Gin no Saji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Silver Spoon (manga))
Silver Spoon
Sampul volume pertama tankōbon, menampilkan Yuugo Hachiken
銀の匙
(Gin no Saji)
Genre
Manga
PengarangHiromu Arakawa
PenerbitShogakukan
Penerbit bahasa Inggris
ImprintShōnen Sunday Comics
MajalahWeekly Shōnen Sunday
DemografiShōnen
Terbit06 April 201127 November 2019
Volume15 (Daftar volume)
Seri anime
Sutradara
Produser
  • Shunsuke Saitō
  • Akitoshi Mori
SkenarioTaku Kishimoto
MusikShūsei Murai
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Saluran
asli
Fuji TV (noitaminA)
Tayang 11 Juli 2013 27 Maret 2014
Episode22 (Daftar episode)
Film laga hidup
SutradaraKeisuke Yoshida
Produser
  • Akiko Ikuno
  • Tetsutaka Takeda
  • Hideki Hoshino
Skenario
  • Keisuke Yoshida
  • Ryō Takada
MusikTakefumi Haketa
StudioToho
Tayang07 Maret 2014 (2014-03-07)
Durasi111 menit
 Portal anime dan manga

Silver Spoon (Jepang: 銀の匙, Hepburn: Gin no Saji, harf. Sendok Perak) adalah serial manga bergenre cerita beranjak dewasa bahasa Jepang yang ditulis dan digambar oleh Hiromu Arakawa. Manga ini mendapatkan serialisasinya di majalah Weekly Shōnen Sunday milik Shogakukan sejak April 2011 hingga November 2019. Ceritanya berlatarkan SMK Pertanian dan Peternakan Ooezo di Hokkaido, dan berfokus pada kehidupan sehari-hari Yuugo Hachiken, seorang remaja dari Sapporo yang mendaftar di SMK Pertanian dan Peternakan Ooezo dengan tujuan untuk melarikan diri dari tuntutan ayahnya yang keras. Namun, dia segera mengetahui bahwa kehidupan di sekolah pertanian tidak semudah yang dia yakini pada awalnya. Tidak seperti teman sekelas barunya, dia tidak berniat mengikuti karir pertanian setelah lulus, meskipun dia iri pada teman-temannya karena mereka telah menetapkan tujuan hidup dan mengejar impian mereka.

Adaptasi serial televisi anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures ditayangkan selama dua musim antara Juli dan September 2013 dan Januari dan Maret 2014 di blok noitaminA Fuji TV. Film versi peran hidup berdasarkan manga kemudian diproduksi oleh Toho dan dirilis pada Maret 2014.

Pada Februari 2020, manga Gin no Saji telah beredar lebih dari 17 juta eksemplar. Manga tersebut memenangkan Penghargaan Manga Taishō ke-5 pada tahun 2012, Penghargaan Manga Shogakukan ke-58 dalam kategori shōnen dan Penghargaan Konten Budaya Pangan Jepang, keduanya pada tahun 2013.

Alur[sunting | sunting sumber]

Setelah gagal lulus ujian untuk masuk ke SMA favoritnya, seorang siswa yang santun bernama Yuugo Hachiken pindah dari rumahnya di pinggiran kota dan mendaftar di SMK Agrikultural Ooezo (大蝦夷農業高等学校, Ōezo Nōgyō Kōtō Gakkō) — sering disingkat menjadi Ezonō (エゾノー, lit. "Ezo Ag") — yang ada di pedesaan. Hubungan Yuugo dengan keluarganya sangat tegang di awal cerita sehingga memengaruhi keputusannya untuk bersekolah di sekolah yang jauh dari rumah. Dia terus mengkhawatirkan karir masa depannya. Dia segera tahu bahwa dirinya perlahan-lahan terbiasa dengan lingkungan barunya meskipun ada beberapa perjuangan awal, dan tumbuh menjadi individu yang berempati dan penyayang saat dia berjuang untuk memahami dunia pertanian dan peternakan serta bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan teman-teman barunya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dari seri Silver Spoon . Dari kiri ke kanan: Tokiwa, Inada, Yoshino, Hachiken, Mikage, Nishikawa, Komaba, Aikawa, dan Beppu.
Yuugo Hachiken (八軒 勇吾, Hachiken Yūgo)
Pengisi suara: Ryōhei Kimura[3]
Seorang anak kota dari Sapporo. Setelah gagal lulus ujian untuk masuk SMA favorit, Yuugo memutuskan untuk mendaftar di Ezo dengan berharap bahwa beban belajarnya akan menjadi lebih mudah. Namun, dia terbukti salah. Sebab didikan keras oleh ayahnya, dia tidak bisa menolak ketika seseorang membutuhkan bantuannya. Meski mengeluh ketika dia merasa orang-orang memanfaatkan kebaikannya, Yuugo dengan cepat memiliki sahabat dan mendapatkan rasa hormat dari teman-temannya. Yuugo bergabung dengan Ekskul Berkuda bersama teman sekelasnya Aki dan naik ke posisi Wakil Ketua Ekskul. Yuugo biasanya cemas tentang masa depannya karena, tidak seperti teman sekelasnya yang sudah memiliki tujuan hidup, dia masih bertanya-tanya tentang karir apa yang harus dia pilih. Sebagian besar permusuhan Yuugo terhadap keluarganya karena ia sering dibandingkan dengan kakak laki-lakinya yang lebih sukses, Shingo, dan permusuhan ayahnya yang sangat keras padanya. Dia memiliki ketertarikan terhadap Aki, dan mereka resmi mulai berkencan setelah Aki diterima di universitas.
Aki Mikage (御影 アキ, Mikage Aki)
Pengisi suara: Marie Miyake[3]
Aki adalah siswa tahun pertama yang juga anggota Klub Berkuda. Sebagai satu-satunya anak di keluarganya, dia masuk Ezo untuk belajar peternakan sehingga dia bisa mewarisi bisnis keluarganya, peternakan sapi dan kuda yang berspesialisasi dalam beternak kuda balap Ban'ei. Dia bersikap waspada terhadap Yuugo pada awalnya. Awalnya, dia terlihat ramah dan santai. Namun, dia sering memendam perasaannya dan mendorong orang untuk menjauh dari masalahnya. Dia memiliki nilai yang buruk yang menurut Yuugo, nilai tersebut masih lebih baik daripada nilai Keiji. Belakangan, keluarganya mengalami kesulitan keuangan dan terpaksa menjual semua kudanya. Setelah kejadian ini, Aki mengungkapkan keinginannya yang sebenarnya untuk masa depan. Dia mengungkapkan keinginannya untuk bekerja di peternakan kuda secara profesional alih-alih mewarisi peternakan. Dia kemudian mulai belajar (sebagian karena nilainya yang buruk) untuk masuk perguruan tinggi dengan Yuugo sebagai tutor pribadinya. Dia perlahan mengembangkan perasaan untuk Yuugo, dan mereka secara resmi mulai berpacaran setelah dia diterima di universitas.
Mayumi Yoshino (吉野 まゆみ, Yoshino Mayumi)
Pengisi suara: Shiori Izawa[3]
Teman sekelas Yuugo dan anggota program Peternakan Sapi Perah. Mimpinya adalah membuka pabrik keju sendiri.
