Monogatari (seri)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monogatari
Bakemonogatari Vol 1.jpg
Gambar sampul novel ringan Bakemonogatari volume pertama
物語
GenreFantasi, paranormal[1]
Novel ringan
PengarangNisio Isin
IlustratorVofan
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
ImprintKodansha Box
MajalahMephisto
Pandora
Terbit10 Agustus 2005 – sekarang
Volume25 (Daftar volume)
Seri anime
Musim Pertama
Sutradara
Produser
  • Atsuhiro Iwakami
  • Mitsutoshi Kubota
  • Masayuki Haryu (#1–15)
  • Takyua Matsushita (#16–30)
Skenario
  • Fuyashi Tō
  • Akiyuki Shinbo
MusikSatoru Kōsaki
StudioShaft
Lisensor
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, MBS, TV Saitama, TVK, TV Aichi, CTC, TVQ, TVH, BS Japan
Tayang
Episode30 (Daftar episode)

Arc Musim Pertama:

  1. Bakemonogatari (15 episode)
  2. Nisemonogatari (11 episode)
  3. Nekomonogatari (Black) (4 episode)
Drama audio
Hyakumonogatari
PenulisNisio Isin
Rilis3 Agustus 2009
Permainan
Bakemonogatari Portable
PengembangNamco Bandai Games
PenerbitNamco Bandai Games
GenreNovel visual
PlatformPlayStation Portable
Rilis23 Agustus 2012
Seri anime
Musim Kedua
Sutradara
  • Akiyuki Shinbo (Sutradara)
  • Tomoyuki Itamura
Produser
  • Atsuhiro Iwakami
  • Mitsutoshi Kubota
  • Takuya Matsushita
Skenario
  • Fuyashi Tō
  • Akiyuki Shinbo
Musik
  • Satoru Kōsaki (#1–23)
  • Kei Kaneoka (#24–28)
StudioShaft
Lisensor
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, Chiba TV, tvk, TV Saitama, Tochigi TV, GTV, MBS, TV Aichi, TVh, TVQ Kyushu, BS11
Tayang
Episode28 (Daftar episode)

Arc Musim Kedua:

  1. Nekomonogatari (White) (5 episode)
  2. Kabukimonogatari (4 episode)
  3. Otorimonogatari (4 episode)
  4. Onimonogatari (4 episode)
  5. Koimonogatari (6 episode)
  6. Hanamonogatari (5 episode)
Seri anime
Musim Terakhir
Sutradara
  • Akiyuki Shinbo (Sutradara)
  • Tomoyuki Itamura (#1–36)
Produser
  • Takuya Matsushita
  • Atsuhiro Iwakami (#1–36)
  • Mitsutoshi Kubota (#1–36)
  • Tatsuya Ishikawa (#37–42)
  • Kazuteru Sōmiya (#37–42)
  • Tomoki Yunoguchi (#37–42)
Skenario
  • Fuyashi Tō
  • Akiyuki Shinbo
Musik
  • Kei Haneoka (#1–17, 29–42)
  • Satoru Kōsaki (#18–28)
StudioShaft
Lisensor
Hanabee
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, GYT, GTV, TV Saitama, CTC, tvk, MBS, TVh, TV Aichi, TVQ
Tayang
Episode42 (Daftar episode)

Arc Musim Terakhir:

  1. Tsukimonogatari (4 episode)
  2. Owarimonogatari I (13 episode)
  3. Koyomimonogatari (12 episode)
  4. Owarimonogatari II (7 episode)
  5. Zoku Owarimonogatari (6 episode)
Manga
Bakemonogatari
PengarangOh! great
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
Vertical
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Terbit14 Maret 2018 – sekarang
Volume5 (Daftar volume)
Other

Kizumonogatari (seri film)

Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Monogatari (物語, terj. har. "Cerita") adalah nama umum untuk serangkaian seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh novelis Jepang Nisio Isin dan diilustrasikan oleh ilustrator asal Taiwan bernama Vofan. Kodansha telah menerbitkan 25 novel dari seri ini sejak bulan November 2006 di bawah imprint Kodansha Box milik mereka, dan sedikitnya tiga novel lagi direncanakan untuk diterbitkan. Ceritanya mengisahkan tentang Koyomi Araragi, seorang siswa kelas tiga SMA yang selamat dari serangan vampir, dan karena satu dan lain hal, dirinya membantu beberapa gadis yang terlibat dengan semua jenis penampakan—seperti dewa, hantu, binatang mitologis, dan roh.

Shaft telah berulang kali memproduksi seri anime Monogatari sejak tahun 2009. Musim pertamanya terdiri dari 30 episode yang dirilis sejak tahun 2009 hingga 2012. Musim keduanya terdiri dari 28 episode yang dirilis sejak tahun 2013 hingga 2014. Musim ketiga dan terakhir terdiri dari 42 episode yang dirilis sejak tahun 2014 hingga 2019. Sebuah trilogi film juga dirilis pada tahun 2016 dan 2017. Sebuah adaptasi manga karya Oh! great mulai dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak tahun 2018.

Alur cerita dan latar[sunting | sunting sumber]

Seri Monogatari bercerita mengenai Koyomi Araragi, siswa kelas tiga SMA yang menjadi manusia kembali setelah beberapa saat menjadi vampir. Suatu hari, teman sekelas nya, Hitagi Senjougahara yang penyendiri, jatuh saat menuruni tangga ke pelukan Koyomi. Ia meyadari bahwa Hitagi tidak memiliki berat, bertentangan dengan hukum fisika. Meskipun diancam olehnya untuk menjauhkan diri, Koyomi menawarkan bantuan dan memperkenalkan Hitagi kepada Meme Oshino, seorang pria paruh baya aneh yang tinggal di sebuah bangunan lama. Setelah Koyomi membantu menyelesaikan masalah Hitagi, ia pun setuju untuk menjadi temannya.

Sebagai kelanjutan serial, Koyomi mendapati dirinya terlibat dengan gadis-gadis lain, masing-masing mendapatkan masalah dari berbagai "keanehan", termasuk hantu seorang anak yang bernama Mayoi Hachikuji; adik kelasnya Suruga Kanbaru; Nadeko Sengoku, seorang teman dari saudara perempuannya; teman sekelasnya Tsubasa Hanekawa; dan adik-adik perempuannya sendiri Karen dan Tsukihi. Ketika berurusan dengan makhluk-makhluk itu, Koyomi mengandalkan bimbingan dari Oshino dan kemudian, dari Shinobu, vampir yang dahulu menyerangnya, kini mengambil wujud sebagai gadis berusia delapan tahun.

Meskipun memasukkan unsur fantasi, horor, dan aksi, fokus utama pada percakapan antara karakter, yang berisi parodi, serta permainan kata dan metahumor yang khas dari Nisio Isin.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Seri Monogatari pertama kali dibuat oleh Nisio Isin sebagai rangkaian cerita pendek untuk majalah Mephisto. Cerita yang diterbitkan sebelumnya dari Bakemonogatari, ditambah beberapa cerita baru, akhirnya dikumpulkan dalam dua volume sebagai bagian dari judul peluncuran Kodansha Box pada tahun 2006.[2][3] Volume pertama Bakemonogatari (化物語, "Cerita Monster") berisi tiga cerita berjudul "Hitagi Crab" (ひたぎクラブ), "Mayoi Snail" (まよいマイマイ) dan "Suruga Monkey" (するがモンキー);[4]; volume kedua dilengkapi dengan dua cerita tambahan berjudul "Nadeko Snake" (なでこスネイク) dan "Tsubasa Cat" (つばさキャット).[4]

