Edens Zero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Edens Zero
Edens Zero Volume 1 Cover.jpg
Gambar sampul manga Edens Zero volume pertama, yang diterbitkan oleh Kodansha pada tanggal 14 September 2018 di Jepang
エデンズゼロ
(Edenzu Zero)
GenreFantasi, fiksi ilmiah[1][2]
Manga
PengarangHiro Mashima
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
DemografiShōnen
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Terbit27 Juni 2018 – sekarang
Volume6 (Daftar volume)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Edens Zero (bahasa Jepang: エデンズゼロ, Hepburn: Edenzu Zero) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang bergenre fiksi ilmiah yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Manga ini mulai dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha sejak bulan Juni 2018, dan bab-bab tunggalnya telah dibundel menjadi enam volume tankōbon hingga bulan September 2019. Ceritanya mengisahkan tentang seorang anak bernama Shiki Granbell, seorang bocah berkekuatan gravitasi yang bertualang di luar angkasa menggunakan pesawat dengan nama Edens Zero untuk mencari dewi kosmos yang dikenal sebagai "Mother". Manga ini dirilis secara digital dalam enam bahasa lainnya serentak dengan perilisannya di Jepang, dan Kodansha USA telah melisensi seri ini untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara pada platform Crunchyroll, Comixology, dan Amazon Kindle.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Edens Zero berlatar di alam semesta berupa ruang angkasa fiksi yang dihuni oleh manusia, alien, dan robot hidup. Alam semesta terbagi menjadi beberapa "kosmos" yang lebih kecil, dan tempat yang menjadi latar utamanya adalah Sakura Cosmos.Sakura Cosmos[Jp. 1] Sebagian besar planet dan lokasi memiliki elemen futuristik, beberapa di antaranya dikombinasikan dengan fantasi klasik.[3] Semua teknologi dalam seri ini menggunakan sumber kekuatan magis yang disebut Ether, yang membentuk dasar dari aspek "fantasi" Edens Zero.[4] Satu perangkat cerita yang kerap muncul adalah B-Cube,[Jp. 2] sebuah perekam video yang memungkinkan pembuat konten yang disebut "B-Cuber", untuk mengakses situs web berbagi video dengan nama yang sama yang didasarkan dari YouTube.[5][6] Ether juga menyebabkan berbagai fenomena keplanetan seperti sungai yang mengalir di udara,[5][7] awan yang menghasilkan pilar-pilar kristal,[8] dan pohon raksasa yang terlihat dari luar angkasa.[9] Beberapa karakter bisa langsung memanfaatkan Ether dengan Ether Gear,[Jp. 3] kekuatan dari "Zaman Kegelapan" di alam semesta yang memberi para penggunanya kemampuan manusia super.[3] Alam semesta juga merupakan rumah bagi berbagai entitas kosmik, seperti naga robotik yang berkerumun di sektor yang berbatasan dengan Sakura Cosmos yang disebut Dragonfall,[10] serta Chronophage[Jp. 4] yang melahap berbagai planet dan memundurkan waktu planet-planet tersebut secara permanen, menciptakan sejarah alternatif tanpa menyebabkan paradoks waktu.[11][12]

Plot[sunting | sunting sumber]

Shiki Granbell adalah seorang manusia pengguna Ether Gear yang diadopsi dan dibesarkan oleh robot di planet Granbell, sebuah tempat berisi taman hiburan yang sepi di Sakura Cosmos. Suatu hari, taman tersebut dikunjungi oleh dua B-Cuber yang bepergian ruang angkasa—Rebecca dan teman kucing robotnya yang bernama Happy—yang berteman dengan Shiki ketika mereka ada di sana merekam video untuk akun daring mereka, Aoneko Channel. Setelah para robot memaksa mereka keluar dari planet ini untuk menyelamatkan Shiki dari terdampar sebelum baterai mereka mati, Shiki bergabung dengan guild petualang Rebecca dan Happy untuk menjelajahi alam semesta dengan mencari Mother, seorang dewi kosmos yang terkenal. Dalam prosesnya, dia memperoleh pesawat perang antar bintang bernama Edens Zero, yang sebelumnya digunakan oleh kakek angkatnya, "Raja Iblis" Ziggy, yang juga gagal saat mencari Mother.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Shiki Granbell (シキ・グランベル, Shiki Guranberu)
Shiki adalah satu-satunya penghuni manusia di Kerajaan Granbell, sebuah taman hiburan bertema fantasi di planet robot Granbell, yang juga digunakan Rebecca untuk memberikan Shiki nama marganya. Ia mewarisi kemampuan dari Raja Iblis animatronik di taman hiburan tersebut yang disebut Ether Gear, yang mampu mengatur ulang aliran energi laten di tubuhnya yang disebut "ether" ke dalam mesin—memungkinkannya untuk mengubah gravitasi dirinya dan orang lain. Setelah mendapat dorongan dari Raja Iblis, Shiki bercita-cita untuk mendapatkan teman sebanyak mungkin di luar planetnya, tetapi ia canggung secara sosial di sekitar manusia lain karena menghabiskan sebagian besar hidupnya di antara para robot.