Ichiro Komaba (駒場 一郎, Komaba Ichirō)
Pengisi suara: Tooru Sakurai[3]
Salah satu teman dekat Yuugo di Ezo dan pemain baseball yang terampil. Ichiro adalah teman dan tetangga masa kecil Aki yang awalnya menjadi sumber kecemburuan bagi Yuugo. Ichiro bercita-cita menjadi pemain bisbol profesional untuk mendapatkan uang guna memperbaiki peternakan sapi perah kecil milik keluarganya. Namun, keluarganya bangkrut dan tanah pertanian mereka dijual untuk membayar hutang mereka. Akibatnya, dia terpaksa berhenti keluar dari SMK Ezo dan mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan dan menghidupi ibu dan saudara perempuannya.
Shinnosuke Aikawa (相川 進之介, Aikawa Shinnosuke)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki[3]
Teman dekat Yuugo lainnya. Shinnosuke bercita-cita menjadi dokter hewan setelah lulus. Meski begitu, ia kesulitan menjadi dokter hewan mengingat kecenderungannya untuk pingsan saat melihat darah. Dia adalah anggota Klub Holstein.
Tamako Inada (稲田 多摩子, Inada Tamako)
Pengisi suara: Ayahi Takagaki[3]
Teman sekelas Yuugo yang berasal dari keluarga kaya yang menjalankan pertanian industri besar. Dia biasanya terlihat seperti gadis gemuk, tetapi sesungguhnya dia memiliki sosok yang cukup cantik ketika dia bekerja terlalu keras atau melakukan diet cepat sehingga badan kurusnya mulai terlihat. Namun, dia merasa lemah ketika dia lebih kurus sehingga ia memutuskan untuk makan banyak agar gemuk kembali. Terobsesi dengan uang, tujuan Tamako adalah untuk mengambil alih pertanian keluarganya (secara lucu digambarkan sebagai "pengambilalihan yang bermusuhan" oleh orang tuanya), dan mengembangkannya serta membuatnya lebih menguntungkan.
Keiji Tokiwa (常盤 恵次, Tokiwa Keiji)
Pengisi suara: Masayuki Shouji[3]
Seorang teman dekat Yuugo yang memiliki bakat untuk membuat dirinya terjebak masalah karena kesulitannya dalam belajar (yang secara ironis dijadikan parameter oleh Yuugo untuk mengukur kemampuan belajar Aki dan bahkan anjingnya). Dalam belajar, dia memiliki kebiasaan untuk langsung melompat ke kesimpulan. Keluarganya memiliki peternakan ayam.
Hajime Nishikawa (西川 一, Nishikawa Hajime)
Pengisi suara: Kengo Takanashi[3]
Teman dekat Yuugo yang merupakan seorang otaku berat. Dia memiliki pikiran yang cemerlang dan lebih dewasa daripada temannya sehingga dia sering memberikan nasihat yang baik kepada Yuugo. Dia peduli pada teman-temannya dan sangat cerdas. Dia mengetahui banyak tentang tanaman dan nilai ekonominya serta teknologinya sangat tinggi. Dia berharap bisa kuliah di universitas di Tokyo, terutama karena, seperti yang dia klaim, Tokyo adalah negeri para otaku.
Ayame Minamikujō (南九条 あやめ, Minamikujō Ayame)
Pengisi suara: Sayuri Yahagi[4]
Seorang gadis aristokrat yang memiliki kekayaan karena peternakan keluarganya yang luas. Dia adalah saingan masa kecil Aki Mikage. Dia sering salah menyebut nama Hachiken dengan mengganti bagian Hachi (delapan) dari namanya dengan nomor yang berbeda, memanggilnya "Shichiken" (tujuh) dan "Jūhachiken" (delapan belas). Di anime, dia datang ke SMK Ezo di akhir musim kedua (untuk mengisi slot yang dikosongkan oleh Ichiro), tapi dalam versi film, dia sudah ada di Ezo sejak awal.
Tarō Beppu (別府 太郎, Beppu Tarō)
Pengisi suara: Nobuyuki Kobushi[3]
Seorang siswa tahun pertama dan teman sekamar Yuugo. Dia sering membantu Yuugo, seperti mengerjakan tugas yang dia lupakan. Dia mengikuti program Ilmu Pangan.
Shingo Hachiken (八軒 慎吾, Hachiken Shingo)
Pengisi suara: Katsuyuki Konishi[3]
Kakak laki-laki Yuugo yang berhasil diterima di Universitas Tokyo, universitas paling bergengsi di Jepang. Namun, Shingo kemudian berhenti begitu dia menyadari impian ayahnya adalah agar salah satu putranya diterima di sana. Dia memutuskan untuk mengejar impiannya sendiri untuk menjadi juru masak yang hebat, dan berkeliling negara dengan sepeda motor bebeknya untuk menyempurnakan keterampilan memasaknya. Dia sering mampir ke Ezo tanpa pemberitahuan untuk melihat Yuugo, karena Yuugo biasanya menolak berbicara dengan keluarganya. Shingo yang riang dan ramah sering menjadi sumber permusuhan Yuugo, tetapi dia menjadi sedikit lebih bertanggung jawab setelah menikahi Alexandra, seorang gadis muda Rusia yang dia temui selama perjalanannya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan serial fantasinya yang sukses, Fullmetal Alchemist, penulis Hiromu Arakawa dan penerbitnya Shogakukan setuju bahwa dia harus memulai Silver Spoon yang berdasarkan pada kehidupan di dunia nyata sebagai cara untuk menantang dirinya sendiri sebagai seniman manga dan menjaring pembaca baru.[5] Karena Arakawa sendiri tumbuh di lingkungan perdesaan, banyak elemen manga yang diambil dari pengalaman di masa mudanya. Misalnya, karakter seperti guru ternak babi Ichiko Fuji dan anggota klub penggemar sapi holstein didasarkan pada individu yang dia kenal ketika SMA.[5] Meskipun ceritanya mengandung hal-hal seperti dilema etis dari protagonis Yuugo Hachiken atas penyembelihan hewan, Arakawa menegaskan Silver Spoon bukanlah manga yang mempromosikan "veganisme". Dia menyatakan bahwa dia hanya ingin menceritakan kisah kedewasaan seorang siswa sekolah menengah, mirip dengan bagaimana Fullmetal Alchemist berfokus pada pengembangan karakter utama Edward Elric daripada mempromosikan alkimia.[5]

Silver Spoon mulai diterbitkan di Weekly Shōnen Sunday pada 6 April 2011.[6] Manga tersebut diserialkan secara teratur hingga Agustus 2014 ketika Arakawa mengumumkan dia akan memperlambat kecepatan produksi bab baru manga-nya sehingga dia dapat merawat salah satu anggota keluarga yang kesehatannya menurun.[7] Setelah jeda delapan bulan, manga tersebut dilanjutkan secara singkat pada April 2015 hingga jeda singkat lainnya diumumkan pada bulan berikutnya.[8][9] Setelah rilis volume ke-13 manga, penulis mengumumkan akhir cerita dengan "segera". Dia kemudian menjelaskan bahwa dia awalnya berencana untuk menggambarkan tahun pertama Yuugo di Ooezo secara detail, diikuti dengan tahun kedua yang terburu-buru dan tahun ketiga yang dipersingkat, dan kehidupan akhirnya setelah lulus.[10] Pada 2016, bab-bab baru diterbitkan dari Januari hingga Februari dan Agustus hingga September.[11][12][13] Manga ini hiatus pada Juli 2017, setelah tiga bab diterbitkan.[14] [15] Empat bab baru diterbitkan antara Mei dan Juni 2018.[16] [17] Pada bulan Oktober 2019, diumumkan bahwa manga tersebut akan memasuki arc terakhirnya dalam edisi ke-49 Weekly Shōnen Sunday pada tanggal 6 November 2019, dan akan berakhir dalam empat bab.[18][19] Manga ini selesai pada edisi ke-52 Weekly Shōnen Sunday pada 27 November 2019.[20][21][22]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Terinspirasi oleh pengalaman hidup Arakawa sendiri di saat ia dibesarkan di sebuah peternakan sapi perah di Hokkaido, Silver Spoon diluncurkan dalam edisi ke-19 majalah Weekly Shōnen Sunday milik Shogakukan pada tanggal 6 April dan manga tersebut ditampilkan sebagai sampul majalah saat itu. Dijadikannya Silver Spoon sebagai sampul majalan kemudian menjadi salah satu ciri utama dari Weekly Shōnen Sunday.[23] Manga ini selesai pada edisi ke-52 Weekly Shōnen Sunday pada 27 November 2019.[20][21] Masing-masing bab telah disusun oleh Shogakukan menjadi lima belas volume tankōbon dari 15 Juli 2011 hingga 18 Februari 2020.

