Permainan bermain peran daring multipemain masif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan bermain peran daring multipemain masif (bahasa Inggris: Massively multiplayer online role-playing game (MMORPG)) adalah permainan bermain peran (RPG) yang dapat diakses oleh banyak pemain secara massal untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui sambungan Internet dan LAN.

Semua permainan bermain peran, seorang pemain menjalankan berperan sebagai tokoh karakter yang seolah-olah berperan di dalam dunia fiksi ilmiah atau dunia fantasi yang melakukan sejumlah kegiatan peran. Berdasarkan jumlah pemain, MMORPG dibedakan mulai dari pemain-tunggal (yang tidak dapat berinteraksi dengan orang lain), lalu permainan dengan sejumlah kecil pemain, hingga permainan dalam jumlah yang massal yang setiap orang dimungkinkan dapat berinteraksi bersama-sama.

Fitur Umum[sunting | sunting sumber]

Fitur-fitur yang dimiliki setiap permainan bermain peran (RPG) sangat banyak dan bervariasi, namun (di antara jenis fitur yang banyak dan bervariasi) ada sejumlah persamaan fitur umum yang dimiliki, pada umumnya MMORPG memiliki fitur: Penyelesaian misi, pertarungan, perdagangan, memiliki mata uang dalam permainan, fitur pembangunan karakter, dapat bekerja sama dalam tim, dapat memakai mode pakaian pada karakter yang umum disebut equip, dan seolah-olah berada di suatu dunia yang pada umumnya berlatar fantasi atau fiksi ilmiah.

Permainan bermain peran komputer yang dapat diakses oleh pemain secara massal (MMORPG), selain memiliki semua fitur umum permainan bermain peran (RPG), juga memiliki fitur dapat berinteraksi antar pemain, bekerja sama dalam tim dengan pemain lain, perdagangan antar pemain, dapat mengelola ataupun menjadi anggota kelompok sosial yang umum disebut guild atau clan, memiliki sejumlah fitur premium yang hanya dapat diakses dengan melakukan pembayaran menggunakan uang nyata, dan berkelanjutan terus-menerus tanpa batas akhir selesai (setidaknya hingga server ditutup).

Penyimpanan data pada permainan pemain tunggal disimpan pada konsol, kartu memori, ataupun pada komputer masing-masing pemain, sedangkan penyimpanan data permainan yang dapat diakses oleh sejumlah pemain disimpan pada komputer server yang terhubung dengan sambungan LAN atau internet (untuk permainan online).

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Pada hampir semua MMORPG, fitur pembangunan karakter menjadi tujuan utama. Hampir semua sistem perkembangan karakter di mana pemain mengumpulkan poin pengalaman (pada umumnya disebut EXP ataupun XP) untuk meraih level di dalam kegiatan permainan yang membuat karakter menjadi lebih baik [1] . Sudah menjadi tradisi apabila bertarung melawan musuh yang disebut monster ataupun mob dan penyelesaian sejumlah misi menjadi aktivitas utama dalam pengumpulan poin pengalaman (EXP atau XP).

Dalam beberapa MMORPG, tidak ada batasan level di beberapa MMORPG dan dimungkinkan terus-menerus dan berkelanjutan dalam mengumpulkan EXP ataupun XP. Model permainan yang seperti ini biasanya menitik-beratkan pada penguatan karakter, senjata dan perlengkapanya guna "mengejar" peringkat tertinggi (yang mempertontonkan karakter terkuat berdasarkan statistik, pemenang terbanyak, maupun reputasi tertinggi).

Tema[sunting | sunting sumber]

MMORPG yang populer, pada umumnya bertema fantasi tradisional, alam semesta (luar angkasa), dan sejumlah permainan menggabungkan tema dunia fantasi dengan tema fiksi ilmiah.

Sistem[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan MMORPG dibangun dengan sistem Klien-server yang menjalankan dunia virtual yang berjalan terus menerus, dan pemain terhubung ke server melalui Perangkat lunak klien. Perangkat lunak klien dapat memberikan akses di seluruh fitur permainan, namun (mungkin) diperlukan "pembayaran" untuk dapat mengakses ke fitur-fitur maupun daerah-daerah tertentu di dalam permainan yang umum disebut "fitur premium".

Sejumlah permainan MMORPG memberlakukan pembayaran untuk mendapatkan software client (sekali saja diawal-awal), meskipun di sisi lain mulai terjadi peningkatan tren MMORPG yang menggunakan aplikasi ringan menjangkau ke situs—dengan memerlukan aplikasi tambahan (add on) pada browser—yang memanfaatkan penyimpanan sementara (kuki) yang biasa disebut web-game.[butuh rujukan]

Daftar permainan daring[sunting | sunting sumber]

Ada banyak permainan daring berjenis MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti Xtreme Worlds hingga 3D tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

MMORPG yang memiliki server lokal di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Wave Game, tetapi diakuisisi Primula Saga.
Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Lyto.
Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Lyto.
Permainan daring pertama yang dikelola oleh PT Datakom Wijaya Pratama (DWP).
Game yang juga dapat dimainkan di PS3. Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Wave Game.
Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Lyto.
Sebuah game yang dibuat dan didesain oleh anak-anak Indonesia.
Game yang mirip dengan Audition AyoDance, Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Lyto.
Game ini masih dalam perkembangan, namun telah berhasil meraih beberapa penghargaan di beberapa perlombaan.
Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Agastya Corporation.
Lisensi di Indonesia dimiliki oleh Gemscool.

Daftar MMORPG lainnya[sunting | sunting sumber]

A
B
C
D
E
F
G
H
K
L
M
O
P
R
S
T
U
W

Kejahatan[sunting | sunting sumber]

  • Cheat (curang) merupakan program ilegal yang membuat pemain di sebuah permainan mengalami keuntungan sendiri sehingga membuat pemain lain dirugikan yaitu dengan menaikkan level karakter pemain dengan lebih cepat, membuat equip karakter menjadi status yang lebih tinggi ataupun mencari uang di permainan dengan cara berburu (hunting) secara mudah
  • Penipuan transaksi dalam permainan dan luar Permainan (transaksi voucher, jual beli akun, dll).
  • Penipuan menggunakan jaringan sosial atau situs-situs tertentu untuk menipu pemain menggunakan identitas palsu.
  • Pencurian akun (hack account).
  • Penjualan uang nyata.
Beberapa negara membolehkan ini, tetapi beberapa negara tidak membolehkannya karena masalah teknik bermain.[butuh rujukan]
  • Bot (Binary of Transmission atau Biner Transmisi)
Beberapa menyebutnya sebagai robot gundam atau gundam.[butuh rujukan] Sebuah program kecil bertujuan menjalankan karakter untuk menggantikan bermain. Beberapa memanfaatkan untuk menjual barang dan otomatis bila barang habis akan langsung membeli
  • Kata kasar (word Abuse)
Penggunaan kata-kata kasar di dalam permainan
Tetapi biasanya dalam sebuah permainan sudah diatur kata-kata yang tidak dapat ditampilkan oleh pembuat permainan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mulligan, Jessica; Patrovsky, Bridgette (2003). Developing Online Games: An Insider's Guide. New Riders. hlm. 474, 477. ISBN 1-59273-000-0. [pp. 474] experience points A point value that is accumulated by gameplay activity such as leveling and is used as a measure of a character's power. Popularized by the classic dice version of TSR's Advanced Dungeons & Dragons back in the 1970s and carried over to online gaming by designers. [pp. 477] level A rank or rating of a character's power. [...] leveling Activity in-game devoted to increasing a character's experience, level, and/or skills. Leveling usually consists of killing mobs.