ASCII Media Works

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

ASCII Media Works (アスキー · メディアワークス, Asukī Media Wākusu), sebelumnya bernama ASCII Media Works, Inc (株式会社アスキー · メディアワークス, Kabushiki gaisha Asukī Media Wākusu), adalah sebuah penerbit dan merek perusahaan asal Jepang, Kadokawa Corporation, yang berkantor pusat di Nishi-Shinjuku, Shinjuku, Tokyo, Jepang. Penerbit ini dibentuk pada tanggal 1 April 2008 sebagai hasil penggabungan antara ASCII Corporation dan MediaWorks, di mana MediaWorks secara hukum diserap oleh ASCII.[1] Meskipun demikian, mantan presiden dan CEO dari ASCII, Kiyoshi Takano, menjadi presiden pertama dan CEO ASCII Media Works. Penerbit ini kemudian menjadi divisi internal Kadokawa Corporation pada tanggal 1 Oktober 2013.[2]

Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam penerbitan buku, hiburan dan majalah komputer, manga, dan permainan video. ASCII Media Works dikenal sebagai merek majalah Dengeki dan cetakan buku, seperti majalah terkenal sebagai Dengeki Daioh, dan Dengeki G's Magazine. Sebagian besar perusahaan melayani otaku Jepang, yang mencakup topik-topik seperti anime, novel ringan, manga, model plastik,[3] dan novel visual. Perusahaan ini juga berkaitan dengan komputasi dan perusahaan yang terkait dengan teknologi informasi, seperti publikasi ASCII Weekly, bersama dengan penerbit majalah TI lain. ASCII Media Works juga menerbitkan beberapa majalah ditargetkan terhadap perempuan seperti Character Parfait, Style Dengeki Girl, dan Sylph.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 角川グループホールディングス、子会社のメディアワークスとアスキーを合併. CNET Japan (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 18 Februari 2017. 
  2. ^ "Kadokawa to Merge 9 Subsidiaries Into 1 Company". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 Februari 2017. 
  3. ^ Pojo's unofficial total Gundam wing. Chicago: Triumph Books. 2000. ISBN 1-57243-417-1. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

commons:Category:ASCII Media Works