Chōjin-Kokoseitachi wa Isekai demo Yoyu de Ikinuku Yōdesu!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chōjin-Kokoseitachi wa Isekai demo Yoyu de Ikinuku Yōdesu!
High School Prodigies Have It Easy Even In Another World light novel volume 1 cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama yang menampilkan Lyrule
超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!
(Chōjin-Kokoseitachi wa Isekai demo Yoyu de Ikinuku Yōdesu!)
GenreFantasi, isekai
Novel ringan
PengarangRiku Misora
IlustratorSacraneco
PenerbitSB Creative
Penerbit bahasa Inggris
ImprintGA Bunko
DemografiPria
Terbit15 Oktober 201514 Februari 2020
Volume10
Manga
PengarangRiku Misora
IlustratorKōtarō Yamada
PenerbitSquare Enix
Penerbit bahasa Inggris
Yen Press
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
TerbitMei 2016Oktober 2021
Volume13
Seri anime
SutradaraShinsuke Yanagi
SkenarioDeko Akao
MusikHiromi Mizutani
StudioProject No.9
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, AT-X, BS Fuji
Saluran bahasa Inggris
Tayang 3 Oktober 2019 19 Desember 2019
Episode12
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Chōjin Kōkōseitachi wa Isekai demo Yoyu de Ikinuku Yōdesu! (bahasa Jepang: 超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul High School Prodigies Have It Easy Even in Another World, adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Riku Misora dan diilustrasikan oleh Sacraneco. SB Creative telah menerbitkan 10 volume mulai tahun 2015 di bawah cetakan GA Bunko. Adaptasi manga dari novel ringan ini diilustrasikan oleh Kōtarō Yamada dan telah dimuat berseri dalam majalah manga seinen Young Gangan milik Square Enix mulai bulan Mei 2016. Manga ini telah diterbitkan menjadi 13 volume tankōbon. Lisensi novel ringan dan manga ini telah didapatkan di Amerika Utara oleh Yen Press. Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diproduksi oleh Project No.9 dan ditayangkan mulai tanggal 3 Oktober hingga tanggal 19 Desember 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sekelompok siswa SMA jatuh ke dunia isekai setelah pesawat terbang yang mereka naiki mengalami kecelakaan. Namun, para siswa tersebut cepat menyesuaikan diri dengan dunia baru mereka. Hal itu terjadi karena mereka bukanlah siswa biasa. Masing-masing dari mereka adalah remaja super dengan keahlian di berbagai bidang. Mereka pun berusaha menemukan cara untuk kembali ke rumah dan juga membantu meningkatkan kesejahteraan desa menggunakan pengetahuan dan keterampilan hebat mereka untuk membalas budi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tsukasa Mikogami (御子神 司, Mikogami Tsukasa)
Pengisi suara: Yūsuke Kobayashi[1]
Seorang perdana menteri saat masih di SMA dan karena ia sering menjadi sasaran upaya pembunuhan, ia juga seorang pejuang yang sangat cakap. Ayahnya adalah mantan perdana menteri yang menggunakan cara korup untuk memberikan kemewahan bagi keluarganya sendiri dan memegang kekuasaan absolut hingga Tsukasa tidak menyetujui tindakannya dan mengungkap kesalahannya, yang menyebabkan eksekusi dan ibunya tidak mengakuinya. Ia adalah teman masa kecil Masato dan Shinobu. Ia memilih menguntungkan orang lain daripada dirinya sendiri, keluarga, teman dan rekan. Setelah menaklukkan Kekaisaran, Tsukasa mengambil alih politik untuk menghindari urusan perang yang sudah diramalkan. Ia memiliki heterokromia.
Lyrule (リルル, Riruru)
Pengisi suara: Yūki Kuwahara[1]
Seorang peri cantik dan misterius. Ia mengobati luka para siswa SMA yang mengalami kecelakaan pesawat terbang ketika mereka tiba di dunia lain. Ia adalah putri angkat Winona. Penduduk desa berniat merahasiakannya karena para bangsawan menginginkannya sebagai selir. Tsukasa menduganya mungkin memegang alasan kehadiran mereka di dunia. Ia tampaknya memiliki perasaan untuk Tsukasa.
Ringo Ōhoshi (大星 林檎, Ōhoshi Ringo)
Pengisi suara: Rina Hidaka[1]
Seorang ilmuwan yang sangat cerdas dan mampu menemukan reaktor nuklir yang tidak menghasilkan radiasi sendiri secara praktis. Ia biasanya menjadi sasaran para penjahat yang menginginkan kemampuannya untuk mendapatkan keuntungan dan hidup dalam keterasingan di luar angkasa. Ia memiliki pendamping komputer bernama Kumausa. Ia lahir dari inseminasi buatan dengan DNA yang dimodifikasi, membuatnya agak cerdas sejak usia muda. Ia menghindar dari kemanusiaan sejak ibu genetiknya, seorang ilmuwan, ditangkap karena melecehkannya karena cemburu, hingga bertemu Tsukasa di SMP yang memberinya alasan untuk hidup.
Shinobu Sarutobi (猿飛 忍, Sarutobi Shinobu)
Pengisi suara: Natsumi Hioka[1]
Seorang gadis berketurunan ninja dan jurnalis papan atas yang mampu mengungkap berita dan informasi apapun. Leluhurnya adalah Sarutobi Sasuke. Ia cenderung memanipulasi lawan-lawannya melalui pesonanya. Ia tampaknya menyayangi Elch.
