Baccano!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baccano!
Portraits of three men and two women are arranged in an X-shape above a knife. Across the center and largest portrait, reads "Baccano!" in red text.
Sampul novel ringan pertama
バッカーノ!
(Bakkāno!)
Genre
Novel ringan
PengarangRyōgo Narita
IlustratorKatsumi Enami
Penerbit
Penerbit bahasa Inggris
ImprintDengeki Bunko
DemografiLaki-laki
Terbit10 Februari 2003 – sekarang
Volume22 (Daftar volume)
Manga
Baccano! 1931 The Grand Punk Railroad
PengarangRyōgo Narita
IlustratorGinyū Shijin
PenerbitMediaWorks
MajalahDengeki Comic Gao!
DemografiShōnen
Terbit27 Desember 200627 Februari 2008
Volume2
Seri anime
SutradaraTakahiro Omori
ProduserShuko Yokoyama
SkenarioNoboru Takagi
MusikMakoto Yoshimori
StudioBrain's Base
Pelisensi
Saluran
asli
Wowow
Saluran bahasa Inggris
Tayang 26 Juli 2007 1 November 2007
Episode16 (Daftar episode)
Manga
PengarangShinta Fujimoto
PenerbitSquare Enix
Penerbit bahasa Inggris
MajalahYoung Gangan
DemografiSeinen
Terbit16 Oktober 20156 Januari 2017
Volume3 (Daftar volume)
Manga
Baccano! ~from the 1700s~
PengarangKakuji Fujita
PenerbitDMM
ImprintGigatoon Studio
MajalahDMM Books
DemografiSeinen
Terbit25 Desember 2022 – sekarang
 Portal anime dan manga

Baccano! (bahasa Jepang: バッカーノ!, Hepburn: Bakkāno!, bahasa Italia untuk "keributan", pelafalan Italia: [bakˈkaːno]) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Ryohgo Narita dan diilustrasikan oleh Katsumi Enami. Serial ini, sering diceritakan dari berbagai sudut pandang, sebagian besar berlatar di Amerika Serikat selama beberapa periode waktu, terutama Era Pelarangan. Cerita berfokus pada berbagai orang, termasuk alkemis, pencuri, preman, Mafiosi dan Camorristi, yang tidak terhubung satu sama lain. Setelah ramuan keabadian diciptakan kembali pada tahun 1930 Manhattan, karakter mulai berpapasan, memicu peristiwa yang berputar semakin jauh di luar kendali.

Novel pertama dirilis pada Februari 2003 di bawah cetakan Dengeki Bunko ASCII Media Works (sebelumnya MediaWorks), dua puluh dua novel sejauh ini telah dirilis. Novel-novel tersebut diadaptasi menjadi serial televisi anime enam belas episode yang disutradarai oleh Takahiro Omori dan diproduksi oleh Brain's Base dan Aniplex. Tiga belas episode pertama ditayangkan di Wowow dari Juli hingga November 2007; tiga terakhir dirilis langsung ke DVD. Serial ini juga diadaptasi menjadi manga dua jilid, sebuah video game petualangan untuk Nintendo DS dan dua CD drama. Sebuah novel tambahan dirilis dengan CD drama pertama dan dua novel gaiden dirilis sebagian dengan DVD dari adaptasi anime.

Funimation telah memproduksi episode anime dalam bahasa Inggris, dan telah melisensikannya untuk dirilis di Amerika Serikat dan Kanada. Serial ini juga dilisensikan oleh Manga Entertainment untuk rilis bahasa Inggris di Britania Raya, dan oleh Madman Entertainment untuk rilis di Australia dan Selandia Baru. Seluruh seri sulih suara bahasa Inggris disiarkan melalui Hulu selama Oktober 2009 dan episode dengan subtitle bahasa Inggris terus disiarkan. Funimation mengalirkan episode dengan subtitle bahasa Inggris dan bahasa Inggris melalui situs web mereka. Hak Funimation untuk serial tersebut berakhir pada tahun 2016.

Seri novel ringan ini telah diterima dengan baik oleh para pembaca dan juga telah mendapatkan penghargaan. Novel ringan pertama, The Rolling Bootlegs, dianugerahi Penghargaan Emas dari Penghargaan Novel Dengeki kesembilan, yang diadakan oleh ASCII Media Works pada tahun 2002, setelah meraih juara ketiga. Adaptasi anime dari serial ini telah populer di Jepang dan Amerika Serikat, dan juga mendapat pujian yang signifikan untuk plot, karakter, sulih suara yang kuat, animasi, dan skor musiknya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di atas kapal Advenna Avis pada tahun 1711, sekelompok alkemis memanggil iblis dengan harapan mendapatkan kehidupan abadi. Iblis memberi mereka ramuan keabadian dan metode untuk mengakhiri keberadaan mereka dengan "melahap" satu sama lain. Segera setelah itu, salah satu dari mereka mulai melahap teman-temannya. Menyadari bahaya yang ditimbulkan dengan tetap bersama, mereka menyebar ke seluruh dunia.

Berabad-abad kemudian di Amerika tahun 1930-an, seorang penyelidik federal tertentu mencoba yang terbaik untuk memerangi munculnya kejahatan terorganisir selama Era Pelarangan, mengirim teroris yang sangat menyebalkan ke Alcatraz, dan menangkap duo pencuri yang keterlaluan. Sementara itu, kereta lintas benua, Flying Pussyfoot, memulai jejak darahnya di seluruh negeri.

Pada tahun 2002, sekelompok kecil alkemis Advenna Avis yang asli sedang dalam perjalanan untuk menemukan sesama makhluk abadi lainnya. Namun, ada satu pendamping yang tidak mereka duga akan bertemu lagi.

Peristiwa yang tampaknya tidak terkait, dari kota Italia yang sepi di awal tahun 1700-an hingga kapal pesiar mewah modern yang melintasi Pasifik, mengungkapkan diri mereka jauh lebih terhubung daripada yang dapat dibayangkan siapa pun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Baccano! Vol. 1". Madman Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 8, 2009. Diakses tanggal December 30, 2018.