Wilhelm Burgdorf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Wilhelm Burgdorf
Burgdorfphoto.jpg
Wilhelm Burgdorf
Pengabdian  Kekaisaran Jerman (sampai 1918)
Bendera Jerman Republik Weimar (sampai 1933)
Bendera Nazi Jerman Nazi Jerman
Dinas/cabang Heer
Pangkat General der Infanterie
Komando Resimen-Infanteri 529
Perang Perang Dunia I
Perang Dunia II
Penghargaan Knight's Cross of the Iron Cross

Wilhelm Burgdorf (lahir 14 Februari 1895 – meninggal 2 Mei 1945 pada umur 50 tahun) adalah seorang perwira Angkatan Darat Jerman Nazi.

Karier militer[sunting | sunting sumber]

Burgdorf bergabung dengan Angkatan Darat Jerman (Reichsheer) saat pecahnya Perang Dunia I sebagai kadet dan ditugaskan sebagai seorang tentara infanteri di Resimen Grenadier 12 tahun 1915. Antara perang ia bertugas di Reichswehr dan dipromosikan menjadi kapten pada tahun 1930. Pada tahun 1935 ia menjadi instruktur dalam taktik di akademi militer di Dresden dengan pangkat mayor dan diangkat sebagai ajudan di staf Korps IX pada tahun 1937. Dia dipromosikan menjadi letnan kolonel pada tahun 1938 dan menjabat sebagai Komandan Resimen Infanteri 529 dari Mei 1940 sampai April 1942. Pada bulan Mei 1942, ia menjadi Kepala Departemen 2 dari Kantor Personalia Angkatan Darat. Burgdorf menjadi Wakil Kepala pada bulan Oktober 1942, ketika ia dipromosikan menjadi Generalmajor. Burgdorf dipromosikan menjadi Kepala Kantor Personil Angkatan Darat dan Kepala Ajudan untuk Hitler pada bulan Oktober 1944. Pada saat itu, ia lebih dipromosikan menjadi Generalleutnant. Burgdorf mempertahankan pangkat dan jabatan sampai kematiannya.

Erwin Rommel[sunting | sunting sumber]

Sebagai Kepala Ajudan Hitler, Burgdorf memainkan peran kunci dalam kasus kematian Generalfeldmarschall Erwin Rommel. Rommel memiliki peran dalam Plot 20 Juli. Hitler mengaku bahwa jika ingin membawa Jenderal paling terkenal Jerman ke pengadilan Rakyat, maka akan tercium skandal.

Pada tanggal 14 Oktober 1944, Burgdorf, dengan Jenderal Ernst Maisel, tiba di rumah Rommel. Burgdorf telah diperintahkan oleh Field Marshal Wilhelm Keitel untuk menawarkan Rommel pilihan - mengambil racun, menerima pemakaman kenegaraan, dan memperoleh kekebalan untuk keluarga dan staf, atau menghadapi persidangan atas tuduhan pengkhianatan Rommel melaju pergi dengan Burgdorf dan Maisel. Keluarga Rommel menerima panggilan telepon 10 menit kemudian mengatakan bahwa ia telah meninggal.

Berlin[sunting | sunting sumber]

Sebelum Pertempuran Berlin, Burgdorf pernah mengatakan " Setelah membersihkan orang Yahudi, kita harus bersihkan orang Katolik dalam tentara"

Ketika Tentara Soviet mulai serangan mereka di Berlin, Burgdorf bergabung dengan Hitler di Führerbunker. Pada tanggal 28 April, ketika ditemukan bahwa Heinrich Himmler mencoba untuk menegosiasikan penyerahan kepada Sekutu Barat melalui Count Folke Bernadotte, Burgdorf menjadi bagian dari pengadilan militer yang diperintahkan oleh Hitler ke pengadilan militer untuk menghukum Himmler via Hermann Fegelein. Fegelein, saat itu adalah kakak ipar Eva Braun. SS Jenderal Wilhelm Mohnke memimpin pengadilan, selain Burgdorf dan Mohnke, juga Jenderal SS Johann Rattenhuber dan Jenderal Hans Krebs. Namun, Fegelein begitu mabuk sehingga ia bertekad untuk berada dalam kondisi untuk diadili. Mohnke menutup proses dan menembak Fegelein.

Pada tanggal 29 April 1945, Burgdorf, Krebs, Joseph Goebbels, dan Martin Bormann menyaksikan dan menandatangani wasiat terakhir Hitler. Pada tanggal 2 Mei, Menyusul bunuh diri Hitler dan Goebbels, Burgdorf dan rekannya Hans Krebs juga bunuh diri dengan tembakan di kepala . tubuh Krebs dan Burgdorf ditemukan ketika personel Soviet memasuki kompleks bunker.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]