Keine Kanzaki (神崎 桂音, Kanzaki Keine)
Pengisi suara: Hisako Kanemoto[1]
Seorang dokter paling ajaib di dunia, sedemikian rupa sehingga ia bahkan bisa menyembuhkan kanker laten. Pasiennya tidak pernah mati di tangannya. Pengetahuannya memproduksi obat dari batu bara atau tar menyaingi mereka yang menggunakan elixir. Ia juga bisa membela diri dari musuh dengan menyuntikkan mereka dengan anestesi. Ia sangat cantik, tetapi penampilannya menyembunyikan pikiran psikotik. Ia membenci betapa mudahnya tubuh manusia menyerah pada penyakit dan mengutuk Tuhan karena menciptakan makhluk lemah, menyatakan keinginannya untuk membunuh Tuhan. Pada satu titik, ia mencoba memberi Ringo obat sehingga ia dapat menggunakannya untuk memperkosa Tsukasa dan tidak melihat masalah dengan perilaku itu. Ia juga melakukan lobotomi Count Celenteus dengan gergaji untuk mengubah Count Celenteus menjadi dokter yang jujur.
Aoi Ichijō (一条 葵, Ichijō Aoi)
Pengisi suara: Sayaka Kaneko[1]
Seorang pendekar pedang yang memegang katana. Kemampuan fisiknya sangat kuat sehingga ia terbukti hanya mengalahkan seluruh pasukan teroris, seorang raja yang mengerikan dan manuver rudal secara fisik. Ia dan Keine pergi ke SMP yang sama bersama-sama.
Prince Akatsuki (プリンス 暁, Purinsu Akatsuki)
Pengisi suara: Shizuka Ishigami[1]
Seorang pesulap terbaik dan memiliki kemampuan melayang, tabir asap dan membuat monumen besar seperti Patung Liberty atau bahkan gunung yang dapat dilenyapkan. Ia sering disangka perempuan karena sosoknya yang feminim. Tsukasa memaksanya berpura-pura sebagai dewa untuk meyakinkan warga sipil bahwa perubahan memang mungkin terjadi.
Masato Sanada (真田 勝人, Sanada Masato)
Pengisi suara: Junji Majima[1]
Seorang pengusaha sukses di dunia saat ia masih duduk di bangku SMA. Ia telah menyelamatkan industri dari kebangkrutan. Kemampuan mendengarnya memungkinkannya untuk memahami pergerakan orang. Ia memiliki sesuatu untuk Winona meskipun Winona telah menjadi seorang ibu. Dia membuat Perusahaan Neutscheland gelisah dan memaksa mereka untuk membayar mahal. Setelah meningkatkan keuangan untuk bertahan hidup di musim dingin ketika mendirikan perusahaan perdagangan yang sukses di dunia lain, ia menerima Roo sebagai muridnya.
Winona (ウィノナ)
Pengisi suara: Mai Nakahara[2]
Ibu Elch dan ibu angkat Lyrule. Ia adalah pemburu desanya yang terbaik sebelum ia menetap.
Elch (エルク, Eruku)
Pengisi suara: Hiro Shimono[2]
Putra Winona. Ia bertindak sebagai bendahara desanya dan ia terus terang sering bermaksud untuk melindungi posisi dan rakyatnya. Ia membenci para bangsawan karena keserakahan dan perlakuan buruk mereka terhadap rakyat jelata. Setelah menangani keberhasilan Masato dalam mengizinkan bisnis uang dan proklamasi Tsukasa untuk merebut kekaisaran, ia mendapatkan lebih banyak kepercayaan.
Roo (ルー, )
Pengisi suara: Chinami Hashimoto[1]
Seorang budak yang melarikan diri dan memohon kepada Masato untuk membawanya setelah melihat tekadnya yang kuat. Ia berharap suatu hari dapat bersatu kembali dengan orang tuanya sambil menjadi pembuat uang yang brilian.
Jeanne du Leblanc (ジャンヌ・ド・ルブラン, Jannu do Ruburan)
Pengisi suara: Sayaka Senbongi[2]
Seorang ksatria wanita yang berteman dengan Shinobu setelah menyaksikan keberaniannya dalam menyelamatkan seorang anak meskipun ia adalah orang asing. Ia adalah anggota Brigade Azure, sekelompok bangsawan reformis dalam Kekaisaran yang ingin mengubah Kekaisaran untuk memastikan rakyat jelata diperlakukan dengan baik dan tidak seperti binatang. Ia dan Shinobu bekerja sama untuk menghadapi Gustav dan kezalimannya.
Oslo El Gustav (オスロー・エル・ギュスターヴ, Osurō Eru Gusutāvu)
Pengisi suara: Jouji Nakata[2]
Seorang penyihir yang mendapatkan pengakuan selama perang Kekaisaran Freyjagard dengan Kekaisaran Yamato dan diberikan gelar Duke dan tanah untuk memerintah. Meskipun ia menjadi penyihir yang kuat, ia berubah menjadi penguasa yang mengerikan di mana ia menyita uang dan membuat rakyatnya kelaparan untuk membangun patung dan kota sebagai tanda pengabdiannya kepada Kaisar, tidak peduli bahwa banyak orang yang mati atau memaksakan diri menjadi kanibalisme hanya untuk bertahan hidup. Juga dikenal sebagai "Duke Fastidious", ia sangat setia kepada Kaisar hingga ia menganggap penghinaan apapun sebagai pelanggaran besar yang pantas dihukum mati. Karena kepemimpinannya yang buruk, ia mengirim pasukannya untuk menghancurkan Seven-Light Faith meskipun ia tidak memiliki perlengkapan musim dingin hingga pasukannya dikalahkan oleh pasukan yang lebih bersenjata dan siap dari Seven-Light Faith, memungkinkan Brigade Azure untuk menyerang kastilnya tanpa perlawanan.