Manga tersebut telah dilisensikan untuk rilis berbahasa Inggris di Singapura oleh Shogakukan Asia,[24] sementara di Amerika Utara, Yen Press mengumumkan akuisisi manga tersebut pada Juli 2017 dan menerbitkan volume pertama pada 27 Februari 2018.[25]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.Tanggal rilis asliISBN asliTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 July 15, 2011[26]ISBN 978-4-09-123180-2February 27, 2018[27]ISBN 978-0-316-41619-1
  • 1. "Tale of Spring 1" (春の巻①, Haru no Maki 1)
  • 2. "Tale of Spring 2" (春の巻②, Haru no Maki 2)
  • 3. "Tale of Spring 3" (春の巻③, Haru no Maki 3)
  • 4. "Tale of Spring 4" (春の巻④, Haru no Maki 4)
  • 5. "Tale of Spring 5" (春の巻⑤, Haru no Maki 5)
  • 6. "Tale of Spring 6" (春の巻⑥, Haru no Maki 6)
  • 7. "Tale of Spring 7" (春の巻⑦, Haru no Maki 7)
  • 8. "Tale of Spring 8" (春の巻⑧, Haru no Maki 8)
2 December 14, 2011[28]ISBN 978-4-09-123427-8April 24, 2018[29]ISBN 978-1-9753-2619-7
  • 9. "Tale of Spring 9" (春の巻⑨, Haru no Maki 9)
  • 10. "Tale of Spring 10" (春の巻⑩, Haru no Maki 10)
  • 11. "Tale of Summer 1" (夏の巻①, Natsu no Maki 1)
  • 12. "Tale of Summer 2" (夏の巻②, Natsu no Maki 2)
  • 13. "Tale of Summer 3" (夏の巻③, Natsu no Maki 3)
  • 14. "Tale of Summer 4" (夏の巻④, Natsu no Maki 4)
  • 15. "Tale of Summer 5" (夏の巻⑤, Natsu no Maki 5)
  • 16. "Tale of Summer 6" (夏の巻⑥, Natsu no Maki 6)
  • 17. "Tale of Summer 7" (夏の巻⑦, Natsu no Maki 7)
3 April 18, 2012[30]ISBN 978-4-09-123653-1June 26, 2018[31]ISBN 978-1-9753-2746-0
  • 18. "Tale of Summer 8" (夏の巻⑧, Natsu no Maki 8)
  • 19. "Tale of Summer 9" (夏の巻⑨, Natsu no Maki 9)
  • 20. "Tale of Summer 10" (夏の巻⑩, Natsu no Maki 10)
  • 21. "Tale of Summer 11" (夏の巻⑪, Natsu no Maki 11)
  • 22. "Tale of Summer 12" (夏の巻⑫, Natsu no Maki 12)
  • 23. "Tale of Summer 13" (夏の巻⑬, Natsu no Maki 13)
  • 24. "Tale of Summer 14" (夏の巻⑭, Natsu no Maki 14)
  • 25. "Tale of Summer 15" (夏の巻⑮, Natsu no Maki 15)
  • 26. "Tale of Summer 16" (夏の巻⑯, Natsu no Maki 16)
4 July 18, 2012[32]ISBN 978-4-09-123772-9August 21, 2018[33]ISBN 978-1-9753-2759-0
  • 27. "Tale of Summer 17" (夏の巻⑰, Natsu no Maki 17)
  • 28. "Tale of Summer 18" (夏の巻⑱, Natsu no Maki 18)
  • 29. "Tale of Summer 19" (夏の巻⑲, Natsu no Maki 19)
  • 30. "Summer Memories (Part 1)" (夏の思い出(前編), Natsu no Omoide (Zenpen))
  • 31. "Summer Memories (Part 2)" (夏の思い出(後編), Natsu no Omoide (Kouhen))
  • 32. "Tale of Autumn 1" (秋の巻①, Aki no Maki 1)
  • 33. "Tale of Autumn 2" (秋の巻②, Aki no Maki 2)
  • 34. "Tale of Autumn 3" (秋の巻③, Aki no Maki 3)
  • 35. "Tale of Autumn 4" (秋の巻④, Aki no Maki 4)
5 October 18, 2012[34]ISBN 978-4-09-123886-3October 30, 2018[35]ISBN 978-1-9753-2760-6
  • 36. "Tale of Autumn 5" (秋の巻⑤, Aki no Maki 5)
  • 37. "Tale of Autumn 6" (秋の巻⑥, Aki no Maki 6)
  • 38. "Tale of Autumn 7" (秋の巻⑦, Aki no Maki 7)
  • 39. "Tale of Autumn 8" (秋の巻⑧, Aki no Maki 8)
  • 40. "Tale of Autumn 9" (秋の巻⑨, Aki no Maki 9)
  • 41. "Tale of Autumn 10" (秋の巻⑩, Aki no Maki 10)
  • 42. "Tale of Autumn 11" (秋の巻⑪, Aki no Maki 11)
  • 43. "Tale of Autumn 12" (秋の巻⑫, Aki no Maki 12)
  • 44. "Tale of Autumn 13" (秋の巻⑬, Aki no Maki 13)
6 January 18, 2013[36]ISBN 978-4-09-124169-6December 11, 2018[37]ISBN 978-1-9753-2761-3
  • 45. "Tale of Autumn 14" (秋の巻⑭, Aki no Maki 14)
  • 46. "Tale of Autumn 15" (秋の巻⑮, Aki no Maki 15)
  • 47. "Tale of Autumn 16" (秋の巻⑯, Aki no Maki 16)
  • 48. "Tale of Autumn 17" (秋の巻⑰, Aki no Maki 17)
  • 49. "Tale of Autumn 18" (秋の巻⑱, Aki no Maki 18)
  • 50. "Tale of Autumn 19" (秋の巻⑲, Aki no Maki 19)
  • 51. "Tale of Autumn 20" (秋の巻⑳, Aki no Maki 20)
  • 52. "Tale of Autumn 21" (秋の巻㉑, Aki no Maki 21)
  • 53. "Tale of Autumn 22" (秋の巻㉒, Aki no Maki 22)
7 April 18, 2013[38]ISBN 978-4-09-124285-3February 19, 2019[39]ISBN 978-1-9753-2762-0
  • 54. "Tale of Autumn 23" (秋の巻㉓, Aki no Maki 23)
  • 55. "Tale of Autumn 24" (秋の巻㉔, Aki no Maki 24)
  • 56. "Tale of Autumn 25" (秋の巻㉕, Aki no Maki 25)
  • 57. "Tale of Autumn 26" (秋の巻㉖, Aki no Maki 26)
  • 58. "Tale of Autumn 27" (秋の巻㉗, Aki no Maki 27)
  • 59. "Tale of Autumn 28" (秋の巻㉘, Aki no Maki 28)
  • 60. "Tale of Autumn 29" (秋の巻㉙, Aki no Maki 29)
  • 61. "Tale of Autumn 30" (秋の巻㉚, Aki no Maki 30)
8 July 11, 2013[40]ISBN 978-4-09-124346-1April 30, 2019[41]ISBN 978-1-9753-2763-7
  • 62. "Tale of Autumn 31" (秋の巻㉛, Aki no Maki 31)
  • 63. "Tale of Autumn 32" (秋の巻㉜, Aki no Maki 32)
  • 64. "Tale of Winter 1" (冬の巻①, Fuyu no Maki 1)
  • 65. "Tale of Winter 2" (冬の巻②, Fuyu no Maki 2)
