Sword Art Online: Alicization

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sword Art Online: Alicization
SAO Alicization Key Visual.jpg
Poster promosi serial anime "Sword Art Online: Alicization"
ソードアート・オンライン -アリシゼーション-
(Sōdo Āto Onrain -Arishizēshon-)
GenrePetualangan, isekai, fiksi ilmiah
Seri anime
SutradaraManabu Ono
Produser
  • Shōki Niwa
  • Takaaki Yuasa
  • Yōsuke Futami
  • Misato Aoki
  • Kaoru Adachi
  • Ryūtarō Kawakami
MusikYuki Kajiura
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, Tochigi TV, GTV, BS11, MBS, AT-X
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 7 Oktober 2018 30 Maret 2019
Episode24 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Sword Art Online: Alicization (ソードアート・オンライン -アリシゼーション-, Sōdo Āto Onrain -Arishizēshon-) adalah serial anime Jepang tahun 2018 dan musim ke-3 dari serial anime Sword Art Online yang diadaptasi dari seri novel ringan dengan judul yang sama yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh Abec. Ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Manabu Ono. Ini mencakup "Alicization Arc" dan beradaptasi dari volume kesembilan novel, Alicization Beginning, hingga volume keempat belas, Alicization Uniting.

Serial ini ditayangkan pada 7 Oktober 2018,[1] dengan penayangan perdana dunia satu jam di Jepang, Amerika Serikat, Australia, Prancis, Jerman, Rusia, dan Korea Selatan pada 15 September 2018.[2] Bagian kedua dari seri ini, berjudul Sword Art Online: Alicization - War of Underworld, akan tayang perdana pada Oktober 2019.[3]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kazuto Kirigaya (Kirito) kemudian direkrut untuk membantu dalam menguji mesin FullDive eksperimental, Soul Translator (STL), yang memiliki antarmuka yang jauh lebih realistis dan kompleks daripada mesin sebelumnya yang ia mainkan untuk membantu mengembangkan kecerdasan buatan untuk Departemen Pertahanan (MOD) bernama ALICE Dia menguji STL dengan memasuki dunia maya realitas virtual yang dibuat dengan paket The Seed, bernama UnderWorld (UW). Di UW, aliran waktu berlangsung seribu kali lebih cepat daripada di dunia nyata, dan kenangan Kirito tentang apa yang terjadi di dalam dibatasi. Namun, Black melukai Kazuto dengan suxamethonium chloride. MOD memulihkan Kazuto dan menempatkannya kembali ke STL untuk mempertahankan pikirannya sementara upaya dilakukan untuk menyelamatkannya. Sementara itu, terungkap bahwa UnderWorld diciptakan sebagai bagian dari eksperimen untuk menciptakan kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk tujuan militer.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Eugeo
Karakter Pengisi suara Bahasa Jepang Pengisi suara Bahasa Inggris
Kirito / Kazuto Kirigaya Yoshitsugu Matsuoka Bryce Papenbrook
Asuna / Asuna Yuuki Haruka Tomatsu Cherami Leigh
Leafa / Suguha Kirigaya Ayana Taketatsu Cassandra Morris
Silica / Keiko Ayano Rina Hidaka Christine Marie Cabanos
Lisbeth / Rika Shinozaki Ayahi Takagaki Sarah Anne Williams
Sinon / Shino Asada Miyuki Sawashiro Michelle Ruff
Klein / Ryōtarō Tsuboi Hiroaki Hirata Kirk Thornton
Agil / Andrew Gilbert Mills Hiroki Yasumoto Patrick Seitz
Akihiko Kayaba Kōichi Yamadera David W. Collins
Seijirō Kikuoka Toshiyuki Morikawa Matthew Mercer
Takeru Higa Kenji Nojima Brian Beacock
Alice Zuberg (アリス・ツーベルク, Arisu Tsūberuku)
Pengisi suara: Ai Kayano[4] (Jepang); Kayli Mills (Inggris)
Gadis misterius yang adalah "teman masa kecil" Kirito, bersama dengan Eugeo, di Underworld. Dia ditangkap dan diduga dibawa pergi untuk dieksekusi oleh Integrity Knight karena melanggar aturan dengan "memasuki" Wilayah Gelap. Dia menghubungi Kirito, dalam bentuk roh, serta dibantu dalam penyembuhan Eugeo, menunjukkan bahwa dia masih hidup dan mengingat mereka berdua. Dia juga memohon mereka untuk datang mencarinya. Kemudian terungkap, pertama dalam cerita pendek, bahwa dia telah menjadi Integrity Knight. Namanya sebagai Integrity Knight adalah Alice Synthesis Thirty (アリス・シンセシス・サーティ, Arisu Shinseshisu Sāti).
