Saenai Heroine no Sodatekata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend
Saenai Heroine no Sodatekata
Saenai Heroine no Sodatekata(Saekano), cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan Eriri Spencer Sawamura
冴えない彼女(ヒロイン)の育てかた
(Saenai Hiroin no Sodatekata)
Genre Komedi romantis, Harem[1]
Novel ringan
Pengarang Fumiaki Maruto
Ilustrator Kurehito Misaki
Penerbit Fujimi Shobo
Demografi Male
Tanggal terbit 20 Juli 2012 – sekarang
Volume 8
Manga
Pengarang Fumiaki Maruto
Ilustrator Takeshi Moriki
Penerbit Fujimi Shobo
Penerbit
Inggris
Demografi Shōnen
Majalah Monthly Dragon Age
Tanggal terbit 9 Januari 2013 – sekarang
Volume 3
Manga
Saenai Heroine no Sodatekata: Egoistic-Lily
Pengarang Fumiaki Maruto
Ilustrator Niito
Penerbit Kadokawa Shoten
Demografi Seinen
Majalah Young Ace
Tanggal terbit 4 Februari 20132 Mei 2014
Volume 3
Manga
Saenai Heroine no Sodatekata: Koisuru Metronome
Pengarang Fumiaki Maruto
Ilustrator Sabu Musha
Penerbit Square Enix
Demografi Seinen
Majalah Big Gangan
Tanggal terbit 24 Agustus 2013 – sekarang
Volume 2
Seri anime televisi
Sutradara Kanta Kamei
Penulis
naskah
Fumiaki Maruto
Penggubah
musik
Hajime Hyakkoku
Studio A-1 Pictures
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Aniplex of America
Jaringan
asli
Fuji TV (Noitamina)
Jaringan
bahasa Inggris
Crunchyroll
Aniplus HD
Tayang perdana 8 Januari 2015 26 Maret 2015
Episode 13 (Daftar episode)
Permainan
Saenai Heroine no Sodatekata -Blessing Flowers-
Pengembang 5pb. dan Guyzware
Penerbit 5pb.
Rilis 30 April 2015
Novel ringan
Saenai Heroine no Sodatekata: Girls Side
Pengarang Fumiaki Maruto
Ilustrator Kurehito Misaki
Penerbit Fujimi Shobo
Demografi Male
Tanggal terbit 20 Februari 2015 – sekarang
Volume 6
Anime
Saenai Heroine no Sodatekata Flat
Sutradara Kanta Kamei
Penulis
naskah
Fumiaki Maruto
Penggubah
musik
Hajime Hyakkoku
Studio A-1 Pictures
Rilis 14 April 2017 23 Juni 2017
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Saenai Heroine no Sodatekata (bahasa Jepang: 冴えない彼女(ヒロイン)の育てかた, Hepburn: Saenai Hiroin no Sodatekata), dikenal juga sebagai Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang dibuat oleh Fumiaki Maruto, dengan ilustrasi oleh Kurehito Misaki. Diterbitkan oleh Fujimi Shobo sejak Juli 2012. Serial ini telah mendapatkan adaptasi manga. Sebuah adaptasi dalam bentuk serial anime televisi yang diproduksi oleh oleh A-1 Pictures[2] mulai tayang pada Januari 2015 di saluran Fuji TV blok noitamina.[3][4] Anime ini telah dilisensi oleh Aniplex of America.[5] Musim kedua anime ini tayang pada April 2017.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tomoya Aki, seorang siswa SMA yang bekerja paruh waktu untuk membiayai gaya hidup otaku nya (anime, galge, dan pernak-pernik terkait) bertemu dengan seorang gadis cantik pada saat liburan musim semi. Sebulan kemudian, ia mengetahui bahwa gadis itu adalah teman sekelasnya, Megumi, yang keberadaannya sulit dirasakan oleh orang sekitarnya. Berniat untuk membuat sebuah permainan komputer dalam bentuk novel visual, ia menemui gadis cantik di sekolahnya Eriri Spencer Sawamura untuk membuat desain ilustrasinya, dan Utaha Kasumigaoka untuk penulisan skenario permainan ini. Ia membentuk sebuah kelompok yang disebut Blessing Software, Tomoya kemudian merekrut Megumi untuk menjadi "heroine" (tokoh yang dicintai oleh karakter utama) dalam permainannya. Serial ini menceritakan usaha mereka dalam mengembangkan permainan dan rencana mereka untuk menjualnya di konvensi Comiket.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dalam serial ini adalah anggota dari kelompok dōjin bernama Blessing Software. Tujuan mereka untuk membuat sebuah novel visual dimana pemeran utama wanitanya adalah Megumi.

