Shadows House

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shadows House
Sampul volume pertama Shadows House, menampilkan Emilico (kiri) dan Kate Mirror (kanan)
シャドーハウス
(Shadō Hausu)
Genre
Manga
PengarangSo-ma-to
PenerbitShueisha
ImprintYoung Jump Comics
MajalahWeekly Young Jump
DemografiSeinen
Terbit6 September 2018 – sekarang
Volume16
Seri anime
SutradaraKazuki Ōhashi
Produser
  • Souta Furuhashi
  • Chihiro Kawamura
  • Hiroshi Kirinaga
  • Shiryuu Kitazawa
  • Keisuke Satou
SkenarioToshiya Ōno
MusikKenichiro Suehiro
StudioCloverWorks
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, GTV, GYT, MBS, BS Asahi, Wowow, FTV
Saluran bahasa Inggris
Tayang 11 April 2021 24 September 2022
Episode25
 Portal anime dan manga

Shadows House (Jepang: シャドーハウス, Hepburn: Shadō Hausu) adalah seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh duo So-ma-to. Seri manga ini diserialisasikan di majalah Weekly Young Jump milik Shueisha sejak September 2018, telah dikumpulkan dalam enam belas volume tankōbon sampai dengan Februari 2024. Sebuah adaptasi anime televisi oleh CloverWorks ditayangkan dari April hingga Juli 2021. Musim kedua tayang dari Juli hingga September 2022.

Alur[sunting | sunting sumber]

Di sebuah rumah yang megah dan gelap, penghuni Rumah Bayangan tinggal, didampingi oleh pasangan Boneka Hidup mereka yang tanpa henti membersihkan jelaga yang dipancarkan tuan mereka. Emilico, Boneka Hidup yang muda dan ceria, dengan senang hati mulai melayani Nona Kate. Saat keduanya semakin dekat dan perlahan-lahan terpapar dengan berbagai peristiwa di dalam rumah tersebut, mereka menemukan sejumlah rahasia kelam.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Boneka hidup[sunting | sunting sumber]

Emilico (エミリコ, Emiriko)
Pengisi suara: Yū Sasahara[5] (Jepang); Dani Chambers[6] (Inggris)
Boneka hidup Kate, dinamai sesuai tokoh protagonis dari buku cerita yang disukai Kate. Emilico dicirikan oleh sikapnya yang ceria, optimis, dan baik hati, serta kecenderungannya untuk mencoba dan membantu siapa pun yang dia bisa. Di luar menjadi Boneka Hidup Kate, dia adalah anggota Pasukan Pembersih 10 bersama Lou, Rosemary dan Mia, dan kemudian menjadi pemimpinnya. Meskipun memiliki kepribadian yang sangat berbeda, hubungan dia dan Kate sangat baik. Saat mereka menggali rahasia Rumah Bayangan lebih dalam, dia mulai mendapatkan kembali ingatan tentang kehidupannya sebelum masuk ke RUmah Bayangan, yaitu sebagai pejalan kaki di atas tali dalam sirkus keliling, Dia diundang untuk memasuki Rumah Bayangan oleh Shaun, Lou, Ricky dan Rum.
Shaun (ショーン, Shōn)
Pengisi suara: Kōdai Sakai[7] (Jepang); Jordan Dash Cruz[6] (Inggris)
Anak laki-laki yang cerdas dan tabah, merupakan Boneka Hidup John. Meskipun awalnya berada di bawah pengaruh kopi pencuci otak, perkelahian dengan John membuatnya sadar kembali. Bersama tuannya, dia menjadi teman terdekat Emilico dan Kate saat mereka memberontak melawan Rumah Bayangan. Nama aslinya adalah John, dan dia dulunya adalah anak tertua dari tiga bersaudara dan menjadi ketua kelas saat di Desa Mirrorside.
Lou (ルウ, )
Pengisi suara: Ayane Sakura[8] (Jepang); Marisa Duran[6] (Inggris)
Gadis pendiam, penurut, dan sangat cantik yang merupakan Boneka Hidup Louise. Meskipun sering digambarkan sebagai orang yang lesu, Lou sangat teguh ketika dia memutuskan sesuatu. Nama aslinya Louise.
Ricky (リッキー, Rikkī)
Pengisi suara: Reiji Kawashima[9] (Jepang); Adam McArthur[6] (Inggris)
Boneka Hidup Patrick yang pertama kali digambarkan arogan dan sombong seperti tuannya, tetapi ketika hubungannya dengan Boneka Hidup seangkatannya menjadi lebih hangat, dia menunjukkan kepribadian yang lebih sensitif dan baik hati. Dia kemudian terpikat dengan Lou. Nama aslinya adalah Patrick.
Rum (ラム, Ramu)
Pengisi suara: Shino Shimoji[10] (Jepang); Risa Mei[6] (Inggris)
Boneka Hidup pemalu dan pendiam yang jarang berbicara dengan siapa pun, bahkan tuannya Shirley. Setelah gagal debut, Rum terlihat hancur, kemudian dicurigai telah diubah menjadi Faceless. Dia dapat mempertahankan harga dirinya berkat Shirley, dan menjadi orang dalam pemberontakan Kate. Nama aslinya adalah Shirley.