Eugeo (ユージオ, Yūjio)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki[4] (Jepang); Brandon Winckler (Inggris)
Seorang pemuda yang juga "teman masa kecil" Kirito bersama dengan Alice di Underworld. Dia memiliki ingatannya tentang Kirito yang dibersihkan, bersama dengan sisa penduduk desa, tetapi memulihkan mereka nanti, pada tingkat tertentu. Dia memiliki keinginan yang kuat untuk menemukan Alice dan untuk melakukannya, Kirito mengajarkannya keterampilan pedang "Aincrad-style" miliknya.
Setelah berduel dengan Bercouli, Eugeo ditangkap oleh Quinella dan berubah menjadi Integrity Knight, menjadi Eugeo Synthesis Thirty-Two (ユージオ・シンセシス・サーティツー, Yūjio Shinseshisu Sātitsū).
Selka Zuberg (セルカ・ツーベルク, Seruka Tsūberuku)
Pengisi suara: Kaori Maeda (Jepang); Jackie Lastra (Inggris)
Adik perempuan Alice dan murid dari Adik Azariya. Dia mampu menggunakan Sacred Arts tetapi tidak suka dibandingkan dengan saudara perempuannya. Dia tidak ingat Kirito, tapi dia yang bertanggung jawab atas "kembalinya" nya.
Cardinal (カーディナル, Kādinaru)
Pengisi suara: Sakura Tange (Jepang); Lizzie Freeman[5] (Inggris)
Sistem Kardinal, yang memiliki kendali penuh dan otoritas di SAO, mengendalikan segalanya. Di ALO, satu-satunya VRMMORPG lain yang memilikinya, ia memiliki kontrol parsial. Selama Alicization Arc, di Underworld, itu mengambil bentuk gadis kurus berumur 10 tahun, yang tinggal di Great Library Room. Cardinal tidak memiliki kendali atas Underworld dan hanya memiliki kekuatan di Perpustakaan karena Quinella menggunakan Otoritas Kontrol Sistem untuk mencabut hak-hak Cardinal.
Ronye Arabel (ロニエ・アラベル, Ronie Araberu)
Pengisi suara: Reina Kondō (Jepang); Deneen Melody[6] (Inggris)
Pelayan Kirito di Akademi Sword Mastery. Dia peringkat di atas 12 tahun, sehingga memenuhi syarat dia menjadi valet seorang pendekar elit. Karena dia dari Kelas Noble terendah, bersama dengan Tiese, dia tidak dipilih oleh salah satu swordsman elit kecuali Kirito yang memilih untuk mengambil valet yang tersisa.
Tiese Schtrinen (ティーゼ・シュトリーネン, Tīze Shutorīnen)
Pengisi suara: Kaori Ishihara (Jepang); Kimberly Woods[7] (Inggris)
Pelayan Eugeo di Akademi Sword Mastery. Dia peringkat di atas 12 tahun, sehingga memenuhi syarat dia menjadi valet seorang pendekar elit. Karena dia dari Kelas Noble terendah, bersama dengan Ronie, dia tidak dipilih oleh salah satu swordsman elit kecuali Eugeo yang memilih untuk mengambil valet yang tersisa. Dia masuk Akademi untuk meningkatkan status sosial keluarganya.
