Wilhelm Mohnke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wilhelm Mohnke (15 Maret 1911 – 6 Agustus 2001) adalah salah satu anggota dari SS-Staff Guard (Stabswache) Berlin pada masa Perang Dunia II.

Wilhelm Mohnke
SSWilhelmMohnke.jpg
Mohnke pada 1944
Lahir15 March 1911
Lübeck, Kekaisaran Jerman
Meninggal6 Agustus 2001(2001-08-06) (umur 90)
Barsbüttel, Jerman
Pengabdian Jerman
Dinas/cabangFlag of the Schutzstaffel.svg Waffen-SS
Lama dinas1931–1945
PangkatSS-Brigadeführer und Generalmajor der Waffen-SS
NRPNSDAP #649,684
SS #15,541
KesatuanInfantri
KomandanSS Division Leibstandarte
Kampfgruppe Mohnke
Perang/pertempuranPerang Dunia II
PenghargaanKsatria Salib Besi
Salib Besi kelas Pertama

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Mohnke lahir di Lübeck pada tanggal 15 Maret 1911. Ayahnya yang juga bernama Mohnke merupakan seorang pembuat lemari. Setelah kematian ayahnya, ia bekerja di pabrik gelas dan porselen. Ia juga memegang gelar akademik di bidang ekonomi. Mohnke bergabung dengan Partai Nazi pada 1 September 1931. Tak lama kemudian, ia bergabung dengan SS akibat bujukan dari pemuka Partai Nazi. Mohnke memulai karier militernya dengan pangkat SS-Mann (tamtama). Setelah Adolf Hitler menjadi Kanselir Jerman pada Januari 1933, Markas Besar SS di Berlin meminta agar semua resimen SS menyerahkan tiga nama prajurit terbaik mereka untuk dipindahkan ke unit pengawal pribadi untuk Hitler. Mohnke dipilih untuk unit tersebut pada Maret 1933 dan ditugaskan ke SS-Staff Guard (Stabswache) Berlin.[1]

Karier Militer[sunting | sunting sumber]

Bersamaan dengan terpilihnya Mohnke untuk menjadi pengawal pribadi Hitler. Mohnke menjadi salah satu dari dua komandan kompi pada Agustus 1933 yang dikenal sebagai SS-Sonderkommando Berlin. Mohnke ikut serta dalam tugas perdananya sebagai prajurit di Perang Polandia pada bulan September 1939. Ia sempat terluka pada tanggal 7 September 1939 dan pulih di rumah sakit di Praha. Oleh karenanya, ia dianugerahi Salib Besi Kelas Dua pada 29 September 1939 dan dilanjutkan dengan penghargaan Salib Besi Kelas Satu pada 8 November 1939.[1][2]

Pada permulaan Pertempuran Prancis pada tahun 1940. Ia mengambil alih komando Batalyon ke-2 pada 28 Mei setelah komandan batalion ke-2 terluka parah. Di masa inilah Mohnke diduga terlibat dalam pembunuhan 80 orang Inggris (dari divisi ke-48) dan tawanan perang Prancis (POW) di dekat Wormhoudt. Mohnke tidak pernah dibawa ke pengadilan atas tuduhan ini, dan ketika kasus itu dibuka kembali pada tahun 1988, seorang jaksa Jerman sampai pada kesimpulan bahwa tidak ada cukup bukti untuk mengajukan tuntutan. Kasus ini muncul kembali secara singkat pada akhir tahun 1993 ketika terbukti bahwa pemerintah Inggris tidak mengungkapkan beberapa file terkait dari arsipnya selama penyelidikan sebelumnya.[3]

Mohnke juga memimpin Batalyon ke-2 selama perang Balkan, di mana dia menderita luka kaki yang parah dalam serangan udara Yugoslavia pada tanggal 6 April 1941, hari pertama perang. Para petugas medis memutuskan bahwa kakinya harus diamputasi, tetapi Mohnke mengabaikannya. Lukanya sangat serius sehingga sebagian kulit kakinya harus diangkat. Pada 26 Desember 1941, saat masih dalam masa penyembuhan, Mohnke dianugerahi Salib Jerman Emas. Mohnke kembali aktif pada tahun 1942; ia dipindahkan ke batalion pengganti pada Maret 1942.[2]

Mohnke di Pertempuran Bulge[sunting | sunting sumber]

Operation of Watch di Rhine, diikuti oleh Operation of Nordwind adalah serangan besar dan pertaruhan terakhir yang diperintahkan Hitler di Front Barat. Tujuannya adalah untuk mendorong kendaraan lapis baja Jerman melalui garis Amerika sampai ke Antwerpen untuk memecah pasukan Sekutu di barat dan mengulur waktu Jerman. Divisi SS-Leibstandarte yang dipimpin oleh Mohnke adalah ujung tombak operasi di Ardennes. Krisis bahan bakar di Jerman Nazi menyebabkan LSSAH memiliki jumlah bahan bakar yang tidak mencukupi untuk kendaraan perang. Pada tanggal 16 Desember 1944 operasi sempat dimulai, dengan Kampfgruppe milik SS-Obersturmbannführer menyerang ke Meuse.

