Asuna (Sword Art Online)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Asuna
Tokoh Sword Art Online
Asuna Sword Art Online.png
Asuna, saat dia muncul di Sword Art Online
PenciptaReki Kawahara
Pengisi suaraHaruka Tomatsu (Jepang)
Cherami Leigh (Inggris)

Asuna Yuuki (結城 明日奈, Yūki Asuna) adalah karakter fiktif yang muncul dalam seri novel Sword Art Online karya Reki Kawahara. Dia secara monosa lebih dikenal sebagai Asuna (アスナ, Asuna), nama pemain-nya dalam video game eponim yang novelnya diatur. Asuna muncul sebagai kekasih Kirito; serta pemeran utama wanita, ia berada di dalam novel seorang sub-pemimpin guild Knights of the Blood Oath (血盟騎士団, Ketsumei Kishidan), terkenal sebagai guild terkuat di Aincrad. Dia digambarkan telah mendapatkan reputasi sebagai pemain yang terampil dalam game, memberinya nama panggilan Flash (閃光, Senkō), ditambah dengan daya tarik fisiknya, telah membuatnya terkenal dan dicari oleh pemain lain.

Baik Asuna dan Kirito telah menjadi karakter populer di anime dan manga fandom, sering muncul di daftar karakter anime paling populer. Selain itu, Asuna telah ditampilkan dalam banyak barang dagangan resmi Sword Art Online, dan telah menjadi subjek campuran untuk penerimaan kritis sebagian besar positif, dengan fokus pada hubungannya dengan Kirito, daya tarik, dan peran dalam seri.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Berkas:Stacia PA.png
Asuna sebagai Goddess of Creation Stacia dalam Project Alicization

Dalam wawancara dengan pembuat serial Reki Kawahara, penulis mencatat bahwa karakter wanita dalam Sword Art Online tidak didasarkan pada siapa pun yang dia kenal di dunia nyata, dengan dia menyatakan "Saya biasanya tidak membuat karakter, pengaturan, atau apa pun sebelumnya. Saya mulai menulis. Ketika saya menulis ceritanya, gadis-gadis itu menjadi seperti sekarang. Jadi, entah bagaimana, saya tidak tahu persis, tetapi entah bagaimana, ide bawah sadar saya atau beberapa emosi tersembunyi menciptakan karakter menjadi kuat dan mampu." Kawahara juga menambahkan bahwa dia menulis seri untuk menunjukkan bahwa dia memandang game online bukan sebagai sakit sosial atau melarikan diri dari kehidupan nyata, dan dengan demikian memutuskan untuk menunjukkan permainan dalam cahaya yang lebih positif dalam novel ringannya.[1] Dalam wawancara lain dengan Anime News Network, pewawancara Lynzee Loveridge mencatat bahwa Asuna adalah "karakter wanita yang sangat kuat dan cakap", menyamakannya dengan ibu Genji dalam The Tale of Genji, yang disepakati Kawahara.[2]

Pada Sakura-Con 2013, Kawahara mencatat bahwa "karakter Asuna saya mungkin telah membuat sedikit terlalu sempurna untuk Sword Art Online. Ketika bekerja sama dengan Kirito, hampir tidak ada masalah yang keduanya tidak bisa diatasi", sebagai tanggapan apakah Asuna adalah "karakter rumit" untuk dikembangkan.[3] Dalam sebuah wawancara dengan Haruka Tomatsu, pengisi suara Asuna, dia mengatakan bahwa "daripada memiliki sesuatu yang mirip dengannya, saya merasa bahwa bagi saya, dia adalah orang ideal yang saya inginkan. Setelah semua, dia bisa memasak, dia pintar... Saya pikir dia tipe wanita yang saya inginkan untuk menjadi dan dikagumi. Terlepas apakah saya bisa memasak dengan baik, saya benar-benar suka memasak. Saya tidak tahu apakah saya bisa mengatakan jika kami sama karena itu, meskipun."[4]

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Lambent Light (ランベントライト, Ranbento Raito) adalah rias tangan satu tangan milik Asuna.[5] Dia terus menggunakannya sebagai senjata pilihan utama hingga pertempuran yang menentukan di Lantai 75. Kirito menggunakan Rapier ini untuk menikam dan mengalahkan Heathcliff di pertarungan terakhir, jadi membersihkan permainan. Rapier miliknya, dikombinasikan dengan kecepatannya, membuatnya mendapat julukan "The Flash".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frye, Patrick. "'Sword Art Online' Season 2 and 3: Kawahara Reki talks SAO, 'Accel World', anime, and future plans". Inquisitr. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 
  2. ^ Loveridge, Lynzee. "Interview: Sword Art Online's Reki Kawahara". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 
  3. ^ "Interview with Kawahara Reki @ Sakura-Con 2013". figure.fm. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2013. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 
  4. ^ Nelkin, Sarah. "Interview: Haruka Tomatsu, Sword Art Online's Asuna". Anime News Network. Diakses tanggal 14 Agustus 2016. 
  5. ^ https://www.youtube.com/watch?v=96_xrMab9rg Asuna's Rapier (Sword Art Online) - MAN AT ARMS: REFORGED

Pranala luar[sunting | sunting sumber]