Days (manga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Days
Gambar sampul manga volume pertama
デイズ
(Deizu)
GenreOlahraga[1]
Manga
PengarangYasuda Tsuyoshi
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa InggrisKodansha USA
MajalahWeekly Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit24 April 2013 – sekarang
Volume37
Seri anime
SutradaraKōnosuke Uda
SkenarioKōnosuke Uda
MusikYoshihiro Ike
StudioMAPPA
Pelisensi
Saluran
asli
MBS, Tokyo MX, BS11
Tayang 2 Juli 2016 18 Desember 2016
Episode24[3] + 5 OVA
Manga
Days Gaiden
PengarangYasuda Tsuyoshi
Saori Otoha
PenerbitKodansha
MajalahMagazine Pocket
DemografiShōnen
Terbit12 Oktober 2016 – sekarang
Volume3
 Portal anime dan manga

Days adalah sebuah seri manga shōnen asal Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tsuyoshi Yasuda. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan April 2013, dan telah diterbitkan menjadi 27 volume tankōbon.[4][5]

Manga ini telah diadaptasi menjadi seri anime yang diproduksi oleh MAPPA dan ditayangkan sejak bulan Juli hingga Desember 2016.

Per bulan Januari 2017, manga ini telah terjual sebanyak 4,5 juta kopi dalam sirkulasi. Pada tahun 2016, Days memenangkan Penghargaan Manga Kodansha ke-40 untuk kategori manga shōnen.

Plot[sunting | sunting sumber]

Days follows the struggles of Tsukushi Tsukamoto, a shy, clumsy and bullied teenager about to start high school. He decides to get into Seiseki High School so he can be with his neighbor and childhood friend Sayuri Tachibana, who is one year his senior. Just as he is bullied after visiting Sayuri at her work, Tsukushi is saved by Jin Kazama, who scares away the bullies by attacking them with nunchucks, and declares himself to be a vagrant and lost in town. Jin then asks Tsukushi if he likes soccer and asks him to join him the same night for a futsal match as his team is one player short. Tsukushi surprises Jin by showing up after running almost ten miles under the heavy rain and without one shoe, after another run-in with his bullies. Short, young and clumsy, Tsukushi plays incredibly bad but keeps running throughout the whole match despite having injured his foot, showing such an effort that it motivates his other teammates. After a final sprint, Tsukushi manages to score the decisive goal, smashing his head against the pole by doing it. He finds out later that Jin will also be a freshman at Seiseki, and decides to join the soccer club to play with him, unknowing that the soccer club in Seiseki is nationwide famous and looked after by students from all the country. He manages to make it to the team despite being incredibly frail, weak and clumsy thanks to his continuous efforts and amazing perseverance, and further he shows incredible ability in motivating the rest of the team to work as hard as possible.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Tsukushi Tsukamoto (柄本 つくし, Tsukamoto Tsukushi)
Pengisi suara: Takuto Yoshinaga[6]
Ia adalah siswa SMA baru yang berposisi sebagai penyerang untuk tim sepak bola Seiseki. Meskipun pada awalnya cukup canggung, Tsukamoto menunjukkan ketekunan dan upaya luar biasa yang memungkinkannya untuk menjadi bagian mendasar dari tim. Tsukamoto kehilangan ayahnya saat masih kecil dan tinggal bersama ibunya, yang lumpuh dan harus menggunakan kursi roda.
Jin Kazama (風間 陣, Kazama Jin)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[6]
Ia adalah siswa baru di SMA Seiseki, sama seperti Tsukamoto, dan juga berposisi sebagai penyerang. Tidak seperti Tsukamoto, Kazama dianggap sebagai pemain sepak bola yang jenius, tinggi, tampan, eksentrik, dan sangat populer serta ekstrover. Ia juga tampak menyendiri dan kurang termotivasi sebelum bertemu Tsukamoto. Kazama gemar berdandan dan jarang mengikuti aturan, yang bisa dilakukan berkat kejeniusannya. Ia juga penggemar setia Bruce Lee. Setiap kali Tsukamoto membutuhkan sapu tangan, Kazama sering memberinya sepasang celana dalam wanita untuk digunakan.
Karena bakatnya pada sepak bola membuatnya sulit untuk dihadapi, ibunya memutuskan untuk mendaftarkannya di sekolah asrama sejak usia sangat muda. Bakatnya juga sering kali membuat Kazama terlibat dalam konflik dengan rekan satu timnya, yang akhirnya membuatnya berhenti dari timnya di SMP dan mempertimbangkan untuk berhenti bermain sepak bola. Pertemuannya yang tidak disengaja dengan Tsukamoto menghidupkan kembali gairahnya untuk bermain. Kazama awalnya bermain sebagai seorang penyerang, tetapi seiring perkembangan cerita, dia menjadi lebih fleksibel dan mulai sering bermain sebagai gelandang.