Zest Do Bernard (ゼスト・バーナード, Zesuto bānādo)
Pengisi suara: Masaaki Mizunaka

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Riku Misora dan diilustrasikan oleh Sacraneco. SB Creative menerbitkan 10 volume di bawah cetakan GA Bunko mulai bulan Oktober 2015 hingga bulan Februari 2020.

No.Tanggal rilis asliISBN asliTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 15 Oktober 2015[3]ISBN 978-4-79-738505-221 Juli 2020[4]ISBN 978-1-97-530972-5
2 15 Februari 2016[5]ISBN 978-4-79-738691-220 Oktober 2020[6]ISBN 978-1-97-530974-9
3 15 Juni 2016[7]ISBN 978-4-79-738844-219 Januari 2021[8]ISBN 978-1-97-530976-3
4 15 Oktober 2016[9]ISBN 978-4-79-738941-81 Juni 2021[10]ISBN 978-1-97-530978-7
5 15 Juni 2017[11]ISBN 978-4-79-739278-428 September 2021[12]ISBN 978-1-97-530980-0
6 15 Desember 2017[13]ISBN 978-4-79-739526-63 Mei 2022[14]ISBN 978-1-97-530982-4
7 15 Juni 2018[15][16]ISBN 978-4-79-739625-6
ISBN 978-4-79-739624-9 (LE)
8 15 Maret 2019[17]ISBN 978-4-81-560141-6
9 12 Oktober 2019[18]ISBN 978-4-81-560379-3
10 14 Februari 2020[19]ISBN 978-4-81-560534-6

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga dari novel ringan ini ditulis oleh Riku Misora dan diilustrasikan oleh Kōtarō Yamada. Manga ini dimuat berseri dalam majalah manga seinen Young Gangan milik Square Enix mulai bulan Mei 2016. Manga ini telah diterbitkan menjadi 13 volume tankōbon.

No.Tanggal rilis asliISBN asliTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 13 Oktober 2016[20]ISBN 978-4-75-755122-030 Oktober 2018[21]ISBN 978-1-97-530134-7
2 25 Maret 2017[22]ISBN 978-4-75-755294-429 Januari 2019[23]ISBN 978-1-97-530137-8
3 13 Juni 2017[24]ISBN 978-4-75-755370-530 April 2019[25]ISBN 978-1-97-530140-8
4 13 Desember 2017[26]ISBN 978-4-75-755547-16 Agustus 2019[27]ISBN 978-1-97-530143-9
5 13 Juni 2018[28]ISBN 978-4-75-755744-45 November 2019[29]ISBN 978-1-97-538487-6
6 25 Januari 2019[30]ISBN 978-4-75-755946-221 Januari 2020[31]ISBN 978-1-97-533289-1
7 25 Juli 2019[32]ISBN 978-4-75-756136-628 April 2020[33]ISBN 978-1-97-530889-6
8 25 September 2019[34]ISBN 978-4-75-756314-825 Agustus 2020[35]ISBN 978-1-97-530892-6
9 25 Desember 2019[36]ISBN 978-4-75-756445-929 Desember 2020[37]ISBN 978-1-97-531787-4
10 22 Juli 2020[38]ISBN 978-4-75-756766-529 Juni 2021[39]ISBN 978-1-97-532456-8
11 24 Desember 2020[40]ISBN 978-4-75-756956-025 Januari 2022[41]ISBN 978-1-97-533637-0
12 24 Juni 2021[42]ISBN 978-4-75-757330-719 Juli 2022[43]ISBN 978-1-97-534366-8
13 25 Desember 2021[44]ISBN 978-4-75-757640-7

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari novel ringan ini diumumkan oleh GA Bunko pada tanggal 13 Maret 2019. Seri ini diproduksi oleh Project No.9 dan disutradarai oleh Shinsuke Yanagi, dengan Deko Akao sebagai penulis skenario, Akane Yano sebagai desainer karakter dan musiknya disusun oleh Hiromi Mizutani. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 3 Oktober hingga tanggal 19 Desember 2019 di Tokyo MX, AT-X dan BS Fuji.[1][2] DIALOGUE+ membawakan lagu tema pembuka yang berjudul "Hajimete no Kakumei" (はじめてのかくめい!),[45][46] sedangkan Akari Kitō membawakan lagu tema penutup yang berjudul "dear my distance".[47][48] Crunchyroll telah mendapatkan lisensi seri ini dengan sulih suara berbahasa Inggris yang saat ini dalam tahap produksi.[49]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli
1"High School Prodigies Have Arrived in Another World!"
Transkripsi: "Chōjin kōkōseitachi wa isekai ni kiteshimatta yōdesu!" (Jepang: 超人高校生たちは異世界に来てしまったようです!)
3 Oktober 2019 (2019-10-03)
Tujuh siswa SMA Jepang yang berbakat di bidangnya, antara lain politisi dan perdana menteri Jepang Tsukasa Mikogami, ilmuwan jenius Ringo Ōhoshi, jurnalis ninja Shinobu Sarutobi, dokter Keine Kanzaki, pendekar pedang samurai Aoi Ichijō, pesulap Prince Akatsuki dan pengusaha Masato Sanada, selamat dari kecelakaan pesawat terbang, tetapi mereka berada di dunia lain dengan sihir di mana ras manusia dengan fitur mirip hewan yang disebut Buma hidup berdampingan dengan manusia. Mereka bertujuh diselamatkan dan dirawat oleh seorang Buma bernama Winona dan putri perinya, Lyrule. Saat penduduk desa Elm merayakan pemulihan mereka bertujuh, mereka mengetahui legenda tentang tujuh pahlawan dari dunia lain yang menyelamatkan benua dari naga jahat. Percaya mungkin ada kaitannya dengan mereka bertujuh, Tsukasa menginstruksikan teman-temannya untuk belajar lebih banyak tentang Kekaisaran Freyjagard dan budayanya sehingga mereka mungkin menemukan cara untuk kembali ke rumah dan juga membantu meningkatkan kesejahteraan desa Elm menggunakan pengetahuan dan keterampilan canggih mereka untuk membayar mereka. Ketika tentara tuan tanah feodal lokal mencoba memeras penduduk desa Elm untuk makanan dan anggur, mereka bertujuh mengalahkan dan menakut-nakuti tentara tuan tanah itu untuk meninggalkan penduduk desa dan tidak pernah memberitahu tuan mereka tentang kejadian itu. Meskipun demikian, mereka bertujuh melanjutkan rencana mereka saat mereka membantu penduduk desa dengan cara mereka sendiri.
