Mika Nakashima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mika Nakashima
中島美嘉
Nama lahir中島美嘉 (Nakashima Mika)
Lahir19 Februari 1983 (umur 36)
AsalBendera Jepang Prefektur Kagoshima, Kyushu, Jepang
GenreJ-pop, Jazz, Blues
Tahun aktif2001–sekarang
LabelSony Music Japan
Situs webMika Nakashima

Mika Nakashima (中島美嘉, Nakashima Mika, lahir di Prefektur Kagoshima, Jepang, 19 Februari 1983; umur 36 tahun) adalah seorang penyanyi, model, dan pemeran yang berasal dari Jepang.

Kehidupan awal dan debut dalam dunia musik[sunting | sunting sumber]

Nakashima lahir di Prefektur Kagoshima, Kyushu, sebagai anak bungsu dari tiga bersaudara. Sejak kecil ia telah bercita-cita untuk mengejar karier dalam bidang tarik suara, sehingga memutuskan untuk tidak masuk sekolah menengah atas demi mengejar karier impiannya.

Pada tahun 2001, Nakashima terpilih dari 3 ribu gadis lainnya untuk menjadi pemeran wanita utama dalam drama musim gugur Fuji TV, Kizudarake no Love Song. Pada bulan November 2001, Nakashima memulai karier musiknya dengan Sony Music Associated Records dengan singel berjudul "Stars" yang juga menjadi lagu tema serial drama tersebut. Singel keduanya, "Crescent Moon" diproduksi dalam jumlah terbatas sebanyak 100.000 keping, dan terjual habis pada hari peluncurannya.

Pada bulan Maret 2002, Nakashima meluncurkan singel ketiganya "One Survive" dan koleksi video pertamanya Film Lotus. Singel keempat "Helpless Rain" dirilis bulan Mei 2002, dan dilanjutkan bulan Agustus 2002 dengan singel ke-5 berjudul "Will".

Menuju popularitas[sunting | sunting sumber]

Album pertama True diluncurkan bulan Agustus 2002, dan menduduki urutan nomor satu tangga album Oricon. Dalam tiga minggu, True terjual sebanyak 1 juta kopi. Setelah itu, Nakashima meluncurkan mini album berjudul Resistance untuk memperingati satu tahun debutnya. Album tersebut menempati puncak tangga album selama dua minggu berturut-turut. Pada 18 Desember 2002 diluncurkan video dokumenter tentang Mika Nakashima yang berjudul Kiseki; The Document of a Star. Pada tahun yang sama, Nakashima menerima penghargaan "Artis Pendatang Baru Terbaik" versi Japan Gold Disc Awards, dan "Best New Artist of the Year" versi All Japan Request Awards 2002. Selain itu, Nakashima juga memenangi penghargaan "New Artist of the Year" Japan Record Awards ke-44.

Lagu-lagu Mika Nakashima yang populer antara lain: "Stars", "Find Your Way" (lagu penutup serial Gundam Seed), "Sakura-iro Maukoro", dan "Yuki no Hana". Lagu yang disebut terakhir juga dinyanyikan penyanyi Korea Selatan, Hyo-Sin Park, dan digunakan sebagai lagu dalam drama Korea I'm Sorry I Love You. Lagu "Yuki no Hana" merupakan salah satu lagu karaoke yang populer di Jepang pada tahun 2004. Pada tahun 2004, Nakashima membawakan lagu penutup serial anime Hi no Tori yang ditayangkan NHK.

Karier layar perak[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, Nakashima Mika bersama Aoi Miyazaki membintangi film Nana yang mulai diedarkan di Jepang pada 10 September 2005. Film tersebut diangkat dari manga berjudul sama, dan Mika menyanyikan lagu tema diluncurkan sebagai singel, dengan menggunakan nama "Nana starring Mika Nakashima". Singel berjudul "Glamorous Sky" itu ditulis oleh mangaka Ai Yazawa, dan musiknya ditulis oleh Hyde (vokalis band L`Arc~en~Ciel). Singel "Glamorous Sky" merupakan singel pertama Nakashima yang menduduki puncak tangga singel Oricon, dan terjual lebih dari 423 ribu kopi, sekaligus menempatkan Nakashima Mika sebagai penyanyi dengan angka penjualan single tertinggi tahun 2005. Sampai tahun berikutnya, singel tersebut laku sebanyak 442 ribu kopi.

Nakashima Mika dinominasikan pada penghargaan MTV Video Music Japan sebagai "Best Buzzasia from Japan" untuk lagunya "Amazing Grace '05", dan video Glamorous Sky dinominasikan sebagai "Best Female Video" dan "Best Video from a Film". Mika mendapat penghargaan untuk "Best Video from a Film."

Mengikuti kesuksesan film pertama, pada Desember 2006, film Nana 2 diluncurkan bersama singel "Nana starring Mika Nakashima". Lagu "Hitoiro" (One Color) yang digunakan sebagai lagu tema Nana 2 ditulis oleh Yazawa, sedangkan musiknya disusun oleh Takuro, pemimpin band Glay, yang juga menulis lagu "Eyes for the Moon" dalam album yang sama. Selain singel itu, Mika juga meluncurkan mini-album berjudul The End, yang berisi semua lagu di bawah nama "Nana starring Nakashima Mika".

Pada bulan Februari dan Maret 2007, Mika Nakasahima merilis singel "Mienai Hoshi" (Stars I Can't See) dan "Sunao no Mama" (Honestly). Pada tanggal 14 Maret 2007, Mika meluncurkan album berjudul Yes yang kebanyakan berisi kompilasi lagu-lagu dari singel sebelumnya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Album studio[sunting | sunting sumber]

Album mini dan album kompilasi[sunting | sunting sumber]

DVD[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Mika Nakashima memiliki seekor kucing bernama Dio yang memiliki seekor anak bernama Donna. Kucing milik Nakashima ini dapat dilihat dalam video single Nakashima My Sugar Cat.
  • Mika Nakashima menjadi anggota dari White Band; End Poverty Association
  • Mika Nakashima adalah warga negara Jepang pertama yang menerima Honorary Citizenship dari Memphis

Pranala luar[sunting | sunting sumber]