Nisekoi: False Love

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nisekoi: False Love
Nisekoi Volume 1.jpg
Gambar sampul manga volume pertama menampilkan Kosaki Onodera, Raku Ichijo dan Chitoge Kirisaki
ニセコイ
GenreKomedi romantis[1]
Manga
Nisekoi (one-shot)
PengarangNaoshi Komi
PenerbitShueisha
DemografiShōnen
ImprintJump Comics
MajalahJump NEXT!
Terbit8 Januari 2011
Manga
PengarangNaoshi Komi
PenerbitShueisha
Penerbit
Inggris
Penerbit
Indonesia
DemografiShōnen
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
Majalah
Inggris
Terbit21 November 20118 Agustus 2016[2]
Volume25 (Daftar volume)
Seri novel
Nisekoi: Urabana
PengarangHajime Tanaka
IlustratorNaoshi Komi
PenerbitShueisha
DemografiPria
ImprintJump j-Books
Terbit4 Juni 201328 Desember 2013
Volume2
Seri anime
SutradaraNaoyuki Tatsuwa
Akiyuki Shinbo
ProduserAtsuhiro Iwakami
Hiro Maruyama
Hiroyuki Kiyono
Mitsutoshi Kubota
SkenarioAkiyuki Shinbo
Fuyashi Tou
MusikSho Watanabe, Tomoki Kikuya
StudioShaft
Lisensor
Saluran
asli
Tokyo MX, GTV, GYT, tvk, CTC, TV Saitama, TV Aichi, MBS, TVQ, TVh, BS11
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 11 Januari 2014 24 Mei 2014
Episode20 + 3 OVA (Daftar episode)
Permainan
Nisekoi: Yomeiri!?
PengembangKonami
PenerbitKonami
PlatformPlayStation Vita
Rilis
Seri anime
Nisekoi:
SutradaraNaoyuki Tatsuwa
Akiyuki Shinbo
ProduserAtsuhiro Iwakami
Hiro Maruyama
Hiroyuki Kiyono
Mitsutoshi Kubota
SkenarioAkiyuki Shinbo
Fuyashi Tou
MusikSho Watanabe, Tomoki Kikuya
StudioShaft
Lisensor
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, MBS
Saluran
bahasa Inggris
Tayang 10 April 2015 26 Juni 2015
Episode12 + OVA (Daftar episode)
Film laga hidup
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Nisekoi (bahasa Jepang: ニセコイ, terj. har. "Cinta Palsu"), yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Nisekoi: False Love, adalah sebuah seri manga Jepang bergenre komedi romantis yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoshi Komi. Nisekoi pertama kali diterbitkan sebagai manga tunggal di majalah musiman Jump NEXT! terbitan Shueisha sebelum mulai diserialisasikan di majalah Weekly Shōnen Jump. Sejak tanggal 26 November 2012, Nisekoi telah diterbitkan dalam bahasa Inggris di majalah digital milik Viz Media, Weekly Shonen Jump. Hingga bulan Oktober 2016, seri ini telah dibundel menjadi 25 volume tankōbon di Jepang, dan juga diterbitkan dalam bahasa Inggris dalam bentuk digital dan volume cetak oleh Viz Media. Manga ini juga telah menginspirasi sebuah seri novel, berjudul Nisekoi: Urabana, yang ditulis oleh Hajime Tanaka dan diterbitkan oleh Shueisha. Dua volume telah diterbitkan sejauh ini, pada tanggal 4 Juni dan 28 Desember 2013.