2"Masato is Serious About Making Money!"
Transkripsi: "Masato wa honki de kanemōke wo suru yōdesu!" (Jepang: 勝人は本気で金儲けをするようです!)
10 Oktober 2019 (2019-10-10)
Masato dan Elch mengalami kesulitan mendapatkan uang dan persediaan untuk desa Elm ketika mereka menemukan Perusahaan Neutscheland memiliki monopoli virtual pada arus perdagangan di seluruh Dormundt. Saat siswa SMA lainnya melakukan berbagai pekerjaan sambilan di desa, Shinobu menggunakan keahliannya untuk menggali informasi skandal tentang Walikota Dormundt, memungkinkan Masato memperoleh izin untuk berdagang dengan nama "Perusahaan Perdagangan Elm". Setelah menerima seorang gadis tunawisma bernama Roo, Masato dan Elch mengunjungi beberapa pedagang lokal dan menawarkan untuk membantu mereka menjual barang dagangan mereka di Dormundt melalui toko konsinyasi, di mana mereka akan melemahkan Perusahaan Neutscheland dengan mengenakan biaya lebih sedikit dan hanya mengambil 10% dari keuntungan masing-masing dari hasil penjualan selama para pedagang menyimpan dan mengelola toko itu sendiri. Toko Masato langsung terkenal, menjual segala sesuatu mulai dari permadani hingga mayones buatan Tsukasa serta mengirimkan uang dan persediaan ke Desa Elm. Perusahaan Neutscheland menolak Perusahaan Perdagangan Elm sebagai gangguan pada awalnya, tetapi ketika perusahaan pedagang maritim Sea Serpent mulai berdagang dengan Masato, Perusahaan Neutscheland memutuskan untuk menganggap serius ancaman itu, mendirikan toko saingan untuk mengurangi harga Elm dan mengusir mereka dari persaingan bisnisnya. Masato menunjukkan Elch bahwa beberapa Buma berdiri di luar, mengisyaratkan bahwa mereka adalah bagian dari rencananya untuk menghancurkan Perusahaan Neutscheland untuk selamanya.
3"It Seems Roo Can Decide Her Own Worth!"
Transkripsi: "Rū wa jibun no kachi wo jibun de kimeta yōdesu!" (Jepang: ルーは自分の価値を自分で決めたようです!)
17 Oktober 2019 (2019-10-17)
Upaya Perusahaan Neutscheland untuk menghancurkan Perusahaan Perdagangan Elm menjadi bumerang ketika para pedagang yang mereka tuju untuk menghemat uang berakhir dengan para pedagang yang marah memboikot Perusahaan Neutscheland dan menandatangani kontrak dengan Masato untuk memasok Perusahaan Perdagangan Elm, yang mana kepala Perusahaan Neutscheland mengakui kekalahan dan membuat kesepakatan dengan Masato tentang pembagian hak perdagangan di Findolf. Pedagang budak berusaha menangkap kembali Roo, tetapi Masato membeli kebebasannya setelah Roo berjanji kepada Masato bahwa ia akan menjadi pedagang hebat untuk membebaskan orang tuanya dari perbudakan. Tsukasa dan teman-teman lainnya membangun pemandian umum untuk desa Elm, tetapi ketika beruang raksasa menyerang penduduk desa termasuk ayah Winona, kepala desa Ulga, Tsukasa dan teman-teman lainnya membantu para penduduk desa, sedangkan Aoi mengalahkan beruang itu dan Keine menyembuhkan luka Ulga. Sementara itu, Masato dan teman-temannya kembali ke desa Elm, tetapi mereka dan penduduk desa lainnya ditangkap oleh tentara Marquis Findolf yang dipimpin oleh Inzagi. Inzagi salah menuduh penduduk desa atas pengkhianatan dengan pengakuan konyol bahwa petani yang mencoba untuk menaikkan kedudukan mereka dan memiliki koin emas dianggap kejahatan terhadap kaum bangsawan. Inzagi memerintahkan penduduk desa untuk dibakar di dalam rumah mereka sebagai hukuman tetapi Prince berhasil membebaskan penduduk desa sebelum Tsukasa dan teman-teman lainnya tiba di mana mereka mengetahui bahwa Inzagi telah menculik Lyrule.
4"It Seems Tsukasa has Resolved to Change the World!"
Transkripsi: "Tsukasa wa isekai wo kaeru kakugo wo kimeta yōdesu!" (Jepang: 司は異世界を変える覚悟を決めたようです!)