Rebecca (レベッカ, Rebekka)
Rebecca adalah seorang gadis dari planet Blue Garden yang melakukan perjalanan ke berbagai planet untuk merekam video untuk akun B-Cube daring miliknya dan rekannya Happy, yang dinamakan Aoneko Channel, dengan tujuan mendapatkan satu juta pelanggan. Ia juga merupakan pemilik sekaligus pilot dari Aqua Wing, yang memiliki fungsi ganda sebagai kapal laut. Gadis yang cerdas dan energik dalam keadaan biasa, kepribadiannya berubah menjadi kasar dan agresif ketika terlibat dalam pertempuran, dan menampilkan keahlian menembak yang sangat baik dengan bentuk Blaster kembar milik Happy.
Happy (ハッピー, Happī)
Happy adalah seekor kucing robot antropomorfik berwarna biru dari planet Exceed, yang didasarkan pada karakter dengan nama yang sama dari seri Fairy Tail karya Hiro Mashima. Pada masa kecil Rebecca, ia terbunuh dalam sebuah kecelakaan di pinggir jalan dan dirakit kembali menjadi robot cyborg dengan tubuh prostetik oleh Profesor Weisz. Berperan sebagai rekan Rebecca, Happy mampu mengkonfigurasi ulang dirinya menjadi sepasang senjata laser yang digunakan oleh Rebecca bernama Happy Blasters, yang dapat menembakkan peluru ether yang tidak mematikan.
Weisz Steiner (ワイズ・シュタイナー, Waizu Shutainā)
Weisz adalah seorang profesor tua dan mantan mencuri dari planet Norma yang menggunakan salah satu jenis Ether Gear yang disebut Machina Maker yang dapat menyusun ulang dan memodifikasi mesin secara instan. Ia bertanggung jawab sebagai seseorang yang memodifikasi Happy sebagai robot Rebecca, dan bertindak sebagai penolong mereka. Sebagai hasil dari pelahap waktu Chronophage yang melahap waktu Norma selama lima puluh tahun, sosok alternatif Weisz yang lebih muda, hidup berdampingan dengan dirinya yang sekarang dan menyertai kelompok Shiki dalam petualangan mereka.
E.M. Pino (EMピーノ, Ī Emu Pīno)
Pino adalah sebuah miniatur "anti-bot" android yang mampu menciptakan EMP yang mampu menonaktifkan mesin-mesin dan Ether Gear untuk waktu yang singkat. Sebagai milik Raja Iblis, ia menyertai kelompok Shiki demi mampu mengingat kembali kenangannya tentang "tuannya" setelah dihapus oleh bekas kelompok kriminal Weisz di Norma.
Homura Kōgetsu (ホムラ・コウゲツ)
Homura adalah seorang samurai wanita yang memiliki kebiasaan untuk langsung mengatakan apa pun yang ada dalam pikirannya. Ether Gear miliknya adalah Soul Blade, yang mampu menciptakan pedang yang terbuat dari ether dengan bentuk yang dapat diubah sesuka hatinya. Ia membantu kru Edens Zero dengan tujuan untuk menantang orang yang bergelar Raja Iblis, yang dipegang Shiki setelah kematian Ziggy.

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Demon King Ziggy (魔王ジギー, Maō Jigī) adalah seorang robot baik hati dan kakek angkat Shiki di Kerajaan Granbell, di mana ia berperan sebagai karakter penjahat utama di taman tersebut sebelum rusak saat Shiki mash kecil, mewariskan kapal luar angkasa miliknya, Edens Zero, untuk Shiki.
  • Mother (マザー, Mazā) adalah seorang wanita berukuran planet yang berada di luar Sakura Cosmos, di mana ia dianggap sebagai dewi mitos. Ia merupakan target dari upaya pencarian gagal yang tak terhitung jumlahnya yang dilakukan oleh para penjelajah luar angkasa, dan Shiki bertekad untuk menjadi orang pertama yang memastikan keberadaannya.
  • Elsie Crimson (エルシー・クリムゾン, Erushī Kurimuzon) adalah seorang bajak laut luar angkasa yang dikenal karena telah menaklukkan tujuh "lautan kosmik" luar angkasa. Ia memberikan pesawat Edens Zero kepada Shiki setelah mencarinya karena hutang budinya kepada Raja Iblis, menggunakan pesawat yang telah berubah sebagai vasal penyimpanan yang disebut sebagai Skull Fairy.
