Domestic na Kanojo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Domestic na Kanojo
Domestic Girlfriend, Volume 1.jpg
Gambar sampul manga volume pertama
ドメスティックな彼女
(Domesutikku na Kanojo)
GenreRomantis[1]
Manga
PengarangKei Sasuga
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Kodansha USA
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Terbit23 April 2014 – sekarang
Volume24 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraShōta Ihata
SkenarioTatsuya Takahashi
MusikMasato Kōda
StudioDiomedéa
LisensorSentai Filmworks
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS. AT-X, ATV
Tayang 11 Januari 2019 30 Maret 2019
Episode12 (Daftar episode)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Domestic na Kanojo (bahasa Jepang: ドメスティックな彼女, Hepburn: Domesutikku na Kanojo), yang dirilis dalam bahasa Inggris dengan judul Domestic Girlfriend, adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sasuga. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan April 2014 dan sejauh ini telah diterbitkan dalam bentuk dua puluh empat volume tankōbon. Seri ini telah dirilis secara digital dalam bahasa Inggris oleh Kodansha USA di bawah imprint Kodansha Comics milik mereka. Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh Diomedéa ditayangkan sejak tanggal 11 Januari hingga 30 Maret 2019 pada blok pemrograman Animeism. Sentai Filmworks telah melisensi seri ini di Amerika Utara dan negara-negara lainnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Natsuo Fujii, seorang pelajar berusia 17 tahun tengah jatuh cinta dengan salah seorang guru di sekolahnya, Hina. Ingin menghilangkan perasaannya terhadap sang guru, ia kemudian mengikuti "kencan buta" bersama teman - temannya dan bertemu dengan seorang gadis aneh bernama Tachibana Rui. Mereka pun dengan "tanpa sengaja" melakukan hubungan intim meskipun mereka tidak memiliki perasaan satu sama lain.

Tidak lama setelah kejadian tersebut, ia mengetahui bahwa ayahnya akan menikah dengan orang lain dan dirinya akan mempunyai 2 saudara angkat perempuan, yang ternyata sangat dikenalnya, Tachibana Rui dan Tachibana Hina.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Natsuo Fujii (藤井 夏生)
Pengisi suara: Taku Yashiro[2]
Natsuo adalah seorang siswa SMA dan bercita-cita menjadi seorang novelis, penuh dengan dorongan kreatif tetapi menyembunyikannya dari semua teman dan teman sekelasnya. Ia sangat mencintai guru SMA-nya, Hina, tetapi saat ia berada dalam proses untuk mencoba melupakan perasaannya, Natsuo kehilangan keperjakaannya setelah bertemu Rui di sebuah pesta. Kemudian, ayahnya mengumumkan bahwa dirinya menikah lagi dan memperkenalkan Natsuo kepada calon istrinya bersama dua putrinya, Hina dan Rui yang juga akan berbagi rumah dengannya..
Rui Tachibana (橘 瑠衣)
Pengisi suara: Maaya Uchida[1]
Rui bertemu Natsuo di sebuah pesta dan mereka berdua memutuskan untuk melarikan diri dan kehilangan keperawanan mereka bersama. Rui beralasan bahwa ia ingin memiliki pengalaman seks dan karena dirinya ragu dalam menemukan 'cinta', sehingga ingin mencoba hal tersebut bersama Natsuo. Rui adalah seorang koki yang sangat andal dan kesulitan dalam memahami perasaan orang lain dan mengekspresikan perasaannya sendiri—sehingga ketika dirinya tinggal bersama Natsuo dan Hina, ia bingung dengan semua yang terjadi di sekitarnya serta 'perasaannya' yang mulai berkembang untuk Natsuo.