24 Oktober 2019 (2019-10-24)
Lyrule diculik oleh Inzagi dan dipaksa menjadi selir Marquis Findolf dengan imbalan nyawa penduduk desa Elm, tetapi sihir misterius melindunginya saat Marquis Findolf mencoba mencium Lyrule. Sementara itu, Tsukasa dan teman-temannya membantu penduduk desa Elm menyelamatkan Lyrule dan memulai revolusi untuk menggulingkan Kekaisaran Freyjagard dan menjadikannya negara demokrasi modern yang maju di mana setiap orang setara dan memiliki hak. Berkat meriam Ringo Rail, panah logam dan perisai duralumin, mereka bertujuh dan penduduk desa Elm dapat menyerbu ke dalam kastil Marquis Findolf dan melawan tentaranya dengan mudah, sedangkan Shinobu dan Tsukasa menyelinap masuk untuk menyelamatkan Lyrule. Saat Shinobu menahan Inzagi, Tsukasa memasuki kamar Marquis Findolf di mana Lyrule berada, tetapi ia ditembak oleh pistol Marquis Findolf. Untungnya, Tsukasa selamat tanpa cedera berkat setelannya yang terbuat dari serat antipeluru dan mengeluarkan pistolnya sendiri. Marquis Findolf memohon atas hidupnya tetapi Tsukasa menembaknya dengan peluru karet sebagai gantinya karena tindakan dan cita-cita mereka bertujuh telah membuat mereka menjadi musuh Kekaisaran dan mereka tidak akan berhenti hingga revolusi selesai. Makhluk misterius kemudian menggunakan tubuh Lyrule untuk memberitahu Tsukasa dan teman-temannya bahwa mereka harus menyelamatkan benua sebelum menghilang. Saat semua orang merayakan penyelamatan Lyrule dan mengalahkan pasukan Marquis Findolf, Tsukasa merencanakan tugas berikutnya untuk membentuk negara merdeka.
5"It Seems Akatsuki's Becoming God Akatsuki!"
Transkripsi: "Akatsuki wa Goddo Akatsuki ni naru yōdesu!" (Jepang: 暁はゴッド暁になるようです!)
31 Oktober 2019 (2019-10-31)
Mereka bertujuh membuat agama yang disebut "The Seven-Light Faith" dengan Prince sebagai dewa dan sisanya sebagai malaikatnya agar mudah meyakinkan orang-orang untuk menerima mereka dan negara baru mereka. Menggunakan trik sulap Prince dan hadiah gratis mayones, mereka mampu meyakinkan orang-orang Dormundt untuk mengalihkan kesetiaan mereka dari Kekaisaran ke Seven-Light Faith. Tsukasa kemudian membuat kesepakatan dengan Walikota Dormundt, Walter von Haizerad, agar memiliki kota yang membelot ke Seven-Light Faith secara damai dengan posisinya yang utuh dan berbicara dengan Zest Do Bernard, mantan Kapten Dormundt Watch, agar menjadi pemimpin dari Ordo Ksatria Seven-Light yang baru dibentuk, setelah meyakinkan Bernard bahwa masa depan putrinya di negara baru mereka layak untuk diperjuangkan melawan Kekaisaran. Sementara itu, Shinobu dan Elch melakukan perjalanan ke Buchwald di mana mereka mengetahui bahwa Kekaisaran mengirim pasukan untuk merebut kembali Findolf dari mereka bertujuh yang dipimpin oleh Adipati Oslo El Gustav, seorang pahlawan perang yang terkenal jahat. Di istananya, Gustav membunuh Inzagi karena melarikan diri daripada melawan pemberontak dan bersumpah untuk membakar mereka.
6"It Seems Lyrule's Growing Closer to Him!"
Transkripsi: "Riruru wa kyori wo chijimeru yōdesu!" (Jepang: リルルは距離を縮めるようです!)
7 November 2019 (2019-11-07)
Saat Tsukasa menerapkan reformasi politiknya dan memodernisasi mata pencaharian masyarakat, para menteri dan teman-temannya khawatir ia bekerja terlalu keras. Dengan Kekaisaran berencana untuk menyerang Findolf saat musim semi, Tsukasa memodernisasi pasukan Seven-Light dengan meminta Ringo membangun pembangkit listrik dan pabrik untuk memproduksi senjata secara massal untuk mempersiapkan invasi yang akan datang. Lyrule percaya Tsukasa membencinya karena ia menolak upayanya untuk membayarnya karena telah menyelamatkannya, tetapi Masato meyakinkannya bahwa Tsukasa menjaga jarak dari rasa bersalah ketika ia pada awalnya mengatakan kepada penduduk desa Elm untuk tidak menyelamatkannya dari Marquis Findolf. Malamnya, Lyrule menghadapkan Tsukasa di kantornya di mana ia mengungkapkan bahwa ia dulu mengagumi ayahnya, seorang perdana menteri Jepang sebelumnya hingga ia mengetahui betapa korup ayahnya dan dengan bantuan teman-temannya, ia mengungkap korupsi ayahnya yang membuatnya ditangkap dan kemudian dieksekusi, tetapi hal ini merusak hubungannya dengan ibunya karena ibunya mencintai ayahnya dan tidak pernah memaafkan Tsukasa. Sejak itu, Tsukasa mengabdikan dirinya untuk menjadi politisi tanpa pamrih bagi orang-orang yang membuat Lyrule sedih yang mengatakan kepadanya bahwa ia akan ada untuknya dan tidak pernah membencinya. Di tempat lain, Roo mengalami kesulitan belajar perkalian tetapi dengan bantuan dari mereka bertujuh, ia berhasil mengetahuinya. Sementara itu, Shinobu dan Elch menemukan rahasia kelam sebuah desa.
7"It Seems Shinobu Has a Shinobi's Intuition!"
Transkripsi: "Nin wa shinobi no kan ga hataraku yōdesu!" (Jepang: 忍はシノビの勘がはたらくようです!)
