Legenda Naga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Legenda Naga
Ryūrōdenvol1.jpg
Gambar sampul manga volume pertama
龍狼伝
(Ryūrōden)
GenreSejarah, fantasi, petualangan
Manga
PengarangYoshito Yamahara
PenerbitKodansha
DemografiShōnen
MajalahMonthly Shōnen Magazine
Terbit19932007
Volume37
Manga
Ryūrōden: Chugen Ryōran-hen
PengarangYoshito Yamahara
PenerbitKodansha
DemografiShōnen
MajalahMonthly Shōnen Magazine
Terbit20072016
Volume17
Manga
Ryūrōden: Ouha Rikkoku-hen
PengarangYoshito Yamahara
PenerbitKodansha
DemografiShōnen
MajalahMonthly Shōnen Magazine
Terbit2016 – sekarang
Volume3
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Ryūrōden (龍狼伝, terj. har. "Legenda Naga dan Serigala"), atau diterjemahkan menjadi Legenda Putra Naga, dan telah diterbitkan di Indonesia dengan judul Legenda Naga, adalah sebuah manga shōnen sejarah bergenre fantasi karya Yoshito Yamahara. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Monthly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak tahun 1993 hingga 2007 dan telah dibundel menjadi 37 volume tankōbon; pada tahun 2005 manga ini dicetak ulang dalam bentuk 10 volume bunkoban. Pada tahun 1997, manga ini memenangkan Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori manga shōnen.[1] Manga ini kemudian dilanjutkan dengan seri sekuelnya, Ryūrōden: Chugen Ryōran-hen (龍狼伝 中原繚乱編), yang dimuat dalam majalah Monthly Shōnen Magazine sejak tahun 2007 hingga 2016 dan dibundel menjadi 17 volume, dan kemudian dilanjutkan oleh Ryūrōden: Ouha Rikkoku-hen (龍狼伝 王霸立国編) dari tahun 2016 hingga sekarang dan telah dibundel menjadi 3 volume.

Di luar Jepang, kedua serinya telah dilisensi di Taiwan oleh Tong Li,[2] di Indonesia oleh Elex Media Komputindo, dan di Korea Selatan oleh Final.

Ryūrōden mengisahkan tentang dua remaja Jepang bernama Shiro dan Masumi yang dilahap oleh seekor naga yang sedang terbang menuju ke Tiongkok, saat mereka sedang mengikuti perjalanan sekolah menengah pertama. Mereka menyadari bahwa mereka terdampar di Tiongkok pada tahun 207 selama zaman terdahulu dari periode Tiga Negara, pada masa awal kampanye militer yang berujung pada Pertempuran Chibi. Setelah mereka mempelajari cara bertahan hidup, melalui pengetahuan Shiro tentang novel sejarah Kisah Tiga Negara (begitu pula dengan bakat seni bela dirinya yang mulai tumbuh), mereka dikenal sebagai "Pemimpin Naga" dan "Putri Naga," dan bekerja untuk Liu Bei dan Cao Cao.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dua siswa SMP, Shiro dan Masumi dibawa naga pada saat hendak berdarmawisata ke Tiongkok. Saat pesawat yang mereka tumpangi dilewati oleh dewa naga, keduanya terbawa ke Zaman Tiga Kerajaan. Di sana mereka dianggap sebagai "anak naga". Shiro membawa titel "guru naga" dan Masumi "putri naga". Cerita kemudian menjelaskan bahwa dewa naga memilih kedua anak ini untuk melakukan sesuatu pada zaman itu.

Disadur sebagai cerita fiksi dari sejarah terkenal dari Tiongkok yaitu sejarah roman klasik "Sam Kok" dan cerita tentang 5 jendral harimau dan juga penerapan strategi perang zaman dulu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hahn, Joel. "Kodansha Manga Awards". Comic Book Awards Almanac. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Agustus 2007. Diakses tanggal 21 August 2007. 
  2. ^ "龍狼傳 1". Tong Li. Diakses tanggal 13 Mei 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]