  • Clarisse Layer (クラリス・レイヤー, Kurarisu Reiyā) adalah seorang resepsionis yang sensitif dan bersahabat dari Shooting Starlight, sebuah guild petualang di Blue Garden di mana Shiki, Rebecca, dan Happy menjadi anggotanya.
  • Labilia Christy (ラビリア・クリスティ, Rabiria Kurisuti) adalah seorang tokoh B-Cube yang terkenal sekaligus anggota Shooting Starlight dengan hubungan yang kurang baik terhadap Rebecca. Ia terpesona dengan kekuatan gravitasi Shiki setelah ia mempermalukannya karena telah menindas Rebecca, dan berniat menjadikannya fokus dari videonya yang baru.
  • Xiaomei (シャオメイ, Shaomei) adalah seorang gadis maha tahu yang berperan sebagai narator seri dengan melanggar dinding keempat.
  • Conner (コナー, Konā) adalah mantan kapten Edens One berasal dari alam semesta lain bernama Aoi Cosmos. Setelah kehilangan kapal lamanya dia, Connor terjebak di luar angkasa sambil memegang helm kapal tanpa kesakitan, pada akhirnya ditemukan oleh Shiki and teman-temannya dengan selamat. Benar dengan pengalaman masa lalunya sebagai kapten, Conner lebih ahli menemukan rute pintas tercepat ke tujuan terpanjang.
  • Justice (ジャスティス, Jasutisu), Victory (ビクトリー, Bikutorī), dan Creed (クリード, Kurīdo) adalah para petugas dari Tentara Serikat Antarbintang, pasukan militer pemerintah semesta. Menurut Mashima, karakter Justice terinspirasi dari Sieg Hart dari seri Rave.[13]
  • Four Shining Stars (四煌星, Shikōsei) adalah sekelompok android yang diciptakan oleh Ziggy demi meningkatkan fungsi Edens Zero agar dapat mampu menjelajahi wilayah berbahaya di luar angkasa. Anggotanya terdiri dari Witch (ウィッチ, Witchi), yang berperan sebagai "penjaga" Edens Zero dengan cara mempertahankan dan merawat pesawat tersebut, dan sangat patuh kepada Shiki; Sister (シスター, Shisutā), "nyawa" dari Edens Zero, yang memperbaiki mesin-mesin yang rusak; serta Valkyrie (ヴァルキリー, Varukirī) dan Hermit (ハーミット, Hāmitto), yang masing-masing merupakan "pedang" dan "otak" dari pesawat tersebut.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan Fairy Tail pada tanggal 26 Juli 2017, Hiro Mashima mengirimkan sebuah Tweet pada tanggal 31 Desember 2017 dan berjanji untuk memulai seri baru pada tahun 2018.[14] Setelah kunjungannya di Festival Komik Internasional Angoulême di Prancis, Mashima mengungkapkan bahwa seri ini merupakan "sebuah bentuk baru dari cerita fantasi", dan bahwa karakter Plue dari seri terdahulunya bertajuk Rave Master akan muncul di manga baru ini.[1] Pada tanggal 14 Mei 2018, Mashima berkomentar di Twitter bahwa ia menjadi "sedikit kebingungan" karena bekerja secara serentak untuk seri ini, kelanjutan Fairy Tail, dan proyek "rahasia" lainnya. Ia juga menyatakan bahwa ide-ide baru untuk seri ini datang "satu demi satu".[15] Pada tanggal 30 Mei 2018, Weekly Shōnen Magazine mengungkapkan bahwa seri baru ini memiliki judul awal Eden's Zero.[16]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Seri ini dimuat dalam edisi ke-30 tahun 2018 di majalah manga shōnen terbitan Kodansha, Weekly Shōnen Magazine pada tanggal 27 Juni 2018.[17] Seri ini diterbitkan secara serentak dalam enam bahasa berbeda: Inggris, Prancis, Mandarin, Korea, Thailand, dan Portugis Brasil.[16][18] Perusahaan penerbitan Amerika Utara Kodansha USA akan merilis bab-bab dari seri ini di platform digital seperti Crunchyroll Manga, ComiXology, dan Amazon Kindle.[16] Volume tankōbon pertama akan dirilis pada tanggal 14 September 2018.[19]

Daftar volume[sunting | sunting sumber]

No.JudulRilis versi Jepang Rilis versi bahasa Inggris
1To Sky Where Cherry Blossoms Blow
Sakura Mau Sora ni (桜舞うソラに)
14 September 2018 (2018-9-14)[19][20]
ISBN 978-4-06-513234-0
ISBN 978-4-06-513235-7 (SE)
6 November 2018 (2018-11-6)[21]
ISBN 978-1-63-236756-3
  1. "To Sky Where Cherry Blossoms Blow" (桜舞うソラに, Sakura Mau Sora ni)
  2. "The Girl and the Blue Cat" (少女と青猫, Shōjo to Ao Neko)