Pada pukul 07.00 pada 17 Desember 1944, Kampfgruppe Peiper telah menyita tempat pembuangan bahan bakar Amerika di Büllingen. Pada 1330 pada hari yang sama, di persimpangan jalan dekat Malmedy, orang-orang dari formasi LSSAH Peiper menembak dan membunuh sedikitnya 68 tawanan perang Amerika Serikat yang kemudian dikenal sebagai pembantaian Malmedy.

Pada sore hari tanggal 17 Desember, unsur utama LSSAH telah terlibat dengan Divisi AS ke-99 di Stavelot. Divisi Mohnke terlambat dari jadwal 36 jam pada akhir hari kedua. Pasukan AS yang mundur meledakkan jembatan penting dan tempat pembuangan bahan bakar yang diyakini Mohnke dan Peiper dapat diambil secara utuh, yang ternyata semakin memperlambat kemajuan Jerman. Dengan berlalunya hari, perlawanan musuh menjadi kaku dan pada 24 Desember peperangan dihentikan. Pada tanggal 1 Januari 1945, Luftwaffe melancarkan serangkaian serangan di lapangan udara Sekutu tetapi operasi tersebut sangat merugikan Jerman. Mereka mengalami kerugian yang tidak bisa diganti. Pada saat seperti ini, Sekutu telah menyusun kembali pasukan mereka dan siap untuk menangkis setiap serangan yang dilancarkan oleh Jerman. Operasi tersebut secara resmi berakhir pada 27 Januari 1945, dan tiga hari kemudian Mohnke dipromosikan menjadi SS-Brigadeführer. Tak lama kemudian, Korps Panzer LSSAH dan I SS dipindahkan ke Hongaria untuk mencoba dan memperkuat situasi yang runtuh di sana. Mohnke terluka dalam serangan udara di mana dia menderita, antara lain, kerusakan telinga. Dia telah dihapus dari pasukan garis depan dan kembali ditempatkan di pasukan cadangan Führer.

Mohnke di Pertempuran Berlin[sunting | sunting sumber]

Setelah pulih dari luka-lukanya, Mohnke secara pribadi ditunjuk oleh Hitler sebagai Kommandant (Komandan Pertempuran) untuk pertahanan distrik pemerintah pusat Berlin (sektor Zitadelle), termasuk Reich dan Führerbunker. Pos komando Mohnke berada di bawah Kantor Kanselir Reich. Dia membentuk Kampfgruppe Mohnke (Kelompok Pertempuran Mohnke) dan itu dibagi menjadi dua resimen yang cukup lemah. Terdiri dari LSSAH, yaitu dari Batalyon LSSAH Ausbildungs-und Ersatz dari Spreenhagen di bawah SS-Standartenführer Anhalt, 600 orang dari Begleit-Bataillon Reichsführer-SS, Führer-Begleit-Kompanie dan kelompok inti adalah 800 orang-orang dari Batalyon Pengawal SS Leibstandarte (LSSAH) (yang ditugaskan untuk menjaga Führer).

Meskipun Hitler telah menunjuk Jenderal Helmuth Weidling sebagai komandan pertahanan Berlin, Mohnke tetap bebas dari perintah Weidling untuk mempertahankan tujuan pertahanannya dari Kanselir Reich dan Führerbunker. Total gabungan (untuk pertahanan kota) SS Kampfgruppe Mohnke, LVI Panzer Corps Jenderal Weidling (dan beberapa unit lainnya) berjumlah sekitar 45.000 tentara dan 40.000 Volkssturm. Mereka menghadapi jumlah tentara Tentara Merah Soviet yang lebih banyak. Ada sekitar 1,5 juta tentara Soviet yang dialokasikan untuk investasi dan penyerangan di Kawasan Pertahanan Berlin.

