Seven Deadly Sins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seven Deadly Sins
Nanatsu no Taizai Volume 1.png
Gambar sampul manga volume pertama
七つの大罪
(Nanatsu no Taizai)
GenrePetualangan, fantasi[1]
Manga
PengarangNakaba Suzuki
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahWeekly Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit10 Oktober 201225 Maret 2020
Volume41 (Daftar volume)
Manga
Mayoe! Seven Deadly Sins Academy!
PengarangJuichi Yamaki
PenerbitKodansha
MajalahBessatsu Shōnen Magazine
DemografiShōnen
Terbit9 Agustus 20148 Oktober 2016
Volume4 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraTensai Okamura
SkenarioShōtarō Suga
MusikHiroyuki Sawano
Takafumi Wada
StudioA-1 Pictures
PelisensiNetflix (hak streaming)
Funimation (hak video rumahan)
Saluran
asli
JNN (MBS, TBS)
Saluran bahasa Inggris
Tayang 5 Oktober 2014 29 Maret 2015
Episode24 + 2 OVA (Daftar episode)
Manga
Seven Deadly Sins Production
PengarangChiemi Sakamoto
PenerbitKodansha
MajalahAria
DemografiShōjo
Terbit28 November 201528 Oktober 2017
Volume4 (Daftar volume)
Manga
Seven Deadly Sins: King's Road to Manga
PengarangMasataka Ono
PenerbitKodansha
MajalahMagazine Special
DemografiShōnen
Terbit20 Februari 20161 Februari 2017
Volume3 (Daftar volume)
Seri anime
Seven Deadly Sins: Signs of Holy War
SutradaraTomokazu Tokoro
Skenario
  • Nakaba Suzuki
  • Yuniko Ayana
  • Yuichiro Kido
Musik
  • Hiroyuki Sawano
  • Takafumi Wada
StudioA-1 Pictures
PelisensiNetflix (hak streaming)
Saluran
asli
JNN (MBS, TBS)
Saluran bahasa Inggris
Animax Asia
Tayang 28 Agustus 2016 18 September 2016
Episode4 (Daftar episode)
Manga
Seven Deadly Sins: Seven Days ~The Thief and the Holy Girl~
PengarangYō Kokukuji
PenerbitKodansha
MajalahShōnen Magazine Edge
DemografiShōnen
Terbit17 Januari 201717 Agustus 2017
Volume2 (Daftar volume)
Seri anime
Seven Deadly Sins: Revival of The Commandments
SutradaraTakeshi Furuta
SkenarioTakao Yoshioka
Musik
  • Hiroyuki Sawano
  • Kohta Yamamoto
  • Takafumi Wada
StudioA-1 Pictures
PelisensiNetflix (hak streaming)
Saluran
asli
JNN (MBS, TBS)
Saluran bahasa Inggris
Animax Asia
Tayang 13 Januari 2018 30 Juni 2018
Episode24 (Daftar episode)
Film
Seri anime
Seven Deadly Sins: Wrath of the Gods
SutradaraSusumu Nishizawa
SkenarioRintarō Ikeda
Musik
  • Hiroyuki Sawano
  • Kohta Yamamoto
  • Takafumi Wada
StudioStudio Deen
Saluran
asli
TV Tokyo, BS-TX
Saluran bahasa Inggris
Animax Asia
Tayang 9 Oktober 2019 – sekarang
Episode20 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Nanatsu no Taizai (bahasa Jepang: 七つの大罪), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Seven Deadly Sins, adalah sebuah seri manga shōnen Jepang bergenre fantasi yang ditulis dan diilustrasikan oleh Nakaba Suzuki. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan Oktober 2012 hingga Maret 2020, dan bab-babnya telah dibundel menjadi empat puluh satu volume tankōbon. Manga ini menampilkan latar yang mirip dengan Eropa pada Abad Pertengahan, dan kelompok utamanya merupakan para ksatria yang melambangkan tujuh dosa besar.

Manga ini telah diadaptasi menjadi seri anime sebanyak tiga musim yang diproduksi oleh A-1 Pictures dan Studio Deen. Sebuah film berjudul The Seven Deadly Sins the Movie: Prisoners of the Sky ditayangkan perdana pada tanggal 18 Agustus 2018.

Manga ini telah dilisensi oleh Kodansha USA untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara, sementara bab-bab tunggalnya dirilis secara digital oleh Crunchyroll di lebih dari 170 negara secara serentak ketika dirilis di Jepang. Netflix memperoleh hak streaming eksklusif bahasa Inggris untuk seri anime-nya, sedangkan Funimation saat ini memiliki hak distribusi video rumahannya.