SMA Seiseki[sunting | sunting sumber]

Klub sepak bola[sunting | sunting sumber]

Hisahito Mizuki (水樹 寿人, Mizuki Hisahito)
Pengisi suara: Daisuke Namikawa[6]
Ia adalah bintang dan kapten tim sepak bola Seiseki. Sama seperti Tsukamoto, Mizuki baru bermain sepak bola saat masuk SMA dan benar-benar buruk saat masih pemula, tetapi sekarang menjadi pemain yang hebat berkat upayanya yang luar biasa. Sekarang duduk di bangku kelas tiga, Mizuki akan bergabung dengan tim sepak bola profesional Kashima setelah lulus. Ia tidak terlalu cerdas dan buta arah. Mizuki juga suka menggunakan neologisme demi menjelaskan tujuannya dan menyampaikan maknanya tentang permainan, dan itu menjengkelkan sebagian besar rekan satu timnya. Mizuki dikenal sebagai penyerang yang sangat kuat secara fisik, yang membuatnya mendapat julukan "monster" atau "binatang buas". Ia juga salah satu dari "tiga besar Tokyo", julukan yang membedakan pemain top di wilayah tersebut.
Atsushi Kimishita (君下 敦, Kimishita Atsushi)
Pengisi suara: Daisuke Ono[7]
Ia adalah siswa kelas dua yang bermain sebagai gelandang penyerang. Sebagai pemain bernomor 10, Kimishita adalah playmaker dari tim Seiseki. Ia bekerja di toko milik orang tuanya dan merupakan siswa yang pintar. Kimishita juga hebat dalam bermain sepak bola, dan terpilih sebagai anggota untuk tim yang mewakili kota Tokyo saat masih SMP. Seiring berlalunya cerita, Kimishita juga berspesialisasi sebagai penendang bola mati. Ia terlibat persaingan kuat dengan sesama siswa kelas dua, Ōshiba. Ia juga bersaing dengan sesama playmaker saingan, yaitu Indou dan Taira.
Kiichi Ōshiba (大柴 喜一, Ōshiba Kiichi)
Pengisi suara: Mamoru Miyano[7]
Ia adalah siswa kelas dua yang bermain sebagai penyerang. Biasanya dia akan digantikan oleh Tsukamoto pada paruh kedua pertandingan. Berbakat dalam sepak bola sejak masih balita, Ōshiba sebelumnya dikenal karena kurang memiliki komitmen, karena dia tampaknya hanya peduli untuk mencetak gol dan menyerahkan tugas pertahanan dan taktis untuk rekan setimnya. Sama seperti yang lain, upaya dan ketekunan Tsukamoto yang luar biasa membuatnya mengubah gaya bermain, menjadi pemain tim yang jauh lebih baik dan menampilkan banyak pengorbanan untuk tim. Ōshiba adalah salah satu pemain tertinggi di seluruh Jepang, dan merupakan putra dari dokter kaya. Ia sangat arogan dan konyol, dan sering menyebut dirinya "Pahlawan". Ia kurang cerdas—mirip dengan Mizuki, dan dia terobsesi untuk menjadi kapten Seiseki segera setelah Mizuki lulus. Kakak perempuannya menyukai Mizuki.
Yūta Usui (臼井 雄太, Usui Yūta)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai[7]
