Attack on Titan (musim 1)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Attack on Titan
Musim 1
Gambar sampul volume pertama versi Blu-ray
Negara asalJepang
Jml. episode25
Rilis
Jaringan asliMBS TV
Tanggal disiarkan7 April (2013-04-07) –
29 September 2013 (2013-9-29)
Kronologi Musim
Berikutnya →
Musim 2

Musim pertama dari seri anime Attack on Titan diproduksi oleh Wit Studio milik IG Port dan disutradarai oleh Tetsurō Araki, serta mencakup arc cerita "Fall of Shiganshina" (bab 1-2), "Battle of Trost District" (bab 3-14), "104th Training Corps" (bab 15-18) dan "Female Titan" (bab 19-34) dari manga-nya. Musim ini ditayangkan pada saluran MBS TV sejak tanggal 7 April hingga 29 September 2013, dan kemudian ditayangkan di Tokyo MX, FBS, TOS, HTB, TV Aichi dan BS11.[1] Funimation dan Crunchyroll telah menayangkan seri anime ini secara streaming dilengkapi subtitle.[2][3] Funimation juga telah melisensinya untuk dirilis dalam format Blu-ray dan DVD pada tahun 2014.[4] Episode pertama versi sulih suara bahasa Inggris ditayangkan perdana pada acara Anime Boston,[5] sementara episode-episode lainnya tersedia pada layanan berbayar Funimation.[6] Seri anime Attack on Titan ditayangkan pada blok pemrograman Toonami milik Adult Swim sejak tanggal 3 Mei 2014, pada pukul 11.30 pagi EST.[7]

Lagu tema pembuka untuk 13 episode perdananya adalah "Feuerroter Pfeil und Bogen" (紅蓮の弓矢, Guren no Yumiya, terj. har. "Crimson Bow and Arrow") yang dibawakan oleh Linked Horizon, sementara lagu tema penutupnya berjudul "Utsukushiki Zankoku na Sekai" (美しき残酷な世界, terj. har. "A Beautiful Cruel World") yang dinyanyikan oleh Yōko Hikasa. Untuk sisa episode pada musim ini, lagu tema pembukanya adalah "Die Flügel der Freiheit" (自由の翼, Jiyū no Tsubasa, terj. har. "The Wings of Freedom") yang dibawakan oleh Linked Horizon, sementara lagu tema penutupnya bertajuk "Great Escape" yang dibawakan oleh Cinema Staff. Seluruh lagu tema pembuka dimasukkan ke dalam singel Linked Horizon yang berjudul "Jiyū e no Shingeki" yang terjual sebanyak lebih dari 100.000 kopi pada minggu pertama.[8]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal tayang asli [1][9]Tanggal tayang bahasa Inggris
11"To You, in 2000 Years: The Fall of Shiganshina, Part 1"
"Ni-sen Nen-go no Kimi e -Shiganshina Kanraku (1)-" (Jepang: 二千年後の君へ ―シガンシナ陥落①―)
Hiroyuki Tanaka
Tetsurō Araki
Yasuko Kobayashi7 April 2013 (2013-04-07)3 Mei 2014
Selama lebih dari seabad, umat manusia hidup di dalam wilayah permukiman yang dikelilingi oleh tiga tembok raksasa setinggi 50 meter—yaitu Wall Maria, Wall Rose dan Wall Sina, yang mencegah para makhluk berukuran raksasa pemakan manusia yang disebut Titan, untuk bisa masuk. Eren Yeager yang berasal dari kota kecil bernama Distrik Shiganshina, ingin melihat dunia luar dengan cara bergabung dalam Pasukan Penyelidik. Ia menganggap hidup dan tinggal di kota sama saja dengan ternak. Meskipun demikian, saudari angkatnya yang bernama Mikasa Ackermann dan ibunya—Carla Yeager, menentang keinginannya untuk bergabung dengan Pasukan Penyelidik. Bahkan setelah melihat pasukan tersebut kembali pulang dengan korban jiwa yang besar, Eren menyatakan minatnya untuk bergabung. Tindakan Eren mengesankan ayahnya, Grisha Yeager, yang berjanji untuk menunjukkan kepada Eren apa yang ada di ruang bawah tanah rumah mereka begitu dia kembali. Setelah Eren dan Mikasa menyelamatkan teman mereka yang bernama Armin Arlelt dari sekelompok berandal, Titan Kolossal setinggi 60 meter tiba-tiba muncul dan menjebol pintu gerbang ke Distrik Shiganshina—yang terletak di tepi luar Wall Maria, dan ini memungkinkan para Titan berukuran kecil untuk masuk. Ketika kepanikan massal melanda kota itu, Eren dan Mikasa bergegas kembali ke rumah mereka, dan menemukan Carla sedang terjepit di bawah rumah mereka yang runtuh. Ketika Titan Tersenyum mendekati mereka, Carla meminta mereka untuk segera melarikan diri, tetapi mereka menolak sampai seorang penjaga kota bernama Hannes tiba dan meyakinkan mereka bahwa dia akan melindungi mereka. Namun, saat dia hendak menyerang Titan tersebut, dirinya diliputi ketakutan dan membawa Eren dan Mikasa pergi. Eren menyaksikan dengan ngeri ketika Titan Tersenyum memakan Carla.
22"That Day: The Fall of Shiganshina, Part 2"
"Sono Hi -Shiganshina Kanraku (2)-" (Jepang: その日 ―シガンシナ陥落②―)
Masashi KoizukaYasuko Kobayashi14 April 2013 (2013-04-14)10 Mei 2014
Hannes meminta maaf kepada Eren karena tidak menyelamatkan ibunya. Ia mengakui bahwa dirinya takut terhadap Titan Tersenyum dan menilai bahwa Eren dan Mikasa masih merupakan anak-anak yang lemah. Beberapa warga kota Distrik Shiganshina melarikan diri ke bagian dalam Wall Maria, sementara para prajurit mencoba menahan serbuan para Titan. Para prajurit mencoba untuk menutup gerbang, tetapi Titan Zirah menerobos gerbang tersebut, menembus bagian dalam Wall Maria, dan menyebabkan orang-orang di dalam mundur lebih jauh ke dalam Wall Rose. Beberapa waktu kemudian, Eren mengalami mimpi aneh yang menampilkan ayahnya—yang sedang berduka akibat kematian Carla—dengan paksa memberinya suntikan dan kunci ruang bawah tanah sebelum dibangunkan oleh Mikasa. Eren merasa jijik dengan orang-orang di Wall Rose karena mereka tidak suka berbagi makanan atau rumah dengan para pengungsi. Setahun berikutnya, ketika masalah kekurangan bahan pangan menjadi nyata, pemerintah memerintahkan para pengungsi untuk bekerja di ladang pertanian atau bertarung untuk merebut kembali Wall Maria. Sekitar 250.000 orang—atau sekitar 20% dari populasi—memilih untuk bertarung, hanya untuk dimusnahkan oleh para Titan. Eren bersumpah akan membalas dendam dan bergabung dengan militer bersama dengan Mikasa dan Armin.