14 November 2019 (2019-11-14)
Shinobu dan Elch tinggal di sebuah penginapan yang dikelola oleh Emerada dan putrinya, Melinda, di desa Coconono di tanah Gustav. Meskipun penduduk desa menyatakan betapa hebatnya desa mereka, Shinobu menjadi curiga setelah melihat tidak ada penduduk desa yang memakan makanan yang mereka sajikan meskipun mereka kelaparan dan ia dan Elch segera menemukan rahasia gelap Coconono bahwa para penduduk desa diam-diam telah membius para pelancong sebelum membunuh dan memakan mereka. Ketika tentara Adipati Gustav menghukum Melinda karena memiliki kotoran di pakaiannya saat inspeksi, Shinobu menyerahkan dirinya kepada pemimpin mereka, Ksatria Perak Jeanne du Leblanc, dengan imbalan menyelamatkan Melinda setelah mengetahui bahwa gadis itu mencoba memperingatkan Shinobu dan Elch untuk meninggalkan desa. Elch berseteru dengan Emerada atas pengembara yang mati di mana Emerada meminta maaf dan menjelaskan bahwa Coconono dulunya adalah desa pertanian biasa tetapi ketika Adipati Gustav mengambil alih tanah mereka, ia memaksa penduduk desa untuk mengubah Coconono menjadi kota yang indah menggunakan uang penduduk desa sendiri dan memerintahkan mereka untuk selalu menjaga kebersihan pakaian mereka, artinya mereka tidak bisa lagi bertani untuk makanan atau mencari uang. Aturan obsesifnya membebani kehidupan penduduk desa hingga pada titik di mana mereka dipaksa menjadi kanibalisme hanya untuk bertahan hidup, yang banyak disesali oleh mereka. Sementara itu, Jeanne membebaskan Shinobu dan mengungkapkan bahwa ia sebenarnya adalah anggota Brigade Azure, yang menentang tirani Adipati Gustav dan meminta bantuannya. Di tempat lain, Adipati Gustav marah setelah mengetahui pasukannya belum menyerang pemberontak di Findolf dan memutuskan untuk mengambil tindakan dengan menggunakan tombak ajaibnya, Heaven's Flames, untuk menghancurkan Dormundt. Tsukasa dan Ringo mengetahui tentang serangan itu dan menggunakan banyak rudal anti-pesawat di Findolf untuk mengarahkan tombak ke laut, tetapi tombak itu berhasil menghindari rudal terakhir dan mengenai Dormundt.
8"It Seems Aoi's Specs are Greater Than Imagined!"
Transkripsi: "Aoi wa sōzō ijō no Supekku wo hakki suru yōdesu!" (Jepang: 葵は想像以上のスペックを発揮するようです!)
21 November 2019 (2019-11-21)
Tombak itu mengenai distrik bangsawan Dormundt dan menyalakan api, yang diperintahkan Walikota Walter untuk mengevakuasi warga sipil seperti yang diinstruksikan dalam manual darurat Tsukasa. Meskipun berhasil mengevakuasi orang-orang dan mencegah api menyebar, Adipati Gustav memanggil roh api dari tombaknya untuk membunuh warga Dormundt dan menyebarkan api lebih jauh. Lyrule mengungkapkan kepada mereka bertujuh bahwa makhluk yang merasukinya telah memberitahunya bahwa mereka perlu menghancurkan tombak untuk menghentikan penyebaran Heaven's Flames. Menggunakan misil terakhir Ringo, Aoi sukarela mengawal misil tersebut dan melindunginya dari arwah api Gustav sehingga bisa menghancurkan tombak. Rudal itu menghancurkan tombak dan menghentikan Heaven's Flames, yang dirasakan oleh Adipati Gustav, yang bersumpah akan membalas dendam pada para pemberontak. Saat mereka bertujuh membantu warga Dormundt, Lyrule mengungkapkan bahwa makhluk yang merasukinya juga memberinya pengetahuan tentang sihir dan kemampuan untuk berbicara dengan roh sehingga ia ingin belajar cara menggunakan sihir untuk membantu. Berkat informasi dari Shinobu bahwa Adipati Gustav tidak akan dapat menggunakan Heaven's Flames lain untuk beberapa waktu dan bekerja dengan Brigade Azure, Tsukasa memerintahkan serangan mendadak pada pasukan Adipati Gustav yang dipimpin oleh Zest Do Bernard dan lima puluh tentara yang dipersenjatai dengan perlengkapan musim dingin dan senapan semi-otomatis.
9"It Seems Tsukasa Has Seen Through Everything!"
Transkripsi: "Tsukasa wa subete wo mitōshiteiru yōdesu!" (Jepang: 司は全てを見通しているようです!)
28 November 2019 (2019-11-28)
Gustav memerintahkan Marquis Arclide dan Marquis Buchwald serta pasukan mereka untuk menyerang Findolf sekarang juga meskipun mereka keberatan karena menyerang dalam keadaan tidak siap saat musim dingin adalah ide yang mengerikan. Pasukan Arclide dan Buchwald terpaksa mundur setelah didorong kembali oleh pasukan Zest Do Bernard berkat senapan dan granat semi-otomatis mereka sebelum Marquis Arclide dan Marquis Buchwald menyerah pada Seven-Light Faith. Pada saat yang sama, Brigade Azure menyerang Adipati Gustav dan anak buahnya di istananya. Jeanne dan Shinobu berhadapan dengan Gustav dan memerintahkannya untuk menyerah tetapi Gustav menolak, yang mengarah ke pertarungan antara mereka. Mereka mengalahkan Gustav tetapi tidak sebelum Gustav meledakkan dirinya dengan sihirnya, tampaknya membunuh dirinya sendiri. Setelah Seven-Light Faith dan Brigade Azure mengambil alih tanah Gustav dan memulihkan keadaan, mereka bertujuh mengadakan pertemuan tentang apakah Brigade Azure dapat dipercaya dan menjadi sekutu.