Hina Tachibana (橘 陽菜)
Pengisi suara: Yōko Hikasa[1]
Ia mengajar pelajaran bahasa Inggris untuk murid-murid sekolah menengah atas. Ia sangat cantik, ramah dan mudah bergaul, kebalikan dari saudara perempuannya—Rui. Kehidupan pribadinya berantakan ketika ia terlibat dalam perselingkuhan dengan pria yang sudah menikah, dan kemudian dengan saudara tirinya, Natsuo.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Momo Kashiwabara (柏原 もも, Kashiwabara Momo)
Pengisi suara: Haruka Yoshimura[2]
Miu Ashihara (葦原 美雨, Ashihara Miu)
Pengisi suara: Konomi Kohara[2]
Akihito Fujii (藤井昭人)
Pengisi suara: Nobuo Tobita[3]
Ia adalah ayah Natsuo. Ia mulai berkencan dengan Tokiko Tachibana, setelah istrinya meninggal. Ia kemudian menjadi ayah angkat untuk Hina dan Rui setelah menikahi ibu mereka.
Tokiko Tachibana (橘都樹子)
Pengisi suara: Yurika Hino[3]
Ia adalah ibu Hina dan Rui. Ia mulai berkencan dengan Akihito Fujii setelah suaminya meninggalkannya untuk wanita lain. Ia menjadi ibu angkat Natsuo setelah menikahi ayahnya.
Fumiya Kurimoto (栗本文哉)
Pengisi suara: Takuya Eguchi[3]
Yūya Masaoka (柾岡悠弥)
Pengisi suara: Takeaki Masuyama[3]
Kazuyuki Kine (木根和志)
Pengisi suara: Gakuto Kajiwara[3]
Reiji Kariya
Pengisi suara: Hikaru Midorikawa[4]
Shū Hagiwara
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa[4]
Ia adalah seorang pria berusia 32 tahun yang telah menikah, sekaligus peneliti di laboratorium Biologi di sebuah universitas. Ia telah menjalin hubungan dengan Hina selama dua tahun.
Masaki Kobayashi
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda[4]
Alex J. Matsukawa
Pengisi suara: Tasuku Hatanaka
Alex adalah siswa SMA yang merupakan anggota dari Klub Sastra. Dia adalah keturunan Amerika. Dia memiliki perasaan terhadap Rui.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sasuga, seri manga ini sedang dimuat dalam majalah milik Kodansha, Weekly Shōnen Magazine, sejak tanggal 23 April 2014.[5] Bab-babnya telah dibundel dan diterbitkan dalam format tankōbon oleh Kodansha sejak tanggal 17 Juli 2014.[6] Hingga tanggal 17 Desember 2018, 21 volume telah diterbitkan. Kodansha USA menerbitkan versi terjemahan bahasa Inggris dari manga ini melalui unduhan digital.[7]

Video web[sunting | sunting sumber]

Sebuah video web dirilis pada bulan Mei 2016 di YouTube, bertepatan dengan penerbitan volume kesembilan dari manga ini. Dimaksudkan untuk "jenis demo drama simulasi cinta", video tersebut memungkinkan para pemirsa untuk memengaruhi jalan cerita secara interaktif dengan cara memilih antara dua anotasi yang mengarah ke video terpisah. Video tersebut dibintangi oleh Anna Konno sebagai Hina dan Hanami Natsume sebagai Rui.[8][9]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime-nya diumumkan pada tanggal 12 Juli 2018.[1] Seri ini disutradarai oleh Shōta Ihata sementara skenarionya ditulis oleh Tatsuya Takahashi, dengan animasi karya studio Diomedéa. Naomi Ide mendesain karakter untuk seri ini. Anime-nya ditayangkan sejak tanggal 12 Januari hingga 30 Maret 2019,[a] dan disiarkan pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS, dan BS-TBS.[12][2] Lagu tema pembukanya adalah "Kawaki wo Ameku" (カワキヲアメク) yang dibawakan oleh Minami, sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Wagamama" (わがまま) yang dinyanyikan oleh Arisa Takigawa.[3] Seri ini ditayangkan secara simulcast di Australia dan Selandia Baru melalui AnimeLab.[13] Sentai Filmworks memperoleh hak distribusi untuk seri ini di Amerika Utara, Kepulauan Britania, Australasia, Afrika Selatan, dan wilayah lainnya, serta menayangkan seri ini secara simulcast pada platform terpilih.[14] HIDIVE mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi sulih suara bahasa Inggris untuk seri anime-nya.[15] MVM Entertainment telah memperoleh hak distribusinya melalui Sentai Filmworks untuk wilayah Britania Raya dan Irlandia.[16]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Domestic Girlfriend tayang perdana pada tanggal 11 Januari 2019 pada pukul 25.55 (01.55am), dan secara efektif sudah termasuk tanggal 12 Januari 2019.[10][11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Domestic Girlfriend Romance Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 11 Juli 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Juli 2018. Diakses tanggal 12 Juli 2018. 
