Darling in the Franxx

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Darling In The Franxx

ダーリン・イン・ザ・フランキス

(Dārin In Za Furankisu)

Genre

Fiksi ilmiah, Mecha, Roman[1]

Serial anime televisi
Sutradara

Atsushi Nishigori

Produser
  • Yōsuke Toba
  • Mikio Uetsuki
  • Eiichi Kamagata
Penulis
  • Atsushi Nishigori
  • Naotaka Hayashi
  • Masahiko Ōtsuka
  • Rino Yamazaki
  • Hiroshi Seko
Musik

Asami Tachibana

Studio
  • Trigger
  • CloverWorks
Pelisensi
NA
Crunchyroll
Saluran tayang

Tokyo MX, GYT, GTV, BS11, ABC, Mētele, HOME, BSS, BBC, AT-X[2]

Saluran bahasa Inggris
Waktu tayang 13 Januari 2018 - 7 Juli 2018
Jumlah episode

24

Manga

Penulis

Kentaro Yabuki

Penerbit

Shueisha

Demografi

Shōnen

Majalah terbit

Shōnen Jump+

Tanggal terbit 14 Januari 2018 - sekarang
Jumlah volume

1

Manga

Penulis

Mato

Penerbit

Shueisha

Demografi

Shōnen

Majalah terbit

Shōnen Jump+

Tanggal terbit 14 Januari 2018 - sekarang

Darling in the Franxx (ダーリン・イン・ザ・フランキス, Dārin In Za Furankisu) (ダーリン・イン・ザ・フランキス Dārin In Za Furankisu?) adalah sebuah serial anime televisi bergenre fiksi ilmiah yang diproduksi bersama oleh Trigger dan CloverWorks dan tayang perdana pada 13 Januari 2018.[3] Anime ini diumumkan pada Juli 2017 saat panel Trigger dalam Anime Expo 2017 berlangsung.[4] Sebuah adaptasi manga oleh Kentaro Yabuki dan manga yonkoma untuk serial anime ini telah dimulai serialisasinya mulai 14 Januari 2018.[5]

Anime ini memulai distribusi internasionalnya secara serentak setelah perilisannya, dengan Crunchyroll sebagai layanan pengaliran untuk pemirsa internasional. Penyiaran juga ditujukan untuk pemirsa di Asia Tenggara melalui Aniplus Asia. Funimation sebagai rekan penyedia layanan memulai perilisan versi sulih suara bahasa Inggris untuk serial anime ini pada 1 Februari.[6][7]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Anime ini berlatar pada masa depan pasca-apokaliptik ketika umat manusia dihadapkan pada mara bahaya oleh makhluk raksasa yang dikenal sebagai  klaxosaur (叫竜, kyoryū). Para klaxosaur ini dapat dibagai dalam empat kategori berdasarkan ukuran mereka: "Conrad", "Mohorovičić", "Gutenberg", dan "Lehmann". Terdesak akan jurang pembinasaan, umat yang selamat kemudian mendirikan kota milter yang dikenal sebagai Perkebunan (Plantation), dipimpin oleh Organisasi APE. Untuk melindungi kota, para anak-anak dibesarkan dan dilatih untuk memiloti mecha raksasa yang disebut sebagai Franxx (フランクス Furankusu) secara berpasangan yang berbeda jenis kelaminnya. Salah seorang dari anak-anak tersebut, Hiro, pada mulanya dianggap sebagai anak yang berbakat, tetapi setelah berbagai kali gagal untuk berselaras dengan pasangannya, dia gagal dalam program pelatihan dan memutuskan untuk keluar. Saat ia melewatkan acara kelulusan kelasnya, Hiro secara tak sengaja bertemu dengan Zero Two, pilot Franxx yang dikenal buruk, dan dia adalah anggota ras manusia yang memiliki darah klaxosaur, memberikannya sepasang tanduk merah di kepalanya. Setelah pasangan Zero Two terbunuh karena serangan klaxosaur, Hiro kemudian meminta Zero Two untuk menjadi pasangan barunya, atau yang ia sebut sebagai "Darling".

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Para karakter utama dari serial ini membentuk Skuat 13. Skuat ini berbasis di Perkebunan dan tinggal di dalam wilayah rumah mereka, Mistilteinn (ミストルティン, Misutorutin) atau yang sehari-hari disebut sebagai Sangkar. Skuat 13 adalah regu yang unik, terutama untuk Franxx yang dirancang sendiri. Skuat ini juga dikenal karena memanggil satu sama lain dengan nama panggilan mereka ketimbang menggunakan nomor kode (code) mereka, terkecuali Zero Two (002). Nama panggilan mereka didasarkan pada bagaimana penyebutan nomor kode mereka dapat dibaca dalam bahasa Jepang.