33"A Dim Light Amid Despair: Humanity's Comeback, Part 1"
"Zetsubō no Naka de Nibuku Hikaru -Jinrui no Saiki (1)-" (Jepang: 絶望の中で鈍く光る ―人類の再起①―)
Kiyoshi FukumotoHiroshi Seko21 April 2013 (2013-04-21)17 Mei 2014
Instruktur latihan bernama Keith Sadies menginspeksi para rekrutan baru dari Korps Kadet ke-104 dan mengeluarkan serangkaian hinaan verbal. Ketika Sadies melihat Sasha Braus—yang sedang makan kentang, dia menghukumnya dengan menyuruhnya berlari di sekitar kamp sampai matahari terbenam dan tidak memberinya makanan atau minuman. Eren mulai bersaing dengan Jean Kirschtein, yang ingin masuk ke dalam Polisi Militer agar bisa hidup dengan nyaman dan tentram di dalam tembok kota. Para rekrutan berlatih dengan alat manuver tiga dimensi,[10] dan mereka harus menyeimbangkan diri mereka sendiri sementara tubuh mereka digantung pada kabel. Eren yang mengalami kesulitan dalam menyeimbangkan tubuhnya, meminta bantuan dari Reiner Braun dan Bertholdt Hoover dan baru mengetahui bahwa mereka berdua juga merupakan salah satu di antara segelintir orang yang telah melihat para Titan secara langsung. Keesokan harinya, Eren mencoba menyeimbangkan diri pada peralatan tersebut tetapi dia terjatuh. Keith menyadari bahwa peralatan Eren rusak dan meluluskannya setelah dia berhasil mencoba lagi menggunakan peralatan yang berbeda.
44"The Night of the Closing Ceremony: Humanity's Comeback, Part 2"
"Kaisan Shiki no Yoru -Jinrui no Saiki (2)-" (Jepang: 解散式の夜 ―人類の再起②―)
Makoto BesshoYasuko Kobayashi28 April 2013 (2013-04-28)24 Mei 2014
Lima tahun semenjak jebolnya Wall Maria, Keith mengevaluasi kekuatan dan kelemahan para rekrutan baru. Pada malam harinya, setelah berlatih dalam pertarungan tangan kosong menghadapi Reiner dan Annie Leonhart, Eren baru mengetahui bahwa Jean dan beberapa rekrutan lainnya berharap untuk bergabung dengan Polisi Militer agar mereka terhindar dari tugas untuk melawan para Titan. Pada hari kelulusan, Eren dan Mikasa masuk dalam peringkat sepuluh besar di angkatan mereka. Mereka memenuhi syarat untuk bergabung dengan Polisi Militer, tetapi Eren menolak dan mengumumkan bahwa dirinya memilih bergabung dengan Pasukan Penyelidik yang selalu bertugas di garis depan. Armin dan Mikasa mengikuti jejaknya. Mereka ditugaskan di Distrik Trost, salah satu kota yang berada di tepi luar Wall Rose, bersama teman seangkatan lain yang telah bergabung. Titan Kolosal muncul dan menjebol gerbang. Setelah Eren kembali tenang, dia mengambil komando dan memerintahkan rekan-rekannya untuk melakukan serangan balik.
55"First Battle: The Struggle for Trost, Part 1"
"Uijin -Torosuto-ku Kōbōsen (1)-" (Jepang: 初陣 ―トロスト区攻防戦①―)
Shinpei EzakiHiroshi Seko5 Mei 2013 (2013-05-05)31 Mei 2014
Titan Kolosal menghancurkan meriam-meriam di tembok, tetapi dia menghilang di tengah uap sebelum Eren bersiap untuk menyerang titik lemahnya. Polisi Militer berhamburan untuk mengevakuasi para penduduk Distrik Trost dan mengatur pertahanan sebelum para Titan memasuki kota. Mikasa ditugaskan oleh Komandan Kitts Woerman dari Pasukan Siaga ke kelompok yang berbeda untuk membantu proses evakuasi, sementara Eren dan Armin menjadi pasukan cadangan di garis depan. Dengan masuknya para Titan di dalam kota, Eren mengingat pelajaran yang didapatkannya bahwa untuk membunuh Titan, mereka harus menebas tengkuknya. Ketika pasukan Eren dan Armin menyerang, rekan-rekan mereka dibunuh atau dimakan oleh para Titan satu per satu, sementara Eren sendiri kehilangan kaki kirinya. Armin yang tidak mampu bergerak karena takut melihat nasib rekan-rekannya, diangkat oleh Titan Berjenggot dan hampir ditelan. Eren yang mengenang ketika dirinya dan Armin bercita-cita untuk melihat dunia di luar tembok, berhasil menyeret dan melemparkan Armin keluar dari mulut Titan Berjenggot pada saat-saat terakhir. Ia menarik Armin keluar dengan lengan kirinya dari mulut Titan Berjenggot, tetapi Titan tersebut menutup rahangnya, memotong lengan Eren dan menelannya.