  • 66. "Tale of Winter 3" (冬の巻③, Fuyu no Maki 3)
  • 67. "Tale of Winter 4" (冬の巻④, Fuyu no Maki 4)
  • 68. "Tale of Winter 5" (冬の巻⑤, Fuyu no Maki 5) 
  • 69. "Tale of Winter 6" (冬の巻⑥, Fuyu no Maki 6)
  • 70. "Tale of Winter 7" (冬の巻⑦, Fuyu no Maki 7)
9 October 18, 2013[42]ISBN 978-4-09-124474-1June 18, 2019[43]ISBN 978-1-9753-2764-4
  • 71. "Tale of Winter 8" (冬の巻⑧, Fuyu no Maki 8)
  • 72. "Tale of Winter 9" (冬の巻⑨, Fuyu no Maki 9)
  • 73. "Tale of Winter 10" (冬の巻⑩, Fuyu no Maki 10)
  • 74. "Tale of Winter 11" (冬の巻⑪, Fuyu no Maki 11)
  • 75. "Tale of Winter 12" (冬の巻⑫, Fuyu no Maki 12)
  • 76. "Tale of Winter 13" (冬の巻⑬, Fuyu no Maki 13)
  • 77. "Tale of Winter 14" (冬の巻⑭, Fuyu no Maki 14)
  • 78. "Tale of Winter 15" (冬の巻⑮, Fuyu no Maki 15)
  • 79. "Tale of Winter 16" (冬の巻⑯, Fuyu no Maki 16)
10 January 8, 2014[44]ISBN 978-4-09-159177-7August 27, 2019[45]ISBN 978-1-9753-2765-1
  • 80. "Tale of Winter 17" (冬の巻⑰, Fuyu no Maki 17)
  • 81. "Tale of Winter 18" (冬の巻⑱, Fuyu no Maki 18)
  • 82. "Tale of Winter 19" (冬の巻⑲, Fuyu no Maki 19)
  • 83. "Tale of Winter 20" (冬の巻⑳, Fuyu no Maki 21)
  • 84. "Tale of Winter 21" (冬の巻㉑, Fuyu no Maki 21)
  • 85. "Tale of Winter 22" (冬の巻㉒, Fuyu no Maki 22)
  • 86. "Tale of Winter 23" (冬の巻㉓, Fuyu no Maki 23)
  • 87. "Tale of Winter 24" (冬の巻㉔, Fuyu no Maki 24)
  • 88. "Tale of Winter 25" (冬の巻㉕, Fuyu no Maki 25)
11 March 5, 2014[46]ISBN 978-4-09-124574-8October 29, 2019[47]ISBN 978-1-9753-2766-8
  • 89. "Tale of Winter 26" (冬の巻㉖, Fuyu no Maki 26)
  • 90. "Tale of Winter 27" (冬の巻㉗, Fuyu no Maki 27)
  • 91. "Tale of Winter 28" (冬の巻㉘, Fuyu no Maki 28)
  • 92. "Tale of Winter 29" (冬の巻㉙, Fuyu no Maki 29)
  • 93. "Tale of Winter 30" (冬の巻㉚, Fuyu no Maki 30)
  • 94. "Tale of Winter 31" (冬の巻㉛, Fuyu no Maki 31)
  • 95. "Tale of Winter 32" (冬の巻㉜, Fuyu no Maki 32)
  • 96. "Tale of Winter 33" (冬の巻㉝, Fuyu no Maki 33)
12 August 18, 2014[48]ISBN 978-4-09-125088-9December 17, 2019[49]ISBN 978-1-9753-5313-1
  • 97. "Tale of Winter 34" (冬の巻㉞, Fuyu no Maki 34)
  • 98. "Tale of Four Seasons 1" (四季の巻①, Shiki no Maki 1)
  • 99. "Tale of Four Seasons 2" (四季の巻②, Shiki no Maki 2)
  • 100. "Tale of Four Seasons 3" (四季の巻③, Shiki no Maki 3)
  • 101. "Tale of Four Seasons 4" (四季の巻④, Shiki no Maki 4)
  • 102. "Tale of Four Seasons 5" (四季の巻⑤, Shiki no Maki 5)
  • 103. "Tale of Four Seasons 6" (四季の巻⑥, Shiki no Maki 6)
  • 104. "Tale of Four Seasons 7" (四季の巻⑦, Shiki no Maki 7)
  • 105. "Tale of Four Seasons 8" (四季の巻⑧, Shiki no Maki 8)
13 June 18, 2015[50]ISBN 978-4-09-126059-8February 18, 2020[51]ISBN 978-1-9753-5314-8
  • 106. "Tale of Four Seasons 9" (四季の巻⑨, Shiki no Maki 9)
  • 107. "Tale of Four Seasons 10" (四季の巻⑩, Shiki no Maki 10)
  • 108. "Tale of Four Seasons 11" (四季の巻⑪, Shiki no Maki 11)
  • 109. "Tale of Four Seasons 12" (四季の巻⑫, Shiki no Maki 12)
  • 110. "Tale of Four Seasons 13" (四季の巻⑬, Shiki no Maki 13)
  • 111. "Tale of Four Seasons 14" (四季の巻⑭, Shiki no Maki 14)
  • 112. "Tale of Four Seasons 15" (四季の巻⑮, Shiki no Maki 15)
  • 113. "Tale of Four Seasons 16" (四季の巻⑯, Shiki no Maki 16)
14 August 18, 2017[52]ISBN 978-4-09-127720-6April 28, 2020[53]ISBN 978-1-9753-5315-5
  • 114. "Tale of Four Seasons 17" (四季の巻⑰, Shiki no Maki 17)
  • 115. "Tale of Four Seasons 18" (四季の巻⑱, Shiki no Maki 18)
  • 116. "Tale of Four Seasons 19" (四季の巻⑲, Shiki no Maki 19)
  • 117. "Tale of Four Seasons 20" (四季の巻⑳, Shiki no Maki 20)
  • 118. "Tale of Four Seasons 21" (四季の巻㉑, Shiki no Maki 21)
  • 119. "Tale of Four Seasons 22" (四季の巻㉒, Shiki no Maki 22)
  • 120. "Tale of Four Seasons 23" (四季の巻㉓, Shiki no Maki 23)
  • 121. "Tale of Four Seasons 24" (四季の巻㉔, Shiki no Maki 24)
  • 122. "Tale of Four Seasons 25" (四季の巻㉕, Shiki no Maki 25)
15 February 18, 2020[54][55]ISBN 978-4-09-129549-1September 22, 2020[56]ISBN 978-1-97-535365-0
  • 123. "Tale of Four Seasons 26" (四季の巻㉖, Shiki no Maki 26)
  • 124. "Tale of Four Seasons 27" (四季の巻㉗, Shiki no Maki 27)
  • 125. "Tale of Four Seasons 28" (四季の巻㉘, Shiki no Maki 28)
  • 126. "Tale of Four Seasons 29" (四季の巻㉙, Shiki no Maki 29)
  • 127. "Tale of Four Seasons 30" (四季の巻㉚, Shiki no Maki 30)
  • 128. "Tale of Four Seasons 31" (四季の巻㉛, Shiki no Maki 31)
  • 129. "Tale of Four Seasons 32" (四季の巻㉜, Shiki no Maki 32)
  • 130. "Tale of Four Seasons 33" (四季の巻㉝, Shiki no Maki 33)
  • 131. "Tale of Yuugo Hachiken" (八軒勇吾の巻, Hachiken Yūgo no Maki)

