The Impossible (film 2012)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Impossible
The Impossible.jpg
Poster film The Impossible
SutradaraJ.A. Bayona
ProduserÁlvaro Augustin
Belen Atienza
Enrique López Lavigne
Penulis skenarioSergio G. Sánchez
Penulis ceritaMaría Belón
PemeranNaomi Watts
Ewan McGregor
Tom Holland
Penata musikFernando Velázquez
SinematograferÓscar Faura
PenyuntingElena Ruíz
Bernat Vilaplana
Perusahaan
produksi
Apaches Entertainment
Telecinco Cinema
DistributorWarner Bros. Pictures (Spanyol)
Summit Entertainment
(Amerika Serikat dan internasional)
Tanggal rilis
  • 9 September 2012 (2012-9-9) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 11 Oktober 2012 (2012-10-11) (Spanyol)
  • 21 Desember 2012 (2012-12-21) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 11 Januari 2013 (2013-1-11) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi113 menit[1]
NegaraSpanyol
Amerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$45 juta[2]
Pendapatan
kotor
$180.274.123[3]

The Impossible (bahasa Spanyol: Lo imposible) adalah film drama thriller tahun 2012 yang disutradarai oleh J. A. Bayona dan diproduseri oleh Álvaro Augustin, Belen Atienza dan Enrique López Lavigne. Naskah film ini ditulis oleh Sergio G. Sánchez, sementara ceritanya ditulis oleh María Belón. Film ini dibintangi oleh Naomi Watts, Ewan McGregor dan Tom Holland.

Film The Impossible ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 9 September 2012[4] dan dirilis di Spanyol pada tanggal 11 Oktober 2012. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Desember 2012 secara terbatas dan 11 Januari 2013 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dokter Inggris Maria Bennett (Naomi Watts), suaminya Henry Bennett (Ewan McGregor), serta ketiga putra mereka Lucas (Tom Holland), Thomas (Samuel Joslin) dan Simon (Oaklee Pendergast) pergi berlibur Natal tahun 2004 ke Khao Lak, Thailand. Tiba di malam Natal, mereka menginap dan mulai menikmati Orchid Beach Resort yang baru. Dua hari kemudian pada hari Boxing, tsunami besar menerjang resort tersebut.

Maria dan Lucas akhirnya selamat dari tsunami yang menerjang mereka dan bertemu satu sama lain meskipun Maria mengalami luka serius di kaki dan dadanya. Mereka kemudian membantu seorang balita, Daniel (Johan Sundberg), dari reruntuhan dan segera ditemukan oleh penduduk setempat yang memindahkan mereka ke rumah sakit setempat di kota Takua Pa. Daniel dipisahkan dari mereka dalam perjalanan. Di rumah sakit, Maria meminta Lucas untuk membantu orang lain menemukan anggota keluarga mereka saat ia menjalani operasi untuk cedera dadanya.

Sementara itu, Henry, Thomas dan Simon juga selamat dan bersama-sama. Henry meninggalkan Thomas dan Simon bersama keluarga lain yang dibawa ke pegunungan untuk tempat berlindung yang aman oleh petugas bantuan lokal sementara ia tetap di belakang untuk mencari Maria dan Lucas. Saat keluar mencari mereka meskipun Henry terluka dan sendirian, ia dijemput oleh orang yang lewat dan diantar ke halte bus terdekat untuk menunggu bersama orang-orang selamat lainnya. Fasilitas komunikasi langka, namun akhirnya seorang turis Eropa bernama Karl (Sönke Möhring), yang juga telah terpisah dari keluarganya, meminjamkan ponselnya kepada Henry untuk menghubungi kerabatnya di Inggris. Henry berjanji kepada ayah Maria bahwa ia akan mencari keluarganya ke mana pun dan bahwa ia akan menemukan mereka. Karl memberitahu para rombongan bahwa istrinya telah meninggalkan catatan yang mengonfirmasi bahwa mereka berada di pantai, lokasi mereka saat tsunami menerjang. Karl dengan sukarela menemani Henry mencari Maria dan Lucas serta keluarganya sendiri.

Saat Maria menjalani operasi, daftar medisnya tertukar dengan pasien lain yang telah meninggal. Lucas kembali untuk menemukan tempat tidur Maria kosong dan kemudian dibawa ke tenda tempat anak-anak tanpa keluarga diamankan. Kesalahan ditemukan ketika Lucas tidak dapat mengidentifikasi perhiasan wanita yang meninggal itu dan ia kemudian dipertemukan kembali dengan Maria, yang telah dipindahkan ke ruang ICU. Di rumah sakit, saat ia menunggu ibunya, Lucas menemukan Daniel, yang telah dipertemukan kembali dengan ayahnya.

Henry dan Karl mencari keluarga mereka di berbagai tempat sebelum mereka tiba di rumah sakit, di mana Henry diberi waktu lima menit untuk memeriksa. Karl memberinya selembar kertas dengan nama anggota keluarganya. Kendaraan yang membawa Thomas dan Simon juga berhenti di luar rumah sakit, lalu mereka berdua turun dari kendaraan agar Simon bisa buang air kecil. Dari kejauhan, Lucas mengenali ayahnya, dan saat ia mencari ayahnya di antara kerumunan yang kacau, Thomas dan Simon melihat Lucas dan mereka bersatu kembali. Henry akhirnya menemukan mereka bertiga. Lucas memberitahu Henry bahwa Maria berada di rumah sakit, siap untuk menjalani lebih banyak operasi untuk kakinya saat ia selamat dari terjangan. Kilas balik mengungkapkan bagaimana Maria bisa terluka parah dan bagaimana ia muncul ke permukaan air. Saat menjalani operasi, Lucas memberitahu ayahnya bahwa ia memiliki sesuatu yang sangat penting untuk diberitahukan kepada Maria.

Keesokan harinya, keluarga tersebut naik pesawat ambulans ke Singapura sehingga Maria dapat menerima perawatan medis lebih lanjut, yang diatur oleh perusahaan asuransi mereka. Di pesawat, Lucas memberitahu ibunya bahwa Daniel sudah aman. Maria menangis saat ia melihat ke luar jendela pesawat, melihat kondisi Thailand setelah terjangan tsunami tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Impossible mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 81%, berdasarkan 188 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Impossible mendapatkan $19.019.882 di Amerika Utara dan $161.254.241 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $180.274.123, melebihi anggaran produksi film $45 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $143.818, menempati posisi ke-26 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2.531.117, menempati posisi ke-14 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Impossible (12A)". British Board of Film Classification. October 15, 2012. Diakses tanggal October 15, 2012. 
  2. ^ "The Impossible". DarkHorizons.com. Dark Futures Pty. Diakses tanggal October 16, 2012. 
  3. ^ a b c "The Impossible (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 21, 2012. 
  4. ^ Kohn, Eric (September 9, 2012). "Toronto Review: Juan Antonio Bayona's 'The Impossible' Is an Intense Realization of the 2004 Tsunami at Odds With Overstated Sentimentalism". IndieWire. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  5. ^ Curtis, Rachel (December 21, 2012). "Tsunami survivor's impossible story hits the big screen". BBC News. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  6. ^ "The Impossible (2012)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  7. ^ "The Impossible reviews". Metacritic. Diakses tanggal March 3, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]