66"The World the Girl Saw: The Struggle for Trost, Part 2"
"Shōjo ga Mita Sekai -Torosuto-ku Kōbōsen (2)-" (Jepang: 少女が見た世界 ―トロスト区攻防戦②―)
Tomomi IkedaHiroshi Seko12 Mei 2013 (2013-05-12)7 Juni 2014
Armin terbangun dan menyadari dirinya dikelilingi oleh Conny Springer, Christa Lenz dan Ymir. Ketika Armin kembali ke barisan belakang, dia menyalahkan dirinya sendiri karena tidak cukup kuat untuk menyelamatkan Eren. Sementara itu, seorang Titan Abnormal mendekati gerbang keluar kota, yang ramai oleh para pengungsi. Setelah Mikasa membunuh Titan tersebut, dia mengancam pedagang serakah yang memiliki kargo untuk membiarkan para pengungsi lewat terlebih dahulu. Setelah dia menerima ucapan terima kasih oleh seorang ibu dan anak, Mikasa mengenang masa lalunya. Pada tahun 844—setahun sebelum jebolnya Wall Maria, Mikasa menjadi sasaran tiga pedagang budak, yang membunuh orang tuanya dalam sebuah pergumulan singkat. Grisha dan Eren menemukan mayat keduanya ketika mereka berkunjung. Eren diam-diam melacak para pedagang budak tersebut ke gubuk terdekat dan membunuh dua dari mereka dalam upayanya untuk menyelamatkan Mikasa. Namun, pedagang budak ketiga muncul dan mulai mencekik Eren. Dengan dorongan dari Eren, Mikasa mengatasi ketakutannya dan mendapatkan tekad untuk membunuh pedagang budak terakhir. Setelah mereka berdua ditemukan oleh Polisi Militer, Mikasa diundang untuk tinggal bersama Eren dan Grisha. Kembali pada masa sekarang, Mikasa membunuh lebih banyak Titan dan pergi untuk membantu pasukan lainnya mengungsi.
77"Small Blade: The Struggle for Trost, Part 3"
"Chiisana Yaiba -Torosuto-ku Kōbōsen (3)-" (Jepang: 小さな刃 ―トロスト区攻防戦③―)
Yuzuru TachikawaHiroshi Seko19 Mei 2013 (2013-05-19)14 Juni 2014
Pasukan yang masih hidup, yang tidak dapat mencapai dinding bagian dalam karena alat manuver tiga dimensi mereka kekurangan gas, kehilangan semangat juang karena depot pasokan terdekat telah dikuasai oleh para Titan. Mikasa kelihatan tidak terpengaruh setelah diberi tahu Armin bahwa seluruh anggota pasukannya tewas, termasuk Eren. Mikasa mengumpulkan yang lain untuk merebut kembali depot pasokan, menginspirasi mereka untuk bergabung dengannya dalam rencana tersebut, tetapi Mikasa akhirnya kehabisan gas di udara dan jatuh ke gang. Jean mengambil alih komando, tetapi dia kehilangan keberanian ketika melihat beberapa rekannya dimakan oleh para Titan. Ketika Titan berambut pirang mendekati Mikasa, dia bersiap untuk menyerang dengan sisa bilah pedangnya yang patah, tetapi sebuah Titan misterius muncul di belakangnya dan secara brutal membunuh Titan pirang tersebut, membuat Mikasa kebingungan. Armin dan Conny muncul dan terkejut ketika menyaksikan Titan misterius itu tidak hanya melawan para Titan lain, tetapi juga memperlihatkan pengetahuan tentang titik lemah mereka dan menggunakan teknik pertarungan tangan kosong. Titan misterius itu juga sama sekali mengabaikan manusia. Armin memberi Mikasa tangki gas dan bilah pedangnya sehingga Mikasa dapat membantu yang lain di depot pasokan. Mikasa menolak untuk meninggalkan Armin dan malah merenungkan perilaku aneh dari Titan misterius tersebut.
88"I Can Hear His Heartbeat: The Struggle for Trost, Part 4"
"Shinzō no Kodō ga Kikoeru -Torosuto-ku Kōbōsen (4)-" (Jepang: 心臓の鼓動が聞こえる ―トロスト区攻防戦④―)
Satonobu Kikuchi
Shinpei Ezaki
Tatsuma Minamikawa
Noboru Takagi26 Mei 2013 (2013-05-26)21 Juni 2014
Karena gudang pasokan telah dipenuhi para Titan, Armin memiliki ide yaitu menggunakan Titan misterius tadi untuk mengalahkan mereka. Mikasa dan Conny setuju dengan rencananya dan mengalahkan para Titan yang menyerang sang Titan misterius, sebelum bergegas ke gudang pasokan. Sementara itu, Jean dan yang lainnya mencapai depot pasokan meskipun menderita banyak korban dalam perjalanan. Armin, Mikasa dan Conny tiba segera setelah itu. Rencana Armin berhasil, tetapi meski Titan yang misterius mampu menarik perhatian Titan lain di luar, tujuh Titan kecil masih berada di dalam area penyimpanan bahan bakar. Karena peralatan mereka kehabisan bahan bakar, Armin menyusun rencana lain. Mereka yang selamat harus menarik perhatian para Titan ke lift dan menembak mereka tepat di mata untuk membutakan mereka, sementara tujuh orang lain melompat dari langit-langit untuk menghabisi mereka. Sasha dan Conny gagal membunuh Titan yang menjadi target mereka, tetapi diselamatkan oleh Mikasa dan Annie. Setelah berhasil mengisi bahan bakar mereka, para prajurit bersiap untuk mundur. Ketika mereka melihat Titan misterius mengalahkan semua Titan lainnya sebelum dia lumpuh, mereka terkejut melihat Eren muncul dari tubuhnya. Mikasa mencapai tempat Eren dan menangis setelah memastikan bahwa dia masih hidup, sementara Armin memperhatikan bahwa kaki dan lengan Eren yang telah terputus, entah bagaimana telah beregenerasi kembali.
99"Whereabouts of His Left Arm: The Struggle for Trost, Part 5"
"Hidariude no Yukue -Torosuto-ku Kōbōsen (5)-" (Jepang: 左腕の行方 ―トロスト区攻防戦⑤―)
Yoshiyuki FujiwaraYasuko Kobayashi2 Juni 2013 (2013-06-02)28 Juni 2014
Kapten Levi dari Pasukan Penyelidik beserta pasukannya berhasil merebut kembali sebuah kota dari para Titan. Mereka kemudian dipanggil kembali karena keadaan darurat di Distrik Trost yang telah diserbu oleh para Titan. Ketika Eren dimakan dan ditelan oleh Titan Berjenggot, dia mendapati dirinya berada dalam perut Titan Berjenggot tersebut bersama dengan tubuh para korbannya. Kemarahannya terhadap para Titan membuatnya meledak dari perut Titan Berjenggot dengan mengubah dirinya menjadi Titan misterius dan mengamuk melawan mereka. Meskipun kawan-kawan Eren melihatnya muncul dari Titan yang misterius, mereka semua sepakat untuk merahasiakannya dan membawanya kembali ke dalam Wall Rose. Namun, Kitts juga menyaksikan hal ini dan meminta anak buahnya mengarahkan senjata ke Eren. Armin dan Mikasa mencoba membela Eren, tetapi tidak berhasil. Saat Kitts yang ketakutan memerintahkan pasukan meriam untuk menembak mereka bertiga, Eren mengingat kembali kenangan kabur saat ayahnya memberinya suntikan, menyuruhnya untuk merebut kembali Wall Maria dan pergi ke ruang bawah tanah di rumah mereka menggunakan kuncinya. Untuk melindungi Mikasa dan Armin dari meriam, Eren mengubah sebagian dirinya menjadi Titan, dan melindungi mereka di dalam tulang rusuknya.
