Your Lie in April

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Your Lie in April
Your Lie in April Manga cover.png
Sampul manga volume pertama, menampilkan Kousei Arima dan Kaori Miyazono
四月は君の嘘
(Shigatsu wa Kimi no Uso)
GenreDrama, romansa, musik
Manga
PengarangNaoshi Arakawa
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa InggrisKodansha Comics USA
Penerbit bahasa Indonesiam&c
MajalahMonthly Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit6 April 20116 Februari 2015
Volume11
Seri anime
SutradaraKyōhei Ishiguro
SkenarioTakao Yoshioka
MusikMasaru Yokoyama
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Madman Entertainment
Aniplex of America
Saluran
asli
Fuji TV (noitamina)
Tayang 10 Oktober 2014 20 Maret 2015
Episode22
Novel ringan
Your Lie in April – A Six Person Etude
PengarangYui Tokiumi
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
DemografiShōnen
Terbit17 November 2014
Volume1
Manga
Shigatsu wa Kimi no Uso: Coda
PengarangNaoshi Arakawa
Terbit17 Agustus 2016
Volume1
Video animasi orisinal
Moments
SutradaraKazuya Iwata
SkenarioTakao Yoshioka
MusikMasaru Yokoyama
StudioA-1 Pictures
Tayang15 Mei 2015
Durasi23 menit
Film laga hidup
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Shigatsu wa Kimi no Uso (四月は君の嘘, Your Lie in April, terj. har.Dustamu di Bulan April) adalah sebuah serial manga drama romansa Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Arakawa dan diterbitkan oleh Kodansha di majalah Monthly Shōnen Magazine dari April 2011 hingga Februari 2015. Serial ini menceritakan kehidupan seorang anak bernama Kousei Arima, yang berbakat dalam memainkan piano. Ketika ibunya meninggal dunia, ia mengalami tekanan mental yang membuatnya kehilangan kemampuan untuk mendengar suara piano. Serial ini juga menceritakan pengalamannya dengan seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono

Serial manga ini diadaptasi oleh A-1 Pictures sebagai serial anime televisi yang disiarkan dari Oktober 2014 hingga Maret 2015 di Fuji TV pada blok Noitamina. Serial ini juga diadaptasi menjadi sebuah novel ringan serta film laga hidup (live action) yang ditayangkan di bioskop di Jepang pada September 2016.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kousei Arima adalah seorang anak yang berbakat dalam bermain piano dan selalu tampil mendominasi dalam berbagai kompetisi, sehingga menjadikannya terkenal di antara para musikus cilik. Setelah ibunya meninggal dunia, ia mengalami tekanan mental di tengah-tengah sebuah pertunjukan piano pada usia 12 tahun. Trauma yang diderita olehnya menyebabkan ia kehilangan kemampuan untuk mendengar suara dentingan piano, meskipun secara fisik pendengarannya baik-baik saja.

Dua tahun berlalu, Kousei tidak pernah menyentuh pianonya dan beranggapan dunianya sebagai dunia yang monoton tanpa warna. Dia pun seakan melepas kehidupannya dan hanya berinteraksi dekat dengan kedua sahabatnya, Tsubaki Sawabe dan Ryota Watari; hingga pada suatu hari, Ia bertemu dengan seorang gadis yang sebaya dengannya. Gadis tersebut adalah Kaori Miyazono, seorang pemain biola yang bersifat ceria dan penuh semangat serta memiliki gaya bermain musik yang bebas dan berekspresif, berbeda dengan gaya bermain Kousei yang kaku dan terstruktur. Setelah Kaori mengikuti suatu kompetisi, ia mengajak Kousei untuk menjadi pengiring pianonya, walau ia harus menghadapi trauma yang ia derita. Lama-kelamaan, Kaori menuntun Kousei kembali ke dunia musik dan menunjukkan bahwa memainkan musik adalah sebuah hal yang perlu diresapi menggunakan perasaan dan imajinasi. Kousei secara perlahan menemukan makna baru dalam memainkan musik. Ia pun menaruh perasaan suka kepada Kaori, walaupun kelihatannya Kaori menyukai Watari.

Saat suatu pertunjukan, Kaori terjatuh dan dirawat di rumah sakit. Setelah beberapa hari, ia meminta Kousei untuk berduet dengannya; namun, Kaori tidak dapat datang karena kesehatannya memburuk. Kousei kemudian bermain duet dengan Nagi Aiza, dengan harapan untuk memotivasi Kaori yang sedang melakukan operasi. Saat sedang tampil pada sebuah kompetisi finalis, Kousei melihat roh Kaori yang menemaninya. Ia pun sadar bahwa Kaori telah meninggal dunia saat proses operasi.