Hingga tahun 2018, Seven Deadly Sins telah terjual sebanyak lebih dari 30 juta kopi dalam sirkulasi. Manga ini memenangkan Penghargaan Manga Kodansha ke-39 untuk kategori shōnen pada tahun 2015.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seven Deadly Sins dahulunya merupakan sebuah kelompok aktif yang terdiri dari para ksatria di wilayah Britannia (ブリタニア, Buritania), yang dibubarkan setelah mereka dituduh akan menggulingkan Kerajaan Liones (リオネス王国, Rionesu Ōkoku). Mereka disebut-sebut dikalahkan di tangan para Holy Knight (Ksatria Suci), namun berbagai rumor terus menyebut bahwa mereka masih hidup. Sepuluh tahun kemudian, para Holy Knight merencanakan kudeta dan menangkap sang raja, dan menjadi para penguasa tiran di kerajaan. Sementara itu, putri ketiga raja Liones yaitu putri Elisabeth tidak sengaja mendengarkan rencana tentang kudeta yang diusung oleh kesatria suci. Raja pun memintanya untuk pergi mencari Nanatsu dan 6 kesatria lainnya untuk menghalangi rencana kudeta tersebut dan mengalahkan musuh kerajaan yang sebenarnya dan memohon bantuan kepada mereka untuk merebut kembali kerajaan dari para Holy Knight.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Meliodas (メリオダス, Meriodasu)
Pengisi suara: Yūki Kaji (Jepang); Bryce Papenbrook (Inggris)
Kapten Nanatsu no Taizai, Dosa amarah dengan simbol seekor Naga melingkar pada lengan kiri bagian atas. Ia berhadapan dengan insiden berat yang mencoreng nama baik Nanatsu no Taizai, termasuk dirinya hingga harus mengasingkan diri. Meliodas pergi berkelana bersama Hawk, rekan seperjalanannya yang merupakan seekor binatang yang mampu berbicara dan berpikir layaknya manusia.
Ia berkelana mengelilingi negeri-negeri dengan mengendarai Ibunda Hawk, yang juga seekor babi, akan tetapi berukuran sangat besar. Meliodas membuat sebuah bar di tubuh bagian atas Sang Induk Babi, bernama The Boar Hat. Pasca perjumpaanya dengan Elizabeth, Elizabeth memutuskan untuk membantu Meliodas mencari keenam anggota Nanatsu no Taizai yang lain dalam misi penyelamatan Kerajaan Liones.
Elizabeth Liones (エリザベス・リオネス, Erisabesu Rionesu)
Pengisi suara: Sora Amamiya (Jepang); Erika Harlacher (Inggris)
Elizabeth adalah Putri ketiga Britannia. Ia berada dalam sebuah misi pencarian Nanatsu no Taizai demi memohon bantuan untuk menyelamatkan Kerajaan Liones yang sedang di ambang kehancuran.
Hawk (ホーク, Hauku)
Pengisi suara: Misaki Kuno (Jepang); Cristina Vee (Inggris)
Hawk adalah seekor babi yang mampu berbicara. Ia adalah rekan seperjalanan Meliodas sekaligus maskot dari Nanatsu no Taizai.
Hawk adalah babi merah muda yang relatif besar, ia memakai sebuah cincin mata pada telinga kirinya. Tubuhnya juga bulat dan kakinya pendek. Ia memiliki tanda unik berupa bintik-bintik hitam berbentuk semanggi berdaun empat di tubuhnya.
Hawk terlihat memiliki kekuatan besar dan kecepatan untuk perawakannya yang kecil, seperti yang ditunjukkan saat ia mampu merobohkan pintu besi penjara yang terkunci dan mengalahkan seorang penjaga penjara demi menyelamatkan Elizabeth. Dia juga sangat berani dan selalu mencoba untuk melindungi teman-temannya.
Ban (バン, Ban)
Pengisi suara: Tatsuhisa Suzuki (Jepang); Ben Diskin (Inggris)
Ban adalah anggota dari Nanatsu no Taizai. Ia pengemban dosa Keserakahan dengan simbol Serigala. Ia dipenjarakan di Baste Dungeon dalam jangka waktu yang cukup lama, sebelum akhirnya direkrut oleh Meliodas.
King (キング, Kingu)
Pengisi suara: Jun Fukuyama (Jepang); Max Mittelman (Inggris)
King adalah anggota dari Nanatsu no Taizai. Ia pengemban dosa Kemalasan dengan simbol Beruang Grizzly. King adalah Raja bangsa peri saat ini.
Hutan Raja Peri sempat musnah dan King harus kehilangan adiknya pasca insiden tersebut. Yang kemudian Hutan Raja Peri hidup kembali berkat bibit yang ditanamkan kembali oleh Ban.
Diane (ディアンヌ, Diannu)
Pengisi suara: Aoi Yūki (Jepang); Erica Mendez (Inggris)
Diane adalah anggota dari Nanatsu no Taizai. Ia pengemban dosa Kedengkian dengan simbol Ular. Dia merupakan Clan Raksasa.
Diane sangat menampakkan sifat iri dan kecemburuannya, selaku dosa Kedengkian. Di awal cerita ia menyukai Meliodas dan tak jarang ia cemburu terhadap kedekatan antara Elizabeth dan Meliodas.
Setelah ingatan Diane kembali yang ternyata semua itu adalah hasil perbuatan King di masa lalu demi kebaikannya. Diane pun kembali merasakan perasaannya yang sesungguhnya, bahwa ia mencintai King.
Gowther (ゴウセル, Gōseru)
Pengisi suara: Yūhei Takagi (Jepang); Erik Scott Kimerer (Inggris)
Dia adalah anggota dari Nanatsu no Taizai. Ia pengemban dosa Nafsu dengan simbol kambing. Gowther di masa lalu merupakan anggota dari Ten Commandments, 10 Ksatria yang memegang perintah langsung dari Raja Iblis. Gowther yang sekarang tergabung dalam kelompok Nanatsu no Taizai adalah sebuah boneka ciptaan Gowther yang asli yang diberi nama Gowther.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Seven Deadly Sins". Funimation. Diakses tanggal 28 Juni 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]