Raios Antinous (ライオス • アンティノス, Raiosu Antinosu)
Pengisi suara: Shuhei Iwase (Jepang); Steve Staley (Inggris)
Teman sekelas Kirito dan Eugeo di Akademi Swordcraft. Terlahir di keluarga bangsawan kelas atas, ia otoritatif terhadap rakyat jelata Kirito dan Eugeo, yang sering ia provokasi dalam upaya menjebak mereka.
Humbert Zizek (ウンベール・ジーゼック, Unbēru Jīzekku)
Pengisi suara: Ryūichi Kijima (Jepang); Chris Hackney (Inggris)
Seorang anggota keluarga bangsawan elit, yang selalu bergaul dengan Raios Sama seperti Raios. Ia memiliki banyak kebanggaan dan menganggap kehadiran rakyat jelata Kirito dan Eugeo menyebalkan.
Sortiliena Serlut (ソルティリーナ・セルルト, Sorutirīna Seruruto)
Pengisi suara: Megumi Han (Jepang); Jeannie Tirado (Inggris)
Seorang murid elit senior dan kursi kedua di Akademi Swordcraft. Meskipun bahkan Kirito tidak sebanding dengan keahliannya, dia telah terganggu oleh ketidakmampuannya untuk mengalahkan Volo, yang adalah pendekar pedang terbaik di akademi.
Volo Levantein (ウォロ・リーバンテイン, U~oro Rībantein)
Pengisi suara: Taishi Murata (Jepang); Chris Niosi (Inggris)
Seorang senior di Akademi Swordcraft dan murid elit top yang tak terkalahkan. Selain menggunakan gaya High-Norkia ortodoks, ia menggunakan pedang yang kuat dengan menjaga sila keluarganya, yang telah diturunkan dari generasi ke generasi, dekat dengan hatinya.
Bercouli (ベルクーリ, Berukūri)
Pengisi suara: Junichi Suwabe (Jepang); Imari Williams (Inggris)
Bercouli Synthesis One (ベルクーリ・シンセシス・ワン, Berukūri Shinseshisu Wan) adalah pendiri Desa Rulid dan Integrity Knight pertama sekaligus komandan dari para Integrity Knight. Dalam legenda Desa Rulid, ia mendirikan desa tetapi pergi untuk beberapa waktu. Setelah dia kembali, dia membunuh seekor naga di End Mountains dengan Blue Rose Sword. Ia menggunakan senjata bernama Time Piercing Sword yang diciptakan oleh Quinella dari salah satu jarum jam System Clock, sehingga menjadikannya memiliki kekuatan untuk mengubah waktu. Ketika Eugeo pertama kali bertemu dengannya, Bercouli merasakan beberapa keakraban dengan Eugeo dan senjatanya, yang akhirnya menyebabkan kekalahannya.
Fanatio (ファナティオ, Fanatio)
Pengisi suara: Hitomi Nabatame (Jepang); Laila Berzins[8] (Inggris)
Fanatio Synthesis Two (ファナティオ・シンセシス・ツー, Fanatio Shinseshisu Tsū) adalah Integrity Knight kedua. Ia adalah murid dari Bercouli dan wakil komandan dari para Integrity Knight. Senjatanya, berupa pedang bernama Heaven Piercing Sword yang diciptakan oleh Quinella dari seribu cermin yang dapat melipatkan gandakan cahaya dan panas dari Solus (Matahari dalam Underworld). Ia memilih untuk menyembunyikan identitas gendernya karena dia merasa teman dan lawannya menganggapnya lemah karena dia adalah seorang wanita. Bersama keempat muridnya (The Four Oscillation Blades), ia bertarung melawan Kirito dan Eugeo di Grand Corridor of Spiritual Light. Ia terluka parah namun berhasil diselamatkan oleh Kirito dengan menancapkan pisau magis yang tersambung dengan sihir Cardinal.