  1. "Adventurers" (冒険者たち, Bōkensha-tachi)
  2. "Norma" (ノーマ, Nōma)
Shiki dibesarkan oleh sekumpulan robot di taman bermain hiburan Kerajaan Granbell. Taman hiburan ini kemudian dikunjungi oleh dua orang penjelajah—Rebecca dan kucing robotnya, Happy—yang segera berteman dengan Shiki. Hari berikutnya, para robot di taman bermain tersebut menjadi kasar dan menangkap semua pengunjung, ingin balas dendam terhadap manusia karena telah mengabaikan mereka. Saat para robot juga mulai menyerang Shiki, ia melawan balik dan menolong Rebecca menggunakan kemampuan Gravity Ether Gear miliknya. Rebecca dan Happy kabur dari planet tersebut bersama Shiki dengan pesawat luar angkasa mereka, Aqua Wing, dan para robot menyiratkan kesenangan mereka saat melihat Shiki kabur sebelum semua robot tersebut hancur serentak, setelah menjalakan pemberontakan mereka untuk menyelamatkannya dari risiko terdampar sendirian. Mereka bertiga tiba di planet Blue Garden dan mendaftarkan Shiki ke dalam guild petualang bernama Shooting Starlight, di mana Shiki mengenali sebuah hologram yang menampilkan sosok kosmis bernama Mother. Ketika para anggota guild tidak percaya bahwa Shiki pernah bertemu dengannya, ia dan teman-temannya memutuskan untuk mencari Mother dan membuktikan keberadaannya, bertualang ke planet Norma untuk mendapatkan pesawat luar angkasa yang lebih layak dari penolong Rebecca and Happy, Profesor Weisz Steiner. Saat mengunjungi laboratorium Weisz, mereka bertemu seseorang yang memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Profesor Weisz.
2Iron Tears
Tetsu no Namida (鉄の涙)
16 November 2018 (2018-11-16)[22]
ISBN 978-4-06-513249-4
5 Februari 2019 (2019-2-5)[23]
ISBN 978-1-63-236757-0
  1. "A Man Named Weisz" (ワイズという男, Waizu Toiu Otoko)
  2. "Thief" (盗賊 (シーフ), Shīfu)
  3. "Iron Tears" (鉄の涙, Tetsu no Namida)
  4. "Clash!! The Sibir Family" (激突!! シビルファミリー, Gekitotsu!! Shibiru Famirī)
  5. "Vs. the Foote Brothers" (VS. フットブラザーズ, VS. Futto Burazāzu)
  1. "We're Friends, Aren't We?" (友達だろ, Tomodachi Daro)
  2. "Machina Maker" (マキナ・メイカー, Makina Meikā)
  3. "The Skull Fairy" (スカルフェアリー号, Sukaru Fearī-gō)
  4. "Edens Zero" (シキVSエルシー, Shiki VS Erushī, lit. "Shiki vs. Elsie")
  5. "Born Again" (もう一度生まれる, Mō Ichido Umareru)
Setelah orang asing tersebut kabur sambil membawa koper yang dicurinya dari geng kriminal lokal, kelompok Shiki mengetahui dari siaran berita bahwa mereka telah dikirim ke masa lima puluh tahun yang lalu, dan menyadari bahwa orang asing tadi merupakan versi muda dari Profesor Weisz. Ketika bersembunyi dari kejaran geng, mereka kembali berjumpa dengan Weisz dan secara tak sengaja membuka koper curian dan menemukan E.M. Pino, sebuah robot EMP dari masa mereka. Setelah Shiki mengalahkan gerombolan geng untuk menghentikan mereka yang berusaha mengeksploitasi teknologi Pino, ia dan teman-temannya kabur dari Norma bersama Pino dan Weisz—yang menggunakan kemampuan Ether Gear miliknya, Machina Maker, untuk memperbarui pesawat Aqua Wing dan meloloskan dari penghalang mirip awan yang menyelimuti Norma. Kelompok ini kemudian dihubungi oleh Weisz versi masa kini, yang menjelaskan bahwa "masa lalu" yang mereka kunjungi sebenarnya merupakan dunia paralel alternatif yang tercipta setelah sebuah fenomena pemakan waktu mengembalikan Norma ke keadaan terdahulunya. Tak lama kemudian, pesawat Aqua Wing dibajak oleh bajak laut luar angkasa, Elsie Crimson, yang membawa kelompok Shiki ke pesawatnya, Skull Fairy. Setelah memutuskan untuk mengambil alih Skull Fairy untuk mereka sendiri, kelompok ini menemukan para alien parasit yang meniru Elsie dan krunya, yang kemudian mereka kalahkan. Elsie yang asli mengucapkan selamat kepada Shiki dari armada pesawat luar angkasanya dan dengan sukarela menyerahkan pesawat Skull Fairy, yang ternyata diwariskan kepadanya dari almarhum kakek angkatnya, seorang robot bernama Raja Iblis Ziggy.