Tomoya Aki (安芸 倫也, Aki Tomoya)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[6]
Tomoya adalah seorang siswa kelas 2B di Akademi Toyogasaki. Sebagai seorang otaku, ia suka membaca manga and novel ringan, menonton anime dan bermain galge. Bersama teman masa kecilnya Eriri dan seorang novelis Utaha, ia memulai sebuah proyek novel visual dimana ia merekrut Megumi Kato. Ia berperan sebagai produser, sutradara, dan programmer untuk Blessing Software, dan sebagai manajer dari band "Icy Tail".
Megumi Kato (加藤 恵, Katō Megumi)
Pengisi suara: Kiyono Yasuno[6]
Megumi adalah teman sekelas Tomoya. Walaupun memiliki penampilan yang cantik, terkesan terlalu biasa sehingga ia sama sekali tidak menonjol di kelasnya. Pengetahuannya tentang budaya otaku sangat minim namun ia tidak pernah menjaga jarak dengan Tomoya. Ia adalah inspirasi dan model untuk Meguri, salah satu dari heroine utama pada permainan Blessing Software. Ia juga mulai belajar dan membantu untuk masalah programming.
Eriri Spencer Sawamura (澤村・スペンサー・英梨々, Sawamura Supensā Eriri)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[6]
Teman masa kecil Tomoya, yang merupakan siswi kelas 2G dan pelukis paling berbakat di klub seni.[LN 1] Karena memiliki ayah yang berasal dari Inggris dan ibu dari Jepang, ia memiliki rambut berwarna pirang. Ia sangat terkenal di sekolahnya, berpra-pura tampak sebagai gadis yang halus tetapi memiliki rahasia gaya hidup otaku seperti bermain permainan video yang sama dengan Tomoya dan membuat sebuah manga dengan nama samaran Eri Kashiwagi (柏木 エリ, Kashiwagi Eri) dalam sebuah kelompok bernama "Egoistic-Lily".[6] Tomoya merekrutnyauntuk menjadi ilustrator untuk permainan Blessing Software. Tomoya mendeskripsikan Eriri sebagai seseorang yang cantik namun di dalam hatinya memiliki kepribadian yang kasar, sadis, dan bersemangat.[LN 1]
Utaha Kasumigaoka (霞ヶ丘 詩羽, Kasumigaoka Utaha)
Pengisi suara: Ai Kayano[6]
Utaha adalah seorang siswi kelas 3C, dan sekaligus novelis muda dengan nama samaran Utako Kasumi (霞 詩子, Kasumi Utako).[LN 1] Novel ringan pertamanya, Koisuru Metronome, diterbitkan dalam Fushikawa Fantastic Bunko dan telah terjual lebih dari 500.000 cetak. Ia pintar dan cantik, menjadi siswa paling cemerlang di sekolahnya. Tomoya mendeskripsikan dirinya sebaga Ia memanggil Tomoya dengan panggilan 倫理君 (Rinri-kun) setelah Tomoya menolak untuk membaca naskah volume terakhir novelnya sebelum diterbitkan. Ia bertindak sebagai penulis skenario untuk permainan Blessing Software.
Izumi Hashima (波島 出海, Hashima Izumi)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki[6]
Izumi adalah siswi kelas 3A di SMP Honoda, dan 2 tahun lebih muda dari Tomoya.[7] Ia adalah seorang otaku dan anggota dari kelompok dōjin "Fancy Wave" (ファンシーウェーブ, Fanshī Wēbu).[6] Karena pengaruh Tomoya, ia menjadi tertarik dengan budaya otaku. Ia memiliki rivalitas dengan Eriri, ia memutuskan untuk bersaing dengan Eriri di Comiket selanjutnya.
Michiru Hyodo (氷堂 美智留, Hyōdō Michiru)
Pengisi suara: Sayuri Yahagi[6]
Michiru adalah sepupu Tomoya. Ia adalah siswi kelas 3 di Tsubaki Girls' Senior High School.[7] Ia merupakan orang yang serba bisa kecuali dalam bidang akademik di sekolahnya. Ia hebat dalam melakukan apapun dan tidak bertahan lama terhadap hal tersebut. Dalam setahun ia bermain gitar di grup band "Icy Tail"[6]. Michiru tidak menyukai budaya otaku dan tidak suka Tomoya menjadi otaku sampai akhirnya teman satu grup band nya mengaku bahwa mereka semua merupakan seorang otaku. Michiru menyusun bagian musik untuk permainan Blessing Software.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan volume pertama diterbitkan oleh Fujimi Shobo di Fujimi Fantasia Bunko pada 20 Juli 2012.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga dengan ilustrasi oleh Takeshi Moriki memulai serialisasi sejak 9 Januari 2013, di majalah shōnen manga Monthly Dragon Age. Telah dibuat dalam tiga volume tankōbon, dirilis sejak 8 Agustus 2013 hingga 9 September 2014.[8][9]

