Gramedia Pustaka Utama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Gramedia Pustaka Utama
Anak perusahaan
IndustriPenerbitan
GenreBervariasi
PendahuluDivisi penerbitan PT Gramedia
Didirikan25 Maret 1974; 46 tahun lalu (1974-03-25)
PemilikKompas Gramedia
IndukKG Media
Situs webwww.gpu.id

Gramedia Pustaka Utama (GPU) adalah anak perusahaan dari Kelompok Kompas Gramedia yang bergerak di bidang penerbitan buku fiksi dan nonfiksi. Sejak didirikan 25 Maret 1974, Gramedia Pustaka Utama telah memiliki fokus terbitan di 12 bidang: Fiksi Dewasa, Fiksi Remaja, Fiksi Anak, Sastra-Literatur, Bisnis Ekonomi, Social Science, Pengembangan Diri, Kamus & Referensi, Boga, serta Busana & Kecantikan.

Sejarah Pendirian[sunting | sunting sumber]

Di atas kertas, penerbit Gramedia lahir pada tanggal 12 Maret 1970 ketika nama Gramedia dikukuhkan dengan akta notaris sebagai sebuah PT yang bergerak di bidang percetakan dan penerbitan. Usaha penerbitan ini dirintis oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama,yang sudah lebih dulu mendirikan toko buku pada tahun 1969.

Pada 7 Agustus 1972, Adisubrata, direktur pertama Penerbit Gramedia menandatangani kontrak perdana dengan pengarang. Buku pertama yang diterbitkan adalah novel berjudul Karmila karangan Marga T. Menyusul buku nonfiksi terjemahan Hanya Satu Bumi yang ditulis oleh Barbara Wako dan Rene Dubos, tawaran dari Yayasan Obor.

Pendirian Penerbit Gramedia makin dikukuhkan dengan Surat Keputusan tertanggal 25 Maret 1974 yang ditandatangani oleh Jakob Oetama (selaku Pimpinan PT Gramedia), yang memberikan kewenangan kepada Adisubrata untuk menandatangani perjanjian kepada pihak luar/pengarang atas nama PT Gramedia Pustaka Utama. Tanggal inilah yang kemudian menjadi "hari lahir" penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Tahun dan Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Tahun Peristiwa
1974 Ditandatangani SK berdirinya Penerbit PT Gramedia oleh Jakob Oetama, setelah pada tahun sebelumnya menerbitkan Karmila karya Marga T., yang merupakan cerita bersambung di harian KOMPAS.


Menerbitkan Badai Pasti Berlalu karya Marga T. Novel ini kemudian dialihwahana menjadi film dan album lagu yang legendaris.


Hanya Satu Bumi karya Rene Dubos & Barbara Ward diterbitkan. Buku ini merupakan laporan persiapan untuk konferensi lingkungan pertama tingkat dunia di Stockholm pada tahun 1972 dan mendasari munculnya ide pembangunan berkelanjutan dalam konferensi tingkat dunia lanjutannya di tahun 1987.

Mulai menerbitkan seri Album Cerita Ternama. 168 judul yang diterbitkan dalam seri ini memperkenalkan secara luas karya-karya klasik dunia kepada anak-anak Indonesia. Di tahun ini pula mulai diterbitkan seri Cerita dari Lima Benua, memperkenalkan dongeng, cerita rakyat, dan legenda dari seluruh dunia yang dikisahkan kembali oleh para penulis Indonesia.


Menerbitkan buku Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan karya Prof. Dr. Koentjaraningrat, yang menjadi salah satu buku yang mencoba menjelaskan persoalan-persoalan pembangunan dan kendalanya pada masa awal Orde Baru. Lepas pada kritik yang dilontarkan, buku ini berpengaruh pada zamannya.

1975 Menerbitkan novel Terminal Cinta Terakhir karya Ashadi Siregar, setelah di tahun sebelumnya populer dengan Cintaku di Kampus Biru dan Kugapai Cintamu. Trilogi ini mewarnai khazanah sastra Indonesia pada 1970-an.


