Age of Empires (seri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Age of Empires)
Age of Empires
Logo seri Age of Empires
GenreStrategi waktu nyata
PengembangEnsemble Studios
Big Huge Games
Forgotten Empires
Robot Entertainment
PenerbitMicrosoft Studios
Rilis pertamaAge of Empires
Oktober 15, 1997
Rilis terakhirAge of Empires: Definitive Edition
November 14, 2018
Spin-offAge of Mythology
Situs webhttp://www.ageofempires.com

Seri Age of Empires (Zaman Empayar) atau AoE adalah sebuah seri permainan strategi waktu nyata populer, yang dimulai pada 1997, dikembangkan oleh Ensemble Studios dan dipublikasikan oleh Microsoft Games. Sampai saat ini ada 3 bagian dari seri ini, masing-masing memiliki sebuah paket ekspansi, sehingga terdapat keseluruhan 6 permainan bertitel Age of Empires.

Age of Empires dan Rise of Rome[sunting | sunting sumber]

Age of Empires adalah permainan pertama dari seri ini. Ia merupakan salah satu permainan Strategi waktu nyata pertama yang bertemakan sejarah. Temanya ini berkisar di antara zaman batu sampai zaman besi. Rise of Rome merupakan paket ekspansi bagi Age of Empires. Age of Empires asli dan paket ekspansi Rise of Rome kemudian dirilis sebagai " The Gold Edition " (Edisi Emas).

Age of Empires II: The Age of Kings, The Conquerors, The Forgotten, The African Kingdoms, dan Rise of the Rajas.[sunting | sunting sumber]

Setelah suksesnya Age of Empires, Microsoft meluncurkan Age of Empires II (AoE II) pada 1999. Permainan ini merupakan improvisasi dari pendahulunya. Dalam AoE II diperkenalkan sistem pertempuran Batu-Gunting-Kertas, yang kemudian menjadi populer di dalam permainan strategi waktu nyata.The Conquerors merupakan paket ekspansi. Dalam AoE II dan ekspansinya, tema berkisar dari zaman kegelapan hingga awal zaman imperial dan penaklukan.

Age of Empires III, The War Chiefs dan The Asian Dynasties[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada 18 Oktober 2005, Age of Empires III (AoE3) merupakan kelanjutan dari permainan sebelumnya. AoE3 bertemakan zaman penaklukan Amerika oleh bangsa-bangsa Eropa. Dalam AoE3 terdapat 8 bangsa Eropa yang dapat dimainkan yaitu Spanyol, Inggris, Prancis, Portugis, Belanda, Rusia, Jerman, dan Turki Utsmani. Dalam The War Chiefs, yang merupakan paket ekspansi, pemain juga dapat memainkan 3 bangsa asli Amerika yaitu bangsa Iroquis, Sioux dan Aztek.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]