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial televisi anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures kemudian ditayangkan mulai 11 Juli hingga 19 September 2013.[57] Tomohiko Itō menyutradarai serial ini dengan asisten sutradara Kotomi Deai. Taku Kishimoto menulis naskahnya, sementara Jun Nakai menjabat sebagai desainer karakter dan sutradara animasi utama, serta Shusei Murai sebagai pengatur musik. Musim kedua ditayangkan mulai 9 Januari hingga 27 Maret 2014.[58][59][60] Untuk musim pertama, tema pembukanya adalah "Kiss you" oleh miwa, sedangkan lagu penutupnya adalah "Hello Especially" oleh Sukima Switch.[61] Untuk musim kedua, tema pembukanya adalah "Life" oleh Fujifabric dan lagu penutupnya adalah "Oto no Naru Hō e" oleh Goose House.[62]

Anime ini telah dilisensikan oleh Aniplex of America untuk streaming dan penayangan video rumahan di Amerika Utara. Aniplex of America merilis musim pertama dalam bentuk DVD pada 15 Juli 2014.[63]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]
No. Judul Disutradarai oleh Tanggal rilis asli
1"Welcome to Ezo Ag"
Transkripsi: "Ezonō e, yōkoso" (Jepang: エゾノーへ、ようこそ)
Tomohiko Itō11 Juli 2013 (2013-07-11)[64]
Running away from home, Yuugo Hachiken leaves the urban life at Sapporo to enroll at the Ooezo Agricultural High School and it does not take long for him to learn that adapting himself to his new environment will not be easy.
2"Hachiken Rides a Horse"
Transkripsi: "Hachiken, uma ni noru" (Jepang: 八軒、馬に乗る)
Ho Pyeon-gang18 Juli 2013 (2013-07-18)[65]
Getting used to his new environment, Hachiken must enroll at one of the school clubs according to the curriculum, and encouraged by his classmate Aki Mikage, he ends up joining her at the equestrian club. However, he spends the day doing menial tasks like cleaning the stables and just when he is starting to regret his decision, he is invited to experience the joy of riding a horse for the first time.
3"Hachiken Meets Pork Bowl"
Transkripsi: "Hachiken, butadon to deau" (Jepang: 八軒、豚丼と出会う)
Kazuo Nogami25 Juli 2013 (2013-07-25)[66]
With most of the students on leave at Golden Week, Hachiken, Mikage and their classmate Ichiro Komaba watch a Ban'ei horse race together, and despite the horse bred at Mikage's farm do not win, she gets some relief learning that he gets well placed enough to have a chance of not being killed for livestock. After returning to the school, Hachiken pities a piglet that is the weakest and smallest among its siblings and, giving it the nickname "Pork-Bowl," decides to take care of it, just to later know that it will be sent to the slaughterhouse in three months.
4"Hachiken Bakes Pizza"
Transkripsi: "Hachiken, piza o yaku" (Jepang: 八軒、ピザを焼く)
Yasuo Muroi1 Agustus 2013 (2013-08-01)[67]
During the regular campus cleanup, Hachiken stumbles upon an abandoned oven (which was later revealed to be owned by the School Headmaster) and his classmates convince him to make pizza with it, as most of them never ate one before. As Hachiken and his friends gather the necessary supplies throughout the campus, a teacher from his old school in Sapporo drops at Ezo to check on him.
5"Hachiken Runs Off"
Transkripsi: "Hachiken, dassō suru" (Jepang: 八軒、脱走する)
Ken Andō8 Agustus 2013 (2013-08-08)[68]
The boys take heed of a certain special event to be held at night and come with a plan to slip past curfew to get a glimpse of it. Having no idea about what is it or why his classmates are so pumped up with it, Hachiken ends up dragged along in their scheme.
6"Hachiken Stays with the Mikages"
Transkripsi: "Hachiken, Mikage-ke ni iku" (Jepang: 八軒、御影家に行く)
Kotomi Deai15 Agustus 2013 (2013-08-15)[69]
Learning that the dorms will be closed for summer vacation but refusing to return home, Hachiken accepts Mikage's offer to work at her family's farm. However, once realizing that he has not warned his parents about it, he looks for a place with cellphone signal until he gets lost and is rescued by Komaba. In the events that followed, he got to dress his first deer as a result.
7"Hachiken Goes to Giga Farm"
Transkripsi: "Hachiken, Giga fāmu e" (Jepang: 八軒、ギガファームへ)
Ho Pyeon-gang22 Agustus 2013 (2013-08-22)[70]
Hachiken and Mikage take a break from work and pay a visit to Giga Farm, a huge industrial farm that belongs to their classmate Tamako Inada's family. In the occasion, Hachiken learns about the rather harsh reality of the animals living there and realizes Mikage's worries about her family's expectations for her future.