Bayangan[sunting | sunting sumber]

Kate Mirror (ケイト・ミラー, Keito Miraā)
Pengisi suara: Akari Kitō[5] (Jepang); Emi Lo[6] (Inggris)
Bayangan Emilico. Kecerdasan dan sikapnya yang tenang menjadikannya ahli dalam memecahkan masalah dan tetap berpikiran jernih dalam situasi sulit, secara efektif kebalikan dari kepribadian Emilico yang lebih blak-blakan dan naif. Meskipun terdapat jarak pada awalnya, Kate dengan cepat menjadi dekat dengan Emilico, menikmati waktu mereka bersama. Dia memutuskan sendiri untuk menghilangkan cuci otak Emilico, dan menggunakan kekuatan jelaga untuk menyelamatkannya di berbagai kesempatan. Curiga dengan Rumah Bayangan dan hierarkinya, Kate perlahan mendapatkan sekutu untuk mengorganisir pemberontakan melawan manor. Kate terungkap merupakan putri dari Lady Catherine, seorang bangsawan manusia yang pernah tinggal di Rumah Mirror dan kemudian menjadi Bayangan. Kemampuan jelaganya memungkinkan dia untuk memindahkan objek dari jarak jauh.
John (ジョン, Jon)
Pengisi suara: Kōdai Sakai[7] (Jepang); Jordan Dash Cruz[6] (Inggris)
Bayangan Shaun. Tidak seperti Shaun, John berjiwa bebas dan jujur, lebih suka menghadapi masalah tanpa berpikir terlebih dahulu. Dia jatuh cinta dengan Kate pada pandangan pertama dan melamarnya. Seperti Kate dan Emilico, dia dan Shaun rukun dan sangat peduli satu sama lain. Kemampuan jelaganya mengumpulkan sejumlah besar jelaga di tinjunya. Dia mampu menghancurkan benda-benda sekuat batu raksasa dari jarak dekat.
Louise (ルイーズ, Ruīzu)
Pengisi suara: Ayane Sakura[8] (Jepang); Marisa Duran[6] (Inggris)
Bayangan Lou. Dia memiliki kepribadian yang terbuka dan narsis, membuatnya sangat menyukai Lou karena wajahnya. Meskipun egois dan awalnya tampak tidak peduli terhadap Lou, dia mulai menghargai kualitas manusia Lou dan memperhatikan kesehatannya. Kemampuan jelaganya memungkinkan dirinya untuk mengendalikan orang lain jika jelaganya dikonsumsi.
Patrick (パトリック, Patorikku)
Pengisi suara: Reiji Kawashima[9] (Jepang); Adam McArthur[6] (Inggris)
Bayangan Ricky. Seperti Boneka Hidupnya, dia sombong dan selalu berusaha menciptakan aura bangsawan di sekelilingnya, namun diam-diam lembut dan sensitif. Tidak seperti Bayangan pada umunya, Patrick sangat bergantung pada Ricky untuk membuat keputusan dan cara menampilkan dirinya. Karena kekuatan jelaganya yang lemah dibandingkan dengan kelas debutan lainnya, dia menjadi sangat tidak percaya diri. Dia jatuh cinta dengan Emilico karena kebaikannya saat debut.
Shirley (シャーリー, Shārī)
Pengisi suara: Shino Shimoji[10] (Jepang); Risa Mei[6] (Inggris)
Bayangan Rum. Pendiam dan tampak tidak memiliki kepribadian, Shirley tidak dapat sepenuhnya meniru Rum karena dia seorang introvert. Dia adalah satu-satunya yang gagal dalam debutnya dan terlihat mati, tetapi sebenarnya kembali ke bentuk Morph-nya. Sebagai Morph, dia bisa menyelinap di sekitar rumah dan mengumpulkan informasi. Kemampuan jelaganya adalah berubah bentuk menjadi objek dan makhluk seukurannya. Saat dia berubah menjadi pita dan melingkari jari Rum, mereka dapat berkomunikasi melalui pikiran.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Shadows House ditulis dan diilustrasikan oleh duo So-ma-to.[11] Manga ini dimulai di majalah milik Shueisha, Weekly Young Jump, pada 6 September 2018.[12] Shueisha telah mengumpulkannya dalam beberapa volume tankōbon. Volume pertama diterbitkan pada 18 Januari 2019.[13] Mannga dalam bahasa Inggris diterbitkan oleh Yen Press.[14]