Karmila difilmkan dengan sutradara Ami Prijono. Ini adalah versi pertama dari film Karmila yang hingga beberapa dekade berikut difilmkan ulang dan disinetronkan.

1976 Kamus Inggris-Indonesia karya John M. Echols dan Hassan Shadily diterbitkan dan menjadi kamus Inggris-Indonesia yang paling banyak dipakai di Indonesia hingga saat ini. Kamus ini mengawali terbitnya kamus-kamus bahasa asing lainnya di Gramedia Pustaka Utama, yang saat ini jumlahnya telah lebih dari 65 kamus bahasa asing.
1977 Menerbitkan buku Dasar-Dasar Ilmu Politik karya Prof. Miriam Budiardjo. Ini adalah buku teks pertama tentang ilmu politik yang sangat membantu jutaan mahasiswa politik dan ilmu-ilmu sosial lainnya di Indonesia untuk memahami politik sebagai sebuah ilmu, karena ditulis secara sistematis dan komprehensif. Sejak terbit, buku ini telah dicetak hingga lebih dari 42 kali.
1978 Seri Lima Sekawan karya Enid Blyton pertama kali diterbitkan, yang kemudian menjadi buku anak-anak paling laris di Indonesia pada dekade 70-80-an. Bahkan, masih menjadi buku bacaan yang direkomendasikan untuk anak-anak hingga sekarang.


Mulai menerbitkan terjemahan karya Agatha Christie, sang ratu penulis cerita kriminal dunia. Setelah Pemakaman menjadi novel pertama yang diterbitkan. Sampai kini sudah 80 judul karya Agatha Christie yang diterbitkan di Indonesia.


Menerbitkan Sepolos Cinta Dini, yang menandai terbitnya novel pertama Mira W. Mira W. kemudian menjadi salah satu penulis Indonesia yang hampir semua novelnya difilmkan atau dibuat sinetron.


Menerbitkan Belajar Memasak bersama Nyonya Rumah karya Nyonya Rumah (Julie Sutarjana) yang disusul oleh Pandai Masak 1 dan Pandai Masak 2. Ketiga buku ini menjadi perintis tren penerbitan buku resep masakan di Indonesia.


Pertama kali menerbitkan Bumi yang Subur, novel pemenang Pulitzer Prize tahun 1932 yang merupakan novel mahakarya karya Pearl S. Buck yang mengangkat budaya China.


Menerbitkan terjemahan Buku Harian Anne Frank. Buku legendaris yang menjadi simbol harapan yang hilang dari anak-anak yang tewas dalam tragedi Holokaus ini telah diterjemahkan dalam lebih dari 60 bahasa.

1979 Seri Imung karya Arswendo Atmowiloto mulai diterbitkan, disusul dengan seri-seri novel populer lainnya: Kiki & Komplotannya, Keluarga Cemara, dan Senopati Pamungkas.
1980 Mulai menerbitkan terjemahan karya-karya Sidney Sheldon, diawali dengan Wajah Sang Pembunuh. Novel-novel Sidney Sheldon kemudian menjadi bestseller sepanjang masa di Indonesia, menembus penjualan hingga satu juta eksemplar.
1981
Dale Carnegie signature.svg
Menerbitkan Petunjuk Hidup Tenteram dan Bahagia karya Dale Carnegie, yang mengawali tren penerbitan buku-buku pengembangan diri terjemahan di Indonesia. Buku ini masih terus dicetak ulang sampai sekarang.


Seri Trio Detektif dengan judul pertama Misteri Puri Setan terbit pertama kali dan menjadi bacaan bestseller favorit anak-anak dan remaja pada tahun 1980-an.

1982 Seri Pustaka Cerita: Tini diterbitkan, dengan judul pertama Robi dan Susi di Kebun Ajaib. Seri ini mendapatkan banyak pujian karena mengajarkan banyak perilaku positif kepada anak.

Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari diterbitkan dan kemudian menjadi salah satu novel Indonesia yang paling banyak diterbitkan ke dalam bahasa asing. Novel ini kemudian difilmkan pada tahun 2011 dengan judul Sang Penari.




Menerbitkan Yang Tak Ternilai karya V. Lestari, salah satu maestro novel misteri di Indonesia yang belum ada tandingannya.

1983
Menerbitkan Anak Bajang Menggiring Angin karya Sindhunata. Novel fantasi pewayangan yang bersumber dari kisah Ramayana dan diwarnai oleh filsafat kehidupan sehari-hari ini adalah salah satu buku bestseller yang telah dicetak berkali-kali sampai sekarang.


Terbit Roro Mendut, salah satu karya fiksi penting Y.B. Mangunwijaya, arsitek, rohaniwan, dan seorang humanis sejati. Lewat karya ini, Romo Mangun mengkritik pandangan umum tentang putri Jawa yang digambarkan sebagai sosok serbalemah, serbamanut, dan serbanunut. Lewat karya ini, sosok Rara Mendut tampil sebagai perempuan mandiri yang mampu memperjuangkan hak-haknya.

1985 Musashi karya legendaris Eiji Yoshikawa. Epik panjang tentang samurai pada abad ke-16 diterbitkan secara berseri 7 buku dan menjadi karya legendaris.


Misteri Dian yang Padam, yang mengawali kiprah penulisan S. Mara Gd. sebagai ratu cerita detektif Indonesia, pertama kali diterbitkan.


Mulai menerbitkan karya Nh. Dini. Pada Sebuah Kapal menjadi judul pertama yang terbit, dan sampai saat ini telah lebih dari 20 judul karyanya yang diterbitkan oleh GPU.

1986 Menerbitkan Alam Asli Indonesia: Flora, Fauna, dan Keserasian karya Kathy MacKinnon dan Alain Compost, salah satu buku pertama di Indonesia yang memaparkan kekayaan flora dan fauna Indonesia yang disertai foto-foto berkualitas.


Terbit Tangkaplah Daku, Kau Kujitak, buku pertama seri Lupus karya Hilman Hariwijaya. Lupus memperkenalkan jenis baru penulisan novel remaja dan merupakan buku seri bestseller paling ditunggu di tahun 1990-an.


Menerbitkan buku puisi Aku Ini Binatang Jalang karya Chairil Anwar yang sampai saat ini telah dicetak berulang kali.

1987 Seri Resep Praktis karya Yasa Boga diterbitkan dan mengawali tren buku masak dengan foto-foto yang menggugah selera, takaran yang tepat, dan step by step pembuatan yang praktis.
1988 Terbit Sewindu Dekat Bung Karno karya Bambang Widjanarko, salah satu buku tentang Bung Karno dan kondisi politik Indonesia pada akhir kekuasaannya. Buku ini mendapat banyak sorotan karena terbit pada masa kejayaan Orde Baru.


Wastu Citra karya Y.B. Mangunwijaya terbit dan menjadi buku acuan arsitektur dan seni yang masih dipakai sampai saat ini.


Menerbitkan buku Hari Depan Kita Bersama (Komisi Dunia untuk Lingkungan dan Pembangunan), sebuah buku tentang keterkaitan pertumbuhan ekonomi dan lingkungan hidup serta sifat keberlanjutan pembangunan itu sendiri, yang kemudian memperkenalkan istilah “pembangunan berkelanjutan” (terjemahan dari sustainable development) di Indonesia.

1989 Terbit Teori Kesusastraan karya Rene Wellek dan Austin Warren, buku yang sampai saat ini menjadi salah satu buku acuan pengajaran sastra di Indonesia.
1991 Menerbitkan Manunggaling Kawula Gusti  karya P.J. Zoetmulder, sebuah buku monumental yang mengisahkan pengalaman manusia mencari kemanunggalan dengan Tuhan melalui interpretasi budaya luhur Indonesia.
1992 Mulai menerbitkan seri Barbie.