Saat pemakaman Kaori, Kousei menerima sebuah surat dari orang tua Kaori. Surat tersebut berisi tulisan Kaori yang menjelaskan bahwa saat masih kecil, ia terpesona dengan permainan Kousei. Ia juga menuliskan berbagai hal yang ia lakukan untuk menjadi lebih dekat dengan Kousei. Ia berbohong terhadap perasaan yang ia berikan kepada Watari, agar tidak menyakiti Tsubaki yang menyukai Kousei. Kaori juga sadar kalau ia akan meninggal, karena itu, ia menjadi lebih ceria dan berjiwa bebas dalam hidupnya, agar tidak membawa penyesalannya ke Surga. Setelah mengetahui apa yang terjadi, Tsubaki menenangkan Kousei dan berjanji untuk berada pada sisinya seumur hidupnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kousei Arima (有馬 公生, Arima Kousei)
Pengisi suara: Natsuki Hanae[1] pertunjukan piano oleh: Tomoki Sakata[2]
Diperankan oleh: Kento Yamazaki[3] (film laga hidup); Shintarō Anzai[4] (pementasan drama)
Kousei adalah seorang remaja SMP berusia 14 tahun. Pada awalnya, dia adalah seorang anak yang berbakat dalam piano, sehingga sering disebut sebagai "manusia metronom" atau "boneka ibunya" karena ia bermain dengan tingkat kedisiplinan dan ketelitian yang tinggi hasil dari bimbingan keras sang ibunya. Dengan kemampuannya, Kousei telah banyak memenangkan kompetisi di Jepang dan menjadi favorit para juri, meskipun ia sering diejek oleh saingannya karena selalu menang di setiap kompetisi yang ia ikuti. Kousei kehilangan kemampuan untuk mendengar suara piano setelah ibunya meninggal di saat ia berusia 11 tahun dan memilih untuk berhenti memainkannya hingga dua tahun kemudian, dimana pertemuannya dengan Kaori mulai membuat Kousei kembali memainkan pianonya. Tak lama ia pun menaruh perasaan suka kepada Kaori.
Kaori Miyazono (宮園 かをり, Miyazono Kawori)
Pengisi suara: Risa Taneda,[1] pertunjukan biola oleh: Yūna Shinohara[2]
Diperankan oleh: Suzu Hirose[3] (film laga hidup); Arisa Matsunaga[4] (pementasan drama)
Kaori adalah teman sekelas Tsubaki yang memiliki sifat ceria dan semangat yang tinggi. Ia adalah seorang pemain biola yang mendapat banyak kritik dari para juri karena selalu melanggar aturan yang terdapat pada teks partitur serta memainkan biolanya semaunya, namun dengan alasan yang sama permainannya menjadi favorit para penonton. Kaori bertemu Kousei saat dia meminta Tsubaki untuk mengenalkannya kepada Watari. Kaori pada dasarnya ingin menarik Kousei agar kembali memainkan piano. Ia memulai perjuangannya dengan cara menjadikan Kousei sebagai pendamping pianonya di kompetisi biola yang ia ikuti. Nantinya, Kaori melakukan proses operasi dan meninggal dunia.
Tsubaki Sawabe (澤部 椿, Sawabe Tsubaki)
Pengisi suara: Ayane Sakura[1]
Diperankan oleh: Anna Ishii[3] (film laga hidup); Misato Kawauchi[4] (pementasan drama)
Tsubaki adalah teman masa kecil sekaligus tetangga sebelah rumah Kousei yang menganggap Kousei sebagai saudara sendiri. Dia dikenal atletis karena menjadi anggota klub softball di sekolahnya. Dia sering kecewa dengan ketidakmampuan Kousei untuk kembali bangkit dari keterpurukannya setelah kematian ibunya. Dia selalu berharap agar Kousei mau kembali bermain piano agar masa depannya kembali cerah. Meskipun selalu menganggap Kousei sebagai saudaranya sendiri, lama-lama Tsubaki memiliki perasaan suka kepada Kousei.
Ryōta Watari (渡 亮太, Watari Ryōta)
Pengisi suara: Ryōta Ōsaka[1]
Diperankan oleh: Taishi Nakagawa[3] (film laga hidup); Masanari Wada[4] (pementasan drama)
Watari adalah teman masa kecil Kousei dan Tsubaki yang juga merupakan kapten tim sepak bola di sekolahnya Watari menyukai Kaori yang pada awalnya minta dikenalkan oleh Tsubaki dan kerap kali menunjukkan kedekatan di saat keduanya bersama, yang menyebabkan Kousei merasa cemburu dan tertinggal. Meskipun begitu, ia menyadari perasaan Kousei terhadap Kaori dan tidak segan mendukung Kousei menunjukkan perasaannya.
Takeshi Aiza (相座 武士, Aiza Takeshi)
Pengisi suara: Yūki Kaji[1]
Diperankan oleh: Shōjirō Yokoi[4] (pementasan drama)
Takeshi adalah pianis yang sebaya dengan Kousei yang bertekad untuk melampaui kemampuan Kousei semenjak menyaksikan Kousei bermain piano dalam sebuah pertunjukan dengan sempurna sewaktu kecil. Tekadnya membuat dirinya membatalkan kompetisinya di Jerman setelah mengetahui bahwa Kousei kembali mengikuti kompetisi piano berkat dukungan Kaori setelah berhenti selama dua tahun.
Emi Igawa (井川 絵見, Igawa Emi)
Pengisi suara: Saori Hayami[1]
Diperankan oleh: Haruka Yamashita[4] (pementasan drama)
Emi juga seorang pianis yang sebaya dengan Kousei. Dia memutuskan menjadi seorang pianis setelah pertama kali mendengar permainan Kousei pada usia 5 tahun. Sewaktu Emi menonton, dia merasa tersentuh oleh permainannya. Emi memiliki gaya bermain piano yang emosional, dan performanya dalam bermain piano dipengaruhi oleh perasaan hatinya.