8"Hachiken Makes a Huge Mistake"
Transkripsi: "Hachiken, dai shittai o enjiru" (Jepang: 八軒、大失態を演じる)
Kiyoshi Murayama29 Agustus 2013 (2013-08-29)[71]
Hachiken's older brother Shingo pays a visit at the Mikage farm to check on him, much to his young brother's chagrin. Just as his part-time job is about to finish, Hachiken's carelessness leads to damage to the farm. Wanting to take responsibility for the accident, he refuses to be paid for his work. However, he is convinced by the Mikages to accept payment as they consider that all the help he provided them during these three weeks were worth it, despite what happened.
9"Hachiken Hesitates over Pork Bowl"
Transkripsi: "Hachiken, butadon ni mayou" (Jepang: 八軒、豚丼に迷う)
Tomotaka Shibayama5 September 2013 (2013-09-05)[72]
Back from summer break, Hachiken learns that Pork-Bowl has not grown as much as its peers and takes extra measures to ensure that it gains weight faster, even knowing that this will make things even more painful for him when the time comes to part with it.
10"Hachiken Says Goodbye to Pork Bowl"
Transkripsi: "Hachiken, butadon to wakareru" (Jepang: 八軒、豚丼と別れる)
Tomohiko Itō12 September 2013 (2013-09-12)[73]
The time has come for Pork-Bowl to be sent to the slaughterhouse and Hachiken decides to make use of the money he earned during summer vacation to buy all its meat. After the meat is delivered to him, Hachiken's friends come with several ideas about what to do with it. He decided to turn 50 kilos of the meat into bacon.
11"Take Off Running, Hachiken"
Transkripsi: "Hashiridase, Hachiken" (Jepang: 走り出せ、八軒)
Kotomi Deai19 September 2013 (2013-09-19)[74]
The bacon Hachiken prepared with Pork-Bowl's meat becomes a fad among the students and it does not take long for it to run out. As Komaba plays in the local baseball team aiming for the nationals, his friends come to the stadium to cheer for him and Hachiken realizes that six months has passed since he enrolled in Ezo Ag and, unlike his friends, he still has not decided what path he should take in life.
Musim 2[sunting | sunting sumber]
No. Judul Disutradarai oleh Tanggal rilis asli
1"Hachiken Becomes the Club Vice President"
Transkripsi: "Hachiken, fukubuchō ni naru" (Jepang: 八軒、副部長になる)
Jun Soga9 Januari 2014 (2014-01-09)[75]
The seniors from the Equestrian Club appoint Hachiken as the new vice-president against his will. Troubled about it, he later witnesses Mikage crying after having a serious conversation with Komaba and can't stop worrying about them as well, even after they tell him to forget about it.
2"Hachiken Adopts Vice Prez"
Transkripsi: "Hachiken, fukubuchō o hirou" (Jepang: 八軒、副ぶちょーを拾う)
Yasuhiro Geshi16 Januari 2014 (2014-01-16)[76]
Hachiken finds an abandoned puppy during campus clean-up and decides to adopt it. However, taking care of his new pet is not an easy task, as he not only needs money for vaccines and registration, but has to train it (the food bill is thanks to a donation box Tokiwa attached to his collar). Yoshino and everyone in the Equestrian Club temporarily named the puppy "Fukubucho no Inu" ("The Vice President's Dog"), which, by the next day, was shortened to just "Fukubucho" ("Vice President"), with hilarious results for Hachiken, THE Equestrian Club vice-president. Also in this episode, Hachiken injures himself after trying to save Komaba from getting pinned by a cow that slipped on some manure.
3"Hachiken Jumps High"
Transkripsi: "Hachiken, takaku tobu" (Jepang: 八軒、高く跳ぶ)
Tomotaka Shibayama23 Januari 2014 (2014-01-23)
The newbies from the Equestrian Club have their first jump class, but Hachiken is the only one who fails to have his horse jump an obstacle, bringing some unpleasant memories of his past to surface. Claiming that it needs more than words to have him figure out the reason why, Mikage takes him to a jumping competition.
4"Minamikujou Appears"
Transkripsi: "Minamikujō, arawaru" (Jepang: 南九条、あらわる)
Hiroyuki Kanbe30 Januari 2014 (2014-01-30)
Hachiken participates in his first official jumping competition, where he finished fourth in his category (with Maron). In the occasion he and Mikage have a short meeting with Ayame Minamikujō, Mikage's childhood friend and self-proclaimed rival, and is startled when meeting his brother again by surprise.
5"Hachiken Has His Hands Full"
Transkripsi: "Hachiken, ōwarawa" (Jepang: 八軒、大わらわ)
Hiroki Negishi6 Februari 2014 (2014-02-06)
With the Ezo Ag Festival fast approaching, the Equestrian Club begins work on Ban'ei horse racing track, despite Hachiken tasking himself with way too much work. Afterwards Hachiken takes initiative and asks Mikage out on a date and his feelings for her are revealed by her friends. However, on the morning of the festival, Hachiken suddenly collapses on the race track.
6"Mikage Gives It Her All"
Transkripsi: "Mikage, funtō su" (Jepang: 御影、奮闘す)
Yasuhito Nishikata13 Februari 2014 (2014-02-13)
Hachiken wakes up at the hospital and comes face to face with his father, who wastes no time blaming the Ezo Ag institution for Hachiken's fatigue. Meanwhile, Mikage and the Equestrian Club work their hardest to make the festival a success and praise Hachiken for all his hard work upon his return.
7"Komaba Takes The Mound"
Transkripsi: "Komaba, maundo ni tatsu" (Jepang: 駒場、マウンドに立つ)
Ken Andō27 Februari 2014 (2014-02-27)
The time has come for the Regional Baseball Championship and the students cheer for Ezo Ag's team, hoping for them to reach the National tournament, specially for Komaba who is one of the team's highlights.
8"Hachiken Howls"
Transkripsi: "Hachiken, hoeru" (Jepang: 八軒、咆える)
Hironori Aoyagi6 Maret 2014 (2014-03-06)
Hachiken discovers that Komaba has lost not only the Championship, but the last chance for him to settle the debts of his farm and is forced to quit school and look for a job to help at home. Despite knowing that there is not anything he can do about it, Hachiken can't bear to accept the fact that Komaba was forced to give up on his ambitions before he could even get the chance to fight for them.
9"The Last Milk"
Transkripsi: "Saigo no gyūnyū" (Jepang: 最後の牛乳)
Shunsuke Machiya13 Maret 2014 (2014-03-13)
Despite knowing that there is nothing he could do for Komaba's sake, Hachiken claims to Mikage that it is fine for them to rely on him and they pay a visit at Komaba's farm to pay their respects as all their cows are seized to pay for their debt. However, with her father being a co-guarantor of the Komaba farm's loan, Mikage's farm is also in difficulties and when they are forced to sell all their horses, she comes with an important decision with Hachiken's support.
10"Dream"
Transkripsi: "Yume" (Jepang: )
Tomotaka Shibayama20 Maret 2014 (2014-03-20)
Determined to follow her dream of working with horses, Mikage is allowed to work under her uncle instead of inheriting her father's farm under the condition of making into college and Hachiken agrees to help her.