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2020, sebuah seri televisi anime adaptasi diumumkan pada sampul volume keenam manga ini.[11] Seri ini diproduksi oleh CloverWorks dan disutradarai oleh Kazuki Ōhashi, dengan penulisan naskah oleh Toshiya Ōno, desain karakter oleh Chizuko Kusakabe, dan komposisi musik oleh Kenichiro Suehiro.[15][5] Seri anime tayang dari 11 April hingga 4 Juli 2021, di Tokyo MX dan beberapa saluran lainnya.[16][17] Lagu tema penutup, "Nai Nai", dinyanyikan oleh ReoNa.[16] Funimation memiliki lisensi anime ini di luar Asia.[18] Di Asia Tenggara, lisensi seri ini dimiliki oleh Muse Communication dan ditayangkan di Bilibili.[19] The company later licensed the anime to Animax Asia for TV broadcasts in the region.[20]

Pada 11 September 2021, diumumkan dalam sebuah siaran langsung bahwa seri anime ini akan mendapatkan musim kedua.[21] Pemeran utama dan staf produksi tetap sama seperti musim pertama. Seri anime ini ditayangkan dari 9 Juli hingga 24 September 2022.[22] Lagu tema pembuka berjudul "Shall We Dance?" dinyanyikan ReoNa, sementara lagu tema penutup berjudul "Masquerade" oleh ClariS.[23]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MassLunar (August 2, 2020). "Critique Manga Shadows House #2". Manga Sanctuary (dalam bahasa Prancis). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2022. Diakses tanggal November 3, 2022. 
  2. ^ Kuraka, Ryu (September 25, 2022). 女性W主人公の時代到来? 『リコリス・リコイル』と『シャドーハウス』の共通点. Real Sound (dalam bahasa Jepang). Blueprint Co., Ltd. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 3, 2022. Diakses tanggal November 3, 2022. 
  3. ^ Chapman, Paul (December 20, 2020). "Gothic Mysteries Abound in Shadows House TV Anime Teaser Trailer". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 18, 2021. Diakses tanggal February 19, 2021. 
  4. ^ Chapman, Paul (October 15, 2020). "Supernatural Manga Shadows House Announces Anime Adaptation". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 24, 2020. Diakses tanggal October 15, 2020. 
  5. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (December 19, 2020). "Shadows House TV Anime Reveals Staff, Cast, Teaser Video, 2021 Premiere". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2021. Diakses tanggal December 20, 2020. 
  6. ^ a b c d e f g h i j Friedman, Nicholas (May 28, 2021). "SHADOWS HOUSE English Dub Announced, Cast & Crew Revealed". Funimation. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 31, 2021. Diakses tanggal May 28, 2021. 
  7. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (January 28, 2021). "Shadows House Anime Casts Kōdai Sakai". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2021. Diakses tanggal January 28, 2021. 
  8. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (January 21, 2021). "Shadows House Anime Casts Ayane Sakura". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 16, 2021. Diakses tanggal January 21, 2021. 