Ia adalah siswa kelas tiga, dan kapten kedua dari tim Seiseki. Berposisi sebagai bek, Usui dikenal oleh kemampuan taktisnya. Meskipun Mizuki adalah kapten, perannya sebagian besar bersifat simbolis karena Usui-lah yang benar-benar mengendalikan pergerakan tim. Itulah sebabnya sebagian besar rekan setimnya memanggilnya "Sersan Usui". Meskipun dia tidak masuk dalam sepuluh besar pemain terbaik, para saingannya sering memuji keterampilannya dalam bertahan. Usui agak penyendiri dan tidak terlalu peduli tentang orang lain sampai dia melihat pertumbuhan dan dedikasi Mizuki. Ia juga koki yang sangat baik.
Chikako Ubukata (生方 千加子, Ubukata Chikako)
Pengisi suara: Mariya Ise
Ia adalah teman sekelas Tsukamoto dan Kazama. Ubukata adalah siswa yang angkuh dan populer, egois pada awalnya dan cukup keras terhadap Tsukamoto. Setelah menerima banyak kritik untuk novel dan cerita pendek yang ditulisnya, Ubukata memutuskan untuk berhenti menulis. Sehingga ketika dia menyadari ketekunan dan upaya Tsukamoto terlepas dari banyak kritik (termasuk dari dirinya), Ubukata mengubah perlakuannya kepada Tsukamoto dan memutuskan untuk bergabung dengan tim sepak bola sebagai asisten manajer. Sebagai seorang manajer, dia menjadi sangat bersemangat untuk sepak bola dan belajar tentang taktik dan strategi. Ia juga menjalani persahabatan dengan Hoshina, kapten Akademi Touin.
Hiroyuki Kurusu (来須 浩之, Kurusu Hiroyuki)
Pengisi suara: Hiroyuki Yoshino
Kurusu adalah seorang siswa kelas satu yang berposisi sebagai gelandang. Meski pada awalnya dia berfokus pada gaya permainan sepakbola yang indah, Kurusu mengubah gaya bermainnya menjadi lebih mengandalkan fisik setelah mengamati pengorbanan Tsukamoto. Ia sudah berteman dan menjadi rekan setim dengan Nitobe dan Shiratori sejak masih SD, dan mereka bertiga dijuluki "Trio Kelas 1 [yang] Bodoh".
Tetsuya Nitobe (新戸部 哲也, Nitobe Tetsuya)
Pengisi suara: Kaito Ishikawa
Nitobe adalah seorang siswa kelas satu yang berposisi sebagai bek tengah. Ia menggunakan gaya bertahan yang lebih mengandalkan fisik daripada Usui. Di antara "Trio Kelas 1 [yang] Bodoh" (bersama Kurusu dan Shiratori), dialah yang paling sering bermain sebagai pemain reguler. Ia tampak iri dengan kemajuan Tsukamoto dalam waktu singkat dibandingkan dengan usahanya selama bertahun-tahun bermain sepak bola.
Naoki Shiratori (白鳥 直樹, Shiratori Naoki)
Pengisi suara: Suzune Okabe
Anggota terakhir dari "Trio Kelas 1 [yang] Bodoh", Shiratori bermain sebagai penyerang dan satu-satunya dari trio tersebut yang tidak bermain secara reguler, meskipun dia tampaknya memiliki akurasi menembak bola yang baik.
Shou Nakijin (今帰仁 翔, Nakijin Shou)
Pengisi suara: Toshiyuki Toyonaga
Seorang penjaga gawang dari kelas satu. Meskipun agak pendiam, Inohara menganggapnya sebagai kiper yang luar biasa.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Sayuri Tachibana (橘 小百合, Tachibana Sayuri)
Pengisi suara: Ayane Sakura
Ia adalah teman masa kecil dan tetangga Tsukamoto, yang dipanggilnya Tsuku-chan. Sebagai siswi kelas dua di SMA Seiseki, dia juga bekerja di restoran cepat saji.