1010"Response: The Struggle for Trost, Part 6"
"Kotaeru -Torosuto-ku Kōbōsen (6)-" (Jepang: 応える ―トロスト区攻防戦⑥―)
Hiroyuki TanakaHiroshi Seko9 Juni 2013 (2013-06-09)12 Juli 2014[11]
Eren memanjat keluar dari tubuh Titan yang mengalami transformasi sebagian, memberi tahu Mikasa dan Armin tentang ruang bawah tanah di rumahnya. Ia percaya bahwa ruang tersebut memegang rahasia pelestarian umat manusia dan kunci untuk menghancurkan para Titan. Kitts sekali lagi memerintahkan meriam untuk diisi ulang. Eren memikirkan dua rencana untuk melarikan diri. Yang pertama adalah, Eren kabur sebagai Titan dan mengkriminalkan dirinya sendiri di mata umat manusia, dan yang kedua adalah meminta Armin meyakinkan Kitts bahwa Eren adalah aset berharga alih-alih bahaya. Armin menyimpulkan bahwa dia masih bisa membela teman-temannya meskipun dirinya pengecut, dan memutuskan untuk mencoba dan mendiskusikan jalan keluar agar mereka tidak dieksekusi. Armin dengan ragu meyakinkan Kitts, tetapi Kitts kembali diliputi rasa takut dan memberikan perintah untuk menembak sekali lagi. Perintah tersebut terhenti ketika Komandan Dot Pyxis dan pasukannya turun tangan, menyelamatkan hidup mereka bertiga. Sebagai gantinya, Pyxis bertanya kepada Eren apakah dia mau mengubah tubuhnya sendiri menjadi Titan agar bisa menutup celah di Wall Rose dalam rangka mencegah lebih banyak Titan masuk. Eren setuju, terlepas dari apakah dia mampu mengendalikan dirinya sebagai Titan atau tidak.
1111"Idol: The Struggle for Trost, Part 7"
"Gūzō -Torosuto-ku Kōbōsen (7)-" (Jepang: 偶像 ―トロスト区攻防戦⑦―)
Kiyoshi FukumotoHiroshi Seko16 Juni 2013 (2013-06-16)19 Juli 2014
Saat Armin membantu bawahan Pyxis menyusun sebuah rencana, moral pasukan mulai menurun, karena beberapa di antara mereka ingin pergi dan berada bersama keluarga mereka. Pyxis membungkam semua orang dengan mengingatkan mereka bahwa jika mereka mengabaikan kesempatan ini untuk bisa menang melawan para Titan, secara tidak langsung mereka akan membuat keluarga mereka berada dalam ancaman para Titan. Tindakan tersebut meyakinkan pasukan untuk tetap tinggal. Dengan mengklaim bahwa Eren adalah hasil dari proyek rahasia untuk mengubah manusia menjadi Titan, Pyxis berencana untuk membuat sebagian besar pasukan berkumpul di sudut jauh Distrik Trost untuk memancing sebagian besar Titan, sementara Eren—yang telah berubah menjadi Titan—akan membawa batu besar untuk menutup lubangnya. Bersama dengan Mikasa, Eren akan dilindungi sepanjang misi oleh tiga prajurit elit terbaik dari Pasukan Siaga—yaitu Ian Dietrich, Rico Brzenska dan Mitabi Jarnach. Ketika mereka mendekati batu besar, Rico, yang meragukan keberhasilan misi dan tidak sepenuhnya mempercayai Eren, mengingatkannya bahwa banyak nyawa yang sedang dipertaruhkan. Eren yang telah mencapai batu mengubah dirinya menjadi Titan, tetapi dia justru menyerang Mikasa secara tiba-tiba.
1212"Wound: The Struggle for Trost, Part 8"
"Kizu -Torosuto-ku Kōbōsen (8)-" (Jepang: 傷 ―トロスト区攻防戦⑧―)
Shintaro ItogaNoboru Takagi23 Juni 2013 (2013-06-23)26 Juli 2014
Mikasa mencoba berargumentasi dengan Eren karena tubuhnya berada di dalam Titan, tetapi tidak berhasil. Eren melanjutkan serangannya dan secara tidak sengaja melumpuhkan dirinya sendiri, merosot ke tanah. Pasukan yang melindungi Eren mengirimkan suar merah untuk memberikan sinyal bahwa rencana itu telah gagal, membuat sisa pasukan yang mengamati dari dinding diliputi kecemasan. Ketika Armin menuju ke tempat Eren untuk menyelidiki, pasukan elit berdebat dan akhirnya setuju untuk melindungi Eren alih-alih meninggalkannya. Mereka masih menganggapnya sebagai aset militer yang berharga. Selama operasi, Jean terpisah dari Connie dan Annie karena alat manuver tiga dimensinya tidak bekerja, memaksanya untuk bersembunyi dari dua Titan di dalam gedung. Armin mencapai tempat Eren yang tidak sadar, tetapi Mikasa memperingatkan bahwa Eren sedanf dalam keadaan berbahaya. Armin menusukkan pedangnya ke sisi leher Eren, yang mampu membangunkannya dengan singkat. Ketika Armin berbicara kepadanya tentang dunia luar dan mengingatkannya tentang janjinya untuk membunuh semua Titan, Eren meninggalkan mimpinya dan mampu mengambil alih kontrol atas tubuhnya.
