Age of Empires II: Definitive Edition

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Age of Empires II: Definitive Edition
Age of Empires II Definitive Edition cover art.jpeg
PengembangForgotten Empires [a]
PenerbitXbox Game Studios
PengarahAdam Isgreen
Perancang
  • Bert Beeckman Sunting ini di Wikidata
SeriAge of Empires
PlatformMicrosoft Windows
Tanggal rilis14 November 2019
GenreStrategi waktu nyata
ModePemain tunggal, multipemain

Age of Empires II: Definitive Edition adalah permainan video strategi waktu nyata (real-time strategy) yang dikembangkan oleh Tantalus Media, Forgotten Empires dan Wicked Witch, dan diterbitkan oleh Xbox Game Studios.[3] Permainan ini adalah remaster dari game Age of Empires II: The Age of Kings dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20 dari permainan aslinya. Permainan ini mendaptakan perubahan yang signifikan dari permainan aslinya, seperti mendukung resolusi 4K, mengusung tema "The Last Khans", penambahan empat peradaban baru, yakni Bulgaria, Cuman, Lituania, dan Tatar, dan empat kampanye baru.[4] Permainan ini mencakup semua perubahan sebelumnya dari edisi asli dan HD. Permainan ini dirilis pada tanggal 14 November 2019.[5]

Permainan[sunting | sunting sumber]

Alur permainan dari Age of Empires II: Definitive Edition.

Elemen inti dari permainan ini hampir sama dengan yang asli tetapi di edisi definitif terdapat berbagai tambahan elemen baru yang diusung. Edisi defintif ini mencakup resolusi 4K baru, pasukan dan bangunan yang diperbarui tampilannya, dapat memperbesar dan memperkecil layar didalam permainan, dan mode baru untuk menonton permainan pemain lain. Permainan ini juga disebut dengan The Last Khan, oleh karenanya mencakup empat peradaban baru, yakni Bulgaria, Cuman, Lituania, dan Tatar. The Last Khan juga mengusung empat kampanye baru, seperti Ivaylo, Kotyan Khan, Timur Lenk dan Pachacuti. Kampanye Pachacuti menggantikan El Dorado dari permainan sebelumnya.[6] Permainan ini mencakup semua ekspansi sebelumnya dari yang asli hingga edisi HD terakhir yakni rise of the rajas.[7]

Bert Beeckman (kiri) dan Adam Isgreen (kanan) di E3 2019. Isgreen adalah direktur kreatif pada Definitive Edition dan Beeckman adalah salah satu pendiri Forgotten Empires

Pemain dapat memilih AI di Pemain vs AI, diantaranya AI asli, AI edisi HD yang diperbarui, dan AI edisi definitif.[8] AI asli melakukan kecurangan dengan pemain, sedangkan AI edisi definitif diperbarui sehingga tidak memerlukan kecurangan. Ketika AI asli dan edisi definitif diadu satu sama lain, AI edisi definitif dapat mengalahkan yang asli dengan mudah.[9] <i>Pathfinding</i> setiap unit diperbaiki.[8] Pemain dapat mengalihkan berbagai tugas pada setiap warga.[10] Pertanian sekarang memiliki opsi untuk diisi ulang secara otomatis.[11]


Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 21 Agustus 2017 di Gamescom, Microsoft mengumumkan Age of Empires II: Definitive Edition sedang dikembangkan oleh Forgotten Empires, Tantalus Media dan Wicked Witch Software.[12] Pada 9 Juni 2019, Microsoft merilis video trailer di Xbox E3 2019.[13] Permainan ini dirilis di Xbox Game Pass sebagai tambahannya di Steam, dan Windows Store pada tanggal 14 November 2019.[14]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan
Nilai agregat
AgregatorNilai
Metacritic84/100[15]
Nilai ulasan
PublikasiNilai
PC Gamer (UK)78/100[16]

Age of Empires II: Definitive Edition menerima ulasan yang "secara umum menyukai" menurut aggregator ulasan Metacritic dengan skor 84/100 dari 32 ulasan.[15] Cale Hunt dari Windows Central memuji karya seni yang ditingkatkan, animasi, dan kualitas tambahan hidup tetapi mengkritik penemuan jalur AI dan menunjukkan perlunya penyeimbangan lebih lanjut.[17]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pekerjaan tambahan oleh Tantalus Media dan Wicked Witch[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Additional developers
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Xbox E3 2019
  3. ^ Wright, Steve (June 19, 2019). "Aussie devs Wicked Witch, Tantalus working on Age of Empires 2". Stevivor (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 28, 2019. 
  4. ^ Isgreen, Adam; Empires, Franchise Creative Director for Age of (June 9, 2019). "E3 2019: Age of Empires II: Definitive Edition Launching Fall 2019, Beta Coming Soon". Xbox Wire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 28, 2019. 
  5. ^ Moore, Ewan (August 19, 2019). "Age Of Empires 2: Definitive Edition Release Date Confirmed". UNILAD (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 29, 2019. 
  6. ^ "Age of Empires 2 Definitive Edition will release this fall". PCGamesN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal September 1, 2019. 
  7. ^ June 14, Marshall Honorof |; Pm, 2019 05:50. "Age of Empires II: Definitive Edition Lives Up to Its Name at E3 2019". www.laptopmag.com. Diakses tanggal September 1, 2019. 
  8. ^ a b Shea, Brian. "How Age Of Empires II: Definitive Edition Hopes It Is Living Up To Its Name". Game Informer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 30, 2019. 
  9. ^ Calvin, Alex. "Why Microsoft is investing so heavily in the Age of Empires series". PC Games Insider. Diakses tanggal October 24, 2019. 
  10. ^ Ray, Bodhisatwa (November 21, 2019). "Age of Empires II Definitive Edition Review: Price in India and review". BGR India. 
  11. ^ "Review: Age of Empires II: Definitive Edition". Hardcore Gamer. December 12, 2019. 
  12. ^ Giret, Laurent (August 19, 2019). "Age of Empires: DE launches on Steam with cross play support, Age of Empires II DE also coming on November 14". OnMSFT.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal August 19, 2019. 
  13. ^ "Pre-purchase Age of Empires II: Definitive Edition on Steam". store.steampowered.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 11, 2019. 
  14. ^ "Age of Empires II: Definitive Edition for PC Reviews". Metacritic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal March 10, 2020. 
  15. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Metacritic
  16. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama PC Gamer Review
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Windows Central Review