Rival[sunting | sunting sumber]

Kaoru Indou (犬童 かおる, Indou Kaoru)
Pengisi suara: Tomokazu Seki
Indou is one of the main characters of Yasuda's previous manga "Furimukuna Kimi wa." His duo with fellow genius soccer Narukami has made their school, Sakuragi High School, become a National stronghold. He's a genius playmaker who displays amazing field vision so that he can give precise assists. He has a strong rivalry with Seiseki's Mizuki, who like him is called one of "Tokyo's big three." Just like Mizuki, Indou is also one of the "top-tens," a nickname given to those High School students who have received an offer by a professional soccer team. Tsukushi meets Indou by coincidence in a train, and then Indou invites him to play a futsal game. Later, Seiseki plays against Sakuragi in the Tokyo qualifiers to the Summer Inter High School tournament.
Shuuji Narukami (成神 蹴冶, Narukami Shuuji)
Pengisi suara: Natsuki Hanae
Narukami is the other main character in Yasuda's previous manga "Furimukuna Kimi wa." His duo with fellow genius soccer Indou has made their school, Sakuragi Academy, become a National stronghold. A short and frail guy, who was unable to play soccer before high school due to his bronchial asthma, he turns into a different person while playing, to the point of becoming bullish and arrogant. He's a superb forward, incredibly fast and precise. Tsukushi has Narukami in great regard, due to his skill despite being as short and frail as he himself is.
Takumi Hoshina (保科 拓己, Hoshina Takumi)
Pengisi suara: Yūichi Nakamura
The captain of Touin Academy, Takumi is the younger of the three Hoshina brothers, who are nationwide famous, with the oldest being professional and the other one being the top scorer in the collegiate league. Takumi plays as a libero, and is also one of "Tokyo's big three." Just like Mizuki and Indou, Hoshina is also one of the "Top ten," and will play for a professional team as he graduates. Although a great dribbler, Hoshina generally sticks to solid defense and is depicted as risk-averse and a safe player, and in charge of coordinating his whole team. Seiseki plays Touin Academy in the finals of the Tokyo qualifiers to the Winter inter high school tournament.
Gen'ichiro Taira (平 源一郎, Taira Gen'ichirō)
Pengisi suara: Yūsuke Kobayashi
The captain of Seikan High School in Aomori, that Seiseki plays against during the summer camp. Just like Mizuki, Taira will be joining the Kashima professional soccer team after graduation. Taira is a playmaker with a strong physical ability, able to send powerful yet precise passes. His duo with Seikan's star rookie forward Himura allows Seikan to go to the Winter Nationals.
Mayumi Himura (火村 まゆみ, Himura Mayumi)
Pengisi suara: KENN
Seikan High School's ace striker, Himura is a very fast forward, a skill that is taken advantage of by Taira. As a freshman, he shows a strong rivalry with Kazama over who's the best rookie player of the two.
Miran Aiba (相庭 未蘭, Aiba Miran)
The star forward and ace striker of Ichiboshi Academy, he's the only 2nd. year student in the "top ten," meaning he already has a professional team offer. A soccer prodigy, Aiba has been the top scorer in every single category he has played. An outstanding dribbler and all-around forward, he's nationwide famous, and the center piece in his school offensive soccer style. As part of the same generation, Kimishita and Oshiba both feel a strong sense of rivalry towards him.
Kazuhiko Katou (加藤 一彦, Katō Kazuhiko)
The captain of Ryouzan High School, champions of the Summer Inter High Schools tournament. Another of the "top ten" players (of which his team has other two), Katou is boasted as the best high school defensive midfielder and likely the best player overall, which has granted him a seat in the National team of his category. He's well known for his stamina and his tireless leadership and grit, with rivals commenting on how his face would show up anywhere around the pitch, a result of his tireless energy and his superb understanding of plays, characteristics that other players see as well on Tsukushi, with Jin suggesting Tsukushi that Katou is the player that he should try and look after.
Ryousuke Ikariya (碇屋 良介, Ikariya Ryōsuke)
Ryouzan High School's number 10, and a key member of the National team of his category, Ikariya is a superb offensive midfielder, nicknamed "Japan's Treasure." Ikariya is incredibly popular and is even sponsored for advertisement. A very versatile and highly technical player, Ikariya possesses amazing dribbling, ball control, incredible reaction times, and long distance shooting with his left foot, which is the reason for his other nickname, "The left of God." He's the second of Ryouzan's "top ten" players.
Marco Takagi (高木 マルコ, Takagi Marco)
Takagi is the third of Ryouzan High School's "top ten" players, the most of reserved of the three but arguably the most dangerous of them. Takagi is considered the best fullback in the history of Japanese High School soccer thanks to his strong physique, amazing speed and crossing ability. Since both Katou and Ikariya are often missing due to their playing for the National team, it's Takagi who is at the core of Ryouzan's team, and who gets the most respect from his fellow players. A country bumpkin, he often finds himself at odds with the celebrity of both Katou and Ikariya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Days dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha. Volume pertamanya diterbitkan pada tanggal 17 Juli 2013, dan telah dibundel menjadi 27 volume hingga saat ini.[4][5] Days merupakan manga bertema sepak bola kedua karya Yasuda, setelah Furimuku na Kimi wa (振り向くな君は, diterjemahkan secara harfiah sebagai "[Hei] kamu, jangan berbalik!") yang dimuat berseri pada majalah yang sama sejak tahun 2010 hingga 2011.