1313"Primal Desire: The Struggle for Trost, Part 9"
"Genshoteki Yokkyū -Torosuto-ku Kōbōsen (9)-" (Jepang: 原初的欲求 ―トロスト区攻防戦⑨―)
Masashi KoizukaNoboru Takagi30 Juni 2013 (2013-06-30)2 Agustus 2014
Jean berhasil memperoleh seperangkat alat manuver tiga dimensi dari seorang prajurit yang tewas dan berhasil melarikan diri karena Annie, Connie dan Marco Bott mampu mengganggu para Titan. Karena Eren dalam bentuk Titan sedang membawa batu menuju gerbang, Ian memerintahkan semua orang untuk melindungi Eren dari para Titan dengan segala cara. Eren akhirnya berhasil menutup gerbang dengan batu, dan Rico menembakkan suar kuning untuk memberikan sinyal bahwa operasi mereka berhasil. Ketika Armin mencoba menarik Eren dari tubuh Titan-nya, mereka terpojok oleh dua Titan yang mendekat, tetapi Levi menyelamatkan mereka pada saat yang tepat. Semua Titan yang tersisa di Distrik Trost dikalahkan, kecuali dua Titan yang ditangkap untuk kepentingan penelitian. Jean, Sasha, dan Annie berduka atas kematian rekan-rekan mereka yang menjadi korban. Sementara itu, Eren dirantai di sel yang dijaga oleh Polisi Militer, tempat di mana dirinya dikunjungi oleh Levi dan Komandan Erwin Smith dari Pasukan Penyelidik. Setelah mendengarkan ceritanya dan alasan mengapa dia ingin memusnahkan para Titan, Levi mengizinkan Eren untuk bergabung dengan pasukannya di bawah komandonya, meskipun Eren diperingatkan bahwa Levi akan membunuhnya secara pribadi jika dia pernah mencoba untuk mengkhianati pasukan atau kehilangan kendali lagi.
13.513.5"Since That Day"
"Ano Hi kara" (Jepang: あの日から)
Hiroyuki Tanaka7 Juli 2013 (2013-07-07)
Ini adalah episode recap yang mengisahkan kembali cerita dalam tiga belas episode sebelumnya.
1414"Can't Look into His Eyes Yet: Eve of the Counterattack, Part 1"
"Mada Me o Mirenai -Hangeki Zen'ya (1)-" (Jepang: まだ目を見れない ―反撃前夜①―)
Keisuke Onishi
Shinpei Ezaki
Yasuko Kobayashi14 Juli 2013 (2013-07-14)9 Agustus 2014
Opini masyarakat terbagi mengenai apakah Eren adalah penyelamat mereka atau ancaman bagi mereka. Eren dibawa ke pengadilan militer untuk diadili oleh Panglima Dhalis Zachary, yang akan memutuskan apakah Eren harus diberikan kepada Polisi Militer atau Pasukan Penyelidik. Kedua pasukan tersebut memiliki alasan sendiri untuk menginginkannya. Polisi Militer ingin Eren terbunuh karena dia dipandang sebagai ancaman oleh mereka, sementara Pasukan Penyelidik ingin menggunakannya demi merebut kembali Wall Maria. Setelah seorang pedagang menuduh bahwa Mikasa juga adalah seorang Titan, Eren marah dan memanggil Polisi Militer dan pendukung mereka sebagai sekumpulan pengecut. Levi menendang Eren dengan brutal sebagai bentuk pembalasan, tetapi Eren tidak berubah menjadi Titan. Levi menggunakan bukti tersebut untuk menunjukkan kepada pengadilan bahwa Pasukan Penyelidik dapat mengendalikan Eren, dan mengusulkan bahwa Eren harus menjadi bagian dari pasukannya. Pada akhirnya, Zachary menyerahkan Eren kepada Pasukan Penyelidik, tempat di mana Erwin dan Hange Zoë menyambutnya. Ketika Eren mendapatkan perawatan akibat luka-luka yang dideritanya, mereka menyadari bahwa gigi Eren yang tercabut akibat dipukuli oleh Levi sudah tumbuh kembali.
1515"Special Operations Squad: Eve of the Counterattack, Part 2"
"Tokubetsu Sakusen-han -Hangeki Zen'ya (2)-" (Jepang: 特別作戦班 ―反撃前夜②―)
Kiyoshi FukumotoHiroshi Seko21 Juli 2013 (2013-07-21)16 Agustus 2014
Levi dan Tim Operasi Khususnya yang terdiri dari Eld Gin, Oruo Bozad, Petra Rall dan Günther Schultz, membawa Eren ke markas lama Pasukan Penyelidik, tempat di mana Eren akan belajar mengendalikan kekuatan Titan-nya di bawah pengawasan mereka. Ketika Levi memerintahkan kastil untuk dibersihkan, Petra meyakinkan Eren bahwa Levi peduli dengan anak buahnya meskipun sikapnya kasar dan kejam. Sementara itu, Erwin dan Miche Zacharius mendiskusikan rekrutan baru yang bergabung dengan Pasukan Penyelidik dan bagaimana mereka harus membuktikan bahwa Eren memang aset yang berguna untuk Komando Militer dalam waktu sebulan. Hange meminta Eren untuk membantunya dalam eksperimennya dengan dua Titan yang telah mereka tangkap, yang dia beri nama Sawney dan Beane. Hange memiliki obsesi terhadap para Titan dengan memperlakukan mereka layaknya orang biasa meskipun dia berkali-kali menempatkan hidupnya dalam bahaya. Terungkap bahwa para Titan membutuhkan sinar matahari untuk bertahan hidup dan tubuh mereka termasuk ringan—secara tidak proporsional—meskipun memiliki ukuran tubuh yang besar. Keesokan harinya, Pasukan Penyelidik menemukan bahwa Sawney dan Beane telah terbunuh. Ketika Hange berduka atas kematian mereka, Pasukan Penyelidik menyimpulkan bahwa pelakunya adalah seorang prajurit yang melarikan diri menggunakan peralatan manuver tiga dimensi mereka, yang membuat Eren bertanya-tanya siapa musuh mereka yang sebenarnya.