Pilot dari Franxx Strelizia

Code:016 (コード:016 Kōdo:016) / Hiro (ヒロ)

Suara oleh: Voiced by: Yūto Uemura, Ami Koshimizu (masa kecil) (Jepang); Matt Shipman, Mikaela Krantz (masa kecil) (Inggris)

Code:002 (コード:002 Kōdo:002) / Zero Two (ゼロツー Zero Tsū)

Suara oleh: Haruka Tomatsu (Jepang); Tia Ballard (Inggris)

Pilot dari Franxx Dephinium

Code:056 (コード:056 Kōdo:056) / Goro (ゴロー Gorō)

Suara oleh: Yuuichirou Umehara, Natsumi Fujiwara (masa kecil) (Jepang); Austin Tindle, Morgan Berry (masa kecil) (Inggris)

Code:015 (コード:015 Kōdo:015) / Ichigo (イチゴ)

Suara oleh: Kana Ichinose (Jepang); Brittany Lauda (Inggris)

Pilot dari Franxx Argentea

Code:666 (コード:666 Kōdo:666) / Zorome (ゾロメ)

Suara oleh: Mutsumi Tamura (Jepang); Ryan Reynolds (Inggris)

Code:390 (コード:390 Kōdo:390) / Miku (ミク)

Suara oleh: Nanami Yamashita (Jepang); Bryn Apprill (Inggris)

Pilot dari Franxx Genista

Code:326 (コード:326 Kōdo:326) / Mitsuru (ミツル)

Suara oleh: Aoi Ichikawa (Jepang); Bryson Baugus (Inggris)

Code:556 (コード:556 Kōdo:556) / Kokoro (ココロ)

Suara oleh: Saori Hayami (Jepang); Jeannie Tirado (Inggris)

Pilot dari Franxx Chlorophytum

Code:214 (コード:214 Kōdo:214) / Futoshi (フトシ)

Suara oleh: Hiroki Gotou (Jepang); Blake Shepard (Inggris)

Code:196 (コード:196 Kōdo:196) / Ikuno (イクノ)

Suara oleh: Shizuka Ishigami (Jepang); Leah Clark (Inggris)

APE[sunting | sunting sumber]

APE merupakan organisasi yang berkuasa di Perkebunan, benteng pertahanan terakhir umat manusia.

Nana (ナナ)

Suara oleh: Marina Inoue (Jepang); Michelle Rojas (Inggris)

Hachi (ハチ)
Suara oleh: Katsuyuki Konishi (Jepang); Eric Vale (Inggris)
Doktor Franxx (フランクス博士 Furankusu Hakase)
Suara oleh: Kenyuu Horiuchi (Jepang); Kent Williams (Inggris)
Tujuh Yang Bijak (七賢人 Shichikenjin)
Suara oleh: Tessho Genda, Nobuo Tobita (ketua), Mitsuo Yokoi (wakil ketua) (Jepang); Christopher R. Sabat (ketua) (Inggris)

Nines[sunting | sunting sumber]

Nines adalah pasukan khusus dan pertahanan yang merupakan subordinat langsung dari APE.

9'α (ナインアルファ Nain Arufa, Nine Alpha)

Suara oleh: Souma Saitou (Jepang); Justin Briner (Inggris)

Karakter Lainnya[sunting | sunting sumber]

Code:703 (コード:703 Kōdo:703) / Naomi (ナオミ)
Suara oleh: Ami Koshimizu (Jepang); Megan Shipman (Inggris)
Code:081 (コード:081 Kōdo:081)
Suara oleh: Takanori Hoshino (Jepang); Jeff Johnson (Inggris)
Code:090 (コード:090 Kōdo:090)
Suara oleh: Makoto Furukawa (Jepang); Josh Grelle (Inggris)

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Logo dari Darling in the Franxx.