Pada bulan Mei 2013, diumumkan bahwa adaptasi anime untuk Nisekoi telah mendapatkan lampu hijau.[5] Versi animenya disutradarai oleh Akiyuki Shinbo di Shaft,[6] dan tayang sejak tanggal 11 Januari[7] hingga 24 Mei 2014. Aniplex of America telah melisensi seri ini untuk hak streaming dan distribusi video rumahan di Amerika Utara.[8] Daisuki,[9] Crunchyroll,[7] dan Hulu[10] menyediakan siaran serentak secara simulcast dengan subtitel bahasa Inggris untuk khalayak di Amerika Serikat, Kanada, Amerika Selatan dan Afrika Selatan. Musim kedua berjudul Nisekoi: tayang sejak bulan April hingga Juni 2015. Sebuah adaptasi berupa film laga hidup (live-action) telah diumumkan.[11]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada awal semester 1 kelas 10, seorang perempuan yang terlambat menabrak Raku, melukai hidungnya dan menjatuhkan liontinnya yang hilang di rerumputan. Raku yang kesal pun bercerita tentang tabrakan itu kepada kedua temannya, Shū Maiko dan Kosaki Onodera, yang memberi perban di hidung Raku. Saat pelajaran dimulai, guru kelas mereka, Kyoko mengumumkan datangnya murid baru dari Amerika Serikat, Chitoge Kirisaki, gadis berambut pirang yang menabrak Raku tadi pagi. Seketika, Raku langsung memarahi Chitoge karena menabraknya tadi pagi, tetapi Kyoko menganggap mereka sudah saling kenal dan menugaskan Raku untuk mengenalkan gedung SMA Bonyari kepada Chitoge. Saat Raku menyadari liontinnya telah hilang, ia langsung memarahi Chitoge lagi, meminta pertanggungjawaban atas kehilangan tersebut. Chitoge pun akhirnya berjanji akan mencarikan liontin Raku sampai dapat, kemudian mereka tak akan pernah berbicara lagi. Singkat cerita, rumor pun menyebar bahwa Raku dan Chitoge berpacaran, membuat mereka kesal dan semakin cepat mencarinya.

Tetapi pada suatu hari, Chitoge marah karena capek dan menganggap remeh janji tentang liontin itu dan menganggap benda itu tak penting lagi. Karena rasa kesal yang terpendam, Raku pun membentak Chitoge, dengan Kosaki berdiri tepat di belakangnya, untuk tidak usah membantu kalau tidak ingin. Esoknya, Raku tidak bertemu Chitoge di taman, tetapi Raku melihat seseorang melemparkan sesuatu yang melesat terbang, kemudian menghantam wajah Raku dengan keras. Ternyata orang itu adalah Chitoge, yang mencari liontin itu kemarin setelah Raku memarahinya, dan barang itu adalah liontinnya. Ketika pulang, Raku berbicara kepada ayahnya tentang perang geng yang terjadi akhir-akhir ini sejak kedatangan Chitoge, ternyata kelompok gangster dari luar negeri menggangu wilayah yakuza dan memulai perang, mendesak yakuza dengan persenjataan yang lebih unggul. Ayah Raku mendesaknya agar mau dijodohkan dengan putri pemimpin gangster tersebut, setidaknya hanya berpura-pura pacaran agar menghentikan perang kedua geng tersebut, tetapi ketika Raku mendengar suara perempuan itu, ternyata ia adalah Chitoge.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Raku Ichijo (一条 楽, Ichijō Raku)

Pengisi suara: Koki Uchiyama

Tokoh utama Nisekoi, putra dari pemimpin kelompok Yakuza Shuei-Gumi. Sangat ahli dalam memasak, dan biasa membuatkan makan para anggota yakuzanya. Memiliki liontin dengan lubang kunci di tengahnya.

Chitoge Kirisaki (桐崎 千棘, Kirisaki Chitoge)

Pengisi suara: Nao Tōyama

Putri pemimpin Gangster Beehive dari Amerika Serikat, terpaksa menjadi pacar Raku agar kedua geng mereka tidak berperang lagi. Seringkali membuat hal yang aneh ketika memasak makanan sederhana sekalipun. Memiliki kunci panjang berlambangkan bulan sabit di ujungnya.

Kosaki Onodera (小野寺 小咲, Onodera Kosaki)

Pengisi suara: Kana Hanazawa

Teman sekelas Raku, yang sejak SMP menyukai Raku, tetapi malu untuk mengungkapkan perasaanya. Ahli dalam menghias makanan, tetapi sangat gagal dalam hal memasak. Memiliki kunci panjang berlambangkan salib di ujungnya.

Seishiro Tsugumi (鶫 誠士郎, Tsugumi Seishirō)

Pengisi suara: Mikako Komatsu

Anggota Beehive yang dikirim oleh Claude untuk mengawasi Raku dan Chitoge, tetapi akhirnya jatuh cinta kepada Raku setelah hampir tenggelam di kolam renang sekolah. Terungkap bahwa Tsugumi adalah teman masa kecil Chitoge yang diadopsi Claude, yang memberinya nama depan laki-laki karena penampilannya yang tomboi. Mempunyai keahlian senjata dan fisik yang hebat, ahli memasak dan menyanyi, bahkan pernah membuat teman-teman sekelasnya merasa tenang setelah mendengar Yui bernyanyi. Sering menjadi korban dari alat-alat dan eksperimen Beehive.