Saki Arima (有馬 早希, Arima Saki)
Pengisi suara: Mamiko Noto[5]
Diperankan oleh: Rei Dan[6] (film laga hidup); Ryōko Tanaka[4] (pementasan drama)
Saki adalah ibu dari Kousei yang memaksanya agar bermain piano secara sempurna mengikuti teks partitur; karenanya dia sering memukul Kousei, bahkan dalam kesalahan kecil sekalipun. Pada awalnya, dia sendiri tidak berencana untuk menjadikan Kousei sebagai seorang pianis, namun setelah ia menemukan bakat Kousei dalam memainkan piano serta sadar akan penyakit yang ia derita, ia menjadi keras kepadanya. Perilaku kerasnya didasarkan dengan harapan agar ia menjadi seorang pianis sukses kelak pada saat dewasa. Dia akhirnya meninggal sebelum kualifikasi Kousei untuk kompetisi musik di Eropa, sehingga trauma yang diakibatkan oleh kematiannya serta kenangan-kenangan buruk pada saat ia bersikap keras kepada Kousei justru membuat Kousei berhenti bermain piano selama dua tahun.
Hiroko Seto (瀬戸 紘子, Seto Hiroko)
Pengisi suara: Mie Sonozaki[5]
Diperankan oleh: Yuka Itaya[6] (film laga hidup); Kuniko Kodama[4] (pementasan drama)
Hiroko adalah seorang pianis terkenal sekaligus teman Saki selama bersekolah. Dialah yang pertama kali menemukan bakat Kousei dan menyarankan Saki untuk menjadikannya sebagai pianis. Ia merasa bersalah terhadap kejadian-kejadian dan perlakuan buruk yang menimpa Kousei ketika dibimbing oleh ibunya. Agar tidak menyebabkan memori buruk Kousei terulang kembali, ia memilih untuk menjauhkan diri darinya setelah kematian Saki. Ketika mengetahui bahwa Kousei kembali memainkan pianonya, ia berusaha menebus perasaan bersalahnya dengan menjadi instruktur sekaligus wali bagi Kousei.
Koharu Seto (瀬戸 小春, Seto Koharu)
Pengisi suara: Inori Minase[5]
Koharu adalah anak dari Hiroko yang masih berusia 5 tahun. Meskipun pada awalnya kurang akrab dengan Kousei, ia menjadi dekat dengannya karena ia menyukai permainan piano Kousei. Koharu selalu berada dekat dengan ibunya serta dikagumi oleh Kousei dan ibunya.
Nagi Aiza (相座 凪, Aiza Nagi)
Pengisi suara: Ai Kayano[5]
Nagi adalah adik dari Takeshi. Pada awalnya, ia berpura-pura meminta bimbingan piano kepada Hiroko dengan tujuan untuk mengintai lawan utama dari kakaknya, Takeshi, yaitu Kousei. Namun, Hiroko justru menjadikannya sebagai murid dari Kousei untuk memperluas pengalaman piano Kousei sendiri. Setelah beberapa saat berada di bawah bimbingan Kousei yang berujung pada penampilan duet piano bersamanya, ia justru merasa kagum terhadap Kousei.
Saitō (斎藤, Saitō)
Pengisi suara: Kazuyuki Okitsu[5]
Saitō adalah pemain baseball kelas 1 SMA dan juga seseorang yang dikagumi oleh Tsubaki sebagai kakak kelasnya di klub semasa SMP. Dia menyatakan perasaannya kepada Tsubaki dan sempat berpacaran selama beberapa saat, namun mereka putus setelah ia menyadari bahwa perasaan Tsubaki yang sebenarnya hanya tertuju kepada Kousei, dengan berbohong kepada Tsubaki bahwa ia telah menemukan gadis lain yang ia sukai.
Nao Kashiwagi (柏木 奈緒, Kashiwagi Nao)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami[5]
Diperankan oleh: Haruka Igarashi[4] (pementasan drama)
Kashiwagi adalah teman baik Tsubaki yang sering memberikan saran dalam hubungannya dengan Kousei. Kashiwagi berhasil mengalahkan sifat keras kepala Tsubaki dan menyuruhnya untuk mengakui perasaan hati sesungguhnya kepada Kousei.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ketika Arakawa pertama kali ingin menjadi pengarang manga, ia membuat komik one-shot. Ia kemudian membuat Sayonara, Football, yang merupakan manga bertema sepak bola.[7] Setelah membuat manga bertema olahraga, ia ingin membuat manga yang bertema lain.[8] Untuk mendapatkan ide yang baru, ia kembali membuat komik one-shot.[7] Ia kemudian mencoba untuk membuat manga bertema musik.[8] Pada sebuah wawancara di Anime Expo 2016, Arakawa mengatakan bahwa ia mendapatkan ide untuk membuat manga Your Lie in April dari sebuah acara televisi yang menunjukkan seorang wanita memainkan biola. Ia memutuskan untuk membuat manga bertema musik klasik karena saat itu manga Beck (manga bertema musik rock) sedang diterbitkan di Monthly Shōnen Magazine. Arakawa mengatakan kalau ia tidak ingin membuat manga dengan tema yang sama.[8] Saat itu, terdapat juga serial manga yang berjudul Nodame Cantabile yang bertema musik klasik. Serial tersebut lebih terfokus kepada musik orkestra dibandingkan pemainan musik solo. Ia pun membuat manga yang lebih berlandaskan pada permainan solo.[9] Arakawa mewawancarai beberapa musisi untuk membantunya menjelaskan penggambaran musik klasik.[7] Ia juga melakukan penelitiannya sendiri serta meminta editornya yang mempunyai pengalaman bermain biola, untuk membantunya.[9]