3The Demon King's Ship
Maō Senkan (魔王戦艦)
15 Februari 2019 (2019-2-15)[24]
ISBN 978-4-06-513875-5
2 April 2019 (2019-4-2)[25]
ISBN 978-1-63-236758-7
  1. "The Demon King's Ship" (魔王戦艦, Maō Senkan)
  2. "Sister" (シスター, Shisutā)
  3. "The Collection" (コレクション, Korekushon)
  4. "Wind Howls on the Highway" (風の鳴くハイウェイ, Kaze no Naku Haiwei)
  5. "Geniuses at Coming Up with Fun Ideas" (楽しい事を考える天才, Tanoshii Koto o Kangaeru Tensai)
  1. "The Planet Guilst" (惑星ギルスト, Wakusei Girusuto)
  2. "Soul Blade" (ソウルブレイド, Sōru Bureido)
  3. "The Great Naked Escape" (裸の脱出作戦, Hadaka no Dasshutsu Sakusen)
  4. "Million Bullets" (ミリオンバレット, Mirion Baretto)
Ketika sedang membersihkan Skull Fairy dengan teman-temannya, Shiki secara tak sengaja mengaktifkan sebuah android bernama Witch, yang kemudian mengatur ulang bentuk pesawat ke wujud aslinya, kapal tempur Edens Zero. Witch memberitahu mereka bahwa untuk menjelajahi wilayah terluar yang berbahaya tempat Mother berada, mereka harus mengembalikan fungsi-fungsi pesawat tersebut terlebih dahulu dengan cara mengumpulkan sekelompok android lain yang serupa dengan Witch, yang dikenal dengan nama Four Shining Stars. Ketika mereka kembali ke Blue Garden untuk mencari Sister—salah satu android yang hilang, Rebecca ditangkap oleh Rogue Out, sebuah kelompok bayaran yang setia kepada Sister, yang mengirim Rebecca dan para B-Cuber lainnya kepada seorang alien kolektor di planet tanpa hukum, yaitu Guilst. Shiki, Happy, dan Pino mengikuti Rebecca untuk menyelamatkannya. Weisz yang pada awalnya tak tertarik, bergabung kembali dengan mereka bersama seorang pengguna Ether Gear bernama Homura Kōgetsu—yang mengetahui tentang Edens Zero. Setelah Rebecca kabur dan bertemu kembali dengan Shiki, Witch mendeteksi sebuah chronophage yang sedang mendekati planet tersebut.
4New Friends
Aratana Nakama-tachi (新たな仲間たち)
17 April 2019 (2019-4-17)[26]
ISBN 978-4-06-514881-5
10 September 2019 (2019-9-10)[27]
ISBN 978-1-63-236824-9
  1. "Sister Ivry" (シスター・イヴリィ, Shisutā Ivurii)
  2. "Take Aim" (狙いをさだめて, Nerai o Sadamete)
  3. "Two Sisters" (二人のシスター, Futari no Shisutā)
  4. "The Great Guilst Escape" (ギルスト脱出作戦, Girusuto Dasshutsu Sakusen)
  5. "New Friends" (新たな仲間たち, Aratana Nakama-tachi)
  1. "Iron Hill" (アイアンヒル, Aian Hiru)
  2. "The Super Virtual Planet" (超仮想惑星, Chōkasō Wakusei)
  3. "The People of Digitalis" (デジタリスの民, Dejitarisu no Tami)
  4. "Mass Murderer Jamilov" (殺人鬼ジャミロフ, Satsujinki Jamirofu)
Weisz dan Homura mengetahui bahwa Sister yang mereka hadapi adalah peniru ketika mereka menemukan Sister Ivry yang asli tersembunyi di bawah markas Rogue Out. Sister bergabung dengan kelompok Shiki setelah menghadapi peniru yang mencuri kekuatan penyembuhannya dan menyamar sebagai dirinya selama sepuluh tahun, sedangkan peniru tersebut dibunuh oleh Jin—yang merasa marah karena telah ditipu. Kelompok Shiki dan para B-Cuber yang diselamatkan melarikan diri sebelum planet tersebut dilahap oleh chronophage, mengembalikan Guilst ke keadaan terdahulunya. Tak lama kemudian, kelompok Shiki menemukan Hermit, anggota yang lain dari Four Shining Stars, dalam keadaan koma di dekat Blue Garden. Witch mengatakan bahwa Hermit menderita trauma psikologis yang parah dan mengasingkan pikirannya dalam Digitalis, sebuah planet dan server virtual untuk permainan simulasi realitas bertajuk Rogue Fantasia. Kelompok Shiki memasuki permainan untuk mencari Hermit, dan bertemu dengan seorang pemain bernama Jamilov yang secara teratur membunuh pemain dan karakter non-pemain yang masih hidup dari permainan tersebut.