Serial anime dengan 24 episode ini disutradarai oleh Atsuhi Nishigori, dengan Nishigori dan Naotaka Hayashi yang menangani penaskahan serial utamanya. Masayoshi Tanaka bertindak sebagai perancang karakter, Shigeto Koyama bertindak sebagai perancang mekanik, Hiroyuki Imaishi bertugas sebagai pengarah animasi aksinya serta Asami Tachibana sebagai penggubah musik yang digunakan di dalam anime ini.[8][9]

Lagu tema pembuka untuk anime ini berjudul "Kiss of Death", dinyanyikan oleh Mika Nakashima dan diciptakan oleh Hyde.[10] Sementara itu, lagu tema penutupnya adalah  "Torikago" (トリカゴ) (episode 1-6), "Manatsu no Setsuna" (真夏のセツナ) (episode 7), "Beautiful World" (episode 8-12, 14), dan  "Hitori" (ひとり) (episode 13) yang keseluruhannya dibawakan oleh XX:me (dibaca "Kiss Me"), sebuah unit yang terdiri dari para karakter wanita utama di dalam serial ini (Zero Two, Ichigo, Miku, Kokoro, dan Ikuno).[11] Crunchyroll menyiarkan serial ini secara serentak sedangkan Funimation telah memiliki lisensinya dan mengalirkannya dengan sulih suara berbahasa Inggris.[12] Aniplus Asia juga melakukan siaran simultan untuk serial ini di wilayah Asia Tenggara.[13]

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Darling in the Franxx Original Soundtrack
Album soundtrack karya Asami Tachibana
Dirilis 25 April 2018 (2018-04-25) (volume 1)
Genre Soundtrack
Label Aniplex
Produser Asami Tachibana

Lagu tema (soundtrack) untuk serial ini digubah oleh Asami Tachibana dan diterbitkan oleh Aniplex. Cakram pertamanya memuat 21 lagu dan ditutup dengan volume rilis video rumahan pertama dari anime ini, serta dijadwalkan akan dirilis pada 25 April 2018. Keseluruhan lagu yang ada digubah oleh Asami Tachibana.[14]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Kentaro Yabuki dan karikatur yonkoma oleh Mato telah mulai diserialisasikan dalam situs web Shōnen Jump+ pada 14 Januari 2018.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Winter 2018 Anime Preview Guide DARLING in the FRANXX". Anime News Network. 5 Februari 2018. Archived from the original on February 5, 2018. Retrieved January 13, 2018. 
  2. ^ "On Air". Darling in the Franxx Official Website (in Japanese). December 28, 2017. Archived from the original on December 28, 2017. 
  3. ^ "DARLING in the FRANXX Anime Video Reveals Story Teaser, January Premiere". Anime News Network. October 18, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2017. Diakses tanggal October 18, 2017. 
  4. ^ "Studio Trigger Announces 3 New Anime Titles (Updated)". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 3, 2017. Diakses tanggal July 3, 2017. 
  5. ^ "To Love-Ru's Kentaro Yabuki's New Manga is DARLING in the FRANXX". Anime News Network. December 16, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2017. Diakses tanggal December 16, 2017. 
  6. ^ "Funimation Announces Start of DARLING in the FRANXX SimulDub". Twitter. Diakses tanggal February 4, 2018. 
  7. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2018 Simulcast License Acquisitions". Crunchyroll. January 8, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 31, 2018. Diakses tanggal February 4, 2018. 
  8. ^ "Studio Trigger, A-1 Pictures' DARLING in the FRANKXX Anime Reveals Video, Visual, Staff". Anime News Network. July 5, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2017. Diakses tanggal August 9, 2017. 
  9. ^ "DARLING in the FRANXX Anime's Promo Video, TV Ads Streamed". Anime News Network. November 8, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2017. Diakses tanggal November 8, 2017. 
  10. ^ "DARLING in the FRANXX Anime Reveals January 13 Premiere, Opening Theme Song". Anime News Network. December 13, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 14, 2017. Diakses tanggal December 14, 2017. 
  11. ^ "Music". darli-fra.jp (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal March 12, 2018. CS1 maint: Unrecognized language (link)
  12. ^ "Crunchyroll, Funimation Announce 7 Anime for Winter 2018 Simulcast Season". Anime News Network. December 14, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 14, 2017. Diakses tanggal December 14, 2017. 
  13. ^ "ANIPLUS Asia to Simulcast DARLING in the FRANXX". Anime News Network. January 14, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 12, 2018. Diakses tanggal April 12, 2018. 
  14. ^ ダーリン・イン・ザ・フランキス 1 [Darling in the Franxx 1]. darli-fra.jp (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal April 12, 2018. CS1 maint: Unrecognized language (link)