Pada awalnya Arakawa ingin membuat pemain biola laki-laki dan perempuan, namun ia merasa menggambar adegan dengan dua pemain biola sulit untuk digambar, sehingga ia membuat satu pemain biola dan satu pemain piano.[7] Setelah perilisan volume ketiga manga Your Lie in April, ia menerima tawaran untuk mengembangkannya menjadi sebuah serial anime. Awalnya Arakawa merasa ragu-ragu dengan ending dari manga yang ia buat, namun, sutradara dari anime tersebut menyukai endingnya, sehingga Arakawa tidak menggantinya.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Lokasi asli dari serial anime
Salah satu lokasi asli yang dapat terlihat pada intro pertama serial anime.

Saat penerbitan manga volume ketiga, produser Aniplex Shunsuke Saitō mengirimkan penawaran ke Kensuke Tateishi dari Kodansha untuk membuat sebuah adaptasi anime dari serial manga tersebut. Pada awalnya, adaptasi anime tersebut hanya akan mempunyai 11 episode, namun, Tateishi menolak karena saat itu serial manganya hanya mempunyai tiga volume dan adaptasi tersebut tidak mencakup seluruh cerita manga. Setelah terjadi perubahan produksi, adaptasi anime tersebut dikembangkan menjadi 22 episode.[10]

Saitō memberikan peran sutradara kepada Kyōhei Ishiguro yang telah bekerja sama dengannya pada pembuatan episode ketujuh Wandering Son. Ia juga memilih Masaru Yokoyama sebagai pengarah suara karena ia memiliki banyak pengetahuan tentang musik klasik.[11]

Lokasi dan bangunan di serial anime ini diambil dari berbagai tempat yang terdapat di dunia nyata, yaitu di Nerima, Tokyo.[12] Beberapa lokasi di sepanjang jalur kereta api Seibu di Nerima menjadi salah satu tempat yang menginspirasi lokasi yang terdapat pada serial anime tersebut. Ishiguro memilih lokasi-lokasi tersebut karena ia merasa tempat-tempat tersebut memiliki kesan yang baik terhadap anime.[11]

Musik[sunting | sunting sumber]

Saat produksi pembuatan serial anime, sutradara serial Ishiguro memilih musisi yang belum pernah mempunyai pengalaman sebagai komposer lagu anime. Ia memilih band Goose House dan band pop wacci untuk membuat lagu tema pembuka dan penutup serial ini.[13] Untuk pembuka kedua, ia ingin sebuah lagu yang mempunyai "melodi yang berwarna". Ia kemudian meminta pop duo Coalamode untuk membuat lagu tema pembuka kedua.[14] Musik original dalam serial ini di komposisi oleh Masaru Yokoyama.[1]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Your Lie in April ditulis dan digambar oleh Naoshi Arakawa, dan mulai diserialkan pada 6 April 2011 dalam Monthly Shōnen Magazine milik Kodansha. Jilid pertama diterbitkan oleh Kodansha pada 16 September 2011,[15] dan jilid terakhir dicetak dalam dua edisi, edisi biasa dan edisi terbatas yang menyertakan sebuah video animasi asli (OVA) pada 15 Mei 2015.[16][17] Serial ini juga diterbitkan di Indonesia melalui penerbit M&C! dan jilid pertamamya diterbitkan pada 19 Agustus 2015.[18]

