Yamada and the 7 Witches

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Yamada and the 7 Witches
Yamada-kun and the Seven Witches manga vol 1.jpg
Gambar sampul manga volume pertama
山田くんと7人の魔女
(Yamada-kun to 7-nin no majo)
GenreKomedi romantis, supernatural[1]
Manga
PengarangMiki Yoshikawa
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Terbit22 Februari 201222 Februari 2017
Volume28 (Daftar volume)
Drama televisi
SutradaraMamoru Hoshi, Masataka Takamaru
ProduserYukiko Yanagawa
SkenarioShin Ogawa
MusikToshihiko Sahashi
Saluran
asli
Fuji TV
Tayang 10 Agustus 2013 28 September 2013
Episode8 (Daftar episode)
Animasi DVD orisinal
SutradaraTomoki Takuno
SkenarioMichiko Yokote
MusikMasaru Yokoyama
StudioLiden Films
Rilis 17 Desember 2014 15 Mei 2015
Durasi30 menit
Episode2
Seri anime
SutradaraTomoki Takuno
SkenarioMichiko Yokote
MusikMasaru Yokoyama
StudioLiden Films
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, ytv, TVA, TVQ, TVh, RNC, BS11
Tayang 12 April 2015 28 Juni 2015
Episode12 (Daftar episode)
Animasi video orisinal
Yankee-kun na Yamada-kun to Megane-chan to Majo
SutradaraTomoki Takuno
SkenarioMichiko Yokote
MusikMasaru Yokoyama
StudioLiden Films
Rilis28 Agustus 2015
Durasi7 menit
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Yamada-kun to 7-nin no Majo (bahasa Jepang: 山田くんと7人の魔女, terj. har. Yamada dan Tujuh Penyihir), juga dikenal sebagai Yamada-kun and the Seven Witches, dan telah diterbitkan di Indonesia dengan judul Yamada and the 7 Witches, adalah sebuah seri manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Miki Yoshikawa.[3] Seri ini telah diterbitkan oleh Kodansha dalam majalah Weekly Shonen Magazine milik mereka sejak tanggal 22 Februari 2012 hingga 22 Februari 2017. Seri ini telah dilisensi dalam bahasa Tionghoa oleh perusahaan penerbit Taiwan, Tong Li.[4] Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah drama televisi laga hidup (live-action) yang ditayangkan di Fuji TV sejak bulan Agustus hingga September 2013.[5] Pada tanggal 26 Oktober 2013, Crunchyroll mengumumkan kerja sama dengan Kodansha yang mengizinkan mereka untuk mendistribusikan bab-bab manga terbaru secara digital ke 170 negara.[6] Seri ini telah dilisensi untuk diterbitkan di Amerika Utara oleh Kodansha USA, yang mulai merilis manga ini sejak tahun 2015.[7] Seri ini berakhir pada bulan Februari 2017 dengan 28 volume.[8]

Plot[sunting | sunting sumber]