Deusolbert (デュソルバート, Dyusorubāto)
Pengisi suara: Hikaru Hanada (Jepang); Arnem Taylor (Inggris)
Deusolbert Synthesis Seven (デュソルバート・シンセシス・セブン, Dyusorubāto Shinseshisu Sebun) adalah Integrity Knight yang secara pribadi menangkap Alice karena melintasi Wilayah Gelap. Beberapa tahun kemudian, dia bertarung dan dikalahkan oleh Kirito dan Eugeo.
Linel (リネル, Rineru) / Fizel (フィゼル, Fizeru)
Pengisi suara: Hina Kino (Linel), Konomi Kohara (Fizel) (Jepang); Brianna Knickerbocker (Linel), Michelle Marie (Fizel)[9] (Inggris)
Linel Synthesis Twenty-Eight (リネル・シンセシス・トゥエニエイト, Rineru Shinseshisu Tuenieito) dan Fizel Synthesis Twenty-Nine (フィゼル・シンセシス・トゥエニナイン, Fizeru Shinseshisu Tueninain) adalah dua Integrity Knight termuda yang sebagai anak kecil menjadi sasaran percobaan yang dijalankan oleh Quinella, yang memiliki 30 anak yang saling bunuh. Quinella akan membangkitkan anak yang mati hanya untuk melanjutkan percobaan. Efek samping seperti yang menurut Linel adalah perubahan kepribadian besar-besaran dan penemuan pembunuhan yang lebih bersih. Menjadi yang terakhir yang keluar dari eksperimen, Quinella memungkinkan mereka untuk menjadi Integrity Knight. Keduanya kemudian bertemu Kirito dan Eugeo, meracuni mereka, dan membawa mereka ke Fanatio.
Eldrie Woolsburg (エルドリエ・ウールスブルーグ, Erudorie Ūrusuburūgu)
Pengisi suara: Takeaki Masuyama (Jepang); Ethan Murray (Inggris)
Eldrie Woolsburg adalah juara Turnamen Four Empires Unity yang mengalahkan Sortilliena Serlut dan Volo Levantein, sehingga membuatnya diundang ke Central Cathedral. Setelah tiba, Administrator mengubahnya menjadi Integrity Knight, dan kemudian dikenal sebagai Eldrie Synthesis Thirty-one (エルドリエ・シンセシス・サーティワン, Erudorie Shinseshisu Sātiwan). Misi pertamanya adalah untuk menghentikan Kirito dan Eugeo setelah mereka berdua melarikan diri dari sel penjara mereka, tetapi dia segera dikalahkan.
Quinella (クィネラ, Kwinera) / Administrator (アドミニストレータ, Adominisutorēta)
Pengisi suara: Maaya Sakamoto (Jepang); Maureen Price[10] (Inggris)
Penguasa Underworld yang sebenarnya, menteri tertinggi dari Gereja Axiom dan antagonis utama dari Underworld. 350 tahun sebelum Kirito memasuki Underworld, Quinella lahir. Dia diberi tugas suci untuk mempelajari Seni Suci. Segera, dia mengetahui bahwa dengan membunuh orang lain, statistik seseorang dapat dinaikkan, jadi setiap malam dia menyelinap keluar dan membunuh binatang-binatang hutan, yang bagaimanapun juga akan respawn setiap hari. Dia menaikkan statistiknya ke level yang sangat tinggi dan memutuskan untuk mengambil kendali atas Underworld. Membodohi orang agar percaya bahwa dia adalah seorang dewi, dia menciptakan Gereja Aksioma dan membuat undang-undang untuk mengendalikan orang-orang. Dia mempelajari Sacred Arts dengan intens, mencoba menemukan cara untuk melampaui batas dunia itu, «Life» dari dunia itu. Dia menemukan perintah System Control Authority di ambang kematian dan segera menggunakannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri, memulihkan kecantikannya dan «Life» ke penampilan sebelumnya sebagai seorang pemuda. Kemudian dia berusaha melindungi dirinya dengan pergi ke dunia nyata tetapi diintervensi oleh Chudelkin, yang membakar tubuhnya untuk mencapainya. Dengan Quinella dipeluk oleh Chudelkin, keduanya segera diliputi oleh nyala api dan binasa.