1616"What Needs to be Done Now: Eve of the Counterattack, Part 3"
"Ima, Nani o Subeki ka -Hangeki Zen'ya (3)-" (Jepang: 今、何をすべきか ―反撃前夜③―)
Keisuke Onishi
Yasushi Muroya
Yasuko Kobayashi28 Juli 2013 (2013-07-28)23 Agustus 2014
Ketika seluruh rekrutmen baru diselidiki atas kematian Sawney dan Beane, Annie—yang akan bergabung dengan Polisi Militer—memberikan saran kepada Armin dan Conny bahwa memutuskan cabang militer apa yang harus mereka ikuti adalah keputusan mereka sendiri. Prajurit angkatan ke-104 kemudian disambut oleh Erwin pada Upacara Pengambilan Keputusan, tempat di mana dia memberi tahu mereka bahwa tujuan ekspedisi Pasukan Penyelidik pada bulan berikutnya adalah untuk merebut kembali Distrik Shiganshina dan menemukan rahasia yang tersembunyi di ruang bawah tanah rumah Eren. Setelah memberi tahu para rekrutan tentang tingkat kematian Pasukan Penyelidik yang tinggi selama menjalankan suatu ekspedisi, Erwin meminta para rekrutan untuk tetap tinggal di tempat dan bergabung dengan Pasukan Penyelidik, atau pergi untuk bergabung dengan cabang lain. Sebagian besar rekrutan pergi, tetapi Jean bergabung dengan Pasukan Penyelidik demi menghormati Marco. Yang lain juga bergabung dengannya termasuk Mikasa, Armin, Reiner, Bertholdt, Conny, Sasha, Christa dan Ymir, meskipun mereka ketakutan. Ketika Pasukan Penyelidik mempersiapkan diri untuk menjalankan ekspedisi, Eren bertemu kembali dengan teman-temannya dan mengetahui apa yang terjadi pada yang lain. Jean bertanya apakah Eren dapat benar-benar mengendalikan kekuatan Titan-nya karena mereka mempertaruhkan nyawa untuknya. Setelah segala sesuatunya siap, Pasukan Penyelidik memulai Ekspedisi ke-57 mereka di luar tembok.
1717"Female Titan: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 1"
"Megata no Kyojin -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (1)-" (Jepang: 女型の巨人 ―第57回壁外調査①―)
Daisuke Tokudo
Masashi Koizuka
Hiroshi Seko4 Agustus 2013 (2013-08-04)6 September 2014
Ketika Ekspedisi ke-57 berlangsung, Pasukan Penyelidik berkumpul dalam Formasi Pengintai Jangka Panjang. Dalam formasi tersebut, para prajurit Pengintai menyebar di sekitar kereta barang utama dan melaporkan dengan pistol suar jika Titan berada di dekat mereka sehingga pasukan dapat mengubah arah untuk menghindari konflik dengan mereka sebisa mungkin. Setelah pasukan Armin berhasil membunuh Titan Abnormal, Titan Wanita tiba-tiba muncul dari sayap kanan dengan kecepatan tinggi. Armin sangat terkejut karena tubuh Titan Wanita mampu bertahan dari serangan pedang mereka dan cukup cerdas untuk membunuh seniornya dengan mudah. Titan Wanita menangkap Armin, tetapi setelah melepas tudungnya dan melihat wajahnya, dia membiarkan Armin hidup dan terus berlari. Armin dijemput oleh Reiner dan Jean, yang memberitahukan bahwa sayap kanan mereka telah disapu bersih oleh para Titan. Armin kemudian menyadari bahwa Titan Wanita tadi mungkin adalah Titan cerdas lainnya seperti Eren. Ketika mereka bertiga memberikan lokasi yang saling bertentangan terkait di mana Eren berada dalam formasi, mereka menyadari bahwa target Titan Wanita tadi adalah Eren dan bahwa mereka harus menghentikannya. Titan Wanita tersebut menghindari serangan yang gagal, dan meninggalkan mereka serta menuju pasukan di bagian pusat.
1818"Forest of Giant Trees: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 2"
"Kyodaiju no Mori -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (2)-" (Jepang: 巨大樹の森 ―第57回壁外調査②―)
Hiroyuki Tanaka
Shin Wakabayashi
Hiroshi Seko11 Agustus 2013 (2013-08-11)13 September 2014
Armin, Reiner dan Jean terdampar setelah berhadapan dengan Titan Wanita. Mereka hanya memiliki satu kuda, tetapi mereka segera diselamatkan oleh Christa yang datang dengan sejumlah kuda ekstra. Mereka menunggu perintah untuk mundur, tetapi operasi terus berlanjut meskipun menuju ke arah yang berbeda. Sementara itu, kabar bahwa pasukan sayap kanan telah disapu bersih oleh Titan Wanita mencapai pasukan pusat. Titan Wanita terus membuat kekacauan dalam formasi pasukan. Seluruh formasi segera mencapai Hutan Pohon Raksasa tetapi hanya barisan tengah yang masuk, sedangkan sisanya melindungi hutan dari para Titan. Eren menyadari ada sesuatu yang salah ketika pasukannya tidak tahu apa perintah Erwin dan apa yang dilakukan Levi. Saat Titan Wanita mengejar mereka, pasukannya mati-matian menunggu perintah Levi untuk menyerang, tetapi Levi sebaliknya memberi tahu pasukannya untuk menutupi telinga mereka saat dia menembakkan pistol suar.
1919"Bite: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 3"
"Kamitsuku -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (3)-" (Jepang: 噛み付く ―第57回壁外調査③―)
Kiyoshi Fukumoto
Tomomi Ikeda
Noboru Takagi18 Agustus 2013 (2013-08-18)20 September 2014
Levi menembakkan pistol dan memberi tahu pasukan untuk terus bergerak maju. Karena sudah banyak prajurit di barisan belakang yang terbunuh oleh Titan Wanita, Eren memohon kepada pasukannya untuk membiarkannya bertarung, tetapi mereka memintanya untuk mempercayai keputusan Levi. Eren mengingat kembali ketika dirinya tidak dapat berubah menjadi Titan untuk kepentingan penelitian di hadapan Hange, Levi dan pasukannya. Selama waktu istirahat, ketika dia mencoba mengambil sendok teh, Eren tiba-tiba berubah sebagian menjadi Titan, membuat Hange menyimpulkan bahwa Eren mampu berubah menjadi Titan bukan hanya akibat melukai dirinya sendiri tetapi juga karena keinginannya untuk memenuhi tujuannya. Pasukan meminta maaf kepada Eren dan mengatakan bahwa mereka harus saling percaya. Setelah mengingat kejadian tersebut, Eren memutuskan untuk mempercayai rencana pasukannya. Kemudian terungkap bahwa pasukan Levi adalah umpan untuk memikat Titan Wanita ke dalam penyergapan, tempat di mana Erwin dan pasukannya menembakkan ratusan jangkar penjepit untuk menjebak Titan Wanita. Levi meninggalkan pasukannya untuk bertemu dengan Erwin dalam rangka menentukan identitas Titan Wanita.