Sebuah prekuel, berjudul "Koyomi Vamp" (こよみヴァンプ), diterbitkan dalam edisi pertama majalah Pandora. Yang kemudian dirilis sebagai volume terpisah pada tahun 2008, berjudul Kizumonogatari (傷物語, "Cerita Luka"),[5], diikuti oleh Nisemonogatari (偽物語, "Cerita Palsu"), yang dibagi menjadi dua volume dirilis pada tahun 2008 dan 2009:[6] pertama berisi "Karen Bee" (かれんビー) dan yang kedua "Tsukihi Phoenix" (つきひフェニックス).[7]. Volume pertama Nekomonogatari (猫物語, "Cerita Kucing") yang dirilis pada tahun 2010, dengan subjudul Kuro (黒, "Hitam"), berisi prekuel lain untuk Bakemonogatari, berjudul "Tsubasa Family" (つばさファミリー).

Saga yang kedua dari Monogatari, dirilis antara tahun 2010 dan 2011, menggali lebih dalam hubungan Koyomi dengan masing-masing tokoh, termasuk volume Nekomonogatari kedua, dengan subjudul Shiro (白, "Putih") yang berisi "Tsubasa Tiger" (つばさタイガー); Kabukimonogatari (傾物語) berisi "Mayoi Jiangshi" (まよいキョンシー); Hanamonogatari (花物語, "Cerita Bunga") berisi "Suruga Devil" (するがデビル); Otorimonogatari (囮物語, "Cerita Umpan") berisi "Nadeko Medusa" (なでこメドゥーサ); Onimonogatari (鬼物語, "Cerita Iblis") berisi "Shinobu Time" (しのぶタイム); dan Koimonogatari (恋物語, "Cerita Cinta") berisi "Hitagi End" (ひたぎエンド)..

Saga yang ketiga dari Monogatari, dirilis antara tahun 2012 dan 2014, memperdalam sejarah karakter Ogi Oshino, yang mengaku sebagai kerabat Meme Oshino. Terdiri dari enam jilid; Tsukimonogatari (憑物語) berisi "Yotsugi Doll" (よつぎドール), Koyomimonogatari (暦物語), berisi 12 cerita pendek, tiga volume Owarimonogatari (終物語, "Cerita Akhir") berisi "Ōgi Formula" (おうぎフォーミュラ), "Sodachi Riddle" (そだちリドル), "Sodachi Lost" (そだちロスト), "Shinobu Mail" (しのぶメイル), "Mayoi Hell" (まよいヘル), "Hitagi Rendezvous" (ひたぎランデブー) dan "Ōgi Dark" (おうぎダーク), serta Zoku-Owarimonogatari (続・終物語, "Cerita Akhir Lanjutan") berisi "Koyomi Reverse" (こよみリバース).

Saga keempat Monogatari dirilis antara tahun 2015 dan 2016. Buku pertama adalah Orokamonogatari (愚物語), berisi "Sodachi Fiasco" (そだちフィアスコ), "Suruga Bonehead" (するがボーンヘッド) dan "Tsukihi Undo" (つきひアンドゥ). Buku kedua adalah Wazamonogatari (業物語) berisi "Princess Fair" (うつくし姫), "Acerola Bon Appétit" (あせろらボナペティ), "Karen Ogre" (かれんオウガ) dan "Tsubasa Sleeping" (つばさスリーピング).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bakemonogatari: Monster Tale". Vertical. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Agustus 2018. Diakses tanggal 20 Januari 2018. 
  2. ^ 化物語(上) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal October 1, 2014. 
  3. ^ 化物語(下) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal October 1, 2014. 
  4. ^ a b 概要 (dalam bahasa Japanese). Shaft. Diakses tanggal October 6, 2009. 
  5. ^ 傷物語 (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal October 1, 2014. 
  6. ^ 偽物語(上) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal October 1, 2014. 
  7. ^ 偽物語(下) (dalam bahasa Japanese). Kodansha. Diakses tanggal October 1, 2014. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]