Rinko Koujiro (神代凛子, Kōjiro Rinko)
Pengisi suara: Sanae Kobayashi (Jepang); Jennifer Losi (Inggris)
Dia telah diundang oleh Seijirō Kikuoka untuk melakukan penelitian rahasia atas teknologi «Soul Translator», tetapi enggan menerima tawaran itu. Hingga, suatu hari, setelah mengetahui situasi Asuna, dia setuju untuk membantu gadis itu menemukan Kazuto, jadi dia menghubungi Kikuoka tentang menerima undangan. Rinko dan Asuna, melakukan perjalanan ke pangkalan tersembunyi Rath, «Ocean Turtle».

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu Pembuka[sunting | sunting sumber]

Lagu Penutup[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sword Art Online: Alicization Anime's 1st Video Reveals Staff, October Premiere". Anime News Network. 23 Maret 2018. Diakses tanggal 23 Maret 2018. 
  2. ^ Antonio Pineda, Rafael (9 Agustus 2018). "Sword Art Online: Alicization Anime Gets 1-Hour World Premiere in 7 Countries". Anime News Network. Diakses tanggal 10 Agustus 2018. 
  3. ^ Loo, Egan (30 Maret 2019). "Sword Art Online: Alicization - War of Underworld Anime's Teaser Reveals October Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Maret 2019. 
  4. ^ a b "Sword Art Online Gets New TV Anime Covering Alicization Arc". Anime News Network. 30 September 2017. Diakses tanggal 30 September 2017. 
  5. ^ Freeman, Lizzie [@LizzieRFreeman] (20 April 2019). "I'm so excited to announce my first anime role! If you saw tonight's episode of Sword Art Online, then you heard me as Cardinal. I'm so thankful for this opportunity and loved working with our awesome director @alexvondavid . Catch you all next Saturday! :D #swordartonline" (Twit) (dalam bahasa English) – via Twitter. 
  6. ^ Melody  💛, 💛 Deneen (30 Maret 2019). "If you watched #SwordArtOnline tonight, then you heard me as Ronie Arabel!! What an honor to voice such a sweet character...I love her! Thank you @mummynyan & @BangZoom for the opportunity, & to @alexvondavid for his wonderful direction. More next week! #RonieArabel #SAOpic.twitter.com/FGrAtcx3To". @DeneenMelody (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Maret 2019. 
  7. ^ Woods, Kimberly (31 Maret 2019). "So excited to join the talented cast #SwordArtOnlineAlicization!! I'm thrilled to voice Tiese! Thank you to @alexvondavid for the awesome direction and of course @mummynyan and @BangZoom for the opportunity! #sao #swordartonline #Toonamipic.twitter.com/Tp28xlE7TF". @kimberlywoods (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 31 Maret 2019. 
  8. ^ "Twitter". 
  9. ^ "Twitter". 
  10. ^ Price, Maureen [@MaureenPrice] (20 April 2019). "She's here! I voice Administrator in #SwordArtOnlineAlicization! Thank you @mummynyan @aniplexUSA and @BangZoom for trusting me w/ the 1st female arch villain in the #SAO world! And thank you to @alexvondavid for the wonderfully collaborative direction! Till next week #Toonami!" (Twit) – via Twitter. 
  11. ^ a b "LiSA, Eir Aoi Perform Sword Art Online: Alicization Anime's Theme Songs". Anime News Network. 16 Agustus 2018. Diakses tanggal 16 Agustus 2018. 
  12. ^ "ADAMAS - Single" (dalam bahasa Jepang). iTunes. Diakses tanggal 25 Oktober 2018. 
  13. ^ a b "ASCA, ReoNa Perform New Theme Songs for Sword Art Online: Alicization Anime". Anime News Network. 8 Desember 2018. Diakses tanggal 8 Desember 2018. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]