Ryū Yamada terkenal sebagai seorang berandalan di sekolahnya. Ia merasa bosan bersekolah setelah melewati tahun pertama. Suatu hari, ia secara tidak sengaja jatuh dari tangga dan bertabrakan dengan Urara Shiraishi, seorang siswi pintar di sekolahnya. Yamada bangun dan mendapati ia telah bertukar tubuh dengan Shiraishi. Mereka berdua mencoba berbagai cara untuk mengembalikan keadaan seperti semula dan akhirnya mereka mengetahui bahwa ciuman lah yang menyebabkan pertukaran tubuh mereka. Atas saran dari wakil ketua OSIS, Toranosuke Miyamura, mereka menghidupkan kembali Klub Supernatural. Miyabi Itō, seorang siswi yang terobsesi dengan fenomena supernatural, bergabung dengan klub mereka. Klub ini bertemu dengan berbagai "penyihir" dengan kekuatan yang berbeda-beda dan kekuatan tersebut diaktifkan dengan sebuah ciuman. Seorang siswa pindahan, Kentarō Tsubaki, menjadi bagian dari klub setelah hampir menyebabkan kebakaran pada gedung sekolah mereka. Setelah mengetahui identitas penyihir ketujuh, seharusnya ingatan Yamada mengenai para penyihir terhapus, namun yang sebenarnya terjadi adalah ingatan orang-orang terhadap Yamada yang terhapus. Yamada mengembalikan ingatan para penyihir dengan ciuman dan mengumpulkan ketujuh penyihir untuk melaksanakan ritual di mana ia membuat permintaan agar kekuatan penyihir hilang dari sekolahnya. Ia kemudian menyatakan cinta kepada Shiraishi dan mereka menjadi sepasang kekasih. Ia direkrut untuk masuk ke dalam kepengurusan OSIS yang baru di mana ia menyadari bahwa kekuatan "menyalin" kekuatan penyihir masih ia miliki. Ia juga menyadari bahwa kekuatan penyihir kini dimiliki oleh gadis-gadis lain di sekolah mereka dan penyihir tersebut terbagi menjadi beberapa kelompok. Saat pihak OSIS berusaha menutupi permasalahan ini, mereka mengahadapi masalah baru yaitu dari sekumpulan siswa yang tergabung dalam Klub Shogi, di mana mereka memiliki penyihir laki-laki namun dengan kekuatan yang berbeda. OSIS mendapatkan ketidakpercayaan dari siswa-siswa di sekolah sehingga harus bersaing dengan pihak Klub Shogi pada pemilihan umum. Dalam usahanya menyusup ke dalam Klub Shogi, ia menyadari bahwa terdapat hubungan antara masa lalunya yang hilang dengan sebab ia memiliki kekuatan.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ryū Yamada (山田 竜, Yamada Ryū)
Pengisi suara: Ryōta Ōsaka
Yamada adalah anak bermasalah yang berpikir bahwa kehidupan sekolah itu membosankan. Ia juga buruk dalam bidang akademik. Suatu hari ia bertabrakan di tangga dengan Shiraishi, seorang siswi pintar di sekolahnya, dan mendapati tubuh mereka tertukar. Mereka akhirnya dapat mengetahui cara mengaktifkan kekuatan tersebut yaitu dengan berciuman. Kekuatan Yamada sebenarnya adalah menduplikasi kekuatan penyihir yang ia cium. Ia menyatakan perasaannya kepada Shiraishi dan mulai berkencan. Makanan favorit Yamada adalah roti yakisoba.
Urara Shiraishi (白石 うらら, Shiraishi Urara)
Pengisi suara: Saori Hayami
Shiraishi adalah siswi pintar yang meraih nilai tertinggi di kelasnya. Ia sering diganggu oleh siswa lain yang iri dengan keberhasilan akademiknya. Setelah ia menemukan kekuatan bertukar tubuh bersama Yamada, ia mulai berteman dan memiliki kehidupan sosial. Toranosuke Miyamura menunjuk dirinya sebagai ketua Klub Studi Supernatural. Setelah menghabiskan banyak waktu dengan Yamada, dia akhirnya setuju untuk menjadi pacarnya.
Toranosuke Miyamura (宮村 虎之介, Miyamura Toranosuke)
Pengisi suara: Toshiki Masuda
Miyamura, awalnya diperkenalkan sebagai wakil ketua OSIS yang meyakinkan Yamada dan Shiraishi untuk bergabung dengan Klub Studi Supernatural. Ia memiliki kepribadian yang periang, sering menggoda Yamada dan anggota lain untuk mencoba kekuatan penyihir yang diaktifkan dengan ciuman.
Miyabi Itō (伊藤 雅, Itō Miyabi)
Pengisi suara: Maaya Uchida
Ito adalah seorang gadis yang terobsesi dengan fenomena supranatural. Dia bisa menjadi naif, setelah membeli "bukti" fenomena supranatural dalam rangka membuat orang menyukai dirinya.
Kentarō Tsubaki (椿 健太郎, Tsubaki Kentarō)
Pengisi suara: Toshiharu Sasaki
Tsubaki, seorang pelajar pindahan yang menyukai Shiraishi. Dia suka bermain video game dan menggoreng tempura.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Miki Yoshikawa dan diserialisasi oleh Kodansha pada Weekly Shonen Magazine. Bab pertama dirilis pada 22 Februari 2012.[9] Serial ini juga dirilis dalam bentuk tankōbon, di mana volume pertama diterbitkan pada 15 Juni 2012.[10]

Di Indonesia sendiri, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.[1]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah anime yang diadaptasi dari manga dengan 12 episode diproduksi oleh Liden Films dan didireksi oleh Tomoki Takuno tayang di Jepang pada 12 April sampai dengan 28 Juni 2015. Lagu tema pembukanya adalah "Kuchizuke Diamond" oleh WEAVER dan lagu tema penutupnya adalah "CANDY MAGIC" oleh みみめめMIMI.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yamada-kun and the Seven Witches 15 by Miki Yoshikawa - PenguinRandomHouse.com". Penguin Random House. Diakses tanggal 29 Mei 2018. 
  2. ^ http://vividlemon.hatenablog.com/category/2013年夏ドラマ感想
  3. ^ 山田くんと7人の魔女. Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). 21 Agustus 2013. Diakses tanggal 21 Agustus 2013. 
  4. ^ "Tong Li's Chinese catalog" (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 22 Agustus 2013. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fujitv_english
  6. ^ Macias, Patrick (26 Oktober 2013). "Crunchyroll to Digitally Distribute Kodansha Manga". Crunchyroll. Diakses tanggal 27 Oktober 2013. 
  7. ^ "Kodansha Announces "Let's Dance a Waltz" and "Yamada-kun and the Seven Witches"". Crunchyroll. 27 Juli 2014. Diakses tanggal 9 Agustus 2014. 
  8. ^ "Yamada-kun and the Seven Witches" Manga Ending Scheduled. Crunchyroll (dalam bahasa Jepang). 20 Januari 2017. Diakses tanggal 27 April 2017. 
  9. ^ "「ヤンメガ」吉河の新作は問題児と才女の入れ替わりもの" (dalam bahasa Jepang). Natalie.mu. 22 Februari 2012. Diakses tanggal 17 September 2013. 
  10. ^ "山田くんと7人の魔女(1)" (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 17 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]