11"Over and Over Again"
Transkripsi: "Nandodemo" (Jepang: 何度でも)
Kotomi Deai27 Maret 2014 (2014-03-27)
Hachiken returns home to Sapporo to obtain his brother's study guides for Mikage and has a frustratingly insightful encounter with his father. Afterwards Hachiken's mother visits Ezo Ag to better understand the school he chose and leaves knowing that he is growing into a better person. Finally, as the winter season approaches, Hachiken and his friends begin planning their respective futures.

Film peran hidup[sunting | sunting sumber]

Sebuah film peran hidup berdasarkan manga secara resmi diumumkan di surat kabar Nikkan Sports and Sports Nippon pada 7 Agustus 2013. Kento Nakajima berperan sebagai Yuugo Hachiken, dengan Alice Hirose sebagai Aki Mikage dan Tomohiro Ichikawa sebagai Ichiro Komaba.[77] Film tersebut disutradarai oleh Keisuke Yoshida, dengan perusahaan produksi TBS dan Wilco serta distributor Toho.[78] Tayang perdana di Tokyo pada 7 Maret 2014,[79] film tersebut juga ditampilkan di Festival Film Jepang San Francisco pada 22 Juli 2014.[80] Lagu tema film ini adalah "Hidamari" yang dibawakan oleh Yuzu.[81][79] Iwasawa Koji menulis dan menggubah lagu untuk film tersebut.[79]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Sejak jilid pertamanya, Silver Spoon telah diterima dengan baik oleh para pembaca. Manga tersebut menjadi judul manga Shogakukan tercepat pada saat itu untuk mencapai angka satu juta salinan cetakan pertama, setahun tiga bulan setelah manga diluncurkan.[82] Menurut Oricon, manga tersebut juga merupakan manga terlaris ke-7 di Jepang pada tahun 2012, dan judul manga terlaris dari Shogakukan, serta judul manga terlaris tahun 2012 yang belum memiliki adaptasi anime.[83] Pada Oktober 2013 telah terjual 12 juta salinan di Jepang.[84] Pada tahun 2014, serial ini telah terjual lebih dari 15 juta salinan di Jepang.[85] Pada Juli 2017, manga ini telah dicetak lebih dari 16 juta eksemplar.[86] Pada Februari 2020, manga tersebut telah dicetak lebih dari 17 juta eksemplar.[87]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Silver Spoon menduduki peringkat #2 di "Komik yang Direkomendasikan Karyawan Toko Buku Nasional" oleh situs Honya Club pada tahun 2012.[88] Silver Spoon memenangkan Penghargaan Utama dari Penghargaan Manga Taishō ke-5 pada tahun 2012,[89] dan Penghargaan Manga Shogakukan ke-58 (kategori shōnen) pada tahun 2013.[90] Pada 2013 Silver Spoon memenangkan Penghargaan Konten Budaya Pangan Jepang yang pertama.[91] Manga tersebut adalah salah satu dari sembilan nominasi untuk Penghargaan Budaya Osamu Tezuka tahunan ke-19 pada tahun 2015.[92]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Publishers Weekly menyimpulkan bahwa karya tersebut adalah "sisi kehidupan SMK Jepang yang jarang terlihat di manga, menjadikannya serial yang sangat menarik."[93] Barnes & Noble memasukkan Silver Spoon ke dalam daftar "Manga Favorit Kami Tahun 2018".[94]

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada November 2019, Crunchyroll memasukkan Silver Spoon ke dalam "100 anime terbaik tahun 2010-an".[95]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Chapman, Jacob (July 29, 2014). "Silver Spoon Sub.DVD - Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-30. Diakses tanggal 2014-07-30. 
  2. ^ Silverman, Rebecca (February 21, 2018). "Silver Spoon GN 1 - Review". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-28. Diakses tanggal July 28, 2018. 
  3. ^ a b c d e f g h i j Hodgkins, Crystalyn (May 23, 2015). "Silver Spoon Anime's Cast Revealed, 2 Ads Posted". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  4. ^ Komatsu, Mikikazu (December 7, 2013). "Sayuri Yahagi Joins "Silver Spoon" Anime 2nd Season as Ayame Minamikujyou". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-31. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  5. ^ a b c AnimeLand (dalam bahasa Prancis). Anime Manga Press. ISSN 1148-0807.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  6. ^ ANN staff (March 25, 2011). "FMA's Hiromu Arakawa Starts Silver Spoon School Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2017. Diakses tanggal May 27, 2017. 
  7. ^ Nelkin, Sarah (August 2, 2014). "Silver Spoon's Arakawa Slows Manga's Serialization". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (April 5, 2015). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Manga Returns This Month". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  9. ^ Hodgkins, Crystalyn (May 11, 2015). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Manga Goes on Short Hiatus". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-17. Diakses tanggal July 23, 2017. 
  10. ^ ANN staff (May 27, 2017). "Arakawa: Silver Spoon Manga Will Show Hachiken After Graduation". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2017. Diakses tanggal May 27, 2017. 
  11. ^ Ressler, Karen (November 25, 2015). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Manga Returns in January". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  12. ^ Loo, Egan (August 23, 2016). "Silver Spoon Manga Will Resume on August 31". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  13. ^ Sherman, Jennifer (September 20, 2016). "Silver Spoon Manga Goes Back on Hiatus". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  14. ^ Sherman, Jennifer (June 23, 2017). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Manga Returns on July 5". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  15. ^ Ressler, Karen (July 18, 2017). "Silver Spoon Manga Goes Back on Hiatus After 3 Chapters". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  16. ^ Pineda, Rafael Antonio (May 24, 2018). "Silver Spoon Manga Gets Another New Chapter on May 30". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  17. ^ Sherman, Jennifer (June 12, 2018). "Silver Spoon Manga Goes Back on Hiatus After 4 Chapters". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-20. Diakses tanggal February 19, 2019. 
  18. ^ Mateo, Alex (October 29, 2019). "Silver Spoon Manga Enters Final Arc on November 6". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-29. Diakses tanggal October 29, 2019. 
  19. ^ Hodgkins, Crystalyn (November 5, 2019). "Silver Spoon Manga Ends in 4 Chapters". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-05. Diakses tanggal November 5, 2019. 
  20. ^ a b 「銀の匙 Silver Spoon」本日発売サンデーで最終回、「名探偵コナン」新章も. Natalie (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-27. Diakses tanggal November 27, 2019. 
  21. ^ a b Pineda, Rafael Antonio (November 27, 2019). "Shonen Sunday: Look Forward to Fullmetal Alchemist/Silver Spoon Creator Hiromu Arakawa's New Story". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-27. Diakses tanggal November 27, 2019. 
  22. ^ 少年サンデー 52号 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, 2020. Diakses tanggal October 21, 2020. 
  23. ^ Loo, Egan (March 25, 2011). "FMA's Hiromu Arakawa Starts Silver Spoon School Manga - News". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 27, 2017. Diakses tanggal January 26, 2012. 
  24. ^ "Silver Spoon 1". Shogakukan Asia. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 3, 2015. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  25. ^ Ressler, Karen (July 2, 2017). "Yen Press Licenses Silver Spoon, Kemono Friends Manga, Imōto Sae Ireba Ii., Reborn as a Vending Machine Light Novels, More". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-20. Diakses tanggal July 2, 2017. 