Dipercaya Disney untuk menerbitkan buku-buku mereka dalam bahasa Indonesia.

1993 Mulai menerbitkan terjemahan novel-novel legal thriller bestseller karya John Grisham.  Judul yang pertama diterbitkan adalah The Firm.


Menerbitkan Etika  karya K. Bertens. Buku ini menjadi salah satu buku acuan pembelajaran etika di banyak universitas di Indonesia.


Menerbitkan In Search of Human Rights karya Todung Mulya Lubis, studi sistematis tentang pergulatan hak asasi manusia di Indonesia menjelang runtuhnya Orde Baru.


Terbit Gone with the Wind karya legendaris Margaret Mitchell, pemenang Pulitzer Prize untuk karya fiksi tahun 1937. Buku ini juga masih dicetak ulang atas permintaan pembaca sampai saat ini.

1994 Menerbitkan Seri Dongeng Klasik Indonesia karya Sanggar Tumpal dengan ilustrasi autentik yang menarik. Judul-judul yang diterbitkan Si Leungli, Pangeran Katak, Cindelaras, Jaka Tarub, Lutung Kasarung, dan Sangkuriang.
1995 Seri Goosebumps dan Fear Street karya R. L. Stine terbit pertama kali, yang kemudian menjadi bestseller dan bacaan paling digemari anak-anak praremaja dan remaja Indonesia di tahun 90-an.


Terbit seri Chicken Soup for the Soul karya Jack Canfield dan Mark Victor Hansen dan menjadi buku inspirasi populer di Indonesia yang hingga saat ini telah terjual lebih dari satu juta eksemplar.


Menerbitkan terjemahan Men Are from Mars, Women Are from Venus, yang menjadi bestseller di Indonesia dan menjadi acuan dalam membina hubungan pria dan wanita.


Terbit Kamus Jawa Kuna-Indonesia karya P.J. Zoetmulder dan S.O. Robson. Kamus ini menjadi salah satu rujukan dalam mempelajari kebudayaan Indonesia.

Mulai menerbitkan karya-karya Stephen Covey, dimulai dengan First Thing First.

1996 Menerbitkan Etika Jawa karya Franz-Magnis Suseno. Buku ini menjadi salah satu pedoman alternatif bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan modernisasi.


Terbit Seri Menata Rumah karya Imelda Akmal yang menjadi pemicu terbitnya buku-buku desain interior di Indonesia.


Menerbitkan terjemahan buku Emotional Intelligence karya Daniel Goleman, buku yang memberikan gagasan baru tentang arti kecerdasan.


Menerbitkan Kamus Filsafat karya Lorens Bagus yang semakin memperkaya khasanah dunia filsafat di Indonesia.


Menerbitkan Nusa Jawa: Silang Budaya karya Denys Lombard, dengan pendekatan sejarah total Indonesia dari kehidupan sehari-hari masyarakatnya.

1997 Mulai menerbitkan seri Harlequin, yang merupakan seri novel roman terjemahan. Hingga saat ini, lebih dari 1.000 judul yang telah diterbitkan.
1999 Terbit Pemikiran Karl Marx karya Franz-Magnis Suseno, tepat setahun setelah runtuhnya Orde Baru. Buku ini menjelaskan pemikiran yang selama lebih dari 30 tahun di Indonesia ditabukan namun kurang dipahami.


Food Combining karya Andang Gunawan terbit dan menjadi buku referensi diet yang sangat populer di Indonesia hingga kini.


Novel Seandainya Aku Boleh Memilih, karya Mira W., diadaptasi menjadi sinetron seri berjudul Cinta yang sempat menempati puncak rating tayangan televisi tahun 90-an.

2000 Terjemahan buku pertama seri Harry Potter diterbitkan. Ketujuh judul dalam seri ini tercatat sebagai novel anak-anak paling laris di Indonesia dengan total penjualan mencapai lebih dari satu juta eksemplar.