5Fireworks
Hanabi (花火)
17 Juni 2019 (2019-6-17)[28]
ISBN 978-4-06-515677-3
10 Desember 2019 (2019-12-10)[29]
ISBN 978-1-63-236788-4
  1. "The Girl on the Hill" (丘の上の少女, Oka no Ue no Shōjo)
  2. "Survive the Night" (この夜を生き抜け, Kono Yoru o Iki Nuke)
  3. "The Girl and the Monster" (怪物と少女, Kaibutsu to Shōjo)
  4. "The GIA" (GIA)
  5. "Great Kaiju Shiki" (大怪獣シキ, Daikaijū Shiki)
  1. "22 Hits" (22発, Nijūni-hatsu)
  2. "Spider the Hacking Genius" (天才ハッカー・スパイダー, Tensai Hakkā Supaidā)
  3. "Operation C7" (C7号作戦, Shī-nana-gō Sakusen)
  4. "Fireworks" (花火, Hanabi)
Kelompok Shiki menemukan Hermit dan mencoba untuk membawanya pergi dari Rogue Fantasia, tetapi Hermit menolak karena dia benci pada manusia. Shiki kemudian menyelamatkannya dari sepasukan monster yang dikendalikan oleh Jamilov. Homura mengkhianati kelompok Shiki dengan cara bersekutu dengan Jamilov yang sedang mencari bosnya—Drakken Joe dari kelompok kriminal Oración Seis Galáctica. Kemudian terungkap bahwa Homura yang tadi adalah Amira, seorang mata-mata pemerintah yang menyamar menjadi Homura. Homura yang asli kemudian mengejar Amira. Setelah Hermit menggunakan kemampuan pemrograman miliknya untuk menggunakan trik curang demi menolong Shiki mengalahkan Jamilov, dia setuju untuk keluar sementara dari dalam permainan, tetapi masih menolak bergabung bersama mereka. Pesawat Edens Zero kemudian diretas oleh sosok Jamilov di dunia nyata—orang bernama Spider—yang mulai menghancurkan pesawat tersebut dari dalam. Meski masih diliputi dengan perasaan tidak percayanya pada manusia, yang awalnya diakibatkan oleh seorang ilmuwan manusia yang memanipulasinya agar menghancurkan planet berisi robot dan menggunakannya sebagai subjek uji coba, Hermit diyakinkan oleh kelompok Shiki sambil didorong oleh hasratnya yang ingin berteman dengan manusia, dan dia menyelamatkan pesawat tersebut dengan cara mengembalikan sistem keamanannya dan mempermalukan Spider.
6Words Will Give You Strength
Kotoba wa Tsuyosa o Ataeru (言葉は強さを与える)
17 September 2019 (2019-9-17)[30]
ISBN 978-4-06-516233-0
17 Maret 2020 (2020-3-17)[31]
ISBN 978-1-6-32-36833-1
  1. "Pino's Dream" (ピーノの夢, Pīno no Yume)
  2. "Smells Like Money" (金の匂い, Kane no Nioi)
  3. "The Temple of Knowledge" (知識の宮殿, Chishiki no Kyūden)
  4. "The Battle Coliseum" (バトルコロシアム, Batoru Koroshiamu)
  5. "Footsteps of the Battle Maiden" (戦乙女の足音, Ikusa Otome no Ashioto)
  1. "Words Will Give You Strength" (言葉は強さを与える, Kotoba wa Tsuyosa o Ataeru)
  2. "From the Planet of Eternity" (永永無窮の星より, Eiei Mukyū no Hoshi yori)
  3. "Captain Connor" (キャプテン・コナー, Kyaputen Konā)
  4. "Madame Kurenai" (紅婦人, Kurenai Fujin)
Spider mengadu pada Drakken Joe bahwa dirinya telah dihina oleh kru Edens Zero, tetapi Drakken Joe malah membunuh Spider karena kegagalannya. Merasa tertarik dengan Edens Zero, Drakken Joe menghubungi Noah Glenfield—master guild Shooting Starlight, untuk meminta informasi. Sementara itu, kru melakukan perjalanan ke planet Mildian untuk bertanya pada peramal bernama Xiaomei mengenai keberadaan Valkyrie Yuna, anggota Shining Star dan mentor Homura. Setelah kru mengatasi serangkaian pertarungan untuk Xiaomei—termasuk satu pertarungan melawan robot latihan mirip Valkyrie, Xiaomei mengungkapkan bahwa Valkyrie ada di planet Sun Jewel. Dalam perjalanan ke Sun Jewel, kru menyelamatkan seorang kapten pesawat luar angkasa yang karam bernama Connor, yang dengan ahli menavigasi Edens Zero melalui bidang puing menggunakan jalan pintas ke Sun Jewel, memiliki pengalaman dengan pesawat bernama Edens One. Tak lama setelah kedatangan mereka, Shiki dan Homura menggagalkan upaya perampokan di kasino, yang mengakibatkan para perampok segera dieksekusi oleh laser yang dipasang di satelit yang dioperasikan oleh sang penguasa planet, Madam Kurenai.