Sebuah manga sampingan (spin-off) berjudul Your Lie in April: Coda dipaketkan bersama dengan rilisan kepingan Blu-ray dari animenya. Versi jilidnya diterbitkan pada 17 Agustus 2016.[19] Sebuah novel ringan berjudul Your Lie in April: A Six Person Etude dirilis pada 17 November 2014.[20]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis Bahasa JepangISBN Bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa Bahasa IndonesiaISBN versi bahasa Bahasa Indonesia
1 16 September 2011[15]ISBN 978-4-06-371301-519 Agustus 2015[21]ISBN 978-6-02-339421-0
  1. "Monotone" (モノトーン, Monotōn)
  2. "Violinist's Love" (ヴァイオリニストの愛, Vaiorinisuto no Ai)
  3. "Black Cat" (黒猫, Kuroneko)
  4. "Colorful" (カラフル, Karafuru)
2 17 Januari 2012[22]ISBN 978-4-06-371317-69 September 2015[23]ISBN 978-6-02-339482-1
  1. "The Dark Sea" (暗い海, Kurai Umi)
  2. "Back View" (後ろ姿, Ushirosugata)
  3. "Cloudy Sky" (曇天模様, Donten Moyō)
  4. "Water's Surface" (水面, Minamo)
3 17 Mei 2012[24]ISBN 978-4-06-371327-521 Oktober 2015[25]ISBN 978-6-02-339544-6
  1. "Radio Cassette and the Moon" (ラジカセと月, Rajikase to Tsuki)
  2. "On The Way Home" (帰り道, Kaerimichi)
  3. "Shadow Whispers" (カゲささやく, Kage Sasayaku)
  4. "Mirage" (蜃気楼, Shinkirō)
4 14 September 2012[26]ISBN 978-4-06-371345-918 November 2015[27]ISBN 978-602-339-598-9
  1. "Surge" (うねる, Uneru)
  2. "Red and Yellow" (赤と黄色, Aka to Kiiro)
  3. "Resonance" (共鳴, Kyōmei)
  4. "Mom, Listen to Me" (ねえ、ママきいてよ, Nē, Mama Kī Te Yo)
5 17 Januari 2013[28]ISBN 978-4-06-371359-627 Januari 2016[29]ISBN 978-6-02-339709-9
  1. "The Fall" (墜ちる, Ochiru)
  2. "The Scenery I Shared With You" (君といた景色, Kimi Toita Keshiki)
  3. "The Road along the Tracks" (線路沿いの道, Senro-zoi no Michi)
  4. "Under the Bridge" (橋の下, Hashi no Shita)
6 17 Mei 2013[30]ISBN 978-4-06-371375-625 Juli 2016[31]ISBN 978-602-428-010-9
  1. "Candy Apple" (りんご飴, Ringo Ame)
  2. "Twinkle, Twinkle, Little Star" (トゥインクルリトルスタ, Tuinkuru Ritoru Sta)
  3. "Stimulation" (つき動かす, Tsuki Ugokasu)
  4. "Shining Light" (射す光, Sasu Hikari)
7 17 September 2013[32]ISBN 978-4-06-371387-931 Agustus 2016[33]ISBN 978-602-428-074-1
  1. "Connection" (つながる, Tsunagaru)
  2. "A Chain" (連鎖, Rensa)
  3. "Superimposed Outlines" (車なる輪郭, Kurumanaru Rinkaku)
  4. "Footprints" (足跡, Ashiato)
8 17 Januari 2014[34]ISBN 978-4-06-371405-026 September 2016[35]ISBN 978-602-428-119-9
  1. "Liar" (うそつき, Usotsuki)
  2. "Intruder" (闖入者, Chinyūsha)
  3. "You'll Do" (君でいいや, Kimi de ī ya)
  4. "Two of a Kind" (似た者同士, Nitamono Dōshi)
9 16 Mei 2014[36]ISBN 978-4-06-371418-026 Oktober 2016[37]ISBN 978-602-428-149-6
  1. "Twilight" (トワイライト, Towairaito)
  2. "Staring into the Abyss (深淵をのぞく者, Shin'en o Nozoku Mono)
  3. "To Overlap" (心重ねる, Kokoro Kasaneru)
  4. Punch (パンチ)
10 17 Oktober 2014[38]ISBN 978-4-06-371435-723 November 2016[39]ISBN 978-602-428-163-2
  1. "Promise" (約束, Yakusoku)
  2. "Goodbye, My hero" (さよならヒーロー, Sayonara Hīrō)
  3. "Hiding from the Rain" (雨やどり, Amayadori)
  4. "Hand in Hand" (手と手, Te to Te)
11 15 Mei 2015[16]ISBN 978-4-06-371467-8
ISBN 978-4-06-358752-4[17] (edisi terbatas)
21 Desember 2016[40]ISBN 978-602-428-192-2
  1. "Snow" (, Yuki)
  2. "Again" (アゲイン, Agein)
  3. "Ballad" (バラード, Barādo)
  4. "Spring Breeze" (春風, Harukaze)