Kodansha USA menerbitkan manga ini dalam format digital.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri anime yang diproduksi oleh MAPPA ditayangkan sejak tanggal 2 Juli 2016.[9][10][11] Crunchyroll menayangkan seri tersebut secara streaming dengan subtitle berbahasa Inggris serentak dengan penayangannya di Jepang. Crunchyroll keliru melaporkan bahwa seri anime Days akan mendapatkan musim kedua,[12] tetapi kenyataannya adalah cerita di anime akan diakhiri melalui perilisan tiga DVD anime orisinal (OAD) pada tahun 2018. Ketiga DVD tersebut menampilkan Seiseki pada Babak Penyisihan Tokyo dari Kejuaraan Sepak Bola SMA Seluruh Jepang menghadapi Akademi Tōin, dan akan dirilis bersama dengan edisi terbatas dari manga volume 26 hingga 28 pada tanggal 16 Maret, 17 Mei, dan 17 Juli.[13]

Dua video animasi orisinal dibundel bersama dengan volume 21 dan 22 dari manga, yang dirilis pada tanggal 17 Maret dan 17 Mei 2017 secara berurutan.[14]

No. Judul Sutradara Penulis skenario Tanggal tayang asli
1"With Just That, I Feel Like I Could Keep On Running Forever"
"Sore dake de Boku wa Dokomademo Hashireru Ki ga Surunda" (Jepang: それだけで僕はどこまでも走れる気がするんだ)
Munehisa SakaiKazuyuki Fudeyasu4 Juli 2016 (2016-07-04)
2"I Want to be Part of the Dream"
"Yume no Ichiin ni Naritai" (Jepang: 夢の一員になりたい)
Kōichirō KurodaKazuyuki Fudeyasu11 Juli 2016 (2016-07-11)
3"Playing Soccer with You is Super Fun, You Idiot"
"Omae to Soccer Suru no wa Mechakucha Tanoshi ze Baka Yarou" (Jepang: お前とサッカーするのはめちゃくちゃ楽しぜバカ野郎)
Tetsuya EndoHideo Takayashiki17 Juli 2016 (2016-07-17)
4"I Want to Put My Life on the Line to Live"
"Inochi Kakete Boku wa Ikitain Desu" (Jepang: 命かけて僕は生きたいんです)
Shun KudōTatsuhiko Urahata24 Juli 2016 (2016-07-24)
5"That's Why I Will Keep on Running, Kazama-kun"
"Dakara Boku wa Korekara mo Hashiru yo Kazama-kun" (Jepang: だから僕はこれからも走るよ風間くん)
Kaori MakitaSeishi Minakami31 Juli 2016 (2016-07-31)
6"Running for Someone That's the Kind of Soccer I Want to Play"
"Dareka no Tame ni Hashirimasu Sore ga Boku no Mezasu Soccer desu" (Jepang: 誰かのために走ります それが僕の目指すサッカーです)
Tetsuya EndoKazuyuki Fudeyasu7 Agustus 2016 (2016-08-07)
7"I Wish I Could Repay My Debt, if but a Little"
"Semete Sukoshi demo Ongaeshi ga Shitai" (Jepang: せめて少しでも恩返しがしたい)
Kōichirō KurodaHideo Takayashiki14 Agustus 2016 (2016-08-14)
8"If He Gets into it, He Will Become a Bullet"
"Hamareba AItsu wa Dangan ni Naru" (Jepang: ハマればアイツは弾丸になる)
Shun KudōTatsuhiko Urahata21 Agustus 2016 (2016-08-21)
9"We'll Get the Ball Over to Where Your Voice Can Reach Us in No Time"
"Omae no Koe ga Todoku Toko made Sugu Oshiageteyaru" (Jepang: お前の声が届くトコまですぐ押し上げてやる)
Kōsuke TachibanaHideo Takayashiki28 Agustus 2016 (2016-Aug-28)
10"I Won't be Defeated by Such a Tiny Setback"
"Kono Teido no Zasetsugotoki de Ore wa Makenai" (Jepang: この程度の挫折ごときで俺は負けない)
Shigeru UedaHideo Takayashiki4 September 2016 (2016-09-04)
11"In Order to Connect These Gleaming Days to the Future"
"Kono Kagayaku You na Hibi wo Ashita ni Tsunageru Tame ni" (Jepang: この輝くような日々を明日に繋げるために)
Shun KudōHideo Takayashiki11 September 2016 (2016-09-11)