Marika Tachibana (橘 万里花, Tachibana Marika)

Pengisi suara: Kana Asumi

Putri Komisaris Kepolisian Tachibana, dan mengaku sebagai tunangan dari Raku. Sangat pandai memasak dan menyiapkan makanan, terutama makanan mentah seperti sushi dan sashimi. Mempunyai burung beo yang ia namai Raku-sama, seperti nama orang yang memberinya semangat dan alasan untuk hidup ketika ia sakit saat berumur 6 tahun. Memiliki kunci pendek berlambangkan hati di ujungnya.

Yui Kanakura (奏倉 羽, Kanakura Yui)

Pemimpin Mafia Tiongkok Char Siu, saat kecil sudah yatim piatu dan dirawat bersama Raku seperti saudara, meskipun Yui 2 tahun lebih tua. Muncul pada Tahun Kedua sebagai guru kelas Raku, karena sangat pandai sehingga bisa lulus lebih awal. Sangat buruk dalam menyanyi, tetapi sangat pandai dalam mengajari murid-muridnya. Memiliki kunci panjang yang ujungnya patah.

Shu Maiko (舞子 集, Maiko Shū)

Pengisi suara: Yuki Kaji

Sahabat Raku dari SD, ia ekspresif dan mesum, tetapi pengertian dan baik. Sering dihajar oleh Ruri karena perilaku mesumnya, hobi fotografi candid dan sering menggoda Ruri, menganggapnya sebagai 'Sobat Kacamata'.

Ruri Miyamoto (宮本 るり, Miyamoto Ruri)

Pengisi suara: Yuki Kaji

Sahabat Kosaki dari SMP, dan selalu mendukungnya agar segera menyatakan perasaannya kepada Raku. Sering menghajar Shū karena perilakunya, tetapi akhirnya menyukainya pada Tahun Kedua karena kebaikan Shū yang seringkali tidak terduga dan terselubung.

Claude (クロード, Kurōdo)

Pengisi suara: Takehito Koyasu

Salah satu pemimpin Beehive dan pengawal Chitoge, sangat protektif terhadapnya dan satu-satunya anggota dari kedua kelompok yang berusaha menyelidiki keaslian hubungan Raku dan Chitoge.

Paula McCoy (ポーラ・マッコイ, Pōra Makkoi)

Pengisi suara: Manami Numakura

Teman dekat dan mantan rekan satu profesi dengan Tsugumi, muncul pada Tahun Kedua. Ia takut dengan hal horor, jarum suntik dan tidak menyukai sayuran.

Haru Onodera (小野寺 春, Onodera Haru)

Pengisi suara: Sakura Ayane

Adik Kosaki yang muncul pada Tahun Kedua, masuk ke SMA Bonyari sebagai siswi kelas 10. Selalu berusaha menjadikan Paula sebagai teman, tetapi hampir semua usahanya gagal.

Suzu Ayakaji (彩風 涼, Ayakaji Suzu) / Fuu ()

Pengisi suara: Kotori Koiwai

Sahabat dan teman sekelas Haru dari SMP.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Nisekoi dikarang dan diilustrasikan oleh Naoshi Komi yang berawal dari sebuah manga one-shot, diterbitkan di majalah Shūeisha Jump NEXT! pada 8 Januari 2011 dan diserialisasikan pada 21 November 2011 di majalah Shūeisha Weekly Shonen Jump. Manga ini telah dilisensikan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo dan mulai diterbitkan pada 19 Oktober 2016 dengan judul Nisekoi: False Love.

Daftar Volume
No. Judul Terbitan Jepang Terbitan Indonesia
1 Nisekoi: False Love vol. 1: Janji

