Hermann Göring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hermann Wilhelm Göring
Presiden Reichstag
Masa jabatan
1932–1945
Presiden Paul von Hindenburg
Adolf Hitler
Kanselir Heinrich Brüning
Franz von Papen
Kurt von Schleicher
Adolf Hitler
Didahului oleh Paul Löbe
Digantikan oleh none
Minister President of the Free State of Prussia
Masa jabatan
10 April 1933 – 24 April 1945
Gubernur Adolf Hitler
Himself
(Reichsstatthalter)
Didahului oleh Franz von Papen
Digantikan oleh Prussia dihapus
Reichsstatthalter Prussia
Masa jabatan
1935–1945
Perdana Menteri dia sendiri
Didahului oleh Adolf Hitler
Digantikan oleh Prussia dihapus
Menteri Penerbangan
Masa jabatan
April 1933 – April 1945
Presiden Paul von Hindenburg
Adolf Hitler
Kanselir Adolf Hitler
Didahului oleh Pertama kali
Digantikan oleh N/A
Menteri Kehutanan
Masa jabatan
Juli 1934 – April 1945
Presiden Paul von Hindenburg
Adolf Hitler
Kanselir Adolf Hitler
Didahului oleh pertama kali
Digantikan oleh N/A
Informasi pribadi
Lahir 12 Januari 1893
Rosenheim, Kerajaan Bavaria, Kekaisaran Jerman
Meninggal 15 Oktober 1946 (umur 53)
Nuremberg, Jerman
Partai politik Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NAZI)
Suami/istri Carin von Kantznow
(1923–1931, meninggal)
Emmy Sonnemann
(1935–1946)
Anak 4

Herman Wilhelm Göring (lahir di Bavaria, 12 Januari 1893 – meninggal 15 Oktober 1946 pada umur 53 tahun) merupakan tokoh Nazi Jerman dan seorang politikus. Ayahnya bernama Heinrich Ernst Göring yang berdarah Yahudi dari keluarga Eberlin. Ibunya adalah istri ke-2 yang bernama Franziska Fanny Tiefenbrunn seorang anak petani dari Bavaria. Göring memiliki empat saudara kandung yaitu Albert Göring, Karl Ernst Göring, Olga Therese Sophia Göring, Paula Elisabeth Rosa Göring.

Video clip Hermann Göring di dalam cockpitnya di Perang dunia I

Göring masuk dinas ketentaraan Kekaisaran Prusia pada tanggal 22 Juni 1912. Ia bertugas di Resimen Prinz Eugen Wilhelm, Infanri ke-112 yang bermarkas di Mullhouse. Selama Perang Dunia I, Göring bertugas di resimen infantri di wilayah Vosges. Karena lembabnya parit tempat perlindungan, Göring mengalami sakit reumatik dan ia pun di bawa ke rumah sakit. Setelah sembuh dari sakit reumatik nya, ia ditawari oleh temannya yang bernama Bruno Loerzer untuk pindah ke Luftstreitkräfte (Angkatan Udara Jerman). Ia pun masuk ke dalam Detasemen Udara Lapangan ke-25, Army ke-5 Putra Mahkota Friedrich Wilhelm. Göring ditugaskan sebagai pilot pesawat pemburu. Saat bertugas di sana ia menerima banyak penghargaan antara lain medali Salib Besi Kelas Satu, Singa Zaehring dengan Pedang, Order Karl Friedrich, Hohenzollren Kelas Tiga dengan pedang, Order Pour Le Mérite.

Pada tahun 1922, Göring bergabung dengan Partai Nazi. Awalnya ia menjadi Sturm Abteilung (SA) atau Pasukan Badai dengan Pangkat Oberste SA-Führer. Kemudian ia naik pangkat hingga bisa menjadi SA-Grippenführer. Saat kejadian Pemberontakan Warung Bir di Munich, Göring mengalami luka akibat terkena tembakan di bagian sendi lutut. Göring pun menjalani operasi di Austria. Selama masa penyembuhan, ia selalu mengonsumsi morfin setiap hari untuk menghilangkan rasa sakitnya. Akibat hal tersebut ia mengalami ketergantungan terhadap morfin.

Göring menjadi anggota Reichstag (Parlemen) pada tahun 1928. Ia bahkan pernah menjabat sebagai Presiden Parlemen dari tahun 1932 hingga 1933. Pada tahun 1935 Göring menjabat sebagai Reichsluftfahrt-minister. Pada tahun 1938 Göring diangkat menjadi Generalfeldmarschall di Luftwafe. Dan pada tanggal 19 Juni 1940, Hitler menunjuk Göring sebagai Reichmarschall.

Pada masa itu Göring juga menjabat sebagai Reichsforst und Jägermeister (Kepala Seluruh Hutan dan Kerajaan). Ia bahkan pernah menjabat sebagai menteri perekonomian menggantikan Hjalmar Schacht yang dipecat oleh Hitler. Dengan jabatannya itu, ia mendirikan sebuah perusahaan baja dengan nama Reichswerke Hermann Göring yang menggunakan buruh-buruh paksa. Dalam hal kemiliteran, Göring membuat divisi khusus yaitu Hermann Göring Division. Göring juga memjabat sebagai komandan Forschungsamt (FA) yaitu badan yang memantau telepon dan radio.

Göring merupakan orang yang mengesahkan program Solusi Terakhir Untuk Masalah Yahudi. Ia memberi memo kepada SS Obergruppenführer Reinhard Heydrich yang berisi perintah untuk membuat rancangan program tersebut. Pada tanggal 23 April 1945, Göring mengirimkan telegram ke Hitler yang meminta Hitler untuk menunjuk dirinya sebagai pengganti Hitler dan memberikan batas waktu penyerahan kekuasaan. Hitler marah atas telegram tersebut dan menganggap Göring sebagai penghianat. Pada tanggal 25 April 1945, Hitler memecat Göring dari semua jabatannya. Göring pun kabur ke Schloss Mautendouf. Kemudian Göring menyerah kepada pasukan sekutu pada tanggal 9 Mei 1945 di Bavaria. Ia pun dibawa ke pangadilan Nuremberg. Göring meminta pengadilan untuk melaksanakan hukuman mati bagi dirinya dengan cara di tembak bukan digantung. Permintaannya ditolak oleh pengadilan. Göring pun mengakhiri hidupnya dengan cara menelan potasium sianida pada malam hari sebelum eksekusi.


Buku-buku tentang Göring[sunting | sunting sumber]

  • Frischauer, Willi (1951). The Rise and Fall of Hermann Goering. Ballantine Books. 
  • Excerpt from Germany Reborn, oleh Hermann Göring, 1934
  • Leffland, Ella (1990). The Knight, Death and the Devil. New York: Morrow. ISBN 0-688-05836-1. 
  • Maser, Werner (2000). Hitlers janusköpfiger Paladin: die politische Biographie. Berlin. ISBN 3-86124-509-4. 
  • Mosley, Leonard (1974). The Reich Marshal: A Biography of Hermann Goering. New York: Dell. 
  • Overy, Richard J. (1984). Goering: The Iron Man. London: Routledge. 
  • Roger Manvell, Heinrich Fraenkel (2005). Goering. London UK: Greenhill Books. 

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hans Ulrich Klintzsche
Pemimpin SA
1923
Diteruskan oleh:
Posisi kosong dari 1923-1925
Didahului oleh:
Franz von Papen
(Reichskomissar)
Perdana Menteri Prusia
1933–1945
Diteruskan oleh:
Prusia dibubarkan