12"I Won't Let Anyone Be Disappointed Again"
"Mou Dare ni mo Shita wa Mukasenai" (Jepang: もう誰にも下は向かせない)
Kōnosuke UdaShigeru Murakoshi18 September 2016 (2016-09-18)
13"You Just Need to Look Forward"
"Omae wa Mae dake Mitereba Ii" (Jepang: お前は前だけ見てればいい)
Kaori MakitaKazuyuki Fudeyasu2 Oktober 2016 (2016-10-02)
14"Give Everything to Take My Spot Away From Me"
"Zenryoku de Ore no Isu o Ubai ni Koi" (Jepang: 全力で俺の椅子を奪いに来い)
Shigeru UedaSeishi Minakami9 Oktober 2016 (2016-10-09)
15"I'm Sure I Can't Stay at Seiseki Any Longer"
"Kitto Koreijō Seiseki ni Ite wa Ikenai" (Jepang: きっとこれ以上聖蹟にいてはいけない)
Yasuhiro MinamiSeishi Minakami16 Oktober 2016 (2016-10-16)
16"The Endless Waves that Keep Crashing In"
"Okusenman to Uchiyoseru Nami" (Jepang: 億千万と打ち寄せる波)
Kaori MakitaTatsuhiko Urahata23 Oktober 2016 (2016-10-23)
17"I Love This Team"
"Ore wa Kono Chīmu ga Suki ssu" (Jepang: 俺はこのチームが好きっス)
Naoki HishikawaShigeru Murakoshi30 Oktober 2016 (2016-10-30)
18"Tell Me, Kimishita: You Can Do It, Right?"
"Oshietekure yo Kimishita Omae nara Dekiru daro?" (Jepang: 教えてくれよ君下 お前ならできるだろ?)
Munehisa SakaiShigeru Murakoshi6 November 2016 (2016-11-06)
19"Come With Me. It's a Straight Shot to Nationals"
"Tsuite Koi Zenkoku made Itchokusenda" (Jepang: ついて来い 全国まで一直線だ)
Shigeru UedaShigeru Murakoshi13 November 2016 (2016-11-13)
20"Don't Underestimate Seiseki"
"Seiseki o Nameruna yo" (Jepang: 聖蹟をなめるなよ)
Kaori MakitaKazuyuki Fudeyasu20 November 2016 (2016-11-20)
21"Isn't Soccer a Blast?"
"Omoshirēyo na sakkā wa" (Jepang: 面白ぇよな サッカーは)
Naoki HishikawaShigeru Murakoshi27 November 2016 (2016-11-27)
22"Right Now, I'm Seiseki's Captain"
"Ima wa Ore ga Seiseki no Kyaputen da" (Jepang: 今は俺が聖蹟のキャプテンだ)
Kazuhisa TakenouchiShigeru Murakoshi4 Desember 2016 (2016-12-04)
23"I'm a Member of Seiseki's Soccer Team, Too"
"Boku datte, Seiseki Sakkā-bu no Ichiin nanda" (Jepang: 僕だって、聖蹟サッカー部の一員なんだ)
Munehisa SakaiShigeru Murakoshi11 Desember 2016 (2016-12-11)
24"I Want to Play More Soccer With This Team"
"Kono Chīmu de Motto Sakkā ga Shitai" (Jepang: このチームでもっとサッカーがしたい)
Kōnosuke UdaSeishi Minakami18 Desember 2016 (2016-12-18)

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Volume 2 reached the 44th place on the weekly Oricon manga charts and, as of September 22, 2013, has sold 24,745 copies;[15] volume 3 reached the 36th place[16] and, as of November 24, 2013, has sold 35,528 copies;[17] volume 4 reached the 41st place and, as of January 19, 2014, has sold 24,837 copies;[18] volume 5 reached the 32nd place and, as of March 23, 2014, has sold 41,911 copies;[19] volume 6 reached the 40th place and, as of May 18, 2014, has sold 25,067 copies;[20] volume 7 reached the 25th place and, as of July 20, 2014, has sold 34,421 copies;[21] volume 8 reached the 18th place and, as of September 21, 2014, has sold 41,871 copies;[22] volume 9 reached the 21st place and, as of December 21, 2014, has sold 44,586 copies;[23] volume 10 reached the 20th place and, as of February 22, 2015, has sold 49,901 copies.[24] The manga had 4.5 million copies in print as of January 2017.[25]