Menerbitkan buku pertama dari seri panduan finansial bestseller, Rich Dad, Poor Dad, karya Robert Kiyosaki. Buku ini menjadi penggagas pemikiran revolusioner tentang finansial di Indonesia.


Sisca Soewitomo mulai bergabung dalam jajaran penulis GPU, dengan buku pertamanya Masak Mudah dan Lezat yang menjadi bestseller. Buku-buku karya Sisca Soewitomo selanjutnya juga selalu menjadi bestseller di Indonesia.

2001 Menerbitkan terjemahan seri Teletubbies, buku anak-anak batita bergambar yang menjadi bestseller pada awal tahun 2000-an.
2002 Mulai menerbitkan buku-buku Seri Fashion Indonesia bersama para desainer mode Indonesia. Buku-buku ini sukses di Indonesia dan diterbitkan juga di Malaysia.
2003 Cendekiawan dan Kekuasaan dalam Negara Orde Baru karya Daniel Dhakidae terbit, sebuah buku yang ditulis berdasarkan riset yang mendalam tentang peran dan kedudukan kaum cendekiawan di Indonesia dalam zaman Orde Baru.


Memelopori penerbitan genre novel terjemahan ChickLit , yang kemudian diikuti oleh banyak penerbit lain di Indonesia.


Memelopori penerbitan novel remaja TeenLit yang kemudian menjadi tren buku remaja hingga saat ini. Novel pertama lokal yang diterbitkan Dealova karya Dyan Nuranindya.


Menerbitkan Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi yang memberikan inspirasi bagi dunia pendidikan, khususnya sekolah alam, di Indonesia.


Terjemahan buku bestseller Tipping Point, karya Malcom Gladwell, diterbitkan.

2004 Menciptakan lini baru novel fiksi, MetroPop, untuk pembaca dewasa muda yang kemudian melahirkan penulis-penulis berbakat antara lain Clara Ng, Alberthiene Endah, dan Ilana Tan.


Menerbitkan Kerygma dan Martyria karya Remy Silado, yang mendapatkan rekor MURI sebagai buku puisi paling tebal yang pernah diterbitkan di Indonesia.

2005 Nayla, novel pertama Djenar Maesa Ayu diterbitkan dan menjadi salah satu buku yang paling banyak dibicarakan di tahun ini karena menyuarakan kebebasan perempuan.


Financial Revolution karya Tung Desem Waringin diterbitkan dan menjadi pelopor terbitnya buku-buku panduan finansial karya penulis Indonesia.


Merilis lini baru Edutivity, buku aktivitas yang bermuatan pendidikan bagi anak-anak.


Terbit buku Change! karya Rhenald Kasali, yang menjadi panduan bagi para eksekutif di Indonesia dalam menyikapi perubahan.

2006 Menerbitkan Tesaurus Bahasa Indonesia karya Eko Endarmoko, tesaurus pertama yang terbit di Indonesia. TBI juga merupakan dokumentasi kekayaan kata dan padanan kata bahasa Indonesia dengan segala nuansa artinya.
2007 Buku terjemahan The Secret karya Rhonda Byrne diterbitkan.  Buku pengembangan diri yang membuat populer istilah the law of attraction dan menjadi bestseller hingga saat ini dengan total penjualan lebih dari 300.000 eksemplar.
2008 Menerbitkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat (setelah sebelumnya diterbitkan oleh Pusat Bahasa), sebuah kamus ekabahasa yang memuat kekayaan kosakata bahasa Indonesia dan warisan budaya bangsa dalam bentuk peribahasa, ungkapan khas, aksara daerah, dsb. KBBI merupakan sumber rujukan pertama dan utama mengenai bahasa Indonesia bagi pelajar, mahasiswa, guru, dosen, penulis, kaum profesional, dan masyarakat luas.