10"It Seems Ringo's Worked Up the Courage to Become a Hunter!"
Transkripsi: "Ringo wa yūki wo dashite karyūdo ni naru yōdesu!" (Jepang: 林檎は勇気を出して狩人になるようです!)
5 Desember 2019 (2019-12-05)
Tsukasa memiliki kesimpulan bahwa Brigade Azure menyembunyikan sesuatu dari mereka bertujuh dan tidak bisa dipercaya, terutama pemimpin baru mereka, Count Conrad. Sebelum mereka dapat melanjutkan rencana mereka, Keine memberitahu Tsukasa dan Ringo untuk mengambil cuti sebelum mereka kelelahan karena jadwal mereka yang terlalu padat. Mereka setuju dan Tsukasa meminta Ringo untuk menemaninya berkeliling kota ke restoran terkenal, menyebabkannya percaya itu adalah kencan. Ringo meminta saran Aoi dan Keine untuk mendekati anak laki-laki, tetapi pengalaman mereka terbatas pada keterampilan mereka dan bukan dalam percintaan. Shinobu menawarkan saran terbaik ketika ia mengatakan untuk mengikuti rencana selanjutnya yang melibatkan berpegangan tangan dan ciuman tidak langsung. Mereka memulai tur kota mereka dan dipaksa memakai penyamaran untuk mengalihkan perhatian rakyat jelata. Sebelum Ringo dapat melaksanakan rencananya berpegangan tangan dengan Tsukasa, mereka tiba di restoran, menggagalkan langkah pertama. Ketika ia bertukar minuman dengan Tsukasa untuk berbagi ciuman tidak langsung, ia pingsan karena malu ketika akhirnya berhasil. Ia akhirnya bermimpi tentang asuhannya dengan ibunya, yang diinseminasi buatan untuk menciptakan anak ajaib. Namun, ibunya meninggalkannya karena dendam ketika Ringo mulai memenangkan penghargaan untuk kejeniusannya di usia yang begitu muda. Tidak punya apa-apa, ia merenungkan keberadaannya sebelum Tsukasa muncul di sekolahnya suatu hari dan terus memberikan benda-benda yang rusak untuk diperbaiki. Hal ini memberinya alasan untuk hidup dan menyebabkannya jatuh cinta padanya. Ia terbangun dari mimpinya di pangkuan Tsukasa dan dengan senang hati menyatakan bahwa berkatnya, ia berada di tempatnya sekarang. Menghadap ke pelabuhan kota, Tsukasa mengagumi keindahannya sebelum memberi Ringo tugas penting.
11"It Seems Keine Can't Stand Naughty Boys!"
Transkripsi: "Katsura oto wa warui ko wo kesshite yurushi tari wa shinai yōdesu!" (Jepang: 桂音は悪い子を決して許したりはしないようです!)
12 Desember 2019 (2019-12-12)
Shinobu menemukan Count Conrad berencana membuat Brigade Azure bergabung kembali dengan Kekaisaran Freyjagard, seperti yang diprediksi Tsukasa tentang pengkhianatan mereka. Di tempat lain, epidemi Septicemia telah menyebar di antara rakyat jelata di mana Keine mencoba menyembuhkan mereka meskipun ia menderita kekurangan Penisilin karena proyek terbaru Ringo. Namun, Count Serentius dari Persekutuan Medis menuntut Keine mengizinkan Persekutuannya untuk menjual opium kepada orang sakit, tetapi Keine menolak. Ia malah membuat kesepakatan dengan Count Serentius bahwa ia akan menyembuhkan orang sakit menggunakan batu bara, dan jika ia gagal, ia akan mengizinkannya menjual opium. Dengan bantuan sihir Lyrule dan pengetahuan kimia Keine, mereka mengubah batu bara menjadi sulfonamida, cukup untuk menyembuhkan semua pasien. Count Serentius dan anak buahnya berusaha meracuni sulfonamida untuk merusak reputasi Seven-Light Faith, tetapi dihentikan oleh Keine, yang kemudian melobotomisasi mereka menjadi orang-orang yang setia. Sementara itu, Ringo akhirnya menyelesaikan karya terbarunya, yaitu sebuah peluru kendali balistik antarbenua. Di Kekaisaran, Jenderal Neuro mengizinkan Count Conrad dan Brigade Azure untuk bergabung kembali dengan Kekaisaran tetapi ia ingin mereka menghancurkan Seven-Light Faith, yang gagasan kesetaraannya bertentangan dengan kelangsungan mantra Kekaisaran dengan memberi mereka pasukan dan seorang penyihir misterius yang bernama Tanganika. Di tempat lain, Ksatria Raisenach dari Count Conrad dan anak buahnya berusaha membunuh Jeanne, tetapi Jeanne diselamatkan oleh Shinobu, yang kemudian membunuh mereka, termasuk Raisenach, setelah Jeanne mengetahui bahwa ia membunuh mentornya dan pemimpin Brigade Azure sebelumnya, Count Blumhardt. Jeanne hancur setelah mengetahui rekan-rekannya telah mengkhianati tujuan awal mentornya dari Brigade Azure untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, tetapi diyakinkan oleh Shinobu bahwa Seven-Light Faith akan membantu mencapai tujuan tersebut. Saat Jeanne dan Shinobu menemukan patung emas Gustav di kastil Conrad, Count Conrad kembali dengan Tanganika yang dikenali Shinobu.
12"It Seems High School Prodigies Have It Easy In Another World!"