2020"Erwin Smith: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 4"
"Eruvin Sumisu -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (4)" (Jepang: エルヴィン・スミス ―第57回壁外調査④―)
Shintaro ItogaYasuko Kobayashi25 Agustus 2013 (2013-08-25)27 September 2014
Setelah pasukan berhasil menahan Titan Wanita, Erwin dan Levi mencoba memastikan identitas Titan tersebut. Upaya mereka gagal karena dia dapat mengkristalkan tubuhnya untuk mencegah mereka menarik keluar manusia yang ada di dalamnya. Armin, Jean, dan sisa pasukan Levi menyadari bahwa Erwin berencana untuk menggunakan Eren sebagai umpan untuk menarik mata-mata dalam pasukan mereka yang bergabung setelah jebolnya Wall Maria. Erwin hanya mengungkapkan rencana tersebut kepada mereka yang merupakan bagian dari Pasukan Penyelidik sebelum musim gugur. Sementara itu, yang lain bertanya-tanya apa yang terjadi di dalam hutan. Titan Wanita berteriak dengan keras dan memancing semua Titan lain di sekitar hutan untuk menuju ke tempatnya. Meskipun Pasukan Penyelidik berupaya menghentikan mereka, para Titan mengabaikan keberadaan manusia dan memakan tubuh Titan Wanita di tengah hiruk-pikuk yang memaksa Erwin membatalkan ekspedisi mereka. Namun, tanpa memastikan bahwa sang mata-mata juga telah dimakan oleh para Titan, Erwin memerintahkan Levi untuk berkumpul kembali dengan pasukannya. Sementara itu, sang mata-mata yang menyamar sebagai anggota Pasukan Penyelidik berjubah, menyerang pasukan Levi dan membunuh Günther.
2121"Crushing Blow: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 5"
"Tettsui -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (5)-" (Jepang: 鉄槌 ―第57回壁外調査⑤―)
Hiroyuki Tanaka
Yasushi Muroya
Noboru Takagi1 September 2013 (2013-09-01)4 Oktober 2014
Erwin mengatakan kepada Hange bahwa teori tentang semua Titan memiliki kecerdasan seperti Eren adalah hal yang keliru, karena Titan Wanita memiliki kemampuan unik yang jauh di luar kemampuan seorang pemula. Di tempat lain, sang mata-mata berubah menjadi Titan Wanita dan mengejar pasukan Levi. Armin berteori bahwa mata-mata itu adalah seseorang yang turut melihat Eren bertransformasi menjadi Titan selama serangan di Distrik Trost. Eren ingin berubah menjadi Titan, tetapi anggota pasukan mengatakan kepadanya untuk percaya pada keterampilan mereka dan terus bergerak maju. Eld, Oruo, dan Petra berhasil membutakan Titan Wanita dan berusaha memotong lengannya. Namun, Titan Wanita dengan cepat meregenerasi mata kanannya dan membunuh mereka bertiga. Melihat rekan-rekannya mati, Eren yang bersedih berubah menjadi Titan. Percaya kematian rekan-rekan dan pasukannya bisa dihindari jika dia berubah sedari awal, Eren bertarung melawan Titan Wanita dalam pertarungan yang berlangsung lama. Titan Wanita akhirnya mengalahkan Titan Eren dengan menebas kepalanya menggunakan tendangan dan menelan tubuh Eren. Mikasa berusaha menghentikan Titan Wanita, tetapi tidak berhasil. Levi kemudian tiba di situ dan meminta Mikasa untuk menjaga jarak, karena Titan Wanita mulai lelah.
2222"The Defeated: The 57th Exterior Scouting Mission, Part 6"
"Haisha-tachi -Dai Gojū-Nana Kai Hekigai Chōsa (6)-" (Jepang: 敗者達 ―第57回壁外調査⑥―)
Makoto Bessho
Shinpei Ezaki
Noboru Takagi8 September 2013 (2013-09-08)11 Oktober 2014
Saat Mikasa mengalihkan perhatian Titan Wanita demi merebut tubuh Eren, Levi melemahkan Titan Wanita dengan kecepatan tinggi, tetapi Levi mematahkan kakinya saat menyelamatkan Mikasa yang sedang lengah. Mikasa dan Levi mundur setelah berhasil mengambil tubuh Eren dari dalam mulut Titan Wanita, yang terluka parah dan merosot ke pohon. Pasukan Penyelidik mengambil mayat rekan-rekan mereka yang tewas, sementara Erwin memerintahkan agar mayat yang hilang dilaporkan hilang dalam aksi. Dalam perjalanan kembali ke kota, Pasukan Penyelidik dikejar oleh dua Titan. Mikasa berhasil membunuh satu di antaranya. Pasukan berhasil menjauh dengan cepat dari Titan lain setelah Levi dengan enggan memerintahkan untuk membuang beberapa mayat demi meringankan beban kereta. Kemudian, Eren terbangun dari mimpi masa lalunya dan mendapati dirinya beserta Pasukan Penyelidik kembali ke kota dengan aman di belakang Wall Sina. Warga kota tidak hanya mencaci maki Pasukan Penyelidik, tetapi juga merasa marah dan kesal kepada Erwin atas kegagalan misi dan korban yang terus berjatuhan. Namun, Eren mendapati dua orang anak menyaksikan kepulangan pasukan itu dengan kagum. Sebagai hasil dari ekspedisi yang gagal, Erwin dan bawahannya dipanggil ke ibu kota, tempat di mana keputusan akhir terkait penahanan Eren akan dibuat.