7I Know You Can Move On
Kitto Mae e Susumeru (きっと前へ進める)
15 November 2019 (2019-11-15)[32]
ISBN 978-4-0-65-16893-6
7 April 2020 (2020-4-7)[33]
ISBN 978-1-6-32-36981-9
  1. "Stones" (鉱石生命体 (ストーンズ), Sutōnzu)
  2. "Kurenai's Gauntlet" (紅の籠手, Kurenai no Kote)
  3. "Wibble Wobble Ruby Bobble" (ポヨポヨ ルビーちゃん, Poyo Poyo Rubī-chan)
  4. "The Truth Is in the Cube" (真実はキューブの中に, Shinjitsu wa Kyūbu no Naka ni)
  5. "Black Rock" (ブラックロック, Burakku Rokku)
  1. "Reset" (リセット, Risetto)
  2. "My Mother's a Machine" (機械の母, Kikai no Haha)
  3. "A Silent Reunion" (沈黙の再会, Chinmoku no Saikai)
  4. "I Know You Can Move On" (きっと前へ進める, Kitto Mae e Susumeru)
Karena kekerasan yang mereka lakukan terhadap para perampok, Shiki dan Homura ditangkap dan dikirim ke distrik kerja Sun Jewel untuk menambang logam dari monster alien yang disebut Stones. Rebecca dan yang lain ditipu dan dipermalukan di depan umum oleh Labilia saat mereka sedang mencari Shiki dan Homura. Rebecca kemudian mendapatkan simpati Nino, salah satu dari tiga orang elit bawahan Madam Kurenai, yang menuntun mereka ke distrik kerja. Mereka bertemu dengan murid Valkyrie bernama Paul, yang membawa mereka kembali bertemu dengan Shiki dan Homura. Mereka kemudian berhasil mengalahkan Stone raksasa bersama-sama. Melalui rekaman B-Cube yang diberikan Paul kepada Homura, mereka baru mengetahui bahwa Valkyrie pergi mencari Kurenai—ibu Homura yang sudah lama hilang, yang meninggalkan Homura dan mengkhianati Valkyrie demi bisa naik ke tampuk kekuasaan. Mereka kemudian menemukan tubuh Valkyrie yang sudah kaku dan baru menyadari bahwa dia sudah mati tiga tahun sebelumnya, setelah mengorbankan dirinya untuk membela tahanan lain melawan gerombolan Stone yang dilepaskan oleh Kurenai. Ketika Homura berduka di depan Valkyrie, Shiki menghadapi Kurenai yang tengah bersiap untuk menghancurkan distrik buruh dengan satelitnya.
8TBA9 Juni 2020 (2020-6-9)[34]
ISBN 978-1-6-32-36982-6

Bab yang belum diterbitkan dalam format tankōbon[sunting | sunting sumber]

Bab-bab berikut ini belum diterbitkan dalam bentuk volume tankōbon. Semuanya dimuat menggunakan bahasa Jepang dalam majalah Weekly Shōnen Magazine dan dalam bahasa Inggris pada edisi Crunchyroll Manga sejak bulan September 2019.

  1. "Until the Day It Changes to Strength" (いつか強さに変わるまで, Itsuka Tsuyosa ni Kawaru made)
  2. "Enter Arsenal" (アーセナル参上, Āsenaru Sanjō)
  3. "The Legend of Me" (オレの伝説, Ore no Densetsu)
  4. "Taking Up the Torch" (意志を継ぐ者, Ishi o Tsugu Mono)
  5. "Leaper" (跳躍者 (リーパー), Rīpā)
  6. "The Swordswoman Incapacitated" (剣士は動けない, Kenshi wa Ugokenai)
  7. "Gravity's Gonna Crush You" (重力がおまえを潰す, Jūryoku ga Omae o Tsubusu)
  8. "Someone to Love" (愛する者, Aisuru Mono)
  9. "Valkyrie" (ヴァルキリー, Varukirī)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 宇宙 (コスモス) Sakura Kosumosu
  2. ^ B・キューブ B Kyūbu
  3. ^ エーテルギア Ēteru Gia
  4. ^ 時食み Tokihami, terj. har. "pemakan waktu"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (28 Januari 2018). "Hiro Mashima Teases More Details About Planned New Work". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  2. ^ "EDENS ZERO #1". Comixology. Diakses tanggal 27 Juni 2018. 