Transkripsi: "Chōjin-kokoseitachi wa isekai demo yoyu de ikinuku yōdesu!" (Jepang: 超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!!)
19 Desember 2019 (2019-12-19)
Terungkap bahwa Tanganika adalah Gustav yang menyamar dan membunuh Count Conrad karena menghancurkan patung emasnya. Ia kemudian mengalihkan perhatiannya ke Jeanne dan Shinobu, lalu ia menyerang mereka dan mengetahui bahwa mereka bersembunyi di ruangan yang sama. Mereka melarikan diri, tetapi tidak sebelum Gustav menghancurkan kastil, membunuh setiap penjaga di belakangnya. Saat ia mengagumi kekuatan barunya, Gustav tiba-tiba diledakkan oleh rudal balistik Ringo yang baru dibuat. Pemandangan ledakan terlihat dari Dormundt, di mana mereka bertujuh merenungkan penggunaan senjata. Ringo menghibur Tsukasa, yang percaya bahwa ia akan dibenci karena menggunakan cara destruktif seperti itu untuk merundingkan diplomasi dengan negara lain. Keesokan harinya, mereka bertujuh memberikan pidato kepada warganya, di mana Tsukasa mengungkapkan bahwa mereka sekarang adalah satu negara, yang dikenal sebagai Republik Elm, dan harus mempertahankan diri sebagai republik, bukan di bawah kediktatoran. Saat memberikan pidato, pilar api tiba-tiba muncul, mengungkapkan Gustav telah berubah menjadi iblis dan menyerang mereka bertujuh. Aoi dan Shinobu mencoba untuk mengirimnya, menggunakan permata misterius yang menonjol dari dada Gustav sebagai target mereka, tetapi mereka dipukul mundur. Gustav melompat ke arah Tsukasa, yang mengeluarkan pistol dan menghancurkan permata itu saat iblis itu mencapainya. Saat ia meninggal, Gustav memperingatkan Tsukasa tentang cobaan di depannya dan membanggakan bahwa mereka bertujuh tidak akan pernah berhasil. Di tempat lain, trio dari Kekaisaran Yamato dan Jenderal Neuro mengamati peristiwa di Dormundt dengan yang terakhir mengusulkan bahwa Seven-Light Faith mungkin menjadi penghalang baginya. Keesokan harinya, Tsukasa, percaya bahwa dirinya lebih rendah dari kemampuan teman-teman lainnya, merenungkan peringatan Gustav. Ia disambut oleh teman-teman lainnya, yang telah mengembangkan wadah biodegradable untuk menjual mayones dan bersukacita atas kekalahan Gustav dan kelahiran Republik Elm dengan penduduk kota.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j Pineda, Rafael Antonio (12 Maret 2019). "High School Prodigies Have It Easy Even In Another World Light Novel Series Gets TV Anime". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 November 2020. Diakses tanggal 13 Maret 2019. 
  2. ^ a b c d e Pineda, Rafael Antonio (6 September 2019). "High School Prodigies Have It Easy Even In Another World Anime Reveals More Cast, October 3 Debut". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Januari 2021. Diakses tanggal 6 September 2019. 
  3. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  4. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 1 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  5. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!2" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 18 Januari 2016. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  6. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 2 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  7. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 3" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 18 Mei 2016. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  8. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 3 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  9. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 4" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 15 September 2016. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  10. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 4 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  11. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!5" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 18 Mei 2017. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  12. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 5 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  13. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 6" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  14. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 5 (light novel)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  15. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 7" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 22 Mei 2018. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  16. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 7 ドラマCD付き限定特装版" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 22 Mei 2018. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  17. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 8" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 14 Februari 2019. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  18. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!9" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 29 Agustus 2019. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  19. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!10" (dalam bahasa Jepang). SB Creative. 25 Desember 2019. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  20. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 1" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  21. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 1 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  22. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 2" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  23. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 2 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  24. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 3" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  25. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 3 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  26. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 4" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  27. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 4 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  28. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 5" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  29. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 5 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  30. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 6" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  31. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 6 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  32. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 7" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  33. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 7 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  34. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 8" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  35. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 8 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  36. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 9" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  37. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 9 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  38. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 10" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  39. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 10 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  40. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 11" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  41. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 11 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  42. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 12" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  43. ^ "High School Prodigies Have It Easy Even in Another World!, Vol. 12 (manga)". Yen Press. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  44. ^ "超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです! 13(完)" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses tanggal 11 Februari 2022. 
  45. ^ "「はじめてのかくめい!」がTVアニメ『超人高校生たちは異世界でも余裕で生き抜くようです!』オープニング主題歌に決定!". DIALOGUE+ オフィシャルサイト (dalam bahasa Jepang). 13 Juli 2019. Diakses tanggal 15 Juli 2019. 
  46. ^ "新声優アーティストユニットDIALOGUE+結成!田淵智也✕田中秀和が手掛ける楽曲「はじめてのかくめい!」で2019年10月23日デビュー!". リスアニ!WEB (dalam bahasa Jepang). エムオン・エンタテインメント. 24 Juni 2019. Diakses tanggal 15 Juli 2019. 
  47. ^ "鬼頭明里が『超余裕』EDテーマアーティストに決定!". アニメイトタイムズ (dalam bahasa Jepang). 15 Juli 2019. Diakses tanggal 15 Juli 2019. 
  48. ^ Pineda, Rafael Antonio (19 Juli 2019). "High School Prodigies Have It Easy Even In Another World TV Anime's Video Reveals Theme Song Artists, October Premiere". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2020. Diakses tanggal 19 Juli 2019. 
  49. ^ "Crunchyroll Adds English Dubs for Isekai Cheat Magician and To the Abandoned Sacred Beasts". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Oktober 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]