2323"Smile: Assault on Stohess, Part 1"
"Hohoemi -Sutohesu-ku Kyūshū (1)-" (Jepang: 微笑み ―ストヘス区急襲①―)
Hirokazu YamadaHiroshi Seko15 September 2013 (2013-09-15)18 Oktober 2014
2424"Mercy: Assault on Stohess, Part 2"
"Jihi -Sutohesu-ku Kyūshū (2)-" (Jepang: 慈悲 ―ストヘス区急襲②―)
Akitoshi Yokoyama
Hiroyuki Tanaka
Yasuko Kobayashi22 September 2013 (2013-09-22)25 Oktober 2014
2525"Wall: Assault on Stohess, Part 3"
"Kabe -Sutohesu-ku Kyūshū (3)-" (Jepang: 壁 ―ストヘス区急襲③―)
Daisuke Tokudo
Masashi Koizuka
Shintarō Itoga
Tetsurō Araki
Yasuko Kobayashi29 September 2013 (2013-09-29)1 November 2014

Versi Blu-ray dan DVD[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Pony Canyon (Jepang, Wilayah 2)
Vol. Episode Tanggal rilis Ref.
1 1-2 17 Juli 2013 [12]
2 3-4 21 Agustus 2013 [13]
3 5-7 18 September 2013 [14]
4 8-10 16 Oktober 2013 [15]
5 11-13 20 November 2013 [16]
6 14-16 18 Desember 2013 [17]
7 17-19 15 Januari 2014 [18]
8 20-22 19 Februari 2014 [19]
9 23-25 19 Maret 2014 [20]

Inggris[sunting | sunting sumber]

Funimation (Amerika Utara, Wilayah 1/A)
Bagian Episode Tanggal rilis Ref.
1 1–13 3 Juni 2014 [21]
2 14–25 23 September 2014 [22]
Komplet 1–25 24 Januari 2017 [23]
Manga Entertainment (Kepulauan Britania, Wilayah 2/B)
Bagian Episode Tanggal rilis Ref. DVD Ref. Blu-ray
1 1–13 15 September 2014 [24] [25]
2 14–25 27 Oktober 2014 [26] [27]
Komplet 1–25 27 Juni 2016 [28] [29]
Madman Entertainment (Australasia, Wilayah 4/B)
Kol. Episode Tanggal rilis Ref. DVD Ref. Blu-ray
1 1–13 18 Juni 2014 [30] [31]
2 14–25 15 Oktober 2014 [32] [33]
Komplet 1–25 5 April 2017 [34] [35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 放送情報 [Broadcast Information]. Attack on Titan Anime Official Website (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Maret 2013. Diakses tanggal 14 Januari 2016. "MBS 4月6日より 毎週土曜25時58分~ ※4月13日は26時10分~" 
  2. ^ "Funimation Streams Attack on Titan TV Anime". Anime News Network. 12 April 2013. Diakses tanggal 12 April 2013. 
  3. ^ "Crunchyroll to Stream "Attack on Titan" Anime". Crunchyroll. 13 April 2013. Diakses tanggal 13 April 2013. 
  4. ^ "Funimation Plans Attack on Titan on Home Video in 2014". Anime News Network. 19 Mei 2013. Diakses tanggal 21 Mei 2013. 
  5. ^ "Attack on Titan English Dub Premiere at Anime Boston". Funimation. 14 Februari 2014. Diakses tanggal 28 Juni 2014. 
  6. ^ "FUNimation - Thank you all for your patience! Attack on..." Funimation. 22 April 2013. Diakses tanggal 16 Juni 2014 – via Facebook. 
  7. ^ "Attack on Titan to Run on Adult Swim's Toonami Block". Anime News Network. 12 April 2014. Diakses tanggal 13 April 2014. 
  8. ^ "Attack on Titan Opening CD Sells 129,000 in 1st Week". Anime News Network. 15 Juli 2013. Diakses tanggal 12 Desember 2013. 
  9. ^ 作品情報(シリーズ) – 進撃の巨人 attack on titan [Work information (series) – Attack on Titan]. Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 Agustus 2018. Diakses tanggal 14 Januari 2016. 
  10. ^ Ferreira, Mike (14 Januari 2014). "Attack on Titan's Netflix Debut Hit by Translation Woes". Anime Herald. Diakses tanggal 16 Juni 2014. 
  11. ^ "July 5th Line Up - Space Dandy Season 2 Premiere!". Toonami Tumblr. Diakses tanggal 14 Juni 2014. 
  12. ^ "Blu-ray & DVD 第1巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  13. ^ "Blu-ray & DVD 第2巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  14. ^ "Blu-ray & DVD 第3巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  15. ^ "Blu-ray & DVD 第4巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  16. ^ "Blu-ray & DVD 第5巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  17. ^ "Blu-ray & DVD 第6巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  18. ^ "Blu-ray & DVD 第7巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  19. ^ "Blu-ray & DVD 第8巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  20. ^ "Blu-ray & DVD 第9巻". Shingeki no Kyojin (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 November 2018. 
  21. ^ "Attack on Titan Part One". Funimation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-23. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  22. ^ "Attack on Titan Part Two". Funimation. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  23. ^ "Attack on Titan Complete Season One". Funimation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-23. Diakses tanggal 23 November 2018. 
  24. ^ "Attack on Titan: Season One Part One [DVD]". Manga Entertainment. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  25. ^ "Attack on Titan: Season One Part One [Blu-ray]". Manga Entertainment. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  26. ^ "Attack on Titan: Season One Part Two [DVD]". Manga Entertainment. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  27. ^ "Attack on Titan: Season One Part Two [Blu-ray]". Manga Entertainment. Diakses tanggal 20 November 2018. 
  28. ^ "Attack on Titan: Complete Season One Collection [DVD]". Amazon.com. Manga Entertainment. Diakses tanggal 23 November 2018. 
  29. ^ "Attack on Titan: Complete Season One Collection [Blu-ray]". Amazon. Manga Entertainment. Diakses tanggal 23 November 2018. 
  30. ^ "Attack on Titan Collection 1 (Eps 1-13)". Madman Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Februari 2017. Diakses tanggal 28 November 2018. 
  31. ^ "Attack on Titan Collection 1 (Blu-ray)". Madman Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 April 2017. Diakses tanggal 28 November 2018. 
  32. ^ "Attack on Titan Collection 2". Madman Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Februari 2017. Diakses tanggal 28 November 2018. 
  33. ^ "Attack on Titan Collection 2 (Blu-ray)". Madman Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Februari 2017. Diakses tanggal 28 November 2018. 
  34. ^ "Attack on Titan Complete Season 1 (Eps 1-25)". Madman Entertainment. Diakses tanggal 23 November 2018. 
  35. ^ "Attack on Titan Complete Season 1 (Eps 1-25) (Blu-Ray)". Madman Entertainment. Diakses tanggal 23 November 2018.