Very Large Array

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Very Large Array
USA.NM.VeryLargeArray.02.jpg
Organisasi National Radio Astronomy Observatory [1]
Lokasi Socorro, New Mexico, Amerika Serikat
Koordinat 34°04′43.497″LU,107°37′03.819″BB
Ketinggian 2124 m (6970 ft)
Teleskop 27 buah teleskop independen
Konfigurasi VLA berbentuk huruf Y sebagaimana tampak pada foto satelit. (Tidak semua antena muncul di foto)

Very Large Array (VLA) adalah sebuah kompleks observatorium astronomi radio yang berlokasi di dataran tinggi San Augustin, di antara kota Magdalena dan Datil, sekitar 50 mil (80 km) sebelah barat Socorro, New Mexico, Amerika Serikat. VLA berada pada koordinat 34°04′43″LU,107°37′04″BB, di ketinggian 2.124 meter (6.970 kaki) di atas permukaan laut. Kompleks ini merupakan salah satu komponen dari National Radio Astronomy Observatory (NRAO).

Kompleks observatorium ini terdiri dari 27 buah antena radio yang masing-masing memiliki diameter 25 meter (82 kaki) dan berat 209 metrik ton. Antena-antena tersebut tersebar di tiga buah garis berbentuk-Y yang masing-masing memiliki panjang 21 km/13 mil. Masing-masing antena ini dapat dipindahkan ke berbagai posisi di sepanjang garis dengan menggunakan lokomotif khusus di atas rel di sepanjang garis berbentuk Y tersebut.

Ada empat macam konfigurasi antena, dari posisi A (terbesar) sampai posisi D (terkecil, ketika semua antena berada dalam radius 600 meter dari titik pusat). Observatorium normalnya akan memakai semua konfigurasi setiap 16 bulan, dengan kata lain setiap kali perubahan dilakukan terhadap posisi antena-antena tersebut, tidak akan ada lagi perubahan sampai tiga atau empat bulan berikutnya.

Pusat operasi VLA (AOC) terletak di kampus New Mexico Tech di Socorro. AOC juga menjadi pusat kontrol dari Very Long Baseline Array (VLBA), sebuah VLBI array yang terdiri dari sepuluh piringan berdiameter 25 meter yang tersebar dari Hawai'i di barat sampai Kepulauan Virgin Amerika Serikat di timur yang menjadikannya sebagai instrumen astronomi terbesar di dunia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kongres Amerika Serikat menyetujui proyek VLA pada Agustus 1972 dan konstruksinya dimulai setelah enam bulan. Antena pertama ditempatkan pada September 1975 dan keseluruhan kompleks secara resmi dibuka pada 1980 memakan biaya sebesar 78,5 juta dolar AS.

Beberapa rencana untuk meningkatkan tingkat sensitivitas instrumen, jangkauan frekuensi dan resolusi telah diajukan.

Dalam film[sunting | sunting sumber]

Kompleks VLA muncul pada awal cerita film Arthur C. Clarke berjudul 2010: Odyssey Two [1982]. VLA kemudian muncul di film Contact yang dibintangi Jodie Foster. Serbuan mahluk luar angkasa dalam film Independence Day tahun 1996 diceritakan juga pertama kali dideteksi oleh proyek SETI di VLA.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]