamitan dan kelompok itu bubar. Beverly memberitahu Bill bahwa ia akan pergi keesokan harinya untuk tinggal bersama bibinya di Portland. Sebelum ia pergi, Bill mengungkapkan perasaannya kepada Beverly dan mereka berciuman.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film It mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 321 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[36] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 69 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[37] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[38]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film It mendapatkan $327,481,748 di Amerika Utara dan $372,900,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $700,381,748, melebihi anggaran produksi film $35 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $123,403,419, menempati posisi teratas di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "It (15)". British Board of Film Classification. August 29, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ "With new adaptation of 'It,' New Line Cinema hopes to continue horror winning streak". Los Angeles Times. September 5, 2017. 
  3. ^ a b c "It (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 2, 2018. 
  4. ^ a b Warner Bros Editors (January 14, 2017). "IT – Warner Bros". Warner Bros. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 18, 2017. Diakses tanggal January 16, 2017. 
  5. ^ IGN Editors (March 3, 2015). "STEPHEN KING'S IT DIRECTOR CARY FUKUNAGA SEEKS THE "PERFECT" PENNYWISE FOR REMAKE". IGN. Diakses tanggal October 16, 2016. 
  6. ^ Verhoeven, Beatrice (June 2, 2016). "Stephen King's 'It' Casts Hollywood Legacy as Pennywise the Clown". The Wrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  7. ^ Hooton, Christopher (March 29, 2017). "IT's first trailer introduces terrifying new version of Stephen King's clown Pennywise". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2017. Diakses tanggal March 31, 2017. 
  8. ^ Trumbore, Dave (March 29, 2017). "First 'It' Movie Trailer Unleashes Pennywise". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2017. Diakses tanggal March 31, 2017. 
  9. ^ McClintock, Pamela (September 25, 2017). "'It' Sequel Gets September 2019 Release Date". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 25, 2017. 
  10. ^ Kroll, Justin (June 2, 2016). "'It' Remake to Star 'Midnight Special's' Jaeden Lieberher". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 1, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  11. ^ Ledford, Jon (June 2, 2016). "Stephen King's It finds its Pennywise". Looper. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  12. ^ Kroll, Justin (June 2, 2016). "'It' Reboot Taps 'Hemlock Grove' Star Bill Skarsgard to Play Pennywise the Clown". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  13. ^ Kit, Borys (June 2, 2016). "Stephen King's 'It' Adaptation Finds Its Pennywise the Clown (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  14. ^ a b c Barton, Steve (July 14, 2017). "Stephen King's IT: Andy Muschietti and Barbara Muschietti Talk Hard R Rating". Dread Central. Diakses tanggal July 20, 2017. 
  15. ^ a b c d White, James (June 2, 2016). "Stephen King's It finds a new Pennywise in Bill Skarsgard". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  16. ^ A. Lincoln, Ross (June 22, 2015). "Sophia Lillis Joins New Line's 'It' Remake; Aunjanue Ellis Sign on To Christine Crokos' 'Pimp'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  17. ^ a b c Charnel House Editors (June 28, 2016). "IT Character Profiles". Charnel House. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  18. ^ Breznican, Anthony (March 29, 2017). "A Terrifying Vision". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2017. Diakses tanggal March 30, 2017. 
  19. ^ Hatfull, Jonathan (June 22, 2016). "Stephen King's It remake first look at the Losers' Club". SciFiNow. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  20. ^ Disgusting, Mr (June 21, 2016). "'It': Pennywise Comes After Nicholas Hamilton". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  21. ^ Breznican, Anthony (March 29, 2017). "A Paper Boat". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2017. Diakses tanggal March 29, 2017. 
  22. ^ Kit, Borys (June 9, 2016). "'Bloodline' Actor Joins Adaptation of Stephen King's 'It' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 19, 2016. Diakses tanggal June 27, 2016. 
  23. ^ Keane, Stuart (June 12, 2015). "Stephen King's 'It' Adaptation Casts Another Key Child Role, And This One Hardly Featured in the Original". Inquisitr. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  24. ^ Snicks (June 20, 2016). "Film Version of Stephen King's "It" Will Retain Novel's Creepy Homoerotic Storyline". NewNowNext. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 26, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  25. ^ Longwell, Karen (July 22, 2016). "Barbara Muschietti, producer of film based on Stephen King's novel 'It', talks about experience in Port Hope". Northumberland News. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2016. Diakses tanggal July 27, 2016. 
  26. ^ How to Write a Novel Editors (July 22, 2016). "Stephen King's It". How to Write a Novel. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 3, 2016. Diakses tanggal July 27, 2016. 
  27. ^ King, Stephen (July 22, 2016). "IT Characters List". Stephen King. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2016. Diakses tanggal July 27, 2016. 
  28. ^ a b c Geek, Den (September 22, 2016). "Stephen King's It: Filming Update, Release Date, Cast, Photos & More". Den of Geek!. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2016. Diakses tanggal September 26, 2016. 
  29. ^ Bell, Amanda (June 29, 2016). "Stephen King's It Movie Adaptation Has Begun Production". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 18, 2016. Diakses tanggal July 14, 2016. 
  30. ^ Graham-Dixon, Charles (October 6, 2015). "Why Stephen King's IT scares off film-makers". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 9, 2016. Diakses tanggal July 14, 2016. 
  31. ^ Williams, Owen (August 11, 2016). "Stephen King's It – everything you need to know". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 25, 2016. Diakses tanggal September 28, 2016. 
  32. ^ Hamman, Cody (August 24, 2016). "TATUM LEE TO PLAY A HORRIFYING CREATION IN THE IT REMAKE". JoBlo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2016. Diakses tanggal October 19, 2016. 
  33. ^ Richardson, Jancy (June 24, 2015). "Here's The Full Cast List for the New 'IT' Movie". Moviepilot. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2016. Diakses tanggal June 28, 2016. 
  34. ^ McGloin, Matt (September 23, 2016). "Stephen King "It" Movie Wraps". Cosmic Book News. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2016. Diakses tanggal September 26, 2016. 
  35. ^ Baldwin, Daniel (March 2, 2017). "Might 'It: Part 2' Be Filming Sooner Than Expected?". Cinema Runner. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 13, 2017. Diakses tanggal March 13, 2017. 
  36. ^ "It (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal January 2, 2018. 
  37. ^ "It reviews". Metacritic. Diakses tanggal January 2, 2018. 
  38. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]