Anime[sunting | sunting sumber]

Studio produksi A-1 Pictures menyiarkan versi anime Your Lie in April di stasiun televisi FujiTV pada blok Noitamina.[41] Serial ini tayang dari tanggal 10 Oktober 2014 hingga 20 Maret 2015. Beberapa situs streaming juga menyiarkan serial anime ini, seperti Crunchyroll, Aniplex of America, dan Hulu.[42] Lagu tema pembuka pertama adalah "Hikaru Nara" (光るなら, Jika Kau Akan Bersinar) oleh Goose House dan yang kedua adalah "Nanairo Symphony" (七色シンフォニー, Simfoni Tujuh Warna) oleh Coalamode.[43][44] Lagu tema penutup pertama adalah "Kirameki" (キラメキ, Kilauan Cahaya) oleh wacci dan yang kedua adalah "Orange" (オレンジ) oleh 7!!.[44] Serial ini disutradarai oleh Kyohei Ishiguro dan ditulis oleh Takao Yoshioka. Karakter-karakternya didesain oleh Yukiko Aikei dan lagu serial orisinalnya diciptakan oleh Masaru Yokoyama.[1] Sebuah OVA berjudul Moments dirilis pada 15 Mei 2021. OVA tersebut dibundel dengan volume manga kesebelas edisi terbatas.[45]

Film laga hidup[sunting | sunting sumber]

Pada 24 Agustus 2015, domain 'kimiuso-movie.jp' didaftarkan oleh Toho, perusahaan produksi dan distribusi film asal Jepang, yang memberitakan mengenai adanya proses pembuatan sebuah film adaptasi dari anime Your Lie in April.[46] Pembuatan film adaptasi ini dikonfirmasi pada September 2015 dengan diumumkannya para pemeran untuk film adaptasi live-action atas serial ini: Kento Yamazaki Sebagai Kousei Arima, Suzu Hirose sebagai Kaori Miyazono, Anna Ishii sebagai Tsubaki Sawabe, dan Taishi Nakagawa sebagai Ryōta Watari.[3] Di dalam cerita aslinya dikisahkan bahwa para karakter berada di jenjang SMP kelas 3, tetapi di dalam film ini diceritakan saat mereka sudah berada di jenjang SMA kelas 2.[3] Naskah film adaptasi ini ditulis oleh Yukari Tatsui (penulis naskah film adaptasi Strawberry Night) dan disutradarai oleh Takehiro Shinjo (sutradara film adaptasi Paradise Kiss). Film adaptasi Your Lie in April ini dirilis di Jepang pada 10 September 2016.[47]


Pementasan drama[sunting | sunting sumber]

Pementasan drama serial ini dimainkan di dua lokasi, pertama di Tokyo (AiiA Theater Tokyo) dari 24 Agustus hingga 3 September 2017 dan kedua di Osaka (Umeda Arts Theater) dari 7 September hingga 10 September 2017.[4] Drama ini ditulis oleh Kaori Miura dan disutradarai oleh Naohiro Ise. Pemeran utama dari pementasan ini termasuk Shintarō Anzai sebagai Kousei Arima, Arisa Matsunaga sebagai Kaori Miyazono, Misato Kawauchi sebagai Tsubaki Sawabe, dan Masanari Wada sebagai Ryōta Watari.[4]

Toho dan FujiTV mengumumkan akan mementaskan teater musikal pada Juli 2020, namun acara tersebut ditunda karena pandemi COVID-19.[48] Pada bulan Juli 2021, website resmi teater musikal Your Lie in April menyatakan bahwa acara tersebut akan dipentaskan pada bulan Mei 2022.[49][50]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Beberapa kritikus memuji alur cerita Your Lie in April untuk penggambaran hubungan antar tokoh yang realistis.[51][52] Rebecca Silverman dari Anime News Network mengatakan bahwa Arakawa kurang peka dan mengerti latar belakang kehidupan Kosei secara emosional.[53] Tokoh-tokohnya juga mendapatkan berbagai tanggapan. Ada yang memuji relasi Kousei dengan Hiroko yang terkembang secara baik.[54] Ada juga yang mengatakan kalau perlakuan Kaori terhadap Kousei kurang baik dan sifat Kaori sulit diinterpretasi.[53]