ニセコイ 1

2 Mei 2012 19 Oktober 2016

1. Janji (ヤクソク Yakusoku)

2. Pertanyaan (シツモン Shitsumon)

3. Pertama (ハジメテ Hajimete)

4. Encounter (ソウグウ Sōgū)

5. Penuh (イッパイ Ippai)

6. Mirip (ニタモノ Nitamono)

7. Buatan Sendiri (テヅクリ Tedzukuri)

2 Nisekoi: False Love vol. 2: Zawse in Love

ニセコイ 2

4 Juli 2012 9 November 2016

8. Berkunjung (ホウモン Houmon)

9. Pedekate (セッキン Sekkin)

10. Berenang(スイエイ Suiei)

11. Lubang Kunci (カギアナ Kagiana)

12. Spoiler (ネタバレ Netabare)

13. Zawse In Love (ザクシャ イン ラブ Zakusha In Rabu)

14. Utang Budi (カシカリ Kashikari)

15. Rival (ライバル Raibaru)

16. Duel (ケットウ Kettou)

3 Nisekoi: False Love vol. 3: Panggilan

ニセコイ 3

3 Agustus 2012 28 Desember 2016

17. Manis (カワイイ Kawaii)

18. Bahagia (シアワセ Shiawase)

19. Besuk (オミマイ Omimai)

20. Telmi (ドンカン Donkan)

21. Bekas Luka (キズアト Kizuato)

22. Onsen (オンセン Onsen)

23. Pemandian Perempuan (オンナユ Onnayu)

24. Undian (クジビキ Kujibiki)

25. Panggilan (ヨビカタ Yobikata)

4 Nisekoi: False Love vol. 4: Konfirmasi

ニセコイ 3

2 November 2012 8 Februari 2017
26. Surat Cinta (コイブミ Koibumi)

27. Mampir (ヨリミチ Yorimichi)

28. Perayaan (オイワイ Oiwai)

29. Konfirmasi (カクニン Kakunin)

30. Foto (シャシン Shashin)

31. Sepulang Sekolah (ホウカゴ Houkago)

32. Sepayung Berdua (アイアイ Aiai)

33. Situasi Sinetron (シュラバ Shuraba)

34. Menguntit (ツイセキ Tsuiseki)

Musik[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Lagu ClariS, "CLICK", menjadi lagu pembukaan pertama Nisekoi dari episode 2 sampai 14 dan menjadi lagu penutup episode pertama. Pada episode 15 sampai 19, lagu ClariS yang lain, "STEP" menjadi lagu pembukaan kedua. Lagu penutup episode kedua sampai 8 adalah "Heart Pattern" yang dinyanyikan oleh Nao Toyama, sedangkan lagu Kana Hanazawa, "Recover Decoration" menutup episode 10 sampai 15. Pada episode 17, Mikako Komatsu dengan lagunya "Trick Box" menjadi lagu penutup ketiga, sedangkan dari episode 18 sampai episode 19, lagu Kana Asumi, "Hanagonomi" menjadi lagu penutup keempat. Keempat pengisi suara karakter perempuan, Kana Hanazawa, Nao Toyama, Mikako Komatsu dan Kana Asumi mengisi lagu penutup episode 20 dan ketiga OVA dengan lagu bersama mereka, "Souzou Diary".

Season 2[sunting | sunting sumber]

LiSA dengan lagunya, "Rally Go Round" menjadi lagu pembuka dari episode 1, sementara "Aimai Hertz", yang dinyanyikan oleh penyanyi lagi Souzou Diary menjadi lagu penutup dari episode 1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Nisekoi: False Love". Viz Media. Diakses tanggal 7 Desember 2017. 
  2. ^ "Nisekoi Manga Ends on Monday As Creator Plans New Manga in October". Anime News Network. 4 Agustus 2016. Diakses tanggal 4 Agustus 2016. 
  3. ^ a b "Animax Asia's Nisekoi Ad Reveals May 5 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 25 Mei 2016. 
  4. ^ "Nisekoi: Yomeiri!? Japanese release date set". Gematsu. 5 Agustus 2014. Diakses tanggal 15 Januari 2019. 
  5. ^ "Nisekoi School Romantic Comedy Manga Inspires Anime". Anime News Network. 27 Mei 2013. Diakses tanggal 27 Mei 2013. 
  6. ^ "Bakemonogatari Director Shinbo Make Nisekoi TV Anime". Anime News Network. 3 Juli 2013. Diakses tanggal 3 Juli 2013. 
  7. ^ a b ""Nisekoi" Anime Slated For January 2014". Crunchyroll. 22 Agustus 2013. Diakses tanggal 22 Agustus 2013. 
  8. ^ "Aniplex USA to Stream World Conquest, Nisekoi Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 19 Desember 2013. 
  9. ^ "New shows on DAISUKI.net: 'Buddy Complex' (worldwide), 'World Conquest Zvezda Plot' and 'Nisekoi'". Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 Januari 2014. 
  10. ^ Eisenbeis, Richard (10 Januari 2014). "Your Complete Winter 2014 Anime Guide". Kotaku. 
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama A film

Pranala luar[sunting | sunting sumber]