  2. ^ a b c d "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals More Cast, January 2019 Premiere". Anime News Network. 11 Oktober 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Oktober 2018. Diakses tanggal 11 Oktober 2018. 
  3. ^ a b c d e f "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals 1st Promo Video, Theme Song Artists, More Cast Members". Anime News Network. 9 November 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 November 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  4. ^ a b c "Domestic Girlfriend TV Anime's New Promo Video Previews Ending Theme (Updated)". Anime News Network. 14 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Desember 2018. Diakses tanggal 21 Desember 2018. 
  5. ^ "「GE」の流石景、週マガに凱旋!三角関係を描く新連載". Natalie (dalam bahasa Jepang). 23 April 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2018. Diakses tanggal 5 Januari 2019. 
  6. ^ "作品: ドメスティックな彼女 DOME × KANO([著]流石景)". Media Arts Database (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Desember 2017. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  7. ^ "Kodansha USA Publishes Domestic Girlfriend, GTO Paradise Lost Manga Digitally". Anime News Network. 11 April 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 April 2017. Diakses tanggal 13 April 2017. 
  8. ^ "『ドメスティックな彼女』今野杏南&夏目花実で実写化 WEB動画公開". Oricon (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  9. ^ "「ドメカノ」がWebドラマに!今野杏南と夏目花実が過激なシーンに体当たり". Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 Agustus 2017. Diakses tanggal 31 Juli 2017. 
  10. ^ Hodgkins, Crystalyn (30 Desember 2018). "Domestic Girlfriend TV Anime's 2nd Promo Video Previews Both Opening, Ending Themes". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Maret 2019. 
  11. ^ "INFORMATION". Domestic na Kanojo Official Website (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 March 2019. 
  12. ^ "Domestic Girlfriend TV Anime Reveals January 11 Premiere". Anime News Network. 4 Desember 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-04. Diakses tanggal 4 Desember 2018. 
  13. ^ @AnimeLab (2 Januari 2019). "💞 Schoolboy Natsuo finds out that his soon to be step-siblings are none other than his teacher crush, Hina and the girl with whom he has his 'first time', Rui. Experience the unexpected love triangle of Domestic Girlfriend on AnimeLab soon! 💞" (Twit). Diakses tanggal 2 Januari 2019 – via Twitter. 
  14. ^ Hodgkins, Crystalyn (6 Januari 2019). "Sentai Filmworks Licenses Domestic Girlfriend Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Januari 2019. Diakses tanggal 6 Januari 2019. 
  15. ^ "HIDIVE Confirms English Dub for Domestic Girlfriend Anime". Anime News Network. 19 Mei 2019. Diakses tanggal 25 Juni 2019. 
  16. ^ MVMEntertainment [@MVM_UK] (25 Mei 2019). "Heads up! Here's our first five new licenses. As always it's too early to say dates, price, CE or not etc. But we'll be releasing Anohana: Flowers We Saw That Day, Asura Cryin' S1&2, Domestic Girlfriend, Girl in Twilight and Mysteria Friends!" (Twit). Diakses tanggal 25 Mei 2019 – via Twitter. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]