The series was nominated for the shōnen category at the 39th Kodansha Manga Awards in 2015 and won in the same category at the 40th Kodansha Manga Awards in 2016.[5][26] It was also number twelve in the Nationwide Bookstore Employees' Recommended Comics of 2014.[27]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Days". Kodansha USA. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  2. ^ "Ponycan USA to Release Kuromukuro, The Lost Village, DAYS, Cute High Earth Defense Club LOVE! LOVE! in the U.S." Anime News Network. 7 Juli 2016. Diakses tanggal 16 July 2016. 
  3. ^ Green, Scott (1 Juli 2016). ""Days" Soccer Anime Listed For 24 Episodes". Crunchyroll. Diakses tanggal 2 Juli 2016. 
  4. ^ a b "Days vo". Manga-News (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 1 Mei 2016. 
  5. ^ a b c "39th Annual Kodansha Manga Awards' Nominees Announced". Anime News Network. 3 April 2015. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  6. ^ a b c "Soccer Anime DAYS Reveals Main Cast". Anime News Network. 23 Februari 2016. Diakses tanggal 23 Februari 2016. 
  7. ^ a b c "Mamoru Miyano, Daisuke Ono, Takahiro Sakurai Join DAYS Soccer Anime's Cast". Anime News Network. 26 April 2016. Diakses tanggal 26 April 2016. 
  8. ^ "Kodansha USA to Publish DAYS, Tsuredure Children Manga Digitally". Anime News Network. 20 April 2017. Diakses tanggal 20 April 2017. 
  9. ^ "Tsuyoshi Yasuda DAYS Soccer Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 7 Januari 2016. Diakses tanggal 7 Januari 2016. 
  10. ^ "One Piece/Ginga e Kickoff's Uda Helms DAYS Soccer Anime at MAPPA". Anime News Network. 12 Januari 2016. Diakses tanggal 12 Januari 2016. 
  11. ^ "Days soccer anime premieres this summer". Anime News Network. 15 April 2016. Diakses tanggal 15 April 2016. 
  12. ^ Crunchyroll [@Crunchyroll] (11 Desember 2016). ""DAYS" anime to return for a second season 🎉 ⚽️ More: http://bit.ly/days-s2" (Tweet). Diakses tanggal 28 Juni 2020 – via Twitter. 
  13. ^ "DAYS Soccer TV Anime Gets Finale as 3 New Original Anime DVDs". Anime News Network. 17 Oktober 2017. Diakses tanggal 17 Oktober 2017. 
  14. ^ Chapman, Paul (6 September 2016). ""DAYS" Soccer Manga Volumes 21 & 22 Include Original Animation DVDs". Crunchyroll. Diakses tanggal September 6, 2016. 
  15. ^ "Japanese Comic Ranking, September 16–22". Anime News Network. 26 September 2013. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  16. ^ "Japanese Comic Ranking, November 11–17". Anime News Network. 20 November 2013. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  17. ^ "Japanese Comic Ranking, November 18–24". Anime News Network. 27 November 2013. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  18. ^ "Japanese Comic Ranking, January 13–19". Anime News Network. 22 Januari 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  19. ^ "Japanese Comic Ranking, March 17–23". Anime News Network. 26 Maret 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  20. ^ "Japanese Comic Ranking, May 12–18". Anime News Network. 1 Mei 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  21. ^ "Japanese Comic Ranking, July 14–20". Anime News Network. 23 Juli 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  22. ^ "Japanese Comic Ranking, September 15–21". Anime News Network. 24 September 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  23. ^ "Japanese Comic Ranking, December 15–21". Anime News Network. 24 Desember 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  24. ^ "Japanese Comic Ranking, February 16–22". Anime News Network. 25 Februari 2015. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  25. ^ http://www.animenewsnetwork.com/daily-briefs/2017-01-25/days-manga-has-4.5-million-copies-in-print/.111400
  26. ^ "Kodansha Manga Awards Winners Announced". Anime News Network. 16 Mei 2016. Diakses tanggal 16 Mei 2016. 
  27. ^ "Japan's Bookstore Employees Rank Top Manga of 2014". Anime News Network. 6 Februari 2014. Diakses tanggal 7 April 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]