Sebuah manga spin-off dengan judul Saenai Heroine no Sodatekata: Egoistic-Lily oleh Niito memulai serialisasi sejak 4 Februari 2013, di majalah Young Ace. Manga spin-off lainnya berjudul Saenai Heroine no Sodatekata: Koisuru Metronome oleh Sabu Musha memulai serialisasi sejak 24 Agustus 2013, di majalah Big Gangan.

Anime[sunting | sunting sumber]

Lagu tema pembuka untuk anime ini adalah "Kimi Iro Signal" (君色シグナル) oleh Luna Haruna, dan lagu tema penutupnya adalah "Colorful." (カラフル。) oleh Miku Sawai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

  • Vol. 1: Saekano 1

Manga[sunting | sunting sumber]

  • Vol. 1 (ch. 1–): Saekano Volume 1

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saekano -How to Raise a Boring Girlfriend- - The Winter 2015 Anime Preview Guide - Anime News Network". Anime News Network. Diakses tanggal 5 April 2015. 
  2. ^ "Saenai Heroine no Sodatekata official anime website" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 28 Maret 2014. 
  3. ^ "Saenai Heroine no Sodate-kata Light Novels Get Anime on Noitamina". Anime News Network. 21 Maret 2014. Diakses tanggal 21 Maret 2014. 
  4. ^ "作品情報(シリーズ)". Diakses tanggal 29 Januari 2016. 
  5. ^ "Aniplex USA Licenses Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend". Anime News Network. 17 Desember 2014. Diakses tanggal 17 Desember 2014. 
  6. ^ a b c d e f g h i http://www.saekano.com/character/
  7. ^ a b "ドラゴンマガジン" (dalam bahasa Japanese). Fujimi Shobo. Januari 2014. 
  8. ^ "冴えない彼女の育てかた 1 (ドラゴンコミックスエイジ も 3-2-1)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 9 September 2014. 
  9. ^ 冴えない彼女の育てかた (3) (ドラゴンコミックスエイジ) (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 9 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]