Strasserisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Strasserisme (Jerman: Strasserismus atau Straßerismus) adalah untaian Nazisme yang menyerukan bentuk ideologi yang lebih radikal, aksi massa dan berbasis pekerja, mendukung antisemitisme ekonomi di atas bentuk antisemit lainnya, untuk mencapai rejuvinasi nasional. Ideologi ini mendapatkan namanya dari Gregor Strasser dan Otto Strasser, dua bersaudara yang merupakan anggota Partai Nazi.

Ideologi[sunting | sunting sumber]

Nama Strasserisme diterapkan pada bentuk Nazisme yang diasosiasikan dengan Strasser bersaudara. Meskipun mereka telah terlibat dalam pembentukan Program Nasional-Sosialis tahun 1920, keduanya meminta partai untuk berkomitmen untuk "memutus belenggu modal keuangan".[1] Penentangan terhadap apa yang oleh Nazi disebut Finanzkapitalismus (kapitalisme keuangan) dan raffendes Kapital (yang diterjemahkan secara kasar menjadi "kapitalisme yang menggerogoti uang".[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ C. T. Husbands, 'Militant Neo-Nazism in the Federal Republic of Germany' in L. Cheles, R. Ferguson & M. Vaughan, Neo-Fascism in Europe, 1992, p. 98.
  2. ^ Ian Kershaw, Hitler: A Profile in Power, first chapter (London, 1991, rev. 2001).