Karena kekuatan tempur Mohnke terletak di pusat saraf Reich Ketiga Jerman, ia jatuh di bawah pemboman artileri intens, yang dimulai pada ulang tahun Hitler pada 20 April 1945 dan berlangsung hingga akhir perang sipil pada 2 Mei 1945. Pertempuran jalanan di sekitar Reichstag dan Kanselir Reich sangat pahit dan berdarah. Bagi Soviet, Reichstag adalah simbol Nazi Jerman dan sangat diperlukan untuk direbut.

Sementara Pertempuran di Berlin berkecamuk , Hitler memerintahkan Mohnke untuk membentuk pengadilan militer untuk Hermann Fegelein yaitu ajudan Heinrich Himmler, untuk mengadili orang tersebut untuk desersi. Pengadilan itu terdiri dari Jenderal Hans Krebs, Wilhelm Burgdorf, Johann Rattenhuber, dan Mohnke sendiri.

Pada tanggal 30 April, setelah menerima berita bahwa Hitler telah bunuh diri dari Otto Günsche, Mohnke ikut serta dalam perkumpulan perwira yang harus keluar dari lingkaran Tentara Merah Soviet. Rencananya adalah dengan melarikan diri dari Berlin ke Sekutu di sisi barat Elbe atau ke Angkatan Darat Jerman di Utara. Sebelum pelarian, Mohnke memberi pengarahan kepada semua komandan (yang dapat dihubungi) di sektor Zitadelle tentang peristiwa kematian Hitler dan rencana pelarian. Mereka berpisah menjadi sepuluh kelompok utama pada 1 Mei 1945. Kelompok Mohnke termasuk: sekretaris Traudl Junge, sekretaris Gerda Christian, sekretaris Else Krüger, ahli diet Hitler Constanze Manziarly, Ernst-Günther Schenck, dan Walther Hewel. Mohnke berencana untuk menerobos ke Angkatan Darat Jerman yang ditempatkan di Prinzenallee. Pada 2 Mei 1945, Jenderal Weidling mengeluarkan perintah yang menyerukan penyerahan total semua pasukan Jerman yang masih berada di Berlin. Mohnke memutuskan untuk menyerah kepada Tentara Merah. Namun, beberapa kelompok Mohnke (termasuk beberapa personel SS) memilih bunuh diri.

Pasca-perang[sunting | sunting sumber]

Setelah Jerman menyatakan kalah perang, Mohnke dan perwira Jerman senior lainnya dari Kampfgruppe Mohnke (termasuk Dr. Schenck) disuguhi perjamuan oleh Kepala Staf Tentara Pengawal ke-8 dengan izin dari Letnan Jenderal Vasily Chuikov. Pada pukul 10.30 malam, tentara Jerman itu diantar ke ruangan lain di mana mereka dikurung di bawah penjagaan. Pada malam berikutnya tanggal 3 Mei, Mohnke dan tentara Jerman lainnya diserahkan ke NKVD. Pada 9 Mei 1945, dia diterbangkan ke Moskow untuk diinterogasi dan ditahan di sel isolasi selama enam tahun, setelah dipindahkan ke Penjara Lubyanka. Mohnke kemudian dipindahkan ke kamp penjara petugas di Voikovo. Dia tetap di penangkaran sampai 10 Oktober 1955.

Setelah dibebaskan dan tidak lagi berhubungan dengan Nazi Jerman, dia bekerja sebagai dealer truk kecil dan trailer, tinggal di Barsbüttel, Jerman Barat dan akhirnya meninggal pada 6 Agustus 2001 di Barsbüttel-Hamburg, pada usia 90 tahun.

Pangkat[sunting | sunting sumber]

28 Juni 1933 SS-Mann
1 Oktober 1933 SS-Hauptsturmführer
1 September 1940 SS-Sturmbannführer
21 Juni 1943 SS-Obersturmbannführer
21 Juni 1944 SS-Standartenführer
4 November 1944 SS-Oberführer
30 Januari 1945 SS-Brigadeführer

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film dan biografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Anthony, Beevor. Berlin: The Downfall 1945. Viking-Penguin Books. ISBN 978-0-670-03041-5. 
  2. ^ a b Cook, Stan; Bender, Roger James (1994). Leibstandarte SS Adolf Hitler: Uniforms, Organization, & History. San Jose: CA: James Bender Publishing. ISBN 978-0-912138-55-8. 
  3. ^ Douglas & Sayer, Botting (1989). Hitler's Last General: The Case Against Wilhelm Mohnke. Bantam Books. ISBN 0-593-01709-9.