  3. ^ a b Mashima, Hiro (14 September 2018). "Chapter 1". Edens Zero, Volume 1. Kodansha. ISBN 978-4-06-513234-0. 
  4. ^ Mashima, Hiro (14 September 2018). "Afterword". Edens Zero, Volume 1. Kodansha. ISBN 978-4-06-513234-0. 
  5. ^ a b Mashima, Hiro (14 September 2018). "Chapter 2". Edens Zero, Volume 1. Kodansha. ISBN 978-4-06-513234-0. 
  6. ^ Loveridge, Lynzee (17 Juli 2019). "German YouTuber Nino Kerl Makes Cameo in Mashima's Edens Zero Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 23 Agustus 2019. 
  7. ^ Mashima, Hiro (15 Februari 2019). "Chapter 17". Edens Zero, Volume 3. Kodansha. ISBN 978-4-06-513875-5. 
  8. ^ Mashima, Hiro (14 September 2018). "Chapter 4". Edens Zero, Volume 1. Kodansha. ISBN 978-4-06-513234-0. 
  9. ^ Mashima, Hiro (15 Februari 2019). "Chapter 17". Edens Zero, Volume 3. Kodansha. ISBN 978-4-06-513875-5. 
  10. ^ Mashima, Hiro (15 Februari 2019). "Chapter 15". Edens Zero, Volume 3. Kodansha. ISBN 978-4-06-513875-5. 
  11. ^ Mashima, Hiro (16 November 2018). "Chapter 11". Edens Zero, Volume 2. Kodansha. ISBN 978-4-06-513249-4. 
  12. ^ Mashima, Hiro (16 November 2018). "Afterword". Edens Zero, Volume 2. Kodansha. ISBN 978-4-06-513249-4. 
  13. ^ Mashima, Hiro [@hiro_mashima] (16 November 2018). "エデンズゼロ2巻登場の新キャラの設定資料。真島漫画伝統のデザイン、ジーク系に似てます。" (Twit) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 16 November 2018 – via Twitter. 
  14. ^ Sherman, Jennifer (31 Desember 2017). "Fairy Tail Creator Hiro Mashima: 'I'll Work Hard to Launch a New Manga Next Year'". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  15. ^ Sherman, Jennifer (14 Mei 2018). "Fairy Tail Manga's Hiro Mashima Teases 'Secret' Project". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  16. ^ a b c Hodgkins, Crystalyn (29 Mei 2018). "Hiro Mashima's New Manga Gets Tentative Title, Simultaneous Release in 5 Languages". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  17. ^ Hodgkins, Crystalyn (5 April 2018). "Hiro Mashima Launches New Manga on June 27, Also Plans Fairy Tail Sequel & Spinoff Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Juni 2018. 
  18. ^ "#NovidadeJBC: Edens Zero!!! - Henshin". Henshin (dalam bahasa Portugis). 22 Juni 2018. Diakses tanggal 26 Juli 2018. 
  19. ^ a b "EDENS ZERO(1)". Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 September 2018. 
  20. ^ "EDENS ZERO(1)特装版". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 September 2018. 
  21. ^ "Edens Zero 1". Penguin Random House. Diakses tanggal 15 Juli 2018. 
  22. ^ "EDENS ZERO(2)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 20 Oktober 2018. 
  23. ^ "Edens Zero 2". Penguin Random House. Diakses tanggal 15 Juli 2018. 
  24. ^ "EDENS ZERO (3)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 26 Januari 2019. 
  25. ^ "Edens Zero 3". Penguin Random House. Diakses tanggal 15 Juli 2018. 
  26. ^ "EDENS ZERO (4)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 April 2019. 
  27. ^ "Edens Zero 4". Penguin Random House. Diakses tanggal 8 Maret 2019. 
  28. ^ "EDENS ZERO (5)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2 Juni 2019. 
  29. ^ "Edens Zero 5". Penguin Random House. Diakses tanggal 28 April 2019. 
  30. ^ "EDENS ZERO (6)". Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 17 Agustus 2019. 
  31. ^ "Edens Zero 6". Penguin Random House. Diakses tanggal 24 Juni 2019. 
  32. ^ "EDENS ZERO(7)". Kodansha Comic Plus. Diakses tanggal 1 November 2019. 
  33. ^ "Edens Zero 7". Penguin Random House. Diakses tanggal 23 Agustus 2019. 
  34. ^ "Edens Zero 8". Penguin Random House. Diakses tanggal 21 September 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]