Rahasia Wine karya Yohan Handoyo menjadi buku Indonesia pertama yang mendapatkan Gourmand World Cookbook Award dan menjadi The Best Wine Education Book in the World tahun 2008.


Terjemahan Twilight karya Stephenie Meyer diterbitkan dan menjadi bestseller di Indonesia dan terjual hingga ratusan ribu eksemplar.

2009 Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi menjadi buku megabestseller di Indonesia dengan angka penjualan melebihi 250.000 eksemplar. Novel inspiratif ini kemudian difilmkan tahun 2012 dan berhasil menembus satu juta penonton.


Tata Rias dan Busana Pengantin Indonesia karya Tien Santoso diluncurkan. Buku ini memuat dokumentasi 218 jenis tata rias dan busana pengantin dari seluruh Indonesia.


Menerbitkan buku pertama Cipto Junaedy; Strategi Membeli Banyak Properti Tanpa Uang Tanpa KPR. Buku ini menjadi bestseller sampai saat ini.

2010 Menerbitkan Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies, buku pertama Yoris Sebastian, salah seorang penggerak industri kreatif Indonesia.


Agustinus Wibowo memperkenalkan jenis baru penulisan buku traveling di Indonesia, yang dimulai dengan buku pertamanya Selimut Debu, dan kemudian diikuti oleh Garis Batas dan Titik Nol.

2011 Menerbitkan New Wave Marketing karya Hermawan Kertajaya, salah satu begawan marketing dunia dari Indonesia.


Terbit Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah, yang berkisah tentang Merry Riana, perempuan Indonesia yang sukses di Singapura. Buku ini menjadi bestseller dan terjual lebih dari 100.000 eksemplar.


9 Summers 10 Autumns karya Iwan Setyawan diterbitkan dan menjadi salah satu novel inspiratif bestseller. Novel ini kemudian difilmkan tahun 2013.


Terbit Negara Paripurna karya Yudi Latif, buku yang menjadi acuan dalam membangun semangat ke-Indonesiaan.

2012 Memperkenalkan Amore, lini baru novel romantis karya penulis Indonesia.


Amba karya Laksmi Pamuntjak menjadi novel sastra yang banyak dibicarakan di tahun ini.


Tenunku: Warna-Warna Benang Kearifan Nusantara karya Ani Yudhoyono diluncurkan. Buku ini merekam secara lengkap kriya tenun dari seluruh Nusantara.


Hijab Street Style karya Dian Pelangi diluncurkan, dan menjadi fenomena karena kesegaran ide dan konsepnya. Buku ini menjadi bestseller dan diterbitkan hingga ke mancanegara.

2013 99 Cahaya di Langit Eropa, novel laris tentang menjadi agen muslim yang toleran, karya Hanum Rais dan Rangga Almahendra, difilmkan dan menembus lebih dari satu juta penonton.

Pengembangan Teknologi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010 Gramedia telah menggunakan komputasi awan (cloud) sejak tahun 2010 yang berakibat pemangkasan pada biaya operasional sebesar 30 persen.[1]

Format ebook untuk buku-buku terbitan Gramedia Pustaka Utama mulai diperkuat tahun 2017 dengan dirilisnya aplikasi Gramedia Digital[2] dan juga Google Play Books.

Mulai 1 April 2020, bekerja sama dengan lima penerbit buku Kompas Gramedia lainnya, Gramedia Pustaka Utama mulai mengembangkan sistem pengiriman naskah digital terpadu melalui Digital Publishing System. Melalui sistem ini para penulis dapat mengunggah naskah mereka lewat website, untuk selanjutnya akan masuk dalam seleksi online para editor. Nantinya, naskah yang dikirimkan tidak hanya dapat dicetak menjadi buku saja, tetapi juga dalam bentuk ebook dan juga dapat dicetak terbatas melalui sistem POD atau print on demand. Metode unggahan ini semakin mempermudah sistem pengiriman naskah, yang sebelumnya lazim dilakukan via pos ataupun e-mail.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]