  26. ^ 銀の匙 1 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  27. ^ "Silver Spoon, Vol. 1". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  28. ^ 銀の匙 2 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  29. ^ "Silver Spoon, Vol. 2". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  30. ^ 銀の匙 3 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. April 18, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  31. ^ "Silver Spoon, Vol. 3". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  32. ^ 銀の匙 4 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. July 18, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  33. ^ "Silver Spoon, Vol. 4". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  34. ^ 銀の匙 5 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  35. ^ "Silver Spoon, Vol. 5". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  36. ^ 銀の匙 6 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  37. ^ "Silver Spoon, Vol. 6". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  38. ^ 銀の匙 7 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  39. ^ "Silver Spoon, Vol. 7". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  40. ^ 銀の匙 8 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  41. ^ "Silver Spoon, Vol. 8". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  42. ^ 銀の匙 9 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  43. ^ "Silver Spoon, Vol. 9". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  44. ^ 銀の匙 10 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  45. ^ "Silver Spoon, Vol. 10". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  46. ^ 銀の匙 11 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  47. ^ "Silver Spoon, Vol. 11". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  48. ^ 銀の匙 12 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  49. ^ "Silver Spoon, Vol. 12". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  50. ^ 銀の匙 13 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  51. ^ "Silver Spoon, Vol. 13". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  52. ^ 銀の匙 14 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  53. ^ "Silver Spoon, Vol. 14". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  54. ^ 銀の匙 15 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  55. ^ 銀の匙 15 卒業記念品・スプーン付き特別版 (dalam bahasa Jepang). Shogakukan. June 28, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 10, 2020. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  56. ^ "Silver Spoon, Vol. 15". Yen Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-27. Diakses tanggal August 9, 2020. 
  57. ^ Loo, Egan (December 28, 2012). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Manga Gets TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2012. Diakses tanggal May 27, 2017. 
  58. ^ Loo, Egan (July 5, 2013). "Galileo Donna Anime by Kite's Umetsu to Air on Noitamina". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2013. Diakses tanggal May 27, 2017. 
  59. ^ Loo, Egan (December 1, 2013). "2nd Silver Spoon Season's January 9 Date, Staff Unveiled". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2014. Diakses tanggal May 27, 2017. 
  60. ^ Beveridge, Chris (January 5, 2014). "Crunchyroll Adds 'Silver Spoon' Season Two For Winter 2014 Anime Lineup". The Fandom Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-26. Diakses tanggal January 17, 2020. 
  61. ^ "New Silver Spoon TV Ad Previews miwa, Sukima Switch's Theme Songs". Anime News Network. June 13, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2013. 
  62. ^ Loo, Egan (November 27, 2013). "Rock Band Fujifabric Performs 2nd Silver Spoon Opening". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 1, 2014. 
  63. ^ Loo, Egan (May 24, 2015). "Aniplex USA Offers 1st, 2nd Madoka Magica Films Dubbed, AnoHana Film Blu-ray/DVD". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 25, 2014. 
  64. ^ 第1回 2013年7月11日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  65. ^ 第2回 2013年7月18日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  66. ^ 第3回 2013年7月25日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  67. ^ 第4回 2013年8月1日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  68. ^ 第5回 2013年8月8日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  69. ^ 第6回 2013年8月15日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  70. ^ 第7回 2013年8月22日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  71. ^ 第8回 2013年8月29日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  72. ^ 第9回 2013年9月5日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  73. ^ 第10回 2013年9月12日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-27. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  74. ^ 第11回 2013年9月19日(木)放送 あらすじ (dalam bahasa Jepang). Fuji TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal April 7, 2019. 
  75. ^ Sylvia, Angela (January 11, 2014). "Silver Spoon Season Two Episode #01 Anime Review". The Fandom Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-11. Diakses tanggal January 11, 2020. 
  76. ^ Sylvia, Angela (January 17, 2014). "Silver Spoon Season 2 Episode #02 Anime Review". The Fandom Post. Diakses tanggal January 17, 2020. 
  77. ^ Hodgkins, Crystalyn (August 6, 2013). "Kento Nakajima Stars in Live-Action Silver Spoon Film". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 8, 2017. Diakses tanggal March 12, 2017. 
  78. ^ Sarah, Nelkin (February 6, 2014). "Live-Action Silver Spoon's Hachiken Actor Plays Character in Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-06. Diakses tanggal February 6, 2020. 
  79. ^ a b c "Yuzu to provide the theme song for 'Silver Spoon' live-action film". Tokyohive.com. December 6, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2014. Diakses tanggal January 14, 2015. 
  80. ^ "Silver Spoon". Japan Film Festival of San Francisco. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 3, 2015. Diakses tanggal December 31, 2020. 
  81. ^ Sherman, Jennifer (December 14, 2013). "Live-Action Silver Spoon's Trailers Preview Yuzu's Opening". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-24. Diakses tanggal December 15, 2019. 
  82. ^ "Silver Spoon Is Shogakukan's Fastest With 1-Million 1st Printing". Anime News Network. July 11, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 14, 2012. 
  83. ^ Loo, Egan (December 2, 2012). "30 Top-Selling Manga in Japan by Series: 2012". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 18, 2013. 
  84. ^ Loo, Egan (October 26, 2013). "Live-Action Silver Spoon Film's Teaser Streamed". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2013. 
  85. ^ "Silver Spoon (1-12 volumes)". Sugoi Japan Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 1, 2016. Diakses tanggal October 1, 2016. 
  86. ^ Komatsu, Mikikazu (July 5, 2017). "Hiromu Arakawa's "Silver Spoon" Manga 14th Volume Set for Release on August 18". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2017. Diakses tanggal December 8, 2017. 
  87. ^ Komatsu, Mikikazu (February 12, 2020). "Silver Spoon Manga's Final 15th Volume Comes with a Silver Spoon". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-23. Diakses tanggal June 22, 2020. 
  88. ^ 書店員選ぶランキングに鬼灯の冷徹、銀の匙、アオハライド. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. March 2, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-26. Diakses tanggal April 26, 2021. 
  89. ^ Loo, Egan (March 23, 2012). "Hiromu Arakawa's Silver Spoon Wins 5th Manga Taisho Award". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2014. 
  90. ^ Loo, Egan (March 10, 2013). "Silver Spoon, I Am a Hero Win Shogakukan Manga Awards". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 1, 2013. 
  91. ^ Pappas, Andre (December 12, 2013). "Silver Spoon Manga Wins Japan Food Culture Contents Award - News". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2014. Diakses tanggal July 30, 2014. 
  92. ^ Ressler, Karen (23 March 2015). "19th Tezuka Osamu Cultural Prize Nominees Announced". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2015. Diakses tanggal 24 March 2015. 
  93. ^ "Silver Spoon". Publishers Weekly. March 5, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-03. Diakses tanggal March 5, 2018. 
  94. ^ Alverson, Brigid (December 20, 2018). "Our Favorite Manga of 2018". Barnes & Noble. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 21, 2018. Diakses tanggal June 26, 2020. 
  95. ^ Wolf, Ian (November 27, 2019). "Crunchyroll Names The Top 100 Anime of the 2010s". Anime UK News. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 27, 2019. Diakses tanggal November 27, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]