Tankōbon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tankōbon (単行本?) (ejaan Kunrei-shiki: Tankoubon) adalah istilah bahasa Jepang untuk menyebut terbitan dalam bentuk monograf (buku yang tamat atau lengkap dalam satu jilid), dan bukan terbitan berseri atau majalah, bukan seri, serta bukan zenshū (kumpulan seluruh karya dari seorang pengarang atau pembahasan menyeluruh tentang sebuah topik dalam sejumlah jilid atau volume).[1] Selain itu, bila pada sampul ditulis judul seri seperti Shinchō bunko atau Shinchō shinsho, maka terbitan tersebut tidak disebut tankōbon tanpa memandang ukuran fisik.[2]

Istilah tankōbon juga digunakan untuk menyebut satu jilid kumpulan karya (termasuk koleksi manga) yang pernah diterbitkan sebelumnya dalam majalah atau surat kabar. Sebagian besar tankōbon dijilid dengan sampul keras sehingga tahan lama disimpan.

Perbedaan dengan bunkobon[sunting | sunting sumber]

Selain tankōbon, di Jepang dikenal buku saku berseri yang disebut bunkobon (文庫本?) atau bunko. Satu seri bunkobon dari satu penerbit memiliki desain jaket dan ukuran fisik yang sama.

Bunkobon sering digunakan untuk menerbitkan karya yang sebelumnya sudah diterbitkan dalam bentuk tankōbon. Karya baru yang sudah diterbitkan dalam bentuk tankōbon perlu waktu beberapa lama (1 hingga 3 tahun) sebelum diterbitkan dalam bentuk bunkobon.[3] Bila tidak ingin segera membaca karya yang baru diterbitkan, pembaca bisa menunggu hingga terbitnya edisi bunkobon.

Bunkobon umumnya berukuran tinggi 14-16 cm dan lebar 10-11 cm (ukuran kertas A6) sehingga mudah dibawa-bawa. Kertas yang digunakan adalah bukan kertas kualitas terbaik, dijilid dengan sampul lunak, dan harganya terjangkau.

Baik Tankōbon maupun bunkobon bisa digunakan untuk melakukan kakioroshi (penerbitan karya orisinal atau karya baru yang belum pernah diterbitkan sebelumnya dalam majalah atau surat kabar). Walaupun demikian, tankōbon merupakan format yang sering dipilih penulis atau pencipta sewaktu menerbitkan karya baru yang belum pernah diterbitkan. Karya yang sudah diterbitkan dalam bentuk tankōbon sering diterbitkan kembali dalam bentuk bunkobon, walaupun tidak selalu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kenbō, Hidetoshi ed.; Kyōsuke Kindaichi, Haruhiko Kindaichi (1982). Sanseidō Kokugo Jiten. Sanseidō. ISBN 4-385-13187-2. 
  2. ^ "Tankōbontte nandesuka". Funky Tsushin. Diakses 20 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  3. ^ "Tankōbon-Bunkobon no chigai to wa". Pluto. Diakses 20 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)