  9. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (February 4, 2021). "Shadows House Anime Casts Reiji Kawashima". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 21, 2021. Diakses tanggal February 4, 2021. 
  10. ^ a b Hazra, Adriana (February 11, 2021). "Shadows House Anime Casts Shino Shimoji". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 21, 2021. Diakses tanggal February 11, 2021. 
  11. ^ a b Sherman, Jennifer (October 15, 2020). "Shadows House Manga Gets TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 12, 2021. Diakses tanggal October 15, 2020. 
  12. ^ 「黒」のソウマトウがYJで新連載、顔のない一族とその世話係を描く. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. September 6, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 7, 2021. Diakses tanggal October 15, 2020. 
  13. ^ シャドーハウス 1 (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2020. Diakses tanggal October 15, 2020. 
  14. ^ Mateo, Alex (December 20, 2021). "Yen Press Licenses Shadows House, Mato Seihei no Slave, Magical Explorer, More Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2021. Diakses tanggal December 20, 2021. 
  15. ^ Mateo, Alex (November 4, 2020). "CloverWorks to Animate Shadows House TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 4, 2020. Diakses tanggal November 4, 2020. 
  16. ^ a b Loo, Egan (March 8, 2021). "Shadows House Anime Unveils More Cast & Staff, Ending Song Artist, April 10 Debut, New Visual". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 10, 2021. Diakses tanggal March 8, 2021. 
  17. ^ Pineda, Rafael Antonio (January 7, 2021). "Shadows House TV Anime Premieres in April". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 11, 2021. Diakses tanggal January 7, 2021. 
  18. ^ "Haunted Doll Watch!? SHADOWS HOUSE From CloverWorks Streams Exclusively on Funimation This Spring". Funimation. March 26, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 30, 2021. Diakses tanggal March 26, 2021. 
  19. ^ "木棉花2021年4月新番代理公告 《SHADOWS HOUSE-影宅-》". Facebook (dalam bahasa Tionghoa). March 23, 2021. Diakses tanggal April 1, 2021. 
  20. ^ Animax Asia TV [@animaxasiatv] (September 9, 2021). "Shadows House, a colossal manor deep in the mountains, is home to a clan of peculiar nobles whose skin are pitch-black in appearance. Emilico, one of the Living Dolls of the house, gives aid to her Shadow master, Kate" (Tweet). Diakses tanggal September 9, 2021 – via Twitter. 
  21. ^ Loo, Egan (September 11, 2021). "Shadows House Anime Gets 2nd Season". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2021. Diakses tanggal September 11, 2021. 
  22. ^ Mateo, Alex (January 5, 2022). "Shadows House Anime's 2nd Season Premieres in July". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 8, 2022. Diakses tanggal January 5, 2022. 
  23. ^ Loo, Egan (June 2, 2022). "Shadows House 2nd Season Anime's Full Promo Video Reveals July 8 Debut, Songs by ReoNa, ClariS". Anime News Network. Diakses tanggal June 3, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]