Neo-Nazisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Neo-Nazisme di Amerika

Neo-Nazisme adalah ideologi pasca Perang Dunia II yang ingin menghidupkan kembali Nazisme. Kelompok-kelompok neo-Nazi memiliki ide yang berbeda, tetapi biasanya termasuk kesetiaan pada Adolf Hitler, Antisemitisme, rasisme, xenophobia, nasionalisme, militerisme. Neo-Nazi biasanya menggunakan lambang-lambang Jerman Nazi, seperti swastika, Sig Rune, dan warna-warna merah-putih-hitam zaman reich ketiga.

Setelah Perang Dunia 2, Jerman memikirkan lagi sejarah masa lalunya dan berusaha keras untuk berpisah dengan ideologi dan pemikiran oleh Jerman Nazi. Namun rupanya masih ada organisasi Nazisme di Jerman. Orang-orang ini disebut Neo-Nazi.

Neo-Nazisme lebih banyak menyebar di Jerman Timur daripada Jerman Barat, kota-kota kecil daripada kota-kota besar, dan di generasi muda daripada generasi tua. Di dalam Jerman sendiri ada kecenderungan menganggap Neo-Nazi sebagai hal yang tidak penting, namun perlunya pengawasan lebih jauh karena adanya teror yang terus berkembang dengan sasaran para warga asing.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]