Serial manga tersebut memenangkan penghargaan "Manga Shōnen Terbaik" dalam Penghargaan Manga Kodansha ke-37.[55] Manga ini juga dinominasikan ke dalam Manga Taishō ke-5.[56]

Pada pertengahan tahun 2015, manga Your Lie in April terjual sebanyak 1.2 juta cetakan.[57]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sama dengan serial manganya, adaptasi anime Your Lie in April juga mendapatkan berbagai tanggapan. Chris Beveridge dari The Fandom Post mengatakan bahwa serial tersebut menggerakkannya.[58] Ada yang mengatakan bahwa animasi dan lagu tema yang dimainkan sangat bagus dan menginspirasi.[59] Karakter-karakter anime tersebut juga mendapatkan pujian, dengan beberapa kritikus mengatakan hubungan mereka cocok dan realistis.[59][60]

Adaptasi anime ini memenangkan penghargaan 2016 Sugoi Japan Awards kategori serial anime TV dari surat kabar Yomiuri Shimbun.[61][62] Selain itu, Your Lie in April juga dinominasikan dalam penghargaan Tokyo Anime Award 2016.[63]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h Nelkin, Sarah (17 Juli 2014). "Shigatsu wa Kimi no Uso TV Anime's 2nd Trailer, TV Ad Preview Voice Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 23 November 2021. 
  2. ^ a b "Tokyo Performance of 'Your Lie in April' Classical Concert a Huge Success with Behind the Scenes Anime Production Stories Too". Tokyo Otaku Mode. 1 Februari 2015. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  3. ^ a b c d e f "Kento Yamazaki, Suzu Hirose to Star in Live-Action Your Lie in April Film". Anime News Network. Diakses tanggal 4 September 2015. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k Ressler, Karen (26 Agustus 2017). "Your Lie in April Stage Play Video Shows Clips From Performance". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  5. ^ a b c d e f "Aniplex of America Announces Your Lie in April English Dub Cast and Product Release Details". Anime News Network. 17 Januari 2016. Diakses tanggal 23 November 2021. 
  6. ^ a b Antonio Pineda, Rafael (29 April 2016). "Your Lie in April Live-Action Film Unveils Visual, Additional Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  7. ^ a b c d Marumoto, Daisuke (25 Januari 2012). "足りないのはLOVEとヤンキー〈『四月は君の嘘』新川直司インタビュー前編〉". Excite News (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Mei 2021. Diakses tanggal 8 Desember 2021. 
  8. ^ a b c d Aoki, Deb (12 Agustus 2016). "Interview: Your Lie in April Mangaka Naoshi Arakawa". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  9. ^ a b Kido, Misaki (8 Agustus 2016). "Report from Anime Expo: An exclusive interview with Naoshi Arakawa". Kodansha USA. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  10. ^ "『四月は君の嘘』連載インタビュー". Website resmi Your Lie in April (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  11. ^ a b "「四月は君の嘘」TVアニメ放映開始直前 特別インタビュー!". Nerima Animation Site (dalam bahasa Jepang). 5 September 2014. Diakses tanggal 9 November 2021. 
  12. ^ Donko, Wilhelm (7 April 2020). "Anime vs. Real Life: The Beautiful Locations of Your lie in April". Crunchyroll. Diakses tanggal 9 November 2021. 
  13. ^ "The boundless potential of anime". Sugoi Japan. Yomiuri Shimbun. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 April 2017. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  14. ^ "歌詞も、音の作り方もカラフル". Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 3 Februari 2015. Diakses tanggal 14 Oktober 2021. 
  15. ^ a b 四月は君の嘘(1) [Your Lie in April (1)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2017. 
  16. ^ a b 四月は君の嘘(11)<完> [Your Lie in April (11) <Final>] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  17. ^ a b DVD付き 四月は君の嘘(11)限定版<完> [DVD Bundle Your Lie in April (11) Limited Edition <Final>] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  18. ^ Kusumanto, Dody (21 Juli 2015). "Persembahan Terbaru m&c! Comics: Your Lie in April". KAORI Nusantara. Diakses tanggal 18 Agustus 2016. 
  19. ^ "四月は君の嘘Coda" [Your Lie in April Coda]. Kodansha. Diakses tanggal 29 Juli 2016. 
  20. ^ "Shōsetsu Shigatsu wa Kimi no Uso - 6-nin no Etude" 小説 四月は君の嘘 6人のエチュード. Kodansha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Maret 2016. Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  21. ^ "Your Lie in April 01". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  22. ^ 四月は君の嘘(2) [Your Lie in April (2)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2017. 
  23. ^ "Your Lie in April 02". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  24. ^ 四月は君の嘘(3) [Your Lie in April (3)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2017. 
  25. ^ "Your Lie in April 03". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  26. ^ 四月は君の嘘(4) [Your Lie in April (4)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  27. ^ "Your Lie in April 04". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  28. ^ 四月は君の嘘(5) [Your Lie in April (5)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  29. ^ "Your Lie in April 05". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  30. ^ 四月は君の嘘(6) [Your Lie in April (6)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  31. ^ "Your Lie in April 06". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  32. ^ 四月は君の嘘(7) [Your Lie in April (7)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  33. ^ "Your Lie in April 07". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  34. ^ 四月は君の嘘(8) [Your Lie in April (8)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  35. ^ "Your Lie in April 08". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  36. ^ 四月は君の嘘(9) [Your Lie in April (9)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  37. ^ "Your Lie in April 09". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  38. ^ 四月は君の嘘(10) [Your Lie in April (10)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 27 Januari 2016. 
  39. ^ "Your Lie in April 10". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  40. ^ "Your Lie in April 11 - tamat". M&C!. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  41. ^ Loo, Egan (22 Maret 2014). "Shigatsu wa Kimi no Uso Manga Gets Noitamina Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 11 Oktober 2021. 
  42. ^ Loo, Egan (14 September 2014). "Aniplex, Crunchyroll, Hulu to Stream Shigatsu wa Kimi no Uso Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  43. ^ Ressler, Karen (15 Agustus 2014). "Goose House to Perform Opening, Cover Songs for Shigatsu wa Kimi no Uso Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  44. ^ a b Nelkin, Sarah (27 November 2014). "Coala Mode, 7!! Perform Theme Songs For Your Lie in April Anime's 2nd Half". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  45. ^ Loo, Egan (22 Oktober 2014). "April is Your Lie Manga to Bundle Original Anime DVD". Anime News Network. Diakses tanggal 12 Oktober 2021. 
  46. ^ "Domain 'kimiuso-movie.jp' Registered Under Toho's Name". Anime News Network. Diakses tanggal 4 September 2015. 
  47. ^ "Live-Action Your Lie in April Film Opens in September". Anime News Network. Diakses tanggal 29 Januari 2016. 
  48. ^ Antonio Pineda, Rafael (10 Oktober 2019). "Your Lie in April Manga Gets Stage Musical With Broadway Team in July 2020". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  49. ^ Antonio Pineda, Rafael (21 Juli 2021). "Your Lie in April Stage Musical Runs Next May After COVID-19 Delay". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  50. ^ "A New Musical - Your Lie In April". Toho Stage. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  51. ^ Dacey, Katherine (3 Juli 2015). "The Manga Revue: A Silent Voice and Your Lie in April". Manga Blog. Diakses tanggal 8 Desember 2021. 
  52. ^ Eries, Sakura (15 Mei 2015). "Your Lie In April Vol. #01 Manga Review". The Fandom Post. Diakses tanggal 8 Desember 2021. 
  53. ^ a b Silverman, Rebecca (27 September 2015). "Your Lie in April GN 1 - Review - Anime News Network". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Desember 2021. 
  54. ^ Peralta, Gabe (14 November 2016). "Your Lie in April Vol. #06 Manga Review". The Fandom Post. Diakses tanggal 8 Desember 2021. 
  55. ^ Ressler, Karen (9 Mei 2013). "Animal Land, Ore Monogatari!! Win 37th Kodansha Manga Awards". Anime News Network. Diakses tanggal 9 September 2013. 
  56. ^ Loo, Egan (23 Maret 2012). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Wins 5th Manga Taisho Award". Anime News Network. Diakses tanggal 9 September 2013. 
  57. ^ Loo, Egan (1 Juni 2021). "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2015 (First Half)". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Desember 2021. 
  58. ^ Beveridge, Chris (21 Maret 2016). "Your Lie in April Collection 1 Blu-ray Anime Review". The Fandom Post. Diakses tanggal 19 Desember 2021. 
  59. ^ a b Demelza (7 November 2016). "Your Lie in April Part 1 Review". Anime UK News. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  60. ^ Homer, Chris (25 November 2016). "Your Lie in April Part 1 Collector's Edition UK Blu-ray Anime Review". The Fandom Post. Diakses tanggal 21 Desember 2021. 
  61. ^ Loveridge, Lynzee (23 Maret 2016). "Your Lie in April, One-Punch Man Top Sugoi Japan Awards 2016 Results". Anime News Network. Diakses tanggal 24 Maret 2016. 
  62. ^ "アニメ部門TOP5". Sugoi Japan (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 April 2016. Diakses tanggal 24 Maret 2016. 
  63. ^ Loo, Egan (25 Februari 2016). "Tokyo Anime Award Festival 